Cara Mencari Blog Untuk Blogwalking Dengan Cepat (Dofollow) (Footprint)



Seorang blogger, tidak lepas dari yang namanya blogwalking. Dengan aktivitas blogwalking seperti ini, selain bisa menjalin hubungan dengan sesama blogger, juga bisa mendapat backlink yang akan mempengaruhi rank dan reputasi blog kita di mesin pencari.

Karena itu, wajib sekali untuk para blogger agar rutin-rutin blogwalking untuk mencari backlink.

Masalah yang paling sering dihadapi saat blogwalking, adalah kita kesulitan mencari blog yang cocok untuk dijadikan blogwalking. Mulai dari pencarian tema blog yang sesuai dan relevan, sampai mencari backlink dofollow.


blogwalking


Saya sendiri kadang-kadang terhenti di halaman search google. Mutar-mutar kesana-kemari untuk mencari blog atau website yang bisa dijadikan blogwalking. Pada akhirnya saya hanya dapat sedikit sekali link.

Ditambah, kalau saya cari blog yang bahas misalnya, "daftar blog untuk blogwalking dofollow", isinya h0ax. Kebanyakan website atau blognya sudah tidak aktif.

Paling parah, kalau ditambah embel-embel High PA dan HIGH DA. Waktu saya cek, isinya tidak lebih dari blog s@mpah yang tidak berkualitas (Kok kesal ya).

Nah, cara ampuh untuk melakukan blogwalking dengan efektif. Yaitu dengan metode footprint. Metode footprint ini dilakukan dengan memasukkan kata kunci tertentu ke dalam kolom search mesin pencari, untuk mencari blog yang cocok untuk blogwalking.

Teknik footprint sendiri sebenarnya sudah lama di dunia SEO. Hanya saja agak kurang populer di kalangan blogger pemula. Karena saya lihat sendiri, para blogger master juga kurang banyak yang membahas footprint.


Contoh foot print :


Dengan metode footprint, kita tidak perlu pusing-pusing mencari blog untuk blogwalking. Dan blog yang dicari pun bisa dari beragam platform dan domain. Misalnya blogger atau wordpress, domain .gov atau .edu yang 'katanya' punya kualitas bagus di depan mesin pencari.

Nah, footprint itu contohnya seperti ini:


Kata kunci site:edu "Powered by BlogEngine.NET" inurl:blog "post a comment" -"comments closed" -"you must be logged in"
laptop  "This blog uses premium CommentLuv" -"The version of CommentLuv on this site is no longer supported."
leskompi  "no comments posted yet"


Kata kunci diatas adalah footprint. Tulisan merah bisa diganti sesuai keyword sesuai tema yang diinginkan.


Bagaimana cara memakai footprint?


Cara memakai footprint, sangatlah mudah. 3 diatas sebenarnya hanya contoh. Kata kunci untuk footprint masih bisa dioptimalisasi lagi untuk mencari tipe blog atau website yang diinginkan.

Cara untuk mencari footprint, yaitu dengan melalui website dropmylink.com.

dropmylink.com, adalah website penyedia kata kunci untuk mencari footprint. Kata kunci yang disediakan pun sangat lengkap. Tersedia beragam platform dan beragam footprint yang bisa disesuaikan sesuai kebutuhan masing-masing.

Langsung saja, pertama.. Buka dropmylink.com.. Dan sobat akan diberikan tampilan seperti berikut:


Blogwalking


Silakan setting / sesuaikan: 

  • Anytime, ini waktu dari hasil penelusuran.. bisa diganti dengan seminggu, atau bulan.
  • 10 result, ini jumlah maksimal pencarian. Bisa diganti dengan 20 atau 30 result.
  • Any TLD, ini maksudnya domain. Bisa diganti dengan .edu atau .gov
  • Blog Platform, ini link yang dicari. Ada guest post, forum atau komentar biasa.
  • BlogEngine.net bisa diganti dengan tipe kotak komentar wordpress dan sebagainya.


Masukkan kata kunci pada kolom yang tersedia. Kemudian klik search. Maka otomatis, dropmylink.com akan membuka google search sesuai footprint tadi. Ini contohnya:


web blogwalking google



Sekarang tinggal mencari blog atau website berkualitas. Kalau dengan metode ini, biasanya kita hanya menemukan situs berbahasa inggris. Jadi jangan lupa untuk komentar juga dengan komentar bahasa inggris. (Kalau nggak ngerti bisa pakai google translate).

Lalu bagaimana cara cari blog yang berkualitas untuk backlink? Berikut caranya:


1. Mencari situs dengan page authority dan domain authority yang tinggi


Yang pertama dilakukan, silakan cek terlebih dahulu artikel yang ingin dikomentari. Apakah PA dan DAnya tinggi atau tidak.

Untuk mengeceknya, silakan gunakan browser Google Chrome, dan gunakan ekstensi Moz. Sobat bisa mengecek PA dan DAnya dengan mudah.

Untuk skornya, ambil simpel saja. Cari skor pagerank diatas 20 supaya website atau blog yang dikomentari benar-benar berkualitas.


blog
Mau yang begini?



2. Relevan


Sebisa mungkin cari blog atau website yang membahas relevan. Sesuai dengan niche (tema) blog yang sobat punya. Misalnya teknologi, cari situs teknologi. Atau misalnya musik, ya cari juga situs musik.

Walaupun sudah terwakili dengan kata kunci di footprint, tapi terkadang website hasil penelusuran tidak relevan dengan yang kita inginkan.

Silakan cari dan sesuaikan.


3. Masih sedikit komentar di dalamnya


Supaya terhindar dari sp@m, ada baiknya untuk menghindari komentar-komentar yang sudah terkumpul banyak di satu artikel.

Cari artikel yang komentarnya sedikit dengan memperhatikan dua poin sebelumnya. Yaitu mempunyai PA DA tinggi dan relevan.

Karena untuk website-website seperti .gov atau .edu kadang-kadang banyak sekali komentar spamnya.


4. Cari backlink yang dofollow


Backlink dofollow, 'katanya' adalah backlink yang ikut dirayapi oleh mesin pencari. Sedangkan nofollow tidak. 

Di metode ini, biasanya saya tidak mementingkan dulu backlinknya, mau dofollow atau tidak. Asal 3 poin diatas terpenuhi, maka saya komentar saja.. Tentunya dengan meninggalkan backlink.

Tapi bukan berarti saya tidak peduli sama backlink dofollow..

Untuk ceknya, saya pakai browser firefox dan ekstensi nodofollow. Biasanya saya cek kalau dapat website yang punya sistem komentar auto publish. Kalau website yang di moderasi dulu komentarnya, biasanya saya langsung close begitu saja.


Perhatikan ini saat blogwalking:


Nah, blogwalking bukan berarti kita asal komentar lalu  taruh link saja. Harus diperhatikan 'etika' blogwalking. Etika ini kurang diperhatikan oleh para blogger pemula sekarang. 

Contoh dari komentar yang asal-asalan dan terkesan kurang beretika: "terima kasih", "sangat bermanfaat", "nice article"..

Komentar seperti ini buat saya, adalah komentar yang paling tidak saya sukai. Karena komentar-komentar model begini, adalah komentar yang cenderung spam. Tidak peduli dengan isi artikel, lalu asal taruh backlink.

Di blog ini pun banyak yang suka taruh backlink dengan komentar-komentar pendek seperti tadi. Dan tidak pernah saya publish sama sekali.

Lanjut, beginilah cara blogwalking yang baik untuk cari backlink:

  • Isi komentar minimal 7 kata. Setidaknya sedikit membahas isi artikel di post.
  • Pujian boleh, tapi 'dibuat relevan' dengan isi artikel.
  • Kalau tidak diperbolehkan taruh link achor text, cukup taruh link di kolom name/url yang tersedia saja.
  • Patuhi aturan dari pemilik website
  • Sopan
  • Terakhir, silakan pikir sendiri hehe..


Sebenarnya saya sendiri bukannya tidak pernah komentar model spam begitu. Dulu pernah, tapi semenjak merasa sendiri banyaknya komentar sp@m yang masuk di blog, saya jadi sadar diri.

Komentar orang lain di blog, biasanya sangat di hormati oleh pemilik blog. Jika model pertanyaan, kebanyakan para pemilik blog yang baik akan senang membantu para pengunjungnya yang kesulitan.

Karena komentar dalam artikel, dari yang saya baca juga bisa memberi nilai plus pada ranking posisi di SERP.

Jadi, mungkin itu saja. Semoga membantu untuk sobat yang sedang mencari Blog untuk blogwalking. Artikel ini saya buat karena jarang sekali yang membahas cara mencari blog untuk blogwalking.

Kebanyakan hanya tips untuk blogwalking, atau saran-saran blogwalking, atau yang paling parah seperti yang saya bahas diatas tadi. Model daftar-daftar website tapi isinya tidak sesuai dengan yang dibahas.

Dan sekian.. Terima kasih.

Punya masalah gadget atau komputer? Masukkan email Anda disini dan dapatkan cara-cara perbaikinya:

0 Response to "Cara Mencari Blog Untuk Blogwalking Dengan Cepat (Dofollow) (Footprint)"

Post a Comment

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini.

2. Karena banyaknya Spam, komentar dengan link aktif tidak akan di publish KECUALI relevan dengan artikel

3. Sekali lagi, KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan