3 Cara Merekam Game Di PC / Laptop Untuk Upload Youtube



Melihat video youtube memang menyenangkan. Melihat video-video unik, video musik, bola dan tentunya video permainan game. Kalau kita kenal, sebagai youtuber gamer.

Banyak youtuber gaming yang sudah sukses. Bahkan youtuber dengan suscribe terbanyak pun adalah seorang youtuber gamer. Penghasilannya pun tidak tanggung-tanggung, miliaran rupiah!

Ada beragam youtuber gamer yang memiliki tipe berbeda-beda. Ada yang menonjolkan tips atau trik. Ada yang menonjolkan Walktrough, Ada yang komedi, sampai permainan dengan skill yang dewa.

Tapi persamaannya satu, yaitu mereka merekam video permainan gamenya.

record game


Dulu, dari kecil saya sempat penasaran bagaimana cara orang-orang merekam aktivitas video di PC. Saya kira mereka pakai HP lalu di rekam ke PC, (Sobat juga pernah kira begitu?).

Tapi, aneh, kualitasnya bagus sekali. Secara waktu dulu, kualitas kamera HP hanya 2MP sampai paling bagus 8MP. Tentu saja, bagus.. karena mereka memakai aplikasi screen recorder.

Screen recorder, alias aplikasi atau software perekam layar, adalah software yang berfungsi untuk mengambil gambar maupun video aktivitas di PC atau laptop, termasuk video dan game.

Selain berfungsi sebagai perekam, software recorder tersebut juga memiliki fungsi untuk melihat FPS yang berjalan pada game. (Jelasinnya disini: 9 Cara Atasi Game Lag PC)

Aplikasi perekam aktivitas layar PC atau Laptop ini, sangat mudah digunakan dan ukurannya pun kecil. Yang terpenting sobat harus memiliki spesifikasi yang mencukupi jika ingin merekam gameplay game.

Supaya tidak lama, berikut Cara merekam Game Di PC Atau Laptop. Work di berbagai versi Windows, (Windows 7, Windows 8, Windows 10). Berikut caranya:


1. Merekam Game Yang Berjalan Dengan : FRAPS

Aplikasi perekam aktivitas layar, terutama untuk game pertama adalah FRAPS. Software keluaran Beepa ini memiliki fitur untuk merekam game, mengambil screenshots dan melihat FPS (Frame rate) pada game, sehingga sobat bisa mengecek kelancaran pada game. 


rekam game FRAPS


FRAPS ini ukurannya kecil, hanya sekitar 2.5 MB tapi memiliki fitur yang powerfull dengan interface yang simpel.

Cara penggunaannya sangat mudah:

1. Dapatkan terlebih dahulu FRAPS secara gratis di: www.fraps.com (Ada versi gratis dan berbayar).

2. Buka Aplikasinya.

3. Jika sudah, silakan cek, terdapat 4 tab. Yaitu: General - FPS - Movies - Screenshots.

4. Buka tab Movies, lihat pada Video Capture Hotkey, tombol defaultnya adalah F9, yang berfungsi untuk merekam aktivitas layar maupun game. Sobat bisa merubahnya kalau mau.

5. Buka game yang diinginkan.

6. Tanda FRAPS telah berjalan, lihat pada bagian kiri atas. Terdapat angka berwarna kuning yang berubah-ubah. Angka tersebut adalah FPS (Frame rate).

7. Klik tombol F9 / Tombol yang sobat setting untuk mulai merekam.

8. Tanda FRAPS telah merekam, angka FPS di bagian kiri atas, akan berubah menjadi warna merah.


Selesai, sekarang sobat hanya tinggal bermain sambil merekam saja. Nah, jika sudah selesai merekam, dimana letak videonya?

Letak secara defaultnya, berada di folder movies di dalam folder FRAPS. Buka tempat dimana sobat install untuk melihat videonya. Contoh: D:\FRAPS\Movies.


2. Merekam game dengan Bandicam.

Bandicam, pada dasarnya memiliki fungsi yang sama dengan FRAPS hanya saja memiliki beberapa perbedaan fitur. Bandicam ini juga ukurannya termasuk kecil dan mudah digunakan.

bandicam


Saya sendiri dulu pernah merekam game online yang dulu saya mainkan memakai bandicam. Nama gamenya Attack On Titan Tribute Game, dimana saya dulu merekam tutorial skill lalu menguploadnya ke grup guild. (Mungkin sobat ada yang pernah main?)

Cara merekamnya sama dengan FRAPS. Berikut caranya:


1. Sobat bisa mendapatkan bandicam di www.bandicam.com.

2. Jika sobat sudah menginstallnya, buka softwarenya.

3. Sekarang, pada bagian kiri akan terdapat 6 Tab.

  • Tab FPS: Untuk mengatur settingan FPS
  • Tab Video: Untuk mengatur settingan video. Sobat bisa mengatur setting resolusi, kualitas, suara dan sebagainya.
  • Tab Image: Untuk setting Screenshots
  • Tab Output: Untuk setting dimana nanti file rekaman di simpan. Silakan ini disetting terlebih dahulu jika perlu.


Karena kita disini hanya ingin merekam video game, maka cukup setting pada tab video dan output saja. Jika sudah, buka gamenya.

4. Tanda bandicam sudah berjalan, ada FPS berwarna hijau di bagian kiri atas. 

5. Tekan tombol hotkey untuk rekam tadi, untuk mulai rekam.

6. Jika proses rekam sudah berjalan, maka FPS counter di bagian kiri atas tadi akan berubah jadi berwarna merah.


Kalau sudah selesai rekam, sobat hanya tinggal membuka output yang tadi tersetting untuk melihat hasil rekamannya. Untuk cara penggunaan lebih lanjut dan detail, sobat bisa mengunjungi id.wikihow.com/Menggunakan-Bandicam yang sudah tertera sangat lengkap disana.


3. Merekam Game Di PC / Laptop dengan Camstudio


Berbeda dengan 2 aplikasi diatas, yang menurut saya relatif 'baru' diketahui orang-orang sejak beberapa tahun lalu. Camstudio kalau saya tidak salah, ini sudah populer lebih dulu.


gaming camstudio


Camstudio, memiliki interface yang sangat simpel, sizenya juga sama kecilnya dengan 2 aplikasi sebelumnya. Hanya 2 MB.

Penggunaannya seperti berikut:

1. Dapatkan dulu Camstudio di : camstudio.org 

2. Setelah itu, install softwarenya dan buka.

3. Setelah aplikasinya terbuka, klik region kemudian pilih full screen.

camstudio


4. Kemudian, tekan tombol bulat merah untuk merekam.

5. Buka gamenya.

6. Ketika selesai direkam, sobat hanya tinggal perlu men-savenya ke direktori yang sobat inginkan.


Nah, demikian, 3 cara diatas adalah Cara merekam game di PC atau Laptop. Yang bisa untuk merekam game apapun, seperti PB,Counter Strike, NFS, PES, atau game-game lainnya.

Sebenarnya, ada cara lain yang sama populernya dengan 3 cara diatas. Yaitu dengan menggunakan software perekam bawaan Windows 10, Software dari NVIDIA, dan software dari AMD yang sayangnya saya tidak menemukan link untuk softwarenya.

Perlu dicatat, ada kemungkinan hasil video yang sobat rekam menjadi LAG atau patah-patah. Penyebabnya adalah, spesifikasi yang kurang mumpuni dari laptop atau PC sobat.

Walaupun spesifikasi laptop atau PC sobat kuat untuk main game yang ingin direkam. Tapi saat merekam. FPS yang didapat akan jatuh, Selain gameplay dari game yang kita mainkan jadi ngelag, hasil videonya pun jadi lag dan patah-patah. 

Solusinya ada 3:

  • Kurangi kualitas video pada aplikasi perekam untuk mengurangi LAG pada video.
  • Kurangi settingan grafis pada game agar game dan hasil rekaman video jadi lebih lancar. Dan baca juga artikel cara atasi game lag yang saya taruh di awal tadi.
  • Upgrade hardware sobat untuk menambah FPS.

Karena perlu diketahui juga, para gamer youtuber itu memiliki spesifikasi yang bagus-bagus. Karena mereka memikirkan quality dari video yang mereka upload.

Sobat sendiri lebih suka melihat grafis yang bagus dibanding yang jelek bukan?
Terakhir, pastikan disk space PC atau laptop sobat mencukupi, karena hasil rekaman video dari game, sizenya bisa sangat besar.

Dan mungkin sekian, 3 software untuk merekam game di PC atau Laptop. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

Terima kasih.

Punya masalah gadget atau komputer? Masukkan email Anda disini dan dapatkan cara-cara perbaikinya:

0 Response to "3 Cara Merekam Game Di PC / Laptop Untuk Upload Youtube"

Post a Comment

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini.

2. Karena banyaknya Spam, komentar dengan link aktif tidak akan di publish KECUALI relevan dengan artikel

3. Sekali lagi, KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan