6 Cara Mudah Mengatasi Laptop Tidak Mengeluarkan Suara



Laptop, selain digunakan untuk mengetik, bekerja, browsing ataupun kebutuhan lainnya, laptop juga biasa digunakan untuk kebutuhan multimedia seperti nonton film, main game, dengar musik dan sebagainya.

Tapi terkadang ada juga masalah di laptop, yang terkadang bikin pusing sekali. Contohnya laptop yang tidak keluar suara.

Suara laptop yang hilang, bisa karena beberapa penyebab. Ada kemungkinan sobat tidak sengaja memencet tombol yang membuat speaker mati secara tiba-tiba. Ada juga kemungkinan bahwa speaker laptop sobat rusak.


LAPTOP


Selain penyebab-penyebab diatas, masih banyak penyebab lainnya yang tidak mengikat dan tidak pasti. Jadi sobat harus bisa menganalisa kerusakan yang ada.

Karena laptop yang suaranya tiba-tiba hilang, masih bisa diperbaiki asalkan speaker laptop tersebut tidak rusak.


Kalau komponen internal speaker laptop yang mengalami kerusakan, maka sobat mau tidak mau harus mengganti komponen speaker tersebut dengan yang baru. Penggantian ini bisa dilakukan di tempat service center resmi.

Selain di service, saya juga punya opsi alternatif untuk sobat yang tidak ingin service. Nah, sebelum membahasnya, kita bahas dulu, cara mengatasi laptop yang tidak mengeluarkan suara:


1. Menginstall ulang driver audio Laptop

 

Dari pengalaman saya, laptop sebenarnya kebanyakan bisa mengeluarkan suara tanpa driver sekalipun, makanya sobat bisa mendengar suara laptop saat menginstall Windows.

Nah, di beberapa kasus, saat driver audio laptop terinstall kemudian rusak, ada kemungkinan nantinya suara laptop menjadi hilang.

Ada juga kasus, orang yang tidak sengaja me-mute suara laptopnya, dan setelah beberapa lama orang tersebut lupa. Dan posisi driver audio yang dipakai ternyata rusak (crash), dan akhirnya tidak bisa dibuka.

Dengan menginstall ulang driver suara pada laptop, diharapkan suara laptop yang hilang bisa kembali lagi dengan normal.


2. Reinstall driver bawaan pada Windows

 

Untuk sobat yang menggunakan laptop tapi tidak ada DVD driver audionya, (bawaan), maka sobat sudah pasti tidak bisa mengikuti langkah pertama diatas. Cara selanjutnya sobat bisa melakukan reinstalling driver audio pada laptop.

Driver yang dimaksud disini adalah driver yang otomatis terinstall pada device manager di Windows. Cara ini bahkan sudah di aplikasikan di website resmi salah satu produsen laptop terkenal dunia. Caranya:


  • Klik Start, lalu masuk ke Device Manager. Atau Klik Start pada kotak search, masukkan "Device Manager" (Tanpa tanda kutip).
  • Buka subkategori Sounds, Video and Game Controllers.
  • Klik kanan Audio yang terinstall, kemudian klik Update driver software.
  •  Ikuti petunjuk penginstallannya.

Jika masih belum bekerja, sobat bisa menggunakan cara berikut:
 
  •  Pada Device Manager tadi, masih di subkategori yang sama, pilih audio yang terinstall.
  • Klik kanan audio tersebut, lalu klik uninstall.
  • Ikuti petunjuk peng-uninstallan sampai selesai.
  • Restart laptop, otomatis Windows akan melakukan penginstallan ulang (Reinstalling) driver.


3. Periksa kondisi setting speaker

 

Pastikan posisi speaker tidak dalam kondisi mute. Untuk mengeceknya, sobat bisa melihat di shortcut di bagian kanan taskbar Windows. Tapi untuk lengkapnya, sobat bisa dengan: 

  • Buka Control Panel.
  • Buka Hardware And Sound -> Lalu Klik Sound
  • Silakan atur secara lengkap seluruh device audio disini.

4. Mengganti posisi 'default' speaker

 

Di langkah ini, berfungsi jika sobat tidak sengaja mengganti posisi default pada audio tapi lupa mengembalikannya ke posisi awal. Caranya, masih di tempat yang sama di Hardware and Sound -> Sound.

Kemudian sobat klik kanan speaker yang dipakai, kemudian klik Set as default device.

Pastikan juga laptop sobat tidak dalam posisi headset yang menyambung, karena secara default, laptop akan memute speaker ketika headset dicolok. Tapi sepertinya ga mungkin kelupaan yaa.


5. Pastikan speaker sobat tidak ter-disable

 

Dan, masih (lagi) di posisi yang sama, yaitu di Hardware And Sound -> Sound. Jika sobat tidak sengaja, mendisable speaker laptop, maka nanti laptop tidak akan mengeluarkan suara.

Saat setting speaker ter-disable, speaker yang tadinya ada di daftar device audio akan tiba-tiba menghilang.

Nah, untuk mengembalikannya sangat mudah. Sobat hanya perlu Klik kanan, kemudian klik -> Show Disable Device. Lalu enable speaker yang ter-disable tadi.

enable

 

6. Mengetes suara laptop dengan Speaker eksternal

 

Jika masih belum jalan, bukan tidak mungkin komponen internal bagian dalam laptop sobat lah yang rusak. Cara atasinya, coba pakai speaker eksternal untuk mengetesnya. Jika keluar suara, ada kemungkinan komponen audio laptop yang rusak.

Tapi jika tidak keluar suara, bisa jadi masih ada setting yang tidak sesuai, ketidak cocokan driver atau masih ada kerusakan driver yang ada.

Jika terlihat positif komponen bagian dalam laptop yang rusak, sobat bisa menggunakan speaker eksternal agar suara laptop keluar normal. Inilah opsi alternatif yang saya bilang tadi.


Dan sekian, mungkin itu saja cara mengatasi laptop yang tidak mengeluarkan suara. Cara-cara diatas adalah cara-cara umum yang bisa dilakukan untuk mengatasi suara laptop yang hilang. Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi dan referensi dari forum komputer internet di luar negeri.

Semoga membantu dan bisa mengatasi masalah yang sobat alami. Terima kasih.

Punya masalah gadget atau komputer? Masukkan email Anda disini dan dapatkan cara-cara perbaikinya:

0 Response to "6 Cara Mudah Mengatasi Laptop Tidak Mengeluarkan Suara"

Post a Comment

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini.

2. Karena banyaknya Spam, komentar dengan link aktif tidak akan di publish KECUALI relevan dengan artikel

3. Sekali lagi, KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan