Tips memilih pilihan laptop murah dibawah 1 juta lengkap



Sempat terbesit di dalam pikiran saya, dengan dana yang relatif sedikit, yaitu dibawah 1 juta rupiah, bisakah kita mendapatkan sebuah laptop?

laptop murah 1 jutaan


Jawabannya? tentu bisa! Dengan catatan, laptop yang akan dibeli adalah laptop bekas

Baca juga:


Tapi jangan kecewa dulu, bekas bukan berarti jelek,cepat rusak dan tidak berkualitas. Asalkan sobat pintar dalam memilih, tentu ini bukan masalah besar untuk memilih laptop murah dengan harga dibawah 1 jutaan.

Sebelumnya, kenapa saya  memasukkan opsi laptop bekas sebagai pilihan utama? Alasannya, ketika saya menulis artikel ini, saya sudah melakukan riset harga, dan hasilnya, sedikit sekali laptop yang dijual dengan harga dibawah 1 juta.

"Kalo sedikit berarti kan masih ada?", masalahnya, 'masih ada' bukan berarti akan ada ketika sobat mengunjungi toko komputer. Karena pada umumnya, laptop murah itu harganya ada di kisaran 2 juta.

Riset yang saya lakukan pun, saya hanya menemukan 1 laptop baru dengan harga yang murah dibawah 1 juta, tapi itu juga hanya memiliki spek yang sangat pas-pasan dimana sangat tidak worth untuk dibeli maupun digunakan.

Karena alasan inilah saya tidak mau membuat artikel yang terkesan 'percuma'.


Nah, laptop bekas dibawah 1 juta sendiri sangat mudah didapat.

Karena laptop dibawah 1 juta ini memiliki spesifikasi yang pada umumnya hanya digunakan untuk kebutuhhan pengetikan serta browsing, resiko kerusakan yang ada jauh lebih kecil dibanding laptop bekas dengann harga 2 jutaan keatas.

Jadi bagaimana tips untuk memilihnya?
 
Berikut tips memilih laptop murah dibawah 1 jutaan lengkap:


1. Perhatikan spesifikasi laptop

Spesifikasi laptop murah dibawah 1 juta, sangat variatif. Sobat yang bingung untuk memilihnya, bisa menggunakan patokan berikut:
 
  • Processor dual-core
  • RAM 1 / 2Gb
  • Harddisk 160-250Gb

Laptop dengan spesifikasi seperti diatas, sudah cukup banyak dijual dengan harga dibawah 1 juta. Jika sobat beruntung, sobat mungkin bisa mendapatkankan spesifikasi yang lebih bagus.

Untuk kebutuhan harian, spesifikasi diatas sudah mencukupi untuk kebutuhan internet,browsing,pengetikan dan lainnya. Cocok untuk mahasiswa serta pelajar.


2. Perhatikan fisik laptop.

Fisik laptop, pastikan dalam keadaaan bagus dan tidak rusak. Jika hanya sedikit tergores mungkin tidak masalah, tapi sebisa mungkin hindari laptop dengan fisik yang sudah pecah.

Laptop pecah, biasanya terdapat dari laptop yang pernah terbanting. Laptop yang terbanting, berpotensi merusak komponen dalam, walaupun kelihatannya baik-baik saja.


3. Perhatikan fungsi laptop.

Fungsi laptop yang dimaksud disini, adalah dimana laptop tersebut harus dipastikan berfungsi normal.

Cara pengecekan bisa dengan tes langsung secara detail, contohnya seperti tombol keyboard laptop, touchpad laptop dan yang lainnya.

Fungsi laptop yang wajib diketahui berjalan normal adalah harddisk. Cara pengecekannya pun mudah, sobat bisa menggunakan software seperti HDTune atau sejenisnya.

Perlu diketahui, penggantian komponen dari laptop yang tidak berfungsi akan cukup menghabiskan biaya sekalipun laptop tersebut murah.


4. Perhatikan LCD (layar).

Perhatikan layar, apakah ada dead pixel atau tidak. Kerusakan layar seperti ini mungkin dianggap sepele oleh sebagian pemilik laptop.

Tapi sebenarnya, beberapa kerusakan pada layar lama kelamaan akan menyebar, entah itu pada jangka waktu yang pendek atau jangka waktu yang panjang.


5. Perhatikan baterai serta charger laptop.
 
Tips terakhir yang bisa saya berikan, adalah pastikan charger serta baterai laptop tersebut sehat dan berfungsi normal.

Daya tahan dari kapasitas baterai laptop berbeda-beda. Sobat bisa menggunakan logika sobat dengan cara memahami spesifikasi laptop yang akan dibeli.


5 tips diatas semoga berguna untuk sobat yang ingin membeli laptop murah dibawah 1 juta rupiah.

Sedikit tips, buatlah perjanjian garansi personal dengan si pemilik, walaupun durasinya itu singkat. Entah itu 3 hari, seminggu atau lebih lama lebih baik.

Saya secara pribadi, lebih merekomendasikan sobat untuk membeli laptop bekas diatas 1 juta rupiah, setidaknya 1 setengah juta.

Karena pada rentang harga tersebut, spesifikasi laptop yang didapatkan relatif jauh lebih tinggi. Dimana rentang harga tersebut, sobat sudah bisa memainkan game-game, walaupun masih bisa dibilang ringan.

Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih telah membaca.

Punya masalah gadget atau komputer? Masukkan email Anda disini dan dapatkan cara-cara perbaikinya:

0 Response to "Tips memilih pilihan laptop murah dibawah 1 juta lengkap"

Post a Comment

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini.

2. Karena banyaknya Spam, komentar dengan link aktif tidak akan di publish KECUALI relevan dengan artikel

3. Sekali lagi, KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan