7 Cara Mengatasi Microsoft Office Word Tidak Bisa Save (Ampuh)



Tidak bisa save pada Microsoft Office Word adalah salah satu kerusakan yang sangat berbahaya. Apalagi kalau sudah mengetik banyak-banyak. Karena tidak mungkin kita mengulangnya kembali.

Ditambah kalau isinya sebuah tugas, skripsi atau karya ilmiah. Wah, kalau begini bisa gawat! Disini kita harus cepat mengambil tindakan cepat supaya dokumen yang telah kita ketik jadi aman.

Seperti yang kita tahu, Office Word merupakan software mengetik yang paling populer digunakan di kalangan komputer. Dari jaman Windows XP sampai sekarang pun masih sangat sering digunakan.

Karena sudah terbiasa begini, kita jadi sulit berpindah ke aplikasi pengetik lainnya. Walaupun kadang-kadang, ada muncul error di tengah atau di akhir pengetikan. Salah satunya, tidak bisa save.



save office



Office Word yang tidak bisa nge-save, sebenarnya banyak sekali penyebabnya. Kebanyakan, ini karena pengguna yang tidak memiliki otoritas (authority) untuk melakukan save dokumen (Mungkin begitu istilahnya, karena saya cari sinonimnya tidak menemukan yang pas).

Lalu kenapa kita sebagai pemilik laptop atau PC tidak mendapat otoritas?

Sebenarnya kita bisa mendapatkan otoritas secara penuh dari sistem yang kita pakai. Hanya saja, terkadang otoritas tersebut jika diberikan secara penuh, bisa saja suatu saat akan merusak sistem.

Contoh mudahnya seperti dimanfaatkan oleh virus. Virus tidak akan bisa mengakses file sistem, jika akses yang diberikan terbatas, atau biasanya disebut mode read-only.

Jadi simpelnya, laptop atau komputer yang digunakan harus membuat kita menjadi administrator pada sistem secara penuh, supaya gejala error tidak terjadi.


Langsung saja, berikut penyebab dan cara atasi Microsoft Office Word yang tidak bisa save.


Sebelumnya backup terlebih dahulu seluruh tulisan yang telah diketik. Ini untuk mencegah resiko hilangnya dokumen yang ingin disimpan. Silakan lakukan 'select all' (CTRL + A) lalu salin semua tulisan ke aplikasi pengetik sejenis Office Word. Memang hasilnya akan berantakan jika dikembalikan, tapi lebih baik jika dibanding hasil tulisan hilang semua.


1. Ubah setting permission pada drive


Seperti yang saya bilang sebelumnya. Office Word yang tidak bisa tersimpan biasanya karena masalah administrator. Untuk itu, kita bisa mencoba untuk mengubah akses administrator menjadi full. Caranya:


A. Klik kanan drive yang ingin dipakai, lalu klik properties.

B. Klik tab security kemudian klik edit.

C. Perhatikan, ada beberapa user tertera. Beri full control ke user yang sedang dipakai di Windows sekarang, kemudian klik apply.


Kalau sudah, coba lakukan save ulang dokumen yang ingin disimpan. Ada juga cara untuk mengatur administrator seperti yang ada di video ini:






Video diatas, sebenarnya adalah tutorial untuk save file notepad. Tapi, untuk step cara atur permissionsnya sama.

Kelemahan setting permissions disini, terkadang proses akan mengalami error. Ini mungkin untuk menjaga keamanan dari kerusakan sistem. Kalau begini, kita bisa coba cara-cara lainnya. Selanjutnya:


2. Coba save di drive lain


Di beberapa kasus, kita tidak mendapatkan akses administrator ke dalam drive sistem (Biasanya drive C:). Karena tidak mendapat akses inilah dokumen yang ada pada word jadi tidak bisa tersimpan.

Solusinya, coba lakukan save pada drive lain, misalnya D: atau E:. Karena drive-drive non sistem seperti ini tidak memerlukan akses administrator, sehingga dokumen jadi bisa tersimpan.



3. Melakukan cloud save


Selain melakukan save manual di drive. Kita juga bisa melakukan cloud save alias menyimpan dokumen di internet.

Kelebihan menyimpan di internet, resiko dokumen terkena virus akan semakin rendah, sehingga data yang disimpan jadi aman.

Melakukan cloud save, bisa dilakukan dengan memakai Office Word Online yang sebenarnya sudah dirilis sejak lama.

Untuk membukanya, kita tidak perlu memakai software apapun. Melainkan bisa langsung membukanya lewat browser. Caranya:


B. Login untuk mulai menggunakan Word. Jika belum punya, silakan daftar dulu.

C. Kemudian, kita akan diarahkan ke halaman seperti berikut:

Save office online


D: Pilih New blank document

E. Kalau dokumen sudah terbuka, salin semua dokumen yang tidak bisa di-save tadi ke dalam office word online. 

F. Office Word online ini memiliki fitur auto save. Tapi untuk jaga-jaga, silakan klik file >> save as >> save to one drive >> lalu save.


Sekarang, dokumen sudah aman tersimpan di internet. Jangan lupa untuk mengkoreksi seluruh tulisan yang telah disalin. Untuk jaga-jaga, apabila ada kekurangan atau kesalahan pada tulisan.

Dan juga, sebenarnya kita menyimpannya ke drive di laptop atau komputer kita. Caranya:


4. Melakukan save ke drive lewat Office Word Online


Ada kalanya kita malas untuk menghubungkan laptop atau komputer yang digunakan ke internet. Atau mungkin internet yang digunakan sering tidak stabil, sehingga barangkali nanti dokumen yang diinginkan tidak bisa dibuka di saat-saat yang penting.

Untuk itu, kita bisa melakukan save ke drive laptop atau komputer lewat Office Word Online. Caranya sangat mudah:

  • Buka dokumen yang tadi sudah dibuat di Office Word Online 
  • Klik file 
  • Save as  
  • D0wnload a copy
  • Save ke drive yang diinginkan

Selesai. Karena metode disini bukan save, melainkan melakukan d0wnload ke dalam drive, sehingga tidak terjadi error apapun.
Trik ini belum lama saya temukan. Tapi cukup efektif untuk menyimpan dokumen word yang error di saat-saat genting.



5. Lakukan scanning virus


Virus bisa menginfeksi file dokumen Word. Bahkan banyak virus yang bisa membuat file dokumen menjadi corrupt.

Karena corrupt inilah, file dokumen jadi tidak bisa tersimpan, disebabkan rusaknya file yang ingin disimpan.

Solusinya, coba lakukan cloud save atau save ulang lewat Office Word Online seperti yang saya bahas sebelumnya, lalu lakukan scanning virus secara menyeluruh untuk membasmi virus-virus yang ada.

Resikonya, file-file dokumen lain yang sudah tersimpan, bisa saja terhapus karena terdeteksi telah terinfeksi virus. Jadi, silakan pertimbangkan kembali sebelum melakukan scanning.


6. Pastikan kapasitas drive tidak full!


Masalah yang sepele tapi bisa saja terjadi. Apalagi pengguna laptop-laptop baru kelas mainstream. Karena rata-rata, sudah menggunakan SSD yang sayangnya ukurannya relatif kecil.

Jadi mudah saja, jangan lupa untuk memastikan drive yang ingin digunakan untuk menyimpan file dokumen tidak full kapasitasnya.


7. Install ulang Office Word


Terakhir, coba lakukan penginstallan ulang Office Word yang digunakan. Tujuannya, untuk memperbaiki barangkali ada kerusakan pada bagian sistem Office Wordnya (Contohnya virus).

Sebelum melakukan langkah ini, backup dulu dokumen yang telah ditulis dengan menggunakan Office Online seperti yang telah dibahas tadi.


Penutup

 

Sebenarnya, penyebab dan cara melakukan solusi yang pasti untuk mengatasi Office Word yang tidak bisa save itu tidak mengikat.

Karena masih banyak kemungkinan-kemungkinan lain yang berbeda-beda solusinya. Contohnya seperti error yang muncul saat save, "microsoft office word cannot complete save due file permission error" atau pesan-pesan lainnya.

Jadi disini, saya hanya bisa membantu sesuai pengalaman dan pengetahuan yang saya ketahui.

Mungkin itu saja.. Semoga bermanfaat.

Sekian, dan terima kasih.



Punya masalah gadget atau komputer? Masukkan email Anda disini dan dapatkan cara-cara perbaikinya:

0 Response to "7 Cara Mengatasi Microsoft Office Word Tidak Bisa Save (Ampuh)"

Post a Comment

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini.

2. Karena banyaknya Spam, komentar dengan link aktif tidak akan di publish KECUALI relevan dengan artikel

3. Sekali lagi, KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan