7 Cara Melihat Tipe Laptop Dengan Mudah Dan Lengkap



Laptop, memiliki beragam merk dan tipe dengan harga yang sangat beragam. Dari yang bekas dan keluaran lama seharga ratusan ribu, sampai laptop 'gaming' seharga puluhan juta rupiah.

Harga tersebut ditentukan oleh spesifikasi, serta fitur yang diberikan oleh laptop tersebut. Semakin bagus spesifikasi yang didapat biasanya akan semakin mahal pula harga yang diberikan.


cek laptop


Tapi terkadang orang bingung, sebenarnya bagaimana cara untuk melihat tipe laptop? Kalau merk mungkin sudah terlihat di bagian belakang. Beberapa produsen ada yang menuliskan nama merk di bagian belakang layar.

Ada pula produsen yang hanya sekadar menaruh logo dari merk mereka di laptop mereka.

Melihat tipe di laptop, terkadang agak sulit karena biasanya tidak tertera di di body laptop. Walau untuk sekarang ini sudah banyak yang tertera, tapi ada juga produsen yang menulis tipenya kurang lengkap di bagian body. Sehingga membuat penggunanya ragu-ragu.

Banyak sekali keuntungan dengan mengetahui tipe laptop secara lengkap. Diantaranya:


  • sobat bisa lebih mudah untuk urusan upgrade hardware. Karena dengan mengetahui tipe laptop secara lengkap, secara otomatis kita bisa mencari referensi hardware yang dibutuhkan untuk upgrade. Contohnya upgrade RAM atau Processor.

  • Sobat juga bisa lebih mudah jika suatu saat ingin menjual kembali laptop yang sobat pakai. Karena dengan mengetahui tipe laptop secara lengkap, maka sobat akan jadi lebih mudah untuk mematok harga yang diinginkan dan masih sesuai harga pasaran.

  • Sobat bisa mencari dan menyesuaikan driver yang ingin dipasang. Apalagi jika DVD drivernya hilang. Maka untuk melihat driver yang cocok di website, kita butuh tipe laptop untuk mencarinya.
 
  • Kita bisa membandingkan secara detail dengan produk dari merk laptop lain. Dari segi performa dan fitur. Karena dengan mengetahui tipe laptop, kita bisa lebih mudah mencari spesifikasi serta fitur yang ada.


Nah, lalu bagaimana cara untuk melihat tipe laptop? Berikut 7 Cara melihat tipe laptop dengan mudah:


1. Melihat tipe laptop melalui body laptop

 

Oke, yang pertama silakan cek tipe melalui body. Selain tipe, biasanya juga tertera spesifikasi singkat laptop yang dipakai.

Karena laptop khususnya laptop jaman sekarang sudah banyak yang menempelkan stiker spek dan tipe pada body laptop.

Oh iya, bukan hanya bagian depan body saja. Coba balikkan laptop dan lihat bagian bawahnya. Terkadang juga tertera stiker yang menandakan tipe laptop. Ada juga yang sudah diukir hurufnya.


2. Melalui dus laptop

 

Kalau dengan metode pertama masih belum tahu, coba cari dus laptop sobat. Disana juga akan tertera tipe laptop. Bahkan kadang lebih lengkap.

Selain dus, coba cari buku manual dari dus laptop tersebut. Di dalam buku manual itu, juga biasanya akan tertera tipe laptop yang digunakan.

Jadi kalau punya dus komputer, apalagi laptop, lebih baik jangan dibuang. Sobat bisa memanfaatkan untuk menyimpan barang-barang bekas disitu. Juga, nantinya bermanfaat untuk menaikkan harga jual laptop ketika ingin dijual kembali.


3. Cek tipe laptop melalui BIOS

 

Ketika laptop baru menyala, akan muncul gambar di awal. Biasanya gambar ini berupa gambar merk dari laptop yang sobat pakai.

Layar yang ada di awal sewaktu menyala ini namanya BIOS. Di BIOS, kita bisa melakukan banyak pengaturan setting pada sistem laptop.

Dan selain setting, sobat juga bisa melihat tipe laptop yang sobat gunakan di BIOS ini.

Pada saat baru nyala, coba pencet F2, F11, DEL, ESC atau cek sendiri tombol untuk masuk BIOS karena tombolnya biasanya berbeda-beda.

Lalu cari opsi dimana kita bisa melihat model laptop yang kita gunakan.

Selain tipe laptop, biasanya juga terdapat model number dan beragam informasi tentang laptop yang sobat gunakan.

[Baca juga: Cara mengatasi laptop yang lemot]


4. Melihat tipe laptop melalui dxdiag

 

Dxdiag, adalah aplikasi pengecek sistem yang biasa digunakan untuk melihat spesifikasi PC atau laptop yang digunakan.

Pada dxdiag, akan tersedia informasi tentang Processor yang dipakai, RAM, VGA dan tentunya merk serta tipe laptop yang dipakai.

Buka terlebih dahulu dxdiag dengan cara: 

Klik start -> run -> ketik dxdiag. Atau:  Klik tombol windows + tombol R, kemudian ketik dxdiag.


laptop


Atau paling mudah cukup ketikkan kata kunci dxdiag di kotak search start menu (Khusus Windows 7, Windows 10 atau Windows yang memiliki fitur search di start menu).

Kemudian pada bagian System Manufacturer dan System Model. Akan tertera tipe dan merk laptop yang sobat gunakan.


5. Mengetahui tipe laptop dengan aplikasi pengecek spesifikasi

 

Selain dxdiag, sobat juga bisa gunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengecek tipe laptop. di dxdiag, sobat hanya bisa melihat sekilas spesifikasi laptop yang digunakan.

Dengan aplikasi pihak ketiga, sobat bisa melihat lebih jauh dari spesifikasi laptop yang sobat gunakan, dan tentunya tipe laptop tersebut.

Untuk aplikasinya bebas. Pakai saja yang sudah banyak dipakai orang-orang. Kalau saya biasa pakai speecy, karena cukup lengkap detail speknya.


6. Melihat tipe laptop lewat internet atau lewat situs resmi produsen laptop

 

Lewat internet, sobat bisa mencari banyak sekali informasi. Dan tentu saja sobat juga bisa mencari informasi tipe laptop yang sobat pakai. 

Untuk mencarinya, silakan masukkan kata kunci dengan merk dari laptop yang sobat gunakan. Kemudian cari tipenya sampai benar-benar ketemu.

Kedua, sobat bisa melihat tipe laptop yang sobat gunakan dengan melalui situs resmi dari produsen laptop tersebut.

Hampir seluruh produsen laptop punya website resmi masing-masing. Di website tersebut,  akan tertera produk-produk serta model-model laptop mereka. Silakan cari dan sesuaikan laptop yang sobat pakai dengan model-model yang tertera.

Bisa disesuaikan dari bentuk fisik dan spesifikasi.


7. Mengetahui tipe laptop dengan media sosial

 

Masih sehubungan dengan poin sebelumnya. Media sosial jika dimanfaatkan dengan baik banyak sekali ilmu yang bisa didapat. Lalu bagaimana cara tahu tipe laptop lewat media sosial?

Cukup bergabung dengan grup komputer, atau grup para pengguna merk laptop yang sobat gunakan. Foto lalu upload dan tanyakan disana.

Sobat juga bisa menanyakannya lewat fanspage (halaman) resmi dari produsen laptop yang sobat pakai.


Yang mana yang paling bagus untuk mengecek?

  

Kalau buat saya pribadi, mengecek lewat body laptop adalah yang terbaik. Alasannya biasanya kita bisa melihat model sampai serial dengan lengkap. Jika di body tidak ada, baru kita melangkah ke step-step selanjutnya.

Untuk yang media sosial, sifatnya optional saja. Karena jika foto tidak jelas, atau malah banyak tipe laptop yang fisiknya mirip dengan yang sobat pakai, maka nanti akan percuma karena tidak ada yang bisa menjawabnya.

Sobat juga bisa untuk ambil poin yang paling cocok untuk sobat.


Dan sekian, mungkin itu saja. Semoga bermanfaat untuk sobat yang ingin melihat tipe laptopnya tapi tidak tahu caranya. Sekali lagi, semoga bermanfaat dan bisa membantu.

Terima kasih.


Punya masalah gadget atau komputer? Masukkan email Anda disini dan dapatkan cara-cara perbaikinya:

0 Response to "7 Cara Melihat Tipe Laptop Dengan Mudah Dan Lengkap"

Post a Comment

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini.

2. Karena banyaknya Spam, komentar dengan link aktif tidak akan di publish KECUALI relevan dengan artikel

3. Sekali lagi, KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan