Cara Mengatasi Windows Script Host Disabled Windows Dengan Cepat



"Windows Script Host access is disabled in this machine, Contact your administrator for details", pesan ini saya dapatkan ketika saya sedang membuka internet untuk browsing.

Sebelum mendapat pesan ini, browser yang saya gunakan mengalami not responding terlebih dahulu. Dan kalau tidak salah, saat itu saya sedang membuka suatu website, sebelum keluar notifikasi error script seperti diatas.

Pesan tadi terus muncul berulang-ulang hingga saya berhasil memperbaikinya. Anehnya, hanya website yang saya buka tadi yang jadi penyebab error script ini.

Windows Script Host is disabled


Nah, sebenarnya, apa itu Windows Script Host? Setelah saya cari-cari, ternyata situs luar negeri sudah banyak membahas hal ini. Berikut hasil yang saya baca ya..

"Microsoft Windows Script Host (WSH), adalah sebuah teknologi pada Windows. WHS ini memiliki kemampuan script yang sebanding dengan file batch, tapi fitur yang didukung jauh lebih banyak"

"Script tadi, bisa dijalankan langsung dengan cara membuka langsung file script, atau membukanya lewat command promt (CMD). Selain itu, juga bisa dibuka dari wscript.exe di Windows, atau lewat perintah csript.exe yang berbasil shell."

Kurang lebihnya mohon maaf, karena saya hanya menerjemahkannya langsung dari website yang saya baca.
  
Untuk cara mengatasi notifikasi "Windows script host access is disabled" ini sangatlah mudah. Kita hanya perlu mengganti fungsi di registry dengan mengeditnya melalui regedit. Berikut caranya:


Metode 1


  • Buka regedit dengan cara mengetik di kolom search "regedit" atau tekan tombol Windows + R lalu ketik "regedit", kemudian OK.
  • Lalu buka: HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows Script Host\Settings.
  • Kemudian klik mouse kanan di area kanan yang kosong, lalu pilih New.
  • Pilih DWORD (32) bit Value.
  • Untuk nama, isikan: "enabled" (Tanpa tanda kutip)
  • Klik kanan dan pilih modify di registry enabled tadi.
  • Ubah Value Datanya, dari 0 jadi 1, lalu klik OK.
  • Restart Windows.
  • Selesai.
 
Ingat, kalau di Windows Script Host\Settings nya sudah ada  registry dengan nama enabled, tidak usah dibuat lagi. Cukup ubah value data registry tadi dari 0 (disabled) ke 1 (enabled).

Sehingga tidak ada double registry nantinya.

Dengan cara diatas, harusnya notifikasi pesan Windows Script Host Is Disabled bisa teratasi. Kalau belum, lanjut lagi ke cara 2.

Di cara kedua ini, kita harus mengaktifkan fungsi izin script host dari Smadav. Pada kasus notifikasi script host yang saya dapat, ternyata sumbernya dari Smadav.
 
Smadav, secara default tidak memberikan izin akses pada Windows Script host. Sehingga akan menyebabkan notifikasi disabled nantinya. Untuk mengatasinya, kita hanya perlu mengubah settingnya menjadi enable (allow). 


Metode 2


Nah, Untuk cara memperbaiki error script host dari Smadav ini sangat mudah. 
 
Caranya:
 
  • Klik kanan icon tray smadav (di pojok bawah, klik tanda panah keatas, dan sobat akan menemukan icon smadav).
  • Kemudian, akan ada dua pilihan:  1. Allow Windows-Script & Office-Macro (Permanent / Forever) 2. Allow Windows Script & Macro (Until Restart).

Script host is disabled
 

  • Silakan pilih opsi yang diinginkan. Saran saya, lebih baik yang permanent / forever agar tidak perlu khawatir keluar notif-notif lagi nantinya.
  • Kemudian akan muncul notifikasi "Allowed permanently". Klik OK.
  • Selesai.

Masalah script host sekarang sudah teratasi. Mudah bukan?
 
Kalau di masalah yang saya alami, mengaktifkan perintah Allow di Smadav ini sudah cukup untuk menghilangkan notifikasi script host yang saya dapat.

Sebenarnya, ada beberapa mallware yang memanfaatkan WSH ini.  Dan mungkin, karena inilah saya dapat notifikasi pesan WSH saat sedang browsing di internet. 

Mungkin saat itu mallware yang aktif waktu itu diblokir oleh Smadav.
 
 
Karena itu, untuk menghilangkan resiko terkena mallware ini, kita bisa melakukan cara-cara diatas. Tapi, ada juga beberapa user yang melakukan disable pada WSH. Resikonya, disini ada beberapa software yang mungkin memerlukan Windows Script Host agar bisa berjalan normal.

Jadi, silakan pertimbangkan mau dimatikan atau dinyalakan.
 
 
Dan itu saja. Semoga notifikasi script host yang sobat dapat sudah tidak keluar lagi. Jika ada bingung di salah satu poin, atau belum berhasil, silakan tinggalkan pesan pada kotak komentar. Nanti akan saya bantu sebisa mungkin.
 
Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Punya masalah gadget atau komputer? Masukkan email Anda disini dan dapatkan cara-cara perbaikinya:

0 Response to "Cara Mengatasi Windows Script Host Disabled Windows Dengan Cepat"

Post a Comment

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini.

2. Karena banyaknya Spam, komentar dengan link aktif tidak akan di publish KECUALI relevan dengan artikel

3. Sekali lagi, KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan