Cara Menulis Dan Mendapatkan Uang Jutaan Rupiah Di Babe (Plus Tips Artikel diterima)



Mencari uang di internet, memang beragam caranya. Tingkat kesulitannya pun juga beragam. Ada yang sukses meraup rupiah dan dollar dalam jumlah banyak. Tidak sedikit juga yang kesulitan dan akhirnya menyerah untuk mendapatkan uang.

Cara mendapatkan uang di internet, rata-rata orang sekarang mendapatkannya melalui website atau blog pribadi. Selain situs, kadang juga melalui iklan-iklan yang muncul di video yang mereka upload di situs berbagi video seperti youtube.

Nah, ada juga cara lain untuk mendapatkan uang di internet dengan mudah. Yaitu dengan cara menjadi penulis lepas.

cara dapat uang babe

Menjadi penulis lepas, memiliki banyak kelebihan tersendiri dibandingkan menjadi penulis di website atau blog pribadi. Menjadi penulis lepas, maka kita tidak perlu memikirkan soal persaingan SERP, Optimasi-optimasi SEO, Memikirkan Keyword, yang biasa dilakukan di website.

Tulisan yang kita tulis saat menjadi penulis lepas, akan di publish di situs / aplikasi yang sudah populer, sehingga jumlah pembacanya tidak sedikit.


Dan, salah satu tempat untuk menjadi penulis lepas ada di BaBe.

BaBe, menyediakan tempat bagi penulis yang ingin berbagi cerita, pengetahuan untuk beragam tema yang hampir semuanya bisa dipelajari oleh sobat. Di beberapa tema, sobat bahkan hanya perlu mencari ide posting tanpa memiliki pengetahuan apapun. Seperti menulis berita saja.

Di BaBe, terdapat 7 Kanal atau tema, yaitu: Hiburan, Humor, Islam, Kesehatan, Otomotif, Unik dan satu lagi sengaja tidak saya tulis. (Tidak cocok ditulis disini.)


Apakah saya pernah nulis di Babe? Tentu pernah. Saya pernah menulis di Babe untuk sekedar coba-coba. Dan sebenarnya saya nulisnya ketika Babe baru-baru melaunching untuk penulis artikel lepas.

Dulu, terdapat kanal/kategori Iptek (Ilmu Pengetahuan Teknologi) yang sesuai dengan kemampuan saya. Sayangnya, sekarang sudah tidak ada.

Yang unik ketika saya menulis di Babe, saya pertama kali nulis langsung di terima dan di pulish oleh Babe. Dan saya mendapat uang sebanyak 50 Ribu rupiah dari Babe. Saat itu, saya jadi sangat semangat menulis di Babe.

Sayangnya, karena keterbatasan waktu saya jadi tidak sempat menulis lagi. Terutama saya ini sering kehabisan ide untuk menulis artikel. Jadi ketika ingin menulis, saya malah tidak jadi menulis sama sekali.


Nah, untuk cara menulis di Babe. Pertama, sobat harus mendaftar terlebih dahulu, dengan cara membuat akun di Babe.

Membuat akun di Babe sangat mudah!, Akan saya tunjuk caranya:

#1. Cara membuat akun di Babe


Mendaftar di Babe, pertama sobat harus mengunjungi https://nulis.babe.news/ 
kemudian mendaftar lewat kotak yang disediakan di pojok kanan atas.

cara daftar babe di web


Kemudian, sobat isikan seluruh data dengan benar. Data yang harus diisi, ialah: Nama lengkap, Nomor HP, Alamat Email, Password dan Konfirmasi Password.

cara daftar babe


Selain dengan cara manual, sobat juga bisa mendaftar dengan login akun google+ atau akun facebook. Dengan cara ini sobat bisa jauh lebih mudah untuk mendaftar.

Untuk cara mendaftar melalui Google+, sobat pilih Google+ selanjutnya babe akan meminta ijin untuk meminta akses ke profile google+, selanjutnya klik Allow.


Kemudian, ketika sudah selesai mendaftar dan login, akan tersedia dasbor yang penampilannya seperti berikut:

beranda babe


Pada dasbor, akan tersedia pilihan-pilihan untuk:

  • Melihat riwayat penghasilan yang diperoleh.
  • Melihat riwayat artikel yang diterbitkan.
  • Melihat jumlah statistik pembaca.
  • Melihat jumlah User yang berhasil sobat ajak untuk menjadi penulis di Babe.
  • Melihat statistik jumlah pendapatan.
  • Melihat daftar kontributor terbaik dan penghasilannya.
  • Juga tersedia informasi-informasi umum serta cerita-cerita motivasi untuk para penulis di Babe.
  • Dan masih banyak lagi.

Kemudian apa sudah bisa menulis? Sebenarnya sudah.. Tapi pertama:

sobat isi terlebih dahulu saja informasi rekening dengan cara Klik Tab pembayaran -> Klik Informasi Rekening, Lalu isi data rekening dengan benar. Batas untuk nominal penarikan adalah sebesar Rp. 200.000. Jika sudah, maka sobat sudah bisa untuk mulai menulis di Babe.

#2. Cara menulis di Babe


Cara menulisnya, Klik Dasbor Nulis -> Lalu Klik Tulis Artikel.

Sebelum menulis, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi di dalam artikel. Tujuannya, supaya artikel sobat diterima dan di publish oleh moderator. Tidak mau kan, sudah capek-capek nulis malah tidak diterima?

Nah, persyaratannya adalah sebagai berikut:

    • Artikel dilarang menampilkan gambar vuIg@r, p0rn*gr@fi dan sejenisnya. 
     
    • Artikel tidak boleh mengandung isu S4R@ yang bisa memicu konflik maupun pertentangan. 

    • Artikel yang dikirim adalah artikel original, bukan hasil jiplakan karya orang lain (Copy paste).
     
    • Terakhir, pastikan artikel yang akan dikirim tidak pernah di publish web manapun, termasuk blog pribadi juga.
     
Nah, dengan mengetahui persyaratan diatas, sekarang sobat sudah siap untuk nulis di Babe.
  
Saya ulangi lagi, pertama, pergi ke dasbor nulis -> lalu klik tulis artikel. (Atau melalui link berikut: https://nulis.babe.news/artikel/tulis 
Kemudian, sobat akan menemui tatamuka untuk menulis. Mirip dengan blog atau wordpress, sehingga sangat mudah untuk orang yang pernah menulis di blog / website. Yang belum pernah pun tentu bisa.

babe nulis
Kemudian: 
  • isi Judul Artikel terlebih dahulu pada kotak yang disediakan dengan kapasitas maksimal sebanyak 70 Karakter.
  • Lalu tulis artikel di kotak yang disediakan, minimal 150 kata.
  • Sobat bisa meng-unggah (Upload) gambar banner dengan ukuran 700x350 maksimal size 1MB. Caranya bagaimana? Pakai photoshop untuk resizenya. Buat yang belum tahu:

Buka Adobe Photoshop -> Klik File kemudian klik Open (Atau Ctrl + O) -> Pilih gambar yang akan di resize. Jika sudah klik -> Image -> Image size -> Hilangkan centang proportion -> Masukkan dimensi foto / gambar -> Klik OK.

mengukur banner babe

Selain photoshop, sobat tentu saja bisa menggunakan software lain. Yang terpenting, bisa me-resize gambar atau foto saja.
  • Masukkan gambar pendukung di dalam postingan, minimal 3 gambar.
  • Pastikan, artikel tidak mengandung kata terlarang (Seperti yang dijelaskan diatas).
  • Terakhir, masukkan kategori yang dituju, kemudian sobat siap untuk mem-publishnya.
Selesai di publish, secara otomatis artikel yang sobat tulis akan dikirim ke tim (moderator) Babe untuk di review terlebih dahulu. Sobat bisa melihatnya melalui dasbor untuk mengetahui apakah artikelnya di terima atau tidak.

Caranya: Lihat pada Tab Dasbor Nulis -> Artikel Saya -> Lihat pada kolom status.
Jika tidak sempat membuka website Babe, sobat juga bisa mengeceknya melalui email yang sobat daftarkan. Babe akan mengirim email konfirmasi, apakah artikel ditolak atau diterima.

Lamanya artikel di review tidak menentu. Terkadang hanya memakan waktu 2 sampai 3 hari, kadang juga bisa berminggu-minggu. 

Jika artikel ditolak

Jika artikel sobat ditolak, biasanya tim Babe akan memberikan juga informasi kenapa artikel sobat ditolak. Bisa karena masalah sumber gambar, tulisan yang tidak menarik, sampai gaya penulisan yang tidak benar.

 Jika artikel diterima

Jika artikel diterima, sobat harus mendapatkan level views yang ditentukan untuk mendapatkan penghasilan. Semakin banyak views dari artikel yang sobat buat. Semakin besar pula penghasilan yang didapatkan. Berikut tabel penghasilannya:

LEVEL RANGE HADIAH
I 100-500 Rp 10.000,-
II 501-5000 Rp 20.000,-
III 5001-10000 Rp 30.000,-
IV 10001-50000 Rp 50.000,-
V >50001 Rp 100.000,-

Untuk mencapai jumlah views yang ditarget, sobat akan diberi waktu selama 7 Hari. Dan di hari ketujuh setelah artikel sobat terbit, sobat akan mendapat notifikasi email terkait dari penghasilan final dari artikel yang sobat buat.

Selain itu, sobat juga bisa memantau level views pada artikel setiap harinya dengan membuka Tab Statistik. Pada kolom Progress, tersedia jumlah yang mendata level views yang dicapai oleh artikel yang sobat buat. Angka pada Tab Statistik tersebut akan di refresh pada jam 7 pagi setiap harinya.


#3. Dapat uang di Babe tanpa harus menulis

Sobat ingin dapat uang di Babe tapi tidak pandai menulis? Disini, Babe menyediakan refferal. Dimana sobat bisa mengajak keluarga atau teman untuk bergabung menjadi penulis di Babe.

Setiap orang yang berhasil sobat ajak untuk menjadi penulis di Babe, maka sobat akan mendapatkan Rp.20.000 ketika orang yang sobat ajak berhasil menerbitkan setidaknya 1 artikel di Babe.

Kode refferal bisa didapat melalui: Tab kode refferal, dimana akan tersedia link refferal yang bisa sobat bagikan.

babe refferal


Dan juga tidak perlu teman atau keluarga, orang yang tidak sobat kenal pun bisa diajak menulis di Babe dengan cara mempromosikan kode refferal tadi ke media sosial. 

Tersedia juga kode refferal dalam bentuk html yang bisa dijadikan widget blog. Dimana sobat bisa mendapatkan penghasilan setiap pengunjung blog sobat yang menjadi penulis di Babe melalui kode refferal sobat.

Tapi, perlu diperhatikan ketentuan untuk program refferal ini. Ketentuannya sebagai berikut:

  • Setiap penulis yang mendaftar melalui link refferal yang sobat bagikan, secara otomatis akan mendaftar dibawah nama sobat.
  • Sobat baru bisa mendapat uang Rp 20,000,- jika penulis yang sobat ajak tadi sudah berhasil menerbitkan minimal 1 artikel di Babe.
  • Saldo senilai Rp 20,000,- tadi, akan secara otomatis masuk ke saldo sobat ketika penulis yang diajak tadi sukses menerbitkan artikel pertamanya.
  • Bonus tidak berlaku kelipatan, sobat hanya bisa mendapatkan Rp 20,000,- / penulis yang berhasil sobat ajak.
  • Saldo senilai Rp 20,000,- akan masuk secara otomatis ke saldo sobat setelah artikel penulis yang sobat ajak disetujui oleh Tim BaBe dan tayang di aplikasi Babe

#4. Tips agar artikel sobat diterima oleh Tim Babe.

Orang tua banyak yang bilang kepada anaknya "Nyari uang itu susah" itu memang benar. Menulis di Babe juga butuh proses dan belajar agar artikel selalu diterima.

Karena saya yakin, para Top Kontributor di Babe pun pasti mengalami proses untuk mendapatkan banyak penghasilan lewat artikel yang mereka tulis.

Tapi tentu saja, artikel yang ditolak itu rasanya sakit, lebih sakit dari diputusin pacar. Karena kita bisa menghabiskan waktu yang lama, dari mencari ide dan gambar.

Nah, penolakan dari artikel ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa karena sobat tidak memenuhi persyaratan dari artikel seperti yang telah dibahas diatas, bisa juga karena ada poin-poin yang menyebabkan artikel tidak diterima.

Babe sendiri sudah membahas, penyebab-penyebab kenapa artikel ditolak, serta tips agar artikel diterima. Dan alasan kenapa artikel ditolak itu berbeda-beda dari setiap kanal / kategori. 

Kebanyakan karena: ide yang ditulis tidak menarik, artikel sudah pernah di publish di media lain, sumber gambar yang dilarang, kualitas gambar yang buruk, sampai masalah plagiarisme.

Babe menghimbau para penulisnya untuk berhati-hati dalam menulis artikel di websitenya. Terutama masalah plagiarisme yang sudah banyak terjadi saat ini. Karena Babe sangat menjaga originalitas dari artikel-artikel yang akan di publish. Jadi tidak heran, kenapa artikel sobat ditolak terus.
Tips-tips menulis artikel, sebenarnya sudah banyak dibahas oleh babe pada situs https://blog.babe.news/ dengan lengkap yang membahas tatacara menulis, melansir suatu situs, sampai cara mengambil gambar yang sesuai dengan persyaratan, sesuai kanal-kanal yang tersedia. 

Selain itu, tersedia pula tips-tips lain agar artikel sobat tidak ditolak.

 #5. Tips mencapai jumlah views pada artikel untuk menghasilkan uang di Babe

Karena sistem yang dibuat dengan sistem views, maka sobat harus mengejar target views untuk mendapatkan penghasilan dari apa yang saya bahas sebelumnya.

Berbagai cara, bisa dilakukan untuk mengejar target views di Babe. Tapi yang terpenting, tentunya adalah ide dari artikel.

Semakin bagus dan menarik artikel yang sobat buat, secara otomatis akan menarik perhatian para pembaca, sehingga jumlah target views akan lebih mudah tercapai.

Sobat juga bisa menggunakan metode judul yang mengundang klik (Click bait), pada artikel yang sobat buat. (Kalau bisa jangan terlalu berlebihan, banyak orang cenderung tidak suka dengan metode click bait ini).

Ide adalah yang utama, judul sebisa mungkin buat agar menarik perhatian. Selain dua ini, sobat pastikan juga gambar banner bisa menarik pengunjung, dengan cara memberi gambar berkualitas dan mengundang klik. 

Berikut bukti bahwa ide dan judul sangat berpengaruh terhadap jumlah views di Babe:

artikel views babe


Artikel diatas, adalah artikel yang dulu pernah saya publish. Dan saya pikir, artikel yang kedua memang lebih mengundang perhatian orang untuk dibaca dibanding artikel pertama. Sehingga artikel kedua, pada akhirnya lebih banyak dibaca.

Contoh ide yang menarik, adalah seperti berikut:

  • Bahaya-bahaya yang Berhubungan dengan Dunia Otomotif 
Di dunia otomotif, bahaya-bahaya yang terjadi bisa dikarenakan banyak hal. Bahaya-bahaya ini, bisa menjadi ide yang menarik para pembaca. Contohnya: Bahaya mengemudi sambil video call, Jangan buka medsos sambil mengemudi kalau tidak mau terjadi hal ini
 
  • Fakta dan kejadian Unik di Dunia Otomotif   
Di dunia otomotif juga banyak fakta dan kejadian unik yang bisa didapat, yang bisa menjadi ide menarik untuk ditulis. Contohnya: Wah, penemu ferrari ternyata mirip pemain sepak bola ini! 
 
  • Kejadian-kejadian epic fail (Humor)
Banyak kejadian-kejadian fail (gagal) yang kadang bikin ketawa. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk ditulis di Babe. Karena artikel seperti ini sangat mengundang pembaca.

Contohnya: Waduh! Niat bikin roti malah jadi...
Dan masih banyak lagi...

Untuk lebih lengkap, di situs blog.babe.news, juga sudah di bahas ide-ide artikel yang paling sering dibaca di Babe. Setiap kanal, punya tema yang paling banyak dibaca oleh pembaca Babe. Sehingga sobat bisa dengan lebih mudah mencari referensi ide dari apa yang ingin sobat tulis.


Dan sekian, Cara menulis dan mendapatkan uang di Babe. Pada akhirnya tidak ada yang instan. Sobat harus belajar dan terus berusaha agar bisa menjadi kontributor top di Babe. "Mie instant saja harus dimasak dulu." "Apalagi belajar".

Tulis sebanyak-banyaknya artikel dengan ide yang menarik, agar berpeluang besar diterima. Dan tidak menutup kemungkinan, suatu saat, sobat bisa menjadi kontributor yang top di Babe dan bisa meraup uang jutaan rupiah.

Sekian, terima kasih.

Punya masalah gadget atau komputer? Masukkan email Anda disini dan dapatkan cara-cara perbaikinya:

2 Responses to "Cara Menulis Dan Mendapatkan Uang Jutaan Rupiah Di Babe (Plus Tips Artikel diterima)"

  1. mimin nulis di kanal apa aja min kalo boleh tahu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kanal unik dan islami kalau saya :)

      Delete

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini.

2. Karena banyaknya Spam, komentar dengan link aktif tidak akan di publish KECUALI relevan dengan artikel

3. Sekali lagi, KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan