Cara Memperbaiki Komputer No Signal Supaya Nyala Lagi



Komputer No signal, adalah kondisi dimana komputer bisa menyala dengan normal. Hanya saja di layar tidak tampil gambar apa-apa, melainkan monitor mendeteksi bahwa tidak ada perangkat apapun yang tersambung ke monitor.

Saat monitor tidak mendeteksi perangkat apapun, secara otomatis komputer akan memberikan pesan no signal.

Kerusakan no signal seperti ini, biasanya dialami karena ada kerusakan di salah satu perangkat komputer. Jadi, jarang sekali ada kerusakan software yang membuat no signal seperti ini (mungkin kecuali BIOS yang corrupt).


No signal


Saya sendiri sudah beberapa kali mengalami monitor yang no signal seperti ini. Kejadiannya ketika malam hari, PC sedang dipakai, lalu tiba-tiba PC saya mati dan muncul pesan no signal.

Untuk penyebabnya ada banyak. Bisa karena kabel yang tidak tersambung dengan benar, kabel yang rusak, monitor yang rusak sampai VGA atau motherboard yang rusak.

Untuk itu, kita harus bisa menganalisa apa kerusakan yang dialami agar bisa memperbaikinya supaya normal kembali.


Sebelumnya, sobat harus bisa membedakan gagal booting dan komputer no signal. No signal, adalah kondisi dimana komputer menyala tapi tidak tampil gambar apa-apa, melainkan muncul pesan no signal di monitor.

Sedangkan gagal booting, terutama karena RAM. Gejalanya hanya monitor tidak menampilkan gambar, tapi masih menyala dan tidak ada pesan no signal. Untuk gagal booting, silakan baca cara mengatasinya disini: Mengatasi komputer gagal booting.


Nah, lalu apa saja cara memperbaikinya? Coba baca tips-tips berikut ini:


1. Cek kabel


Yang paling simpel, pertama coba cek kabel yang dipakai. Cek kabel, jangan sampai longgar pemasangannya. Karena di beberapa kejadian, terkadang ada user yang tidak membaut kabelnya dengan benar ketika dipasang.

Kabel yang tidak terpasang dengan benar ini, bisa tidak sengaja terlepas ketika monitor di geser. Akibatnya akan muncul pesan no signal.

Kalau masih belum bisa, coba lanjut:


2. Mengganti kabel


Kabel konektor VGA Card ke komputer, ada 3 jenis yang biasa dipakai. Kabel VGA, DVI, dan HDMI.

Cobalah untuk ganti kabel konektor yang digunakan untuk menyambung komputer ke monitor. Jika normal kembali, itu artinya kabelnya memang positif rusak.

Sobat bisa beli atau meminjam ke teman kabel yang ingin digunakan. Tapi saran saya, cobalah untuk ganti jenis kabel yang digunakan jika memang port di monitornya ada lebih dari 1.

Ini untuk mengecek apakah ada kerusakan atau tidak pada konektor kabel di monitor.

Contohnya, jika sobat biasa memakai kabel DVI, coba untuk pakai HDMI. Atau kalau biasa memakai kabel VGA, coba pakai kabel DVI dan sebaliknya.


3. Cek converter



Beberapa user PC, ada yang punya monitor dengan port yang tidak sesuai dengan spesifikasi VGA.


Contohnya, VGA yang dipakai hanya support DVI dan HDMI. Sedangkan monitornya hanya support port VGA saja. Sehingga VGA card tidak bisa disambungkan ke monitor.

Untuk mengatasi ini, biasanya dipakai converter agar komputer yang dipakai bisa berjalan.

Masalahnya begini....


Ada dua jenis konverter yang biasa digunakan. Yaitu konverter aktif dan konverter pasif.

Untuk konverter pasif memiliki harga yang relatif jauh lebih murah dibanding konverter aktif. Jadi kebanyakan orang lebih memilih untuk memakai konverter pasif.

Nah, konverter pasif ini, berdasarkan pengalaman saya, tidak selalu bekerja dengan normal. Karena dulu saya pernah punya PC dengan VGA yang hanya memiliki slot DVI dan HDMI.

Sedangkan monitor saya hanya ada port VGA dan DVI. Karena sayang sudah ada kabel VGA, jadi saya coba beli konverter pasif, dan hasilnya berjalan normal.

Beberapa bulan berikutnya, konverter yang biasa digunakan tertinggal (saat keluar kota), lalu saya beli lagi konverter pasif yang baru.

Hasilnya? Tidak jalan. Malah hanya keluar pesan no signal

Mungkin ini bisa karena defect (rusak pabrik) juga. Tapi dari sumber forum-forum komputer besar, tidak jarang orang yang mengalami kerusakan seperti ini.

Untuk poin ini, saya ada dua solusi:



  • Pakai kabel yang masing-masing konektornya sama. DVI ke DVI, HDMI ke HDMI, VGA ke VGA. Karena 100% pasti jalan (asal tidak ada yang rusak). Harganya juga tidak terlalu mahal.

  • Coba untuk memakai konverter aktif. Karena kebanyakan orang lebih menyarankan untuk memakai konverter aktif dibanding pasif (karena kemungkinan bekerjanya lebih tinggi). 


Untuk harganya sendiri, sedikit lebih mahal dibanding kabel dengan konektor yang sama. Jadi, untuk saya, konverter aktif ini hanyalah opsi kedua.


4. Cek VGA (Kartu grafis)

 

Kalau masalah bukan pada kabel dan port monitor. Selanjutnya kita harus mengecek VGA yang dipakai. Apakah bermasalah atau tidak. VGA sendiri memang salah satu komponen yang mudah rusak, walau hanya di situasi-situasi tertentu.

Contohnya, karena supply daya power supply tidak stabil. Temperatur VGA yang terlalu panas, sampai kesalahan dengan overclock.


Untuk mengeceknya, ada tiga solusi yang bisa saya berikan.


1. Beberapa Processor ada yang punya VGA onboard ada juga yang tidak. Nah, kalau sobat memiliki VGA onboard (Integrated graphics) cobalah untuk memakai VGA onboard tersebut terlebih dahulu.

2. Kalau sobat Processornya tidak memiliki VGA onboard. Cobalah untuk meminjam kartu VGA punya teman, untuk melakukan pengecekan.

3. Solusi lainnya, sobat bisa membeli sebuah kartu VGA murah, entah seken atau apapun, asal kompabilitasnya sesuai dan masih normal. Tapi ini optional, karena buang-buang uang.


Kalau positif VGA yang rusak, sobat bisa melakukan RMA atau service ke pabrik sesuai vendor VGA yang sobat gunakan. Tapi tidak semua merk bisa melakukan service ke pabrik. 


Ada mek-merk VGA tidak jelas, yang tentu saja hanya memiliki garansi toko atau garansi distributor, hindari VGA jenis begini. Lebih baik, beli merk-merk yang sudah terkenal.


5. Periksa motherboard


Pada poin nomor 4 diatas adalah penyebab dengan VGA discrete (Dedicated Graphics). Lalu bagaimana dengan yang VGA onboard?

Kalau sobat sudah yakin, bahwa kerusakannya positif ada di VGA onboard, maka solusinya mau tidak mau harus di service atau RMA juga sama dengan sebelumnya.

Kalau mau solusi yang lebih mudah sobat bisa melakukan penggantian motherboard dengan yang baru. Atau bisa juga downgrade untuk dapat harga yang lebih murah.

Tapi ini jika benar-benar yakin kalau VGA onboardnya yang rusak.


Periksa monitor...


Sengaja disini tidak saya beri poin penandanya. Sebelumnya, saya sudah bilang untuk mengecek port monitor apakah normal atau tidak.

Untuk cara ampuh mengetes apakah monitor masih normal atau tidak, coba pakai monitor tersebut di PC lain. Jika tidak terdeteksi, ada kemungkinan port monitor sobat yang rusak.

Kalau sobat punya laptop, sobat juga bisa mencoba menyambungkannya ke laptop. Dengan catatan sobat tahu cara menyambungkannya.

[Baca juga: 14 Cara Efektif Mengatasi PC lemot]


Penutup


5 Penyebab diatas adalah penyebab-penyebab umum di saat komputer mengalami gejala no signal. Beberapa solusi ada yang mudah dilakukan ada juga yang sulit dilakukan.

Silakan lakukan saja sebisanya. Karena saya sendiri pun tidak semua solusi diatas bisa saya lakukan semua.

Dan di youtube juga, sebenarnya sudah lumayan banyak tips-tips untuk atasi PC yang no signal. Salah satunya video berikut:




Coba cek video-video yang ada, barangkali sobat bisa menemukan cara yang bisa membuat komputer sobat normal kembali.
 

Itu saja, semoga bermanfaat. Sekian, dan terima kasih.

Punya masalah gadget atau komputer? Masukkan email Anda disini dan dapatkan cara-cara perbaikinya:

0 Response to "Cara Memperbaiki Komputer No Signal Supaya Nyala Lagi"

Post a Comment

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini.

2. Karena banyaknya Spam, komentar dengan link aktif tidak akan di publish KECUALI relevan dengan artikel

3. Sekali lagi, KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan