Cara Menyambungkan Wifi Di Laptop dengan cepat



Laptop dan Wifi, menjadi pasangan yang serasi untuk pengguna komputer seperti saya. Laptop yang portable dan kecepatan akses Wifi yang kencang, menjadi teman yang sangat cocok untuk bersantai di rumah sambil browsing dan streaming, atau berkumpul ngegame bersama teman di luar.

Nyaris di seluruh laptop, sudah terdapat fitur Wifi, yang Wifi adapternya sudah terpasang di dalam komponennya. Berbeda dengan PC yang ribet, laptop bisa dengan mudah untuk dinyalakan atau dimatikan wifinya.


cara sambungkan wifi di laptop


Tapi terkadang terdapat problem saat menyalakan Wifi. Diantaranya kita tidak tahu cara untuk menyalakan wifi di laptop. Atau ketika dinyalakan tidak merespon apa-apa. Atau bahkan laptop tidak mendeteksi Wifi.

Nah, disini saya akan berbagi tutorial cara untuk menyalakan Wifi di laptop. Tutorial ini bisa dipakai hampir di semua jenis laptop.

Berikut caranya:


1. Install terlebih dahulu Driver WIFI

Pertama, sebelum melanjutkan ke cara untuk mengaktifkan Wifi di laptop, kita harus terlebih dahulu menginstall driver Wifi.

Kebanyakan laptop, fitur Wifi tidak akan bisa dijalankan ketika driver belum diinstall. Inilah salah satu penyebab kenapa wifi tidak bisa nyala ketika baru install ulang.

Driver wifi, bisa didapat dari CD driver bawaan laptop. Atau bisa juga dapat lewat situs resmi dari produsen laptop yang sobat pakai.

Tapi jika sobat sudah menginstall driver Wifi, namun Wifinya tidak mau menyala, tidak ada salahnya untuk menginstall kembali (Reinstall) driver wifi di laptop sobat. Karena ada kemungkinan juga, drivernya rusak.



2. Menyalakan Fitur Wifi di laptop

Jika driver sudah terinstall dengan benar, maka fitur akses wifi siap dijalankan selama tidak ada kerusakan. Sebelum menyambungkan koneksi Wifi, fitur Wifi pada laptop harus dinyalakan terlebih dahulu dengan cara:



Menyalakan fitur Wifi di laptop dengan tombol Khusus Wifi


Beberapa laptop, biasanya terdapat tombol Wifi. Letaknya biasanya ada di dekat layar atau disamping keyboard (tergantung jenis laptop yang sobat pakai). Tombol ini berfungsi untuk menyalakan Wifi dengan cepat.
Cara menyalakannya, cukup pencet atau tekan sampai lampunya indikatornya menyala, sebagai tanda bahwa fitur wifi sudah diaktifkan. Sobat juga bisa mematikannya kembali dengan menekan tombol tersebut kembali sampai lampunya mati.

  • Tombol Wifi pada laptop, bisa tidak berfungsi jika driver laptop belum terinstall


Menyalakan fitur Wifi di laptop dengan Tombol kombinasi keyboard

Selain melalui tombol Wifi, ada juga produsen laptop yang membuat Wifi laptop bisa dinyalakan dengan menggunakan kombinasi tombol pada keyboard.

Pada deretan tombol F1 sampai F12 di laptop, biasanya memiliki fungsi masing-masing. Diantaranya ada fungsi suara,mengatur kontras layar, dan tentu saja kombinasi tombol untuk meyalakan Wifi.

Kombinasi ini, bisa dipakai dengan cara menekan tombol FN (Letaknya biasanya di dekat tombol Windows/ALT) dengan Tombol F1 sampai F12 yang terdapat fungsi wifinya tadi.

Biasanya, tombol F1 sampai F12 dengan fungsi wifi, akan ditandai dengan logo Wifi pada bagian tengah atau atas tombolnya. 

cara aktifkan wifi dengan keyboard


Contohnya:

FN + F1
FN + F2 
FN + F3
FN + F4
FN + F5
FN + F6
FN + F7
FN + F8
FN + F9
FN + F12

Walau kadang ada juga, laptop yang tidak ada  logo Wifi di tombol F1 sampai F12, tapi masih ada fungsi untuk menyalakannya. Silakan sobat coba saja.



3. Menyambungkan koneksi Wifi di laptop

Sekarang Wifi sudah menyala dan siap untuk disambungkan. Ada beberapa cara untuk menyambungkan koneksi wifi di laptop, nah, 2 cara yang paling mudah:


Konek lewat taskbar Windows

Cara termudah adalah dengan menyambungkan lewat taskbar Windows. Dari versi Windows 7, tampilan taskbar sudah lebih diperbagus sehingga dari segi tampilan dan penggunaan jadi lebih mudah.

Nah, sobat bisa melihat akses Wifi yang tersedia lewat taskbar tersebut. Caranya, sobat lihat taskbar Windows, lalu cek sebelah kanan. Jika Wifi sudah menyala dengan baik, maka sobat hanya tinggal menyambungkan koneksinya saja.

cara sambung wifi


Tapi, jika masih terdapat garis silang merah, itu artinya fitur wifi masih belum menyala. Sobat harus balik lagi ke poin 2.


Lewat setting Network Connection Windows 10

Selain lewat taskbar, khusus pengguna Windows 10, tersedia juga akses untuk menyambungkan koneksi Wifi, yaitu lewat Network And Internet.

Caranya sangat mudah, Klik Start -> Settings -> Network And Internet

Maka akan tersedia jaringan Wifi yang siap disambungkan. Mirip dengan cara lewat taskbar.


Bagaimana jika saya sudah install driver, dan menyalakan Wifi tapi tidak muncul wifi yang tersedia?

Jika sobat sudah menjalankan poin-poin diatas, lalu memiliki masalah Wifi yang tidak muncul ketika sudah dinyalakan, ada kemungkinan jika setting koneksi ter-disable. Akibat dari koneksi yang ter-disable ini, Wifi jadi tidak muncul atau ditemukan.

Cara untuk menyalakannya (enable) kembali seperti berikut:

Klik Start -> Control Panel (Pengguna Windows 10, ketik "Control Panel Di search bar).

Di Control Panel, Klik ->  Network And Internet -> Network Sharing Center -> Change adapter setting (Di sebelah kiri)

Coba cek, apakah ada setting koneksi yang ter-disable. Namanya bisa berbeda-beda, tapi cari saja yang sesuai chipset (Atau nama driver tadi yang sobat install), biasanya namanya sesuai.
Klik kanan koneksi tersebut -> Lalu Klik 'Enable'. 

Dengan demikian, Wifi yang ter-disable akan menyala kembali, dan Wifi siap untuk disambungkan.
Demikian, Cara Menyalakan Wifi Di Laptop dengan mudah. Ada beberapa cara lain untuk menyalakan Wifi, seperti lewat Windows Mobility Center. Tapi saya pikir, tutorial step-step diatas sudah mencukupi.

Pastikan juga, Wirelless Card laptop sobat tidak rusak. Komponen penerima sinyal Wifi ini jika rusak, maka otomatis laptop tidak akan bisa mendeteksi sinyal Wifi. Untuk mengatasinya, sobat bisa men-service laptop, atau menggunakan Wifi Receiver (Contohnya, USB WIFI).

Sekian, terima kasih


Punya masalah gadget atau komputer? Masukkan email Anda disini dan dapatkan cara-cara perbaikinya:

0 Response to "Cara Menyambungkan Wifi Di Laptop dengan cepat"

Post a Comment

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini.

2. Karena banyaknya Spam, komentar dengan link aktif tidak akan di publish KECUALI relevan dengan artikel

3. Sekali lagi, KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan