7 Cara Melihat Password Wifi Yang Tersimpan Di Android Tanpa Root Dan Root



Akses koneksi internet Wifi, masih jadi primadona para pengguna internet saat ini, dikarenakan kecepatan koneksinya yang kencang dan kebanyakan unlimited tanpa memiliki kuota.

Akses Wifi juga sudah lebih mudah didapat di beragam tempat. Dari pusat perbelanjaan,perumahan,cafe,restoran sampai tempat cuci mobil pun, sudah ada yang memasang Wifi.

Saya sendiri, sering sekali memakai Wifi untuk mendapatkan file-file besar di internet dengan cepat. Di banding memakai HP android saya dijadikan modem, atau pakai modem 4G biasa, kecepatan transfer Wifi jauh lebih cepat.

Speed yang saya dapat, stabil di 2 sampai 3 MBps di IDM. Dimana saya hanya membutuhkan waktu 8 sampai 14 menit untuk mendapatkan file sebesar 3 GB. Apalagi untuk browsing atau facebook-an, tidak terasa loadingnya.


cara cek pass wifi android


Nah, tapi kebanyakan Wifi saat ini memakai password. Jika sobat menggunakan Android, ketika sobat klik forget / lupakan, secara otomatis password Wifi yang tersimpan akan hilang. Hal ini bisa jadi masalah di kemudian hari ketika tiba-tiba sobat butuh password Wifi kembali.

Ada beberapa cara untuk melihat dan mendapatkan kembali password wifi yang hilang karena terhapus (forget/lupakan) di android atau karena sobat lupa dengan password wifinya. Cara ini sudah saya tes dan work.

Cara yang tersedia, ada yang bisa dipakai di Android yang sudah root, maupun tidak root, sehingga sobat bisa melihat passwordnya tanpa root.


Nah langsung saja:


1. Cara melihat password Wifi yang tersimpan (Tanpa Root)



Metode pertama, pada dasarnya, setiap router memiliki halaman (page) admin. Dimana sobat bisa membuka halaman tersebut untuk mengubah nama wifi, password sampai jenis keamanan.

Pada Modem MIFI, sobat bahkan bisa melihat SMS yang masuk, mengecek sinyal yang diterima dan masih banyak lagi.

Diantara fitur-fitur tersebut, terdapat pula fitur yang memperbolehkan sobat untuk melihat password yang tersimpan, yang berguna untuk sobat di androidnya Wifi masih tersimpan, dan masih tersambung koneksinya, tapi passwordnya lupa.



Password wifi android
Contoh halaman admin


Sobat bisa menggunakan cara ini tanpa aplikasi. Hanya butuh browser bawaan, sudah cukup.

Caranya sangat mudah. Pertama sobat nyalakan Wifi dan sambungkan Wifi sobat seperti biasa di android.

Kemudian, buka aplikasi browser yang terinstall, dan buka halaman berikut: http://192.168.1.1/ 

Halaman tersebut, adalah halaman admin (admin page) untuk mengatur password atau melihat wifi yang tersimpan.

Mungkin letak posisi dari Wifi yang tersimpan berbeda-beda. Silakan dicari sendiri. Jika sobat lupa passwordnya, sobat juga bisa mengganti lewat halaman tersebut.


2. Cara melihat Password Wifi yang tersimpan dengan Aplikasi Wifi Router Settings (Tanpa Root)

Cara mudah cek password wifi android



Sama halnya dengan metode pertama. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk melihat password sampai mengatur settingan pada router Wifi.

Dengan aplikasi ini, sobat bisa lebih praktis untuk membuka setting pada Router Wifi.

Aplikasi ini juga mendukung banyak router dan model Wifi. Saya juga tes Aplikasi ini di MIFI saya dan berjalan lancar.

[Baca juga: Cara percepat koneksi Wifi hingga berkali-kali lipat!]

3. Metode melihat Wifi yang tersimpan dengan ES File Explorer (Tanpa Root)



Metode lainnya, untuk melihat Wifi yang tersimpan, sobat bisa menggunakan ES Explorer. Berbeda dengan metode pertama, yaitu hanya untuk untuk melihat password yang sudah connect / wifi milik sendiri.


Cara lihat password android wifi


Dengan metode ketiga ini, sobat bisa melihat password Wifi yang pernah sobat sambungkan sebelumnya. Entah itu hotspot dari luar, teman atau yang lainnya.

Password Wifi yang pernah sobat sambungkan tersebut, secara otomatis akan tersimpan ke sebuah file sistem. Dan sobat bisa mengakses file ini untuk melihatnya.

Sobat perlu sebuah file manager yang bisa membuka folder system. Karena kita disini hanya melihat wifi yang tersimpan tanpa mengeditnya, jadi kita tidak perlu akses root untuk melihatnya.

Dan aplikasi yang terkenal untuk membuka file password wifi yang tersimpan tanpa root adalah ES File Explorer. 


Caranya: 

  • Jika sobat telah menginstall aplikasi ES file explorer / sejenisnya, buka aplikasi tersebut. Kemudian pindah ke kategori sistem, lalu cari folder: data/misc/wifi, dan cari file wpa_supplicant. conf. (Atau search saja wpa_supplicant. conf.)
  • Buka file tersebut dengan mode text viewer atau html viewer yang tersedia pada ES File Explorer atau file manager yang sobat gunakan, untuk melihat jaringan SSID juga passwordnya.
  • Dan disini akan terlihat seluruh password Wifi yang pernah tersambung di HP android sobat. Sobat bisa menyimpannya dengan cara screenshots jika tidak mau repot membuka filenya lagi. 
  • Juga, disarankan agar jangan mengedit file wpa_supplicant. conf, karena bisa mengubah susunan data yang tersimpan.

Cara ini work di HP Lenovo A369i saya dulu, untuk cek password wifi saya yang lupa.


Nah, jika sobat mempertimbangkan untuk root HP sobat. Maka sobat akan dengan lebih mudah melihat password wifi yang tersimpan.

Beragam aplikasi untuk melihat password Wifi di Android yang sudah sangat banyak, bisa membantu untuk mencari password wifi yang tersimpan. Aplikasi-aplikasi tersebut, diantaranya:


4. Melihat password Wifi dengan Wifi Password Recovery

 

 

Pass wifi android


Aplikasi untuk melihat password wifi yang keempat, adalah Wifi Password Recovery. Sizenya kecil, hanya sekitar 3MB.

Cara penggunaannya sangat mudah, sobat hanya perlu menginstall dan membuka aplikasi tersebut. Kemudian akan muncul list wifi yang tersimpan.

Jika sudah, silakan pilih pilih Wifi yang tersimpan untuk dilihat passwordnya.


5. Melihat password Wifi yang tersimpan dengan Wifi Password

 

Cara cek password wifi android dengan gampang


Aplikasi Wifi Password, sama fungsinya dengan Wifi Password Recovery. Selain berfungsi untuk melihat password Wifi, aplikasi ini juga menyediakan cek keamanan dari Wifi. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung beragam bahasa. Dan salah satunya bahasa Indonesia.

Cara penggunaannya, install aplikasi dan buka aplikasi tersebut.

Jika terdapat permintaan akses root, klik grant / izinkan.

Sobat hanya tinggal memilih Wifi yang tersimpan untuk dilihat.


6. Melihat Password Wifi yang tersimpan dengan Wifi Password Viewer (Free)

 

Wifi pass


Selain 2 aplikasi pelihat password wifi diatas, sobat juga bisa menggunakan Wifi Password Viewer untuk melihat password wifi yang tersimpan.

Kalau menurut saya pribadi, antarmuka di aplikasi ini paling mudah. Hanya saja, desain antarmuka aplikasi ini memakai warna yang gelap.

Cara untuk menggunakannya, install dan buka aplikasi tersebut, kemudian akan terlihat Nama Wifi, Password, dan security level.


7. Melihat Password Wifi yang tersimpan dengan Wifi Password Show (Root)



wifi password


Aplikasi ini tidak kalah powerfull dengan aplikasi-aplikasi serupa yang berfungsi untuk melihat password Wifi lainnya.

Aplikasi ini mempunyai fitur meng-export / share Wifi melalui SMS atau email. Aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk meng-copy Password Wifi sehingga sobat tidak perlu repot-repot mengetik password Wifi jika memang diperlukan.


Sekian, mudah bukan untuk Cara melihat password Wifi yang tersimpan di android? 7 cara diatas bisa dilakukan dengan Root atau tanpa Root. Jadi, sobat bisa memilih metode yang sobat suka.

Selain 7 cara diatas, banyak sekali metode lain yang bisa digunakan untuk mengecek password Wifi. Tapi agar tidak bingung, saya tulis yang paling banyak dipakai saja.

Dan baiklah, terima kasih.

Punya masalah gadget atau komputer? Masukkan email Anda disini dan dapatkan cara-cara perbaikinya:

0 Response to "7 Cara Melihat Password Wifi Yang Tersimpan Di Android Tanpa Root Dan Root"

Post a Comment

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini.

2. Karena banyaknya Spam, komentar dengan link aktif tidak akan di publish KECUALI relevan dengan artikel

3. Sekali lagi, KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan