Cara Mengatasi Black Screen Waktu Main Game PC/Laptop (Layar Gelap)



Nge-game (gaming) adalah hobi yang banyak disukai orang, karena sangat efektif untuk menghilangkan stress,penat, menghilangkan kebosanan atau hanya sekedar mengulur waktu.

Nge-game juga tidak selamanya negatif seperti kebanyakan yang ditulis media-media hingga saat ini. Banyak manfaat yang bisa didapat dari nge-game, contohnya seperti mendapat teman baru, meningkatkan respon pada otak, serta menghilangkan stress,penat dan lainnya seperti yang saya bilang tadi.

Nge game bisa dilakukan di banyak device, seperti Android, iphone,Konsol juga tidak terkecuali untuk PC dan Laptop.

Black screen



Berbeda dari Android yang game-gamenya jarang sekali ada masalah, karena didapat dari langsung dari Playstore. Atau juga seperti konsol yang hanya tinggal main, Game di PC / Laptop terkadang punya masalah-masalah seperti error atau Crash yang bisa membuat pusing kepala.

Nah, salah satu error yang pernah saya dapat, adalah error Black screen, Blank screen, atau layar hitam (terserah mau sebut yang mana).


Error black screen pada laptop atau PC yang berbasis Windows, terjadi ketika sobat sedang membuka game lalu tidak muncul gambar apa-apa, tapi hanya keluar suara. Dulu saya pernah mengalami ini ketika main Winning Eleven 9 di laptop lama saya.


Nah, tidak perlu pusing, saya punya cara dan tips agar game yang sobat mainkan bisa berjalan normal kembali.

Langsung saja:


1. Pastikan Driver VGA sudah terinstall dengan benar

 

Sebelumnya saya bilang bahwa saya pernah mengalami blank screen saat main Winning Eleven 9 di laptop saya. Setelah saya cari masalahnya, ternyata masalahnya ada di Driver VGA yang belum terinstall.

Driver, fungsinya sebagai pengemudi dari hardware. Dengan pengemudi, maka kendaraan akan berjalan. Begitulah kira-kira.

Driver VGA yang tidak terinstall, akan membuat game menjadi black screen dan hanya membuat suaranya saja yang keluar.

Masalah blackscreen saya dulu teratasi ketika saya mengupdate dan mengistall driver VGA di laptop saya.


2. Pastikan Spesifikasi PC / Laptop mencukupi

 

Yang kedua, spesifikasi pada laptop atau PC bukan hanya berpengaruh terhadap kelancaran bermain game, tapi juga berpengaruh dengan kemungkinan error yang ada yang akan terjadi pada game.

PC atau Laptop dengan spesifikasi yang mencukupi untuk menjalankan game yang ingin dimainkan, akan mengurangi resiko error,crash juga blackscreen saat dimainkan.

Tidak percaya? Saya dulu pernah coba main The Pun1sher di PC saya yang sudah tua, akhirnya tidak keluar gambar apa-apa, hanya suara.

Kedua, saya pernah main Just Cause 2 di PC laptop tua saya, akhirnya tidak keluar gambar apa-apa, bahkan suaranya juga tidak keluar.

Terakhir, saya pernah coba main FarCry 4 yang minimal processornya Quad Core di PC saya yang dual core, hasilnya? Layar blackscreen dan suara nya keluar. (Tapi bisa diatasi dengan dual core injector fix).

Intinya begitu, pastikan PC atau laptop spesifikasinya mencukupi.


3. Pastikan File sistem sudah terinstall

 

Pada point ke 3 ini saya taruh rekomendasi untuk menginstall file sistem. Tujuannya untuk mengurangi resiko error yang akan terjadi ketika sobat mengalami blackscreen.

File sistem pada Windows, contohnya seperti: Microsoft Dotnet,DirectX,Microsoft Visual Credits ini perlu diinstall untuk menghindari resiko error yang ada.

Khusus Microsoft Visual Credist, terdapat banyak versi dari yang 2005 sampai yang terbaru, sobat wajib install semuanya.


4. Pastikan gamenya tidak bug (rusak)

 

Kerusakan blackscreen pada game juga bukan hanya dari faktor eksternal, tapi juga dari faktor internal game itu sendiri. Di beberapa kejadian, game yang corrupt akan mengalami layar blank,error dialog, sampai tidak bisa dibuka sama sekali.

Cara memastikannya sedikit sulit, tapi sobat bisa mencobanya dengan mengganti file gamenya dengan yang baru.


5. Pastikan Kompabilitas (Compability) dari game mendukung

 

Beberapa game, ada yang mendukung sistem operasi yang baru, tapi tidak mendukung sistem operasi lama. Dan juga ada sebaliknya.

Mengeceknya, Cara nya? Mudah, lihat sistem requirements game tersebut, akan terlihat sistem operasi yang didukung.

Game yang kompabilitasnya tidak mendukung, tidak menutup kemungkinan akan terjadi blackscreen saat dimainkan.

Tapi poin 5 ini cukup jarang terjadi, kecuali hanya di game-game yang sudah sangat lama, atau game-game baru yang dimainkan di OS lama.



Begitulah, cara untuk mengatasi game yang blacksreen,blank screen, layar hitam. Intinya, pastikan 5 faktor diatas terpenuhi, maka semoga error yang didapat akan normal kembali.

Terima Kasih.

Punya masalah gadget atau komputer? Masukkan email Anda disini dan dapatkan cara-cara perbaikinya:

1 Response to "Cara Mengatasi Black Screen Waktu Main Game PC/Laptop (Layar Gelap)"

  1. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://aromaessen.com

    ReplyDelete

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini.

2. Karena banyaknya Spam, komentar dengan link aktif tidak akan di publish KECUALI relevan dengan artikel

3. Sekali lagi, KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan