Cara Meredupkan Layar Laptop Dalam 1 Menit



Laptop memiliki beragam spesifikasi yang beragam, dari Processor, Kartu Grafis, Ukuran Layar, Kapasitas penyimpanan dan memori, dan sebagainya. Perbedaan spesifikasi ini akan berefek kepada pekerjaan-pekerjaan yang akan dijalankan.

Kelancaran melakukan pekerjaan di laptop, selain bergantung dari spesifikasi, bisa juga dari ukuran layar.

Semakin besar ukuran layar, dan semakin pas ukurannya, akan membuat pekerjaan menjadi lebih cepat, karena secara otomatis mata tidak kesulitan mencari objek seperti di layar yang terlalu kecil atau terlalu besar.


cara atur brightness kecerahan layar notebook netbook


Bukan hanya ukuran layar, tapi kecerahan layar juga harus diperhatikan. Layar yang terlalu cerah, akan membuat mata silau dan menjadi cepat lelah. Sedangkan terlalu redup, mata kita akan merasa tidak nyaman dan akan mengalami kesulitan dalam menjalankan pekerjaan yang ada. Baca: 8 Tips jaga kesehatan mata di depan laptop

Selain dari segi kesehatan, mengatur kecerahan layar pada monitor juga bermanfaat untuk menghemat baterai agar lebih awet. Kecerahan layar yang rendah, akan mengkonsumsi daya yang lebih sedikit dari baterai. Sehingga pekerjaan yang akan dilakukan dengan baterai tanpa menggunakan charger akan lebih tahan lama.


Kecerahan monitor laptop, bisa diatur dengan mudah. Masalahnya adalah, terkadang penempatan brightness laptop berbeda-beda tempatnya.

Apalagi untuk pengguna laptop baru yang masih asing.


Nah, ada cara-cara yang bisa digunakan untuk meredupkan layar laptop atau mengurangi cahaya pada layar laptop, yang bisa digunakan di semua jenis laptop (universal).

Berikut caranya:

1. Mengatur kecerahan layar dengan kombinasi tombol keyboard

Cara yang sangat umum dipakai untuk mengatur kecerahan pada layar laptop, adalah dengan penggunaan kombinasi-kombinasi pada keyboard.

Biasanya, produsen laptop selalu menyediakan tombol Fn dan fungsi lain dari tombol F1 sampai F12. Fungsi tombol yang terdapat di F1 sampai F12 ini selain bisa mengatur kecerahan layar, juga bisa mengatur yang lain, seperti suara sampai musik.

Produsen laptop, terkadang membuat kombinasinya berbeda-beda. Selain tombol F1 sampai F12 , Ada juga yang pada key-pad (arrow keys).


Cara mencarinya sangat mudah, silakan cek tombol laptop sobat, lihat dan cari logo matahari. Logo tersebut adalah penanda untuk tombol yang berfungsi untuk meredupkan dan menerangkan cahaya layar laptop.

Biasanya akan terdapat 2 tombol dengan logo matahari tadi. Pertama, logo matahari yang besar, adalah untuk membuat layar lebih terang. Sedangkan logo matahari yang lebih kecil, berfungsi untuk meredupkan layar.

cara atur brightness laptop


Cara untuk meredupkannya, Kombinasikan tombol dengan logo matahari tadi dengan tombol FN yang biasanya terletak di dekat tombol logo windows atau Alt.

Contohnya seperti berikut:

FN + F1 / FN + F2
FN + F5 / FN + F6 (Biasanya laptop asus)
FN + F6 / FN + F7 (Biasanya laptop toshiba)
FN + F7 / FN + F8
FN + F1 / FN + F2
FN + Tombol kiri / FN + Tombol kanan (Arrow keys, tombol arah) (Biasanya laptop acer)


Dan masih banyak  lagi, (tergantung produsen laptop).
 

2. Pengaturan Brightness lewat driver

Di VGA AMD,NVIDIA maupun Intel, pada driver di laptop, biasanya tersedia opsi untuk mengatur kecerahan layar laptop. Penempatan brightnessnya mungkin akan berbeda tergantung dari versi driver serta vendor apa yang sobat pakai. Tapi, tinggal di cari saja, biasanya ada di tab display.

Pengaturan brightness lewat driver ini bisa dilakukan ketika sobat kesulitan mencari tombol hot-keys pada keyboard, atau fungsi mengatur kecerahan layar dengan keyboard tidak berjalan.

Cara ini dulu biasa saya pakai di laptop lama saya.


3. Mengatur kecerahan layar di bagian power option Windows

Cara terakhir ini bisa dibilang sangat simpel, sama simplenya dengan 2 cara diatas. Selain lewat kombinasi tombol pada keyboard, maupun lewat driver, kecerahan layar juga bisa dilakukan dengan setting langsung pada windows.

Cara ini tersedia untuk versi-versi windows, terutama windows 7, windows 8, windows 8.1 dan windows 10.

Cara untuk meredupkan layar laptop melalui windows seperti berikut:

Klik Tombol Start -> Pada kotak pencarian, masukkan adjust screen brightness.

Atau Klik Start -> Buka Control panel -> Klik hardware and sound -> buka power option 
Pengguna windows 10 bisa juga dengan: Klik start -> settings -> System -> Power and sleep -> Aditional power setting


Lalu lihat kebawah (biasanya pada bagian kanan), akan tersedia pengaturan layar brightness seperti berikut:


pengaturan kecerahan laptop


Nah, tinggal geser saja ke kiri untuk meredupkan layar, dan ke kanan untuk mencerahkan layar.

Jika sobat tidak menemukan pengaturan brightness layar seperti diatas, coba buka change plan settings, biasanya disana tersedia.


Demikian, Cara meredupkan layar laptop hanya dalam 1 menit. Tidak perlu satu menit, sobat hanya butuh sepersekian detik untuk mengatur cahaya laptop menjadi lebih terang atau redup jika sobat sudah tahu cara aturnya seperti diatas.

Sekian, terima kasih.

Punya masalah gadget atau komputer? Masukkan email Anda disini dan dapatkan cara-cara perbaikinya:

0 Response to "Cara Meredupkan Layar Laptop Dalam 1 Menit"

Post a Comment

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini.

2. Karena banyaknya Spam, komentar dengan link aktif tidak akan di publish KECUALI relevan dengan artikel

3. Sekali lagi, KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan