Cara Menghapus File Sampah Di Windows Dengan Cepat



Windows tidak berbeda dengan OS seperti Android, Windows juga memiliki file-file sistem yang tersimpan dalam bentuk data ketika sedang digunakan, file-file ini biasa disebut temporary files atau cache yang dalam jumlah banyak dan tidak berguna, akan menjadi file sampah.

Windows juga merupakan OS (Operating System) yang paling populer digunakan dari dulu hingga sekarang. Tampilannya yang mudah digunakan serta User Friendly menjadi salah satu alasan kuat kenapa orang-orang masih banyak yang tidak ingin berpindah ke OS lain.

cara hapus file sampah di laptop windows


Cache, pada dasarnya berfungsi sebagai penyimpan data yang telah diakses Processor. Dengan tersimpannya data ini, maka akses kedalam suatu tempat atau direktori di PC/Komputer/Laptop akan jadi lebih cepat.

Mudahnya.. kira-kira seperti ingatan. Jika sobat berkunjung ke dua daerah berbeda, yaitu daerah A dan daerah B.

Sobat sudah pernah mengunjungi daerah A dan belum pernah sama sekali mengunjungi daerah B, jika ingin mengunjungi suatu tempat di daerah tersebut, mana yang lebih cepat sampai? 99% Pasti yang A.


Nah, dengan cache inilah akses komputer bisa jadi lebih cepat diakses.


Kenapa file sampah harus dihapus?

Penyimpanan file temporary sebagai cache, ada juga kelemahan tersendiri. Salah satunya jika kapasitas penyimpanan/harddisk sobat kecil.

File temporary alias cache ini biasanya memiliki size atau ukuran yang variatif tergantung seberapa sering penggunaan laptop/komputer tersebut.

Nah, dalam jangka waktu yang panjang, file-file temporary ini akan tersimpan semakin banyak dan memenuhi kapasitas harddisk.

Untuk itu, kita bisa menghapus file-file cache tersebut agar komputer atau laptop harddisk bisa lebih lega.


Bagaimana cara membersihkannya?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, file cache, namanya disebut juga sebagai temporary files.

Di windows, ada folder khusus dimana cache akan tersimpan di dalam folder tersebut. Kita bisa mengakses dengan mudah kapanpun. Tapi, karena kurang populer, penghapusan file sementara lewat folder temp ini cukup jarang digunakan.

Cara lainnya adalah dengan dengan menggunakan software bawaan windows, yaitu Disk Cleanup. Yaitu software bawaan windows yang berfungsi membersihkan file-file sampah yang ada di dalam disk drive pada windows.

Dan yang ketiga, yaitu dengan menggunakan software pihak ketiga. Aplikasi pihak ketiga yang berfungsi untuk membersihkan cache komputer ini, biasa saya sebut software 'sistem' atau software maintenance.

Yaitu software yang berfungsi untuk menghapus data-data file sampah sehingga komputer atau laptop bisa berjalan menjadi lebih cepat.

Nah, sekarang mulai saja, dengan cara menghapus file-file sampah (temporary) di windows. Yang semoga bisa digunakan di windows XP,Vista Windows 7, Windows 8,8.1 Dan windows 10 (Saya tes di Windows 10 64 bit).


Metode 1 : Penghapusan file sampah dengan metode Run %temp%


Metode pembersihan file cache yang jarang digunakan ini sangatlah mudah digunakan. Sobat pengguna windows, apalagi windows XP pasti mengenal fitur Run.

Fitur ini adalah fitur untuk membuka suatu aplikasi atau folder dengan memasukkan nama atau kode dari aplikasi tersebut.

Nah, fitur Run ini juga bisa digunakan untuk memanggil folder file cache yang ada windows, yaitu dengan memasukkan kata kunci %temp%.


Caranya: 

1. Untuk pengguna Windows XP -> Klik start -> Klik Run.

1.1 Pengguna Windows 7,8 atau windows 10 seperti saya, bisa menekan tombol Windows + R untuk membuka fitur Run.

2. Masukkan kata kunci %temp% di kotak yang disediakan, lalu klik OK.

3. Lalu akan muncul jendela baru, yang terdapat file-file dan folder-folder dengan jumlah yang lumayan banyak jika belum pernah dibersihkan dalam waktu lama.

4. Jika sudah, hapus seluruh file-file dan folder-folder tersebut.

Jika sudah, dilanjut lagi dengan membuka folder temp yang ada di lokasi berbeda.

Lokasinya terdapat di C:\Windows\Temp yang dimana terdapat file-file cache temporary windows. Selain dengan membuka direktorinya langsung, sobat juga bisa membukanya dengan:


1. Buka Run seperti sebelumnya

2. Ketik temp

3. Hapus seluruh file-file yang ada di folder tersebut.

Nah, dengan begini file-file sampah di windows akan terhapus dan komputer akan jadi lebih ringan.


Tapi penggunaan metode 1 ini bagi sobat yang belum memiliki pengalaman di komputer mungkin akan terasa was-was, karena pada dasarnya file-file temporary ini terdapat di sistem Windows.

Untuk itu, kita bisa melanjutkan dengan menggunakan software bawaan Windows, yaitu Disk Cleanup yang terdapat di seluruh versi Windows dari Windows XP sampai 10 (seingat saya).


Metode 2 : Menghapus file sampah dengan Disk Cleanup

Disk Cleanup, adalah software yang populer digunakan untuk membersihkan file sampah. Dengan software ini, kita bisa menghapus file-file sampah yang terdapat pada Windows dengan lebih mudah.

Disk Cleanup terdapat di seluruh versi windows dengan cara membukanya seperti berikut:


1. Buka My Computer (Windows XP), This PC.

2. Lihat pada Disk Drive, klik kanan Drive C: atau drive system untuk dibersihkan file-file sampahnya.

3. Jika sudah, klik 'Disk Cleanup'.

4. Sobat hanya tinggal mengikuti prosesnya saja. Prosesnya kurang lebih hanya sekitar 10-20 menit tergantung seberapa banyak file sampah yang ada.


cara membersihkan file sampah windows


Metode 3 : Membersihkan file sampah dengan CCleaner

Di salah satu artikel favorit saya tentang Cara mengatasi laptop atau PC lemot, di dalam artikel tersebut saya menyarankan agar pembaca supaya membersihkan file-file sampah agar jadi lebih cepat.

Tapi yang namanya file sampah bukan hanya file temporary, tapi juga file-file registry sampai aplikasi yang tidak terpakai sama sekali.

Nah, disinilah saya merekomendasikan untuk memakai software pihak ketiga, dan software yang biasa saya pakai adalah CCleaner.

Cara menggunakannya untuk membersihkan file-file sampah sangat mudah:

1. Sobat pasang dan buka aplikasi CCleaner di laptop atau PC sobat.

2. Pada bagian Cleaner, lihat di bagian kiri bawah, dimana terdapat 3 bagian utama. Yaitu: Windows Explorer, System dan Advanced. Disini sobat bisa menyesuaikan untuk membersihkan apa saja file sampah yang diinginkan.

cara bersihkan file sampah di ccleaner


3. Jika sudah klik 'Analyze' atau 'Run Cleaner', Prosesnya sekitar 15-20 menit tergantung banyaknya file sampah yang ada.


Nah, selesai, dengan begini file-file sampah yang ada di windows bisa bersih dan performa windows akan menjadi lebih cepat atau fresh seperti baru install.


Untuk langkah selanjutnya agar kinerja laptop atau komputer menjadi tetap stabil, sobat bisa mengulangi langkah-langkah diatas dan memakai cara optimalisasi lain selain membersihkan file sampah.

Kinerja laptop atau komputer akan menurun seiring berjalannya waktu. Karena itu, maintenance sistem harus tetap dilakukan dengan rutin dalam jangka waktu seminggu atau sebulan sekali tergantung seberapa sering laptop atau komputer tersebut digunakan.

Plus jika laptop atau komputer sobat sudah benar-benar lemot, silakan baca artikel ini: Cara mengatasi laptop lemot (super lengkap) yang sudah saya tulis dalam banyak poin yang efektif untuk mengatasi sistem yang sudah benar-benar lambat.


Sekian, terima kasih. Semoga Bermanfaat.

Punya masalah gadget atau komputer? Masukkan email Anda disini dan dapatkan cara-cara perbaikinya:

0 Response to "Cara Menghapus File Sampah Di Windows Dengan Cepat"

Post a Comment

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini.

2. Karena banyaknya Spam, komentar dengan link aktif tidak akan di publish KECUALI relevan dengan artikel

3. Sekali lagi, KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan