3 Cara Cek FPS (Frame rate) Game PC / Laptop Dengan Mudah



Sobat hobi main game? Game yang sobat mainkan lancar atau patah-patah (lag) ? Game yang sobat mainkan lancar? Yakin nih lancar? Berapa FPS yang didapat?

Ya, banyak sekali orang yang hanya bilang lancar-lancar tapi tidak tahu berapa FPS yang mereka dapat di-game. Padahal ada patokan tersendiri untuk mengetahui seberapa lancar saat kita main game.

FPS FRAME RATES


Di pengalaman saya sendiri dulu ada teman yang main game di laptopnya. Dia bilang "Wah, lancar nih game di laptop, keren lagi gamenya". Ketika saya cek sendiri, ternyata masih patah-patah.

Dan disini kita tahu, bahwa lancarnya permainan game itu relatif. Tergantung pendapat masing-masing.

Nah, tapi tentu itu hanya untuk orang yang tidak tahu apa itu FPS:

FPS sebenarnya ada dua arti kalau di game. Pertama, FPS (First person shooter), adalah game shooting (tembak-tembakan).

Tapi FPS yang dimaksud disini adalah singkatan dari Frame rate per second. Yaitu angka yang bisa kita gunakan untuk mengukur seberapa lancar kita bermain game.


Apa itu FPS?


Untuk definisi, dari yang saya baca..

FPS adalah singkatan dari frame rate per second. Yaitu angka untuk mengukur performa keseluruhan dari sebuah kartu VGA, sebagai acuan. Frame rate, adalah jumlah gambar yang ditampilkan setiap detik untuk ditampilkan tiap detik untuk membuat gambar bergerak. Semakin tinggi angka FPS yang didapat, semakin halus pula gambar / gerakan yang kita dapat.

Mungkin agak kurang tepat karena sumbernya kurang terpercaya. Tapi untuk saya ini masuk diakal.

Mengukur FPS sendiri selain untuk dijadikan acuan lancar tidaknya game yang akan dimainkan, juga untuk mengatur setting grafis terbaik dengan gerakan yang halus.

Biasanya tipe begini, adalah tipe gamer spek tengah-tengah atau gamer yang speknya pas-pasan (seperti saya).


Berapa ideal FPS yang harus didapat untuk mendapat kelancaran dalam bermain game?



Patokan FPS yang didapat, ada beberapa. Yaitu:

  • 10 - 20 FPS = Game sangaat lag. Sobat akan pusing memainkannya. 
 
Saya pernah main game yang relatif berat di jamannya (tahun 2010) dengan laptop low-end jadul. Ketika di tes, FPS yang saya dapat hanya 18 sampai 19 FPS. Itu patah-patahnya sangat parah.

  • 20 - 30 FPS = Game masih lag, gerakan sedikit lebih lancar dibanding sebelumnya. Tapi masih tidak cocok untuk mainkan.

Kalau ini masih sama. Dulu saya main satu game open world di laptop saya. Dengan setting full low resolusi terendah. Average FPS nya sekitar 26.. Gerakannya lambat. Paling parah kalau lagi dikejar polisi.

  • 30 - 40 FPS = Game sudah memasuki kategori lancar. Masih ada patah-patah di beberapa bagian. Tapi sudah cukup playable.

Di PC spek lama saya. Saya sering sekali dapat FPS 30 - 40. Game yang dimainkan lancar. Lag tidak begitu sering.

  • 40 - 50 FPS = Game sudah memasuki kategori sangat lancar. Lag mungkin akan terjadi, tapi jarang.
 
Kalau ini saya sering dapat di game-game 2014 kebawah. Game yang dimainkan tidak ada masalah lag sama sekali. Paling kalau ada scene waktu lagi ramai, jadi lag (karena drop).

  • 50 - 60 FPS = Game sudah memasuki kategori super lancar. Tidak ada gerakan patah-patah sama sekali. Kecuali FPS yang didapat drop tiba-tiba.

Kalau saya pribadi hampir tidak pernah dapat 50 FPS keatas. Karena PC yang saya pakai termasuk kategori low-end. Paling banyak mentok di 40-50 FPS saja.


Sst, untuk sobat yang gamenya ngelag. Bisa baca artikel berikut: Cara efektif mengatasi game PC / laptop yang ngelag


Bagaimana cara untuk mengukur FPS?



Di artikel saya sebelumnya di cara merekam game untuk youtube. Disana tertulis cara merekam game, tapi juga kita bisa mendapat FPS untuk ditampilkan. 

Tapi di artikel ini, saya akan memberikan cara untuk cek FPS di game secara khusus. Hanya dengan 3 cara:

Berikut caranya:


1. Cara cek FPS di game dengan FRAPS

 

FRAPS



FRAPS, adalah mini software yang banyak digunakan para gamer untuk men-screenshots game, merekam game menjadi video, dan tentu saja untuk mengecek FPS pada game.

Cara untuk mengecek FPS di game dengan FRAPS sendiri sangat mudah. Pertama dapatkan dulu FRAPS di situs resminya, www.fraps.com kemudian pasang aplikasinya.

Buka FRAPS, lalu buka game yang ingin dimainkan.

Nah, coba cek di pojok atas layar.. Akan terdapat angka yang berubah-ubah. Itu adalah FPS yang sobat dapat.


2. Cara melihat FPS di game dengan Bandicam

 

 
bandicam


Bandicam, adalah software kecil sama dengan FRAPS. Fungsinya pun sama, yaitu untuk merekam game jadi video, men-screenshots game dan melihat FPS yang didapat di game.

Cara pakainya juga sama, dapatkan dulu bandicam di www.bandicam.com kemudian install dan buka aplikasinya.

Setelah aplikasi terbuka, kemudian buka game yang ingin sobat mainkan. Lalu lihat di pojok atas layar, itulah FPS yang sobat dapat.


Note - Sebelum lanjut:


Angka FPS yang saya maksud, adalah seperti ini:


FPS


Kalau angka warna kuning seperti gambar diatas belum keluar di game sobat. Berarti softwarenya belum jalan / belum terdeteksi.


3. Mengecek FPS di game tanpa software

 

benchmark
Contoh game yang mendukung 'fitur' benchmark langsung di gamenya.

Sebenarnya, tanpa software pun sobat bisa mengecek langsung FPS yang didapat di game. Ada game yang mendukung pengecekan FPS yang dipasang langsung di sistem internal data game.

TAPI, tidak semua game memiliki sistem untuk mengecek FPS seperti ini. Biasanya, pengecekan FPS bawaan game ini tersedia opsinya di setting grafis. Untuk melihat ada atau tidaknya, silakan cek sendiri di game yang sobat mainkan.


Nah, sekian.. mudah bukan cara mengecek FPS (frame rate) yang didapat di game? 3 cara diatas adalah 3 dari banyak cara yang menurut saya paling mudah untuk melihat FPS yang didapat.

Untuk software lainnya, silakan bereksperimen sendiri. Yang penting bisa digunakan untuk patokan berapa FPS yang didapat.

Mungkin itu saja, terima kasih.

Punya masalah gadget atau komputer? Masukkan email Anda disini dan dapatkan cara-cara perbaikinya:

0 Response to "3 Cara Cek FPS (Frame rate) Game PC / Laptop Dengan Mudah"

Post a Comment

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini.

2. Karena banyaknya Spam, komentar dengan link aktif tidak akan di publish KECUALI relevan dengan artikel

3. Sekali lagi, KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan