Cara Mengetahui Ranking Posisi Artikel Di SERP Dengan SERPMojo



Cara mengetahui ranking posisi artikel di SERP, cukup penting untuk melihat perkembangan dari blog yang kita jalani. Karena memang siapa yang tidak mau, artikelnya masuk di page one Google?

Dengan masuk page one google, secara otomatis, artikel yang kita buat akan menarik banyak pengunjung. Dan bisa menambah reputasi dari website kita.

Banyak sekali cara untuk cek posisi artikel di SERP Google. Dari cara manual dan menggunakan Tools. Dari yang sulit, hingga yang mudah. Yang sudah banyak dibagikan oleh banyak blogger master di internet.

cara lihat posisi artikel di google


Sayangnya, beberapa tools yang mereka bagikan, terkadang agak rumit untuk dimengerti oleh blogger pemula seperti saya. Terkadang saya mengecek posisi dari artikel yang saya buat pada tutorial mereka, saya menemui kendala seperti error atau hasil yang tidak diketahui.

Sehingga pada akhirnya saya jadi tidak tahu ada di ranking berapa artikel yang saya buat.

Cara cek ranking artikel di SERP


Untuk cara termudah melihat posisi artikel di SERP, menurut saya cara manual masih jadi yang terbaik. Caranya, dengan mengeceknya lewat browser.

Yaitu dengan cara menggunakan mode incognito supaya akun-akun yang kita login, otomatis ter-logout. Juga jangan lupa untuk menghapus cache dan cookie pada browser agar seluruh riwayat browsing hilang.

Kita juga bisa mengecek posisi artikel kita melalui device, komputer/PC atau laptop lain. Karena, menurut panduanim.com, posisi artikel pada SERP bisa berbeda-beda tergantung device yang kita pakai.


Cara mengetahui posisi ranking artikel dengan SERPMojo


Singkat cerita, saya sedang browsing untuk mencari cara lain untuk cek posisi artikel blog saya. Dan saya menemukan satu website yang membahas SERPMojo sebagai tools untuk cek SERP.

Aplikasi ini, bukan tools di web atau aplikasi komputer. Aplikasi SERPMojo ini adalah aplikasi Android.

Aplikasi ini adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek posisi artikel di search engine, yang tersedia dalam versi gratis maupun berbayar.

Aplikasi ini sangat simpel dan powerfull bagi saya. Karena dengan aplikasi ini, saya bisa mengecek perkembangan artikel saya di search engine kapan saja melalui android.

Aplikasi ini mendukung untuk cek posisi artikel dalam 3 search engine yang paling sering dipakai para pengguna internet, yaitu Google,Yahoo dan Bing.

Nah, Cara menggunakannya sangat mudah:

  • Pertama, dapatkan dulu aplikasi SERPMojo di Google Playstore (Sizenya hanya kisaran 2MB).
  • Jika sudah, buka aplikasinya.
  • Pada tampilan awal, kita bisa langsung mengecek, dengan cara klik logo '+' (tambah).
  • Masukkan URL Blog sobat di kotak Your URL, Pilih target negara pada pilihan Localization, Terakhir, masukkan keyword yang dibidik pada kotak yang disediakan. (Sobat bisa menaruh hingga beberapa keyword). Jika sudah, klik Done.
cara lihat artikel pakai serp mojo

  • Tunggu beberapa saat, sampai pencarian posisi selesai. Kecepatan pencarian bergantung dari kecepatan koneksi internet yang sobat gunakan.
  • Akan terdapat angka pada kotak yang disediakan, itulah ranking posisi artikel dari keyword yang sobat bidik.
  • Jika sobat tadi men-setting search enginenya secara default, maka akan terdapat 3 hasil. Yaitu: Merah untuk Google, Ungu untuk Yahoo, dan Biru untuk Bing.

serpmojo google


  • Jika masih tanda titik-titik, itu artinya SERPMojo masih meloading / mencari posisi artikel yang sobat inginkan.
  • Jika tidak terdapat angka, kosong hanya ada tanda - (strip), bisa jadi artikel sobat terlampau terlalu jauh dari keyword yang sobat bidik. Sehingga aplikasi ini tidak mendeteksi posisi artikel tersebut.
  • Artikel yang terdapat tanda - (strip), kadang juga tidak terdeteksi di SERPMojo yang padahal, mungkin sobat dapat rankingnya ketika cek dengan browser


Nah, demikian. Mudah bukan, cara mengetahui posisi artikel di SERP? Diantara tools-tools untuk cek posisi SERP, saya pikir tools inilah yang paling mudah digunakan untuk para pemula seperti saya. Apalagi aplikasi ini berplatform Android, sehingga bisa digunakan kapan saja melalui smartphone, maupun PC atau laptop melalui emulator.

Jika ada kesulitan dalam penggunaan atau ada yang ingin ditanyakan mengenai aplikasi SERPMojo ini, silakan tinggalkan komentar lewat kotak komentar yang telah disediakan.

Terima kasih.

Punya masalah gadget atau komputer? Masukkan email Anda disini dan dapatkan cara-cara perbaikinya:

0 Response to "Cara Mengetahui Ranking Posisi Artikel Di SERP Dengan SERPMojo"

Post a Comment

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini.

2. Karena banyaknya Spam, komentar dengan link aktif tidak akan di publish KECUALI relevan dengan artikel

3. Sekali lagi, KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan