Cara Mendaftar Facebook Lewat HP Android Dengan Mudah 2017



Facebook merupakan media sosial terbesar di dunia dengan user yang mendaftar mencapai ratusan bahkan milyaran orang yang aktif menggunakan facebook ini. Pertumbuhan internet, gadget android, Iphone, laptop maupun komputer menjadi sekian dari banyak alasan pertumbuhan dari pengguna aktif facebook ini.

Indonesia juga menjadi salah satu negara teratas pengguna facebook. Pada tahun 2017, tercatat sebanyak 111.000.000 orang indonesia aktif menggunakan facebook yang mencatatkan indonesia menjadi negara ke-empat pengguna facebook terbanyak sebelum brazil (Sumber). Disusul oleh Meksiko sebanyak 76.000.000 orang, dan Filipina sebanyak 63.000.000 orang.

fb.com


Banyak sekali kalangan yang menggunakan facebook ini. Usia penggunanya pun beragam. Dari yang sudah tua, dewasa, remaja, bahkan (sayangnya) sudah banyak anak-anak dibawah umur 11 tahun yang telah menggunakan facebook.


Pembukaan: Cara daftar facebook di android



Mendaftar facebook dengan HP android, sangatlah mudah. Android adalah HP smartphone yang sangat populer yang juga sudah banyak sekali digunakan.

[Baca juga: Cara atasi limit kuota google drive]

Sebelum mendaftar facebook, ada 3 persyaratan yang harus anda penuhi, yaitu:

  • Pada HP Android, bawaan setting mengharuskan kita menaruh email disitu. Jadi sebelum mendaftar facebook dengan android, pastikan anda tahu email / punya email aktif untuk didaftarkan facebook supaya mudah nantinya.
  • Kedua, atau bisa juga dengan memiliki nomor HP yang aktif. Karena saat pendaftaran facebook. Kita akan menemui permintaan untuk memasukkan nomor HP untuk dimasukkan (Nomor HP tidak berada dalam masa tenggang supaya benar-benar aman).
  • Ketiga, pastikan juga anda memiliki memori (ruang penyimpanan) yang cukup sebelum menginstall facebook. Kira-kira minimal 100 MB untuk memastikan tidak ada gangguan saat menginstall. Caranya, bisa dengan cara menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak perlu maupun jarang terpakai.
  • Keempat, memiliki usia minimal 13 tahun atau keatas untuk mendaftar facebook. Jika dibawah itu, lebih baik jangan menggunakan facebook dulu.

Ada juga syarat lainnya yang harus dipenuhi, agar pendaftaran tidak menemui masalah. Yaitu:

  • Memiliki jaringan koneksi internet yang stabil. Agar tidak tersendat, atau mengalami kegagalan di tengah-tengah (dalam proses) pendaftaran. Jaringan 4G lebih baik. Jika daerah anda tidak tercover, sinyal 3G juga sudah cukup. (Jangan 2G atau Edge, karena sangat lambat untuk proses pendaftaran).
  • Untuk jaga-jaga, minimal baterai terisi 50%. Hanya untuk jaga-jaga saja. Proses pendaftaran facebook cepat, hanya 10 menit. Tapi, barangkali kapasitas baterai anda nanti tidak mencukupi atau habis lebih cepat.


Untuk mendaftar ke facebook, anda memerlukan sebuah browser untuk daftarnya. Browsernya bisa apa saja. Google Chrome,Firefox, Opera mini atau UCBrowser. Tapi karena daftar lewat browser mungkin agak ribet (buat saya). Jadi disini saya buatkan tutorial cara mendaftar facebook langsung dengan aplikasi facebook.

Aplikasi facebook bisa didapatkan secara gratis di Google play store. Dengan memasukkan kata kunci facebook di kolom pencarian. Kemudian, pilih facebook. Ingat, jangan facebook lite.


cara daftar facebook banner


Perbedaan diantara facebook dan facebook lite, kalau facebook versi biasa / versinya penuh, fiturnya lengkap. Sedangkan versi lite, terdapat fitur-fitur yang dihilangkan, sehingga aksesnya terbatas.

[Baca juga: Cara perbesar suara video yang kecil]


Jika sudah sukses di install di HP Android anda, langsung saja kita mulai tutorialnya:


Cara mendaftar akun facebook di HP Android (Daftar FB)

1. Buka aplikasi facebook yang telah anda download tadi. Kemudian, anda akan mendapati halaman seperti berikut:

facebook 1



2. Kemudian, lihat ke bagian bawah. Terdapat tombol warna hijau dengan tulisan "CREATE NEW FACEBOOK ACCOUNT", (Lihat gambar atas untuk contoh) klik tombol tersebut.


3. Kemudian klik Next.


fb 2



4. Lalu, masukkan nama. Terdapat 2 kolom, masukkan nama depan dan nama belakang sesuai yang anda inginkan. Perlu diketahui, facebook juga punya sistem untuk mendeteksi nama palsu. Ada kemungkinan nama yang anda buat, akan terdeteksi palsu oleh facebook.


fb 3


5. Jika kolom nama sudah terisi dengan benar, klik next.


6. Masukkan tanggal lahir sesuai tanggal lahir anda. Jika sudah, klik next lagi
.

fb hp 5


7. Kemudian, masukkan gender alias jenis kelamin anda. Jika sudah, klik next.


cara buat akun facebook baru di android 2


8. Pada langkah ke delapan, anda akan menemukan 2 pilihan, yaitu:

  • Anda akan menemui permintaan untuk memasukkan nomor HP disini. Untuk country, pilih indonesia. Dan masukkan nomor HP anda di kotak yang tersedia.
  • Anda bisa juga menggunakan email anda yang aktif untuk mendaftar ke facebook.

fb baru 6


Pada poin ini, saya akan mendaftar menggunakan Email. Bagaimana jika anda menggunakan nomor HP? Apa langkah berikutnya berbeda? Tenang saja, langkahnya sama saja, mau menggunakan email atau HP. Lanjut saja:


9. Pada langkah ini, anda harus memasukkan kata sandi / password pada kolom yang tersedia. Anda harus memasukkan minimal 6 karakter. Bisa menggunakan huruf,angka sampai simbol seperti ! atau %.


Password facebook dengan android 2


10. Anda telah selesai mengisi seluruh data yang diperlukan untuk mendaftar facebook. Klik Sign Up untuk mendaftar facebook.

11. Tunggu beberapa saat, sampai facebook selesai loading data akun anda.

12. Anda akan diminta konfirmasi email.

  • Caranya, anda harus membuka email yang tadi anda masukkan untuk mendaftar facebook. Disana, akan terdapat kode konfirmasi dari facebook. 
  • Jika anda memakai nomor HP, maka facebook biasanya akan mengirimkan kode konfirmasi ke nomor HP yang anda masukkan tadi.

facebook android smartphone


Anda bisa melewati langkah ini terlebih dahulu dengan cara klik tombol skip. Tapi jangan lupa untuk konfirmasi nanti (Disini saya skip konfirmasi).


13. Pada langkah ini, anda akan diminta untuk mengupload gambar foto profil anda. Anda bisa memfoto langsung dengan kamera, atau memakai gambar / foto dari galeri. Anda juga bisa men-skipnya jika ingin melakukannya nanti.

android akun baru facebook 2017


14. Pada step ini, adalah langkah paling penting untuk menyelesaikan facebook. Tambahkan minimal beberapa teman pada akun facebook anda. Jika sudah, anda bisa klik Done

daftar akun baru fb dengan android
Nama dan foto saya sensor untuk jaga privasi


15. Selesai, sekarang anda bisa menggunakan facebook di HP smartphone Android anda!


facebook fb android
Nama dan foto saya sensor untuk jaga privasi


15 Langkah diatas, adalah langkah untuk daftar facebook melalui Smartphone android yang saya harap cukup lengkap yang bisa anda ikuti untuk daftar facebook. Untuk selanjutnya, anda bisa menambahkan lebih banyak teman, mengupdate status, mengunggah foto atau video, mengobrol dengan teman sesama facebook. Dan masih banyak lagi.

Supaya rapih, saya buat listnya saja beberapa fitur facebook yang ada:

  • Menambah teman : Anda bisa menambah teman hingga ribuan orang di facebook. Selain teman, anda juga bisa menambahkan keluarga dan sahabat di facebook.
  • Upload gambar : Anda bisa mengupload foto hasil jepretan anda sendiri maupun foto yang anda dapat dari internet.
  • Upload video : Anda bisa mengupload video pribadi anda, maupun video dari internet ke facebook.
  • Mengobrol (Chatting) : Anda bisa mengobrol dengan teman sesama facebook. Teman facebook yang aktif akan ditandai dengan lingkaran hijau.
  • Call dan Video Call : Selain chatting, di facebook juga terdapat fitur panggil ke sesama teman facebook. Anda juga bisa menggunakan video call.
  • Grup : Di facebook, terdapat grup. Anda bisa membuat atau juga bergabung dengan grup dengan tema yang sangat beragam.
  • Grup jual beli : Selain grup hobi, atau sejenisnya. Di facebook juga terdapat grup yang tersedia fitur jual-beli. Banyak grup yang mewakili regional/kota masing-masing. Coba cek, apa grup jual beli kota anda sudah tersedia?
  • Halaman (Fanspage) : Anda bisa membuat, atau mengikuti halaman yang sudah ada. Banyak halaman yang ada di facebook. Dari personal, hingga perusahaan besar. 
  • Fitur like dan emoticons : Selain fitur like facebook yang sudah terkenal, sekarang tersedia juga fitur emoticons yang bisa digunakan untuk meng-ekspresikan emosi anda kepada suatu kiriman.

Dan masih banyak lagi...


Oh iya, walaupun saya merekomendasikan anda untuk pakai facebook versi full, tapi jika anda mengalami low memory atau memori HP penuh, saya lebih merekomendasikan anda untuk memakai facebook lite karena lebih ringan. Tapi jika HP yang anda gunakan masih memadai, maka tidak masalah.

Jika anda kesulitan saat menggunakan facebook, itu wajar, karena anda memang harus belajar terlebih dahulu saat menggunakannya pertama kali.

[Baca juga: Cara menyalakan Wifi di laptop dengan cepat]

Saya sendiri sudah cukup lama menggunakan facebook. Yaitu ketika tahun 2008 atau 2009, dimana saat tampilan facebook belum serapih sekarang ini. Saya juga sering berganti-ganti akun facebook, hingga akun yang sekarang saya pakai ini.

Kurang lebih, malah saya punya 4 / 5 akun facebook, juga dulu pernah mendaftar sekitar 10 akun (Untuk teman-teman), tapi sayangnya malah tidak terpakai lagi.

Sekali lagi, untuk yang masih dibawah umur lebih baik jangan memakai facebook dulu. Karena kita tidak tahu konten apa yang akan muncul di facebook. Karena orang yang menggunakan facebook sangat beragam.
Untuk anda para orang tua juga lebih baik batasi penggunaan media sosial, dan bijak untuk menggunakan media sosial seperlunya saja.
Dan mungkin itu saja, sekian... Terima kasih.


Punya masalah gadget atau komputer? Masukkan email Anda disini dan dapatkan cara-cara perbaikinya:

0 Response to "Cara Mendaftar Facebook Lewat HP Android Dengan Mudah 2017"

Post a Comment

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini.

2. Karena banyaknya Spam, komentar dengan link aktif tidak akan di publish KECUALI relevan dengan artikel

3. Sekali lagi, KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan