Cara jitu membuat navigasi blog yang baik



Navigasi blog yang baik sangat penting peranannya. Navigasi blog yang baik, akan mempermudah pengunjung dalam meng-explore blog kita.

Sobat bisa membuang kesempatan mendapat pageview lebih tinggi jika blog sobat navigasinya buruk.

Cara buat navigasi blog yang baik


Navigasi blog yang baik, juga penting jika sobat mau mendaftarkan blog sobat ke google adsense, blog dengan navigasi yang baik, jauh lebih berpeluang diterima adsense.


Apa saja manfaat memiliki blog dengan navigasi yang baik?

Banyak sekali manfaatnya, contohnya:

  • Blog menjadi lebih rapih
  • Blog menjadi lebih mudah diakses pengunjung
  • Pengunjung bisa mendapatkan pengalaman lebih dari Blog kita
  • Meningkatkan SEO pada Blog
  • Memudahkan kita sendiri sebagai pemilik blog

Lantas seperti apakah navigasi blog yang baik? Nah, ayo kita bahas:

  • Menu navigasi universal Blog yang wajib


1. Link menuju home 


Ini sangat wajib, tanpa link menuju halaman utama, blog akan sulit di akses pengunjung. Apalagi jika pengunjung tersebut datang dari mesin pencari.


2. Halaman error 404 


Link rusak adalah hal yang cukup merepotkan bagi para blogger, apalagi jika tidak diketahui, secara tidak langsung bisa mendapatkan dampak buruk bagi blog kita sendiri.

Halaman error 404 bisa sedikit membantu, Fungsi halaman ini adalah untuk memberi tahu bahwa artikel/posting yang dicari sudah tidak bisa diakses atau rusak. 


3 . Breadcrumbs


Fungsi dari breadcrumbs ini mirip dengan jejak alamat pada posting blog. Biasanya dimulai dari home > Kategori > Posting dan terletak di atas posting blog.  

Breadcumbs ini bisa menjadi navigasi tambahan untuk pengunjung ketika ingin membaca artikel kita.


4. Form Suscribe / Navigasi untuk memfollow blog


Form suscribe dan navigasi untuk memfollow blog wajib ada. Untuk form suscribe sendiri biasanya terletak pada bagian akhir posting.
 
Fungsinya agar pengunjung bisa mengikuti (memfollow) Blog kita lewat email supaya bisa mendapatkan berita update dari blog kita.

Dengan adanya form suscribe kita bisa mendapat keuntungan mendapatkan visitor tetap.

  • Widget navigasi Blog yang wajib


1. Kotak pencarian


Ini juga wajib, jika hanya memasang widget label atau arsip, pengunjung masih harus mencari lebih dalam posting yang diinginkan.

Tentu ini tidak membuat pengunjung nyaman. Dengan adanya kotak pencarian, maka akan mempersingkat waktu pengunjung dalam mencari posting yang diinginkan.


Sobat bisa menggunakan widget penelusuran bawaan blogger, atau mencari widget kotak pencari di google, banyak variasinya.


3. Label/Kategori


Jika sobat mengunjungi toko buku untuk membeli buku tentang blogging, ke bagian manakah sobat mencarinya?

Tentu saja ke bagian komputer dan internet. Bagaimana jika tidak ada bagian komputer dan internet?

tentu saja sobat akan bingung mencari buku yang diinginkan.


Nah, sobat bisa memasang label pada menu bar blog atau memasang sendiri melalui widget pada tata letak, jangan lupa untuk mengkategorikan posting sesuai label masing-masing.


5. Artikel terbaru / Recent post


Artikel terbaru bertujuan untuk memberi tahu update pada blog sobat. Jika blog sobat sudah besar dan memiliki pembaca setia, saya pikir penting untuk memasang widget ini.


Secara default, posting terbaru akan tampil di halaman pertama. Karena itu untuk halaman utama, menurut saya lebih baik memberi widget popular post saja untuk mempersingkat loading blog.

Sobat bisa memasang widget recent post pada halaman posting untuk hasil yang lebih baik.


6. Artikel terkait


Jika sobat memakai template tanpa widget halaman terkait, siap-siap lagi untuk mendapat kesempatan mendapatkan pageview lebih tinggi.

Artikel terkait ini biasanya terletak dibawah posting dan menampilkan posting-posting yang berhubungan dengan posting yang sebelumnya pengunjung baca.

  • Navigasi Blog yang penting tapi tidak wajib


1. Peta situs (Sitemap)


Peta situs mirip dengan daftar isi. Peta situs kurang lebih fungsinya untuk mengumpulkan seluruh artikel blog kita pada satu halaman.


Manfaatnya mirip seperti kotak pencari, hanya saja pengunjung masih harus mencari posting yang diinginkan secara manual.

Untuk membuat sitemap sudah di bagikan para blogger, salah satunya cara membuat sitemap - oleh buatblog.net


2. Arsip blog


Fungsi dari arsip blog ini untuk meng-kategorikan posting sesuai tanggal/waktu ketika post tersebut di publish. Mirip label/kategori,

hanya saja, pengunjung harus mengetahui waktu publish posting yang dicari. 


3. Halaman pendukung



Maksudnya seperti Contact/Privacy/TOS dll, halaman ini masih pro/kontra wajib tidaknya di blog.

Tapi mengingat banyak blogger master yang memilih memasang halaman ini di blognya, maka saya pikir ada baiknya sobat menyajikan juga halaman ini di blog sobat, Terutama halaman Contact.



  • Tips membuat navigasi yang baik pada artikel


1. Buat internal link menuju artikel terkait



Jangan lupa memasang internal link ketika membuat postingan, Fungsi nya agar pengunjung bisa membaca artikel terkait dan membaca informasi lebih yang kita tulis.

Internal link juga biasa digunakan pada artikel yang sudah populer menuju artikel yang masih baru. Memasang internal link juga akan berdampak pada SEO blog yang lebih baik.


2. Buat eksternal link



Eksternal link juga cukup penting, terutama jika blog sobat masih baru. ini akan membuat artikel blog sobat lebih mudah dikenali mesin pencari.

Buatlah eksternal link yang relavan sesuai topik, dan sebisa mungkin arahkan ke situs ber-otoritas tinggi.


  • Tips lainnya agar navigasi blog menjadi lebih baik


1. Gunakan template dengan desain yang tidak berlebihan



Memasang navigasi Blog yang baik akan sia-sia sobat memasang template dengan desain yang berlebihan.

Pakai template dengan desain yang tidak ribet dan enak dilihat ketika dibuka melalui perangkat PC/Handphone/SmartPhone/Tab dan sebagainya.


2. Buat agar loading Blog menjadi ringan



Fungsinya agar pengunjung bisa menjadi lebih cepat saat mengakses Blog kita. Loading blog yang cepat juga berpengaruh pada SEO, Serta menjadi salah satu faktor kepuasan pengunjung.


Banyak yang bisa dilakukan agar Blog menjadi ringan, Bisa dengan menghapus widget yang tidak perlu, Mengurangi jumlah post pada halaman utama, serta mengkompress gambar sebelum di upload.


3. Arahkan gambar logo ke halaman utama



Sudah menjadi hal yang umum, biasanya gambar logo akan tertuju ke halaman utama. Jangan sampai logo sobat jika di-klik malah menuju link gambar tersebut.

Untuk ini saya pikir bukan masalah, karena hampir setiap mensetting logo melalui tata letak/layout, biasanya template sudah otomatis mengatur agar link pada logo ter-arahkah ke halaman utama. 


4. Isi title dan alt tag pada gambar



Banyak blogger pemula yang malas mengisi title dan alt tag pada gambar. Padahal anyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan mengisi title dan alt tag pada gambar. Salah satunya bisa menambah keyword dan mempengaruhi posisi artikel di SERP.



Penutup

Nah sobat, terima kasih sudah membaca artikel cara membuat navigasi blog yang baik ini.

Semoga dengan menerapkan tips pada artikel ini, bisa meningkatkan kepuasaan pengunjung di blog sobat. Terima kasih sudah berkunjung.

Punya masalah gadget atau komputer? Masukkan email Anda disini dan dapatkan cara-cara perbaikinya:

0 Response to "Cara jitu membuat navigasi blog yang baik"

Post a Comment

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini.

2. Karena banyaknya Spam, komentar dengan link aktif tidak akan di publish KECUALI relevan dengan artikel

3. Sekali lagi, KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan