Cara Mudah Membuat File Midi Untuk Video Shyntesia



Untuk pemain piano, atau terutama keyboard. Pasti kadang ingin merekam permainan kita kan? Merekamnya bisa melalui HP atau kamera video yang bisa diputar berulang-ulang nantinya.

Tapi untuk hasil rekaman pastinya tidak akan sesuai harapan. Masalahnya hasil rekaman tergantung kondisi ruangan, keyboard yang digunakan, dan kamera yang dipakai.

Jika ada faktor yang tidak mendukung, hasilnya 90% akan berisik dan banyak noise.


video shyntesia
Contoh video shyntesia di youtube.. Yang nonton ratusan ribu!

Saya ini pemain keyboard yang belajar otodidak. Karena di kota saya, kursus piano jaraknya lumayan jauh, jadi sulit kesana.

Di rumah, saya biasanya main piano dengan belajar sendiri lewat video-video yang ada di youtube. Kebetulan untuk melodi sudah terbiasa di kepala, jadi tinggal penyesuaian saja.

Nah, di youtube ini banyak sekali video Shyntesia. Mirip dengan aplikasi-aplikasi piano android, dimana lagu yang dimainkan akan seperti hujan. Jatuh ke tuts yang dibunyikan secara teratur.

Video shyntesia ini banyak sekali yang suka dan nonton. Karena dengan video shyntesia, orang-orang yang ingin bermain piano, khususnya para pemula akan bisa belajar lewat video tersebut.

Jadi sebenarnya, bagaimana cara buatnya?


Persiapan...

 

Pertama, siapkan dulu sebuah keyboard yang sudah support midi. Coba cek bagian belakang, ada colokan midi in dan midi out, bentuknya seperti ini:

midi


Lalu siapkan juga sebuah kabel midi untuk dicolok antara keyboard dan komputer. Fungsinya, agar keyboard bisa terbaca di komputer atau laptop yang nantinya akan digunakan untuk merekam. Lalu bagaimana cara sambungnya? 

Cara sambungnya sudah saya buat lengkap di : Cara menyambung keyboard piano ke PC

Jadi silakan ikuti cara disana.

Di link yang saya berikan diatas, saya tidak menulis cara buat file midi. Saya hanya bilang bahwa keyboard saya gunakan untuk memasukkan audio di hasil rekaman video permainan piano saya agar tidak ada noise.

Nah, untuk membuat midinya, sobat butuh sebuah software bernama Freepiano.

Freepiano, adalah software untuk bermain piano di PC dengan keyboard. Software ini juga punya fitur perekam yang membuat kita bisa merekam permainan kita.

Dan fitur perekam ini, nanti akan kita buat jadi sebuah file midi. Yaitu dengan cara men-exportnya kedalam harddisk PC / laptop.


Caranya...

 

1. Pertama, pastikan Keyboard sudah tersambung dengan PC atau laptop sobat. 

2. Kemudian, dapatkan aplikasi freepiano di freepiano.tiwb.com. Filenya kurang lebih hanya dibawah 4 MB. Ingat, ada dua versi, yaitu 32 bit dan 64 bit. Jadi sesuaikan dengan Windows.

3. Kalau sudah, freepiano ini softwarenya portable, alias bisa langsung pakai tanpa install. Extract terlebih dahulu softwarenya dengan winrar. Jika sudah, buka softwarenya.

4. Pada bagian options (tanda obeng) setting kabel midinya terlebih dahulu. Ikuti saja softwarenya, mudah kok.

5. Kemudian, cek di keyboard piano sobat, tekan tutsnya. Jika freepiano merespon, artinya keyboard sudah siap dipakai.

6. Kemudian, klik tombol warna merah yang ada disebelah kanan tombol 'group'. Fungsinya untuk merekam permainan.

7. Mainkan sampai selesai. Jika sudah, klik lagi tombol merah nya.

8. Lalu klik file -> Export -> Midi file (MID) -> Simpan hasil rekaman tadi di harddisk.

shyntesia



Finishing...

 

File midi tadi, sekarang sudah siap untuk dijadikan sebuah video di shyntesia. Dapatkan dan install terlebih dahulu shyntesianya. Kemudian masukkan file midi tadi ke direktori lagu shyntesia.

Jika sudah, tinggal di play, lalu rekam laptop / PC dengan software perekam. Bisa dibaca disini:  Cara merekam game untuk upload ke youtube.

Judulnya untuk rekam game, tapi bisa juga untuk rekam shyntesia kok.

Nah, untuk hasilnya, kebetulan saya punya 1 video bekas dulu yang untungnya belum terhapus dari beranda profil facebook saya. Ini contoh jadinya:







Ngomong-ngomong video diatas, video yang saya buat 3 tahun lalu untuk upload ke grup facebook. Kebetulan banyak minta tutorial dari lagu ini. Sayangnya waktu itu permainan saya masih kasar hehe. 

Kalau kurang besar, volume speakernya diperbesar saja ya. Karena saya langsung upload tanpa edit dulu (aplikasi editnya error).

Tambahan, supaya tidak ada gangguan seperti macet. Coba baca cara atasi laptop lemot (khusus untuk pengguna laptop)


Apa sih keuntungan pakai shyntesia?


Seperti yang saya bilang, shyntesia ini banyak sekali yang cari. Walau tidak sebanyak video permainan piano yang direkam langsung, tapi jumlah saingannya relatif belum begitu banyak.

Sehingga berpeluang di monetisasi untuk dapat uang di youtube.

Membuat video shyntesia juga bisa jadi cara hemat untuk rekam video permainan piano di youtube tanpa alat-alat seperti mic atau video recorder mahal.


Penutup...

 

Sekian, kurang lebih itu saja. Jika ada yang ditanyakan, boleh ditaruh lewat kotak komentar. Sukses uploadnya ya. Kalau bisa, tag url blog ini di salah satu video shyntesia sobat hehe.

Terima kasih.



Punya masalah gadget atau komputer? Masukkan email Anda disini dan dapatkan cara-cara perbaikinya:

0 Response to "Cara Mudah Membuat File Midi Untuk Video Shyntesia"

Post a Comment

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini.

2. Karena banyaknya Spam, komentar dengan link aktif tidak akan di publish KECUALI relevan dengan artikel

3. Sekali lagi, KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan