Cara Overclock VGA AMD Dengan Mudah (Aman)



VGA, merupakan salah satu hardware komputer yang berfungsi untuk memproses gambar serta menampilkannya. VGA memiliki beragam jenis-jenis, dari yang murah 100 ribuan, sampai ratusan juta rupiah.

Dari berbagai macam jenis VGA tersebut dari yang murah, sampai yang mahal, mempunyai beragam fungsi. Paling sering adalah fungsi untuk gaming dan fungsi rendering.

VGA sama dengan processor. Memiliki clock speed yang semakin kencang, akan memberikan performa yang lebih bagus. Dengan performa yang lebih bagus, kita bisa mengeluarkan seluruh potensi dari penggunaan gaming dan rendering tadi.

cara oc amd


VGA pada PC / Laptop saat ini, dikuasai oleh 3 vendor, yaitu Intel,NVIDIA dan AMD. Yang masing-masing mempunyai kelebihan serta kekurangan masing-masing.

Sama seperti Processor atau RAM. VGA bisa di overclock untuk mencapat performa yang lebih tinggi dari kondisi default.


Dengan overclock, kita bisa mengeluarkan potensi lebih jauh dari VGA yang dipakai tersebut. Tapi tentu saja, overclock juga memiliki beragam resiko jika tidak dilakukan dengan benar.

Dukungan hardware lain,suhu dan kestabilan listrik akan berpengaruh terhadap stabilitas VGA yang akan di overclock. Supaya aman, sobat bisa membaca artikel berikut: Tips aman sebelum overclock.


Tidak terkecuali VGA AMD. VGA AMD bisa di overclock untuk mendapatkan performa lebih. Terdapat cara overclock-overclock yang bisa dilakukan, lewat BIOS, atau aplikasi lain (Contoh: MSI afterburner), tapi disini saya akan membagikan tips simpel cara overclock VGA AMD saja.

Cara ini, bisa dibilang aman, tapi tetap, segala kerusakan ditanggung masing-masing, DO it with your own risk.

Nah, langsung saja, pertama:


1. INSTALL ATAU UPDATE DRIVER VGA AMD TERBARU


Pertama, pasang driver VGA AMD di PC/Laptop sobat, tentunya ambil driver versi paling baru. Dengan driver yang terupdate, kita bisa dapat optimalisasi-optimalisasi serta perbaikan kerusakan-kerusakan yang ada.

Nah, driver yang baru saat ini adalah AMD Crimson, yang mana memiliki tampilan yang lebih baru, juga terdapat fitur-fitur baru yang sayang jika dilewatkan.


2. Overclock dengan cara berikut:

Overclock VGA AMD, bisa dilakukan lewat driver. Disini saya memakai driver AMD Crimson versi terbaru. Langkah overclocknya seperti berikut:

  • Klik kanan pada dekstop -> Buka Driver AMD Crimson
  • Klik dan masuk ke tab Gaming
  • Klik Global Setting
  • Klik lagi Global Overdrive di tab sebelah kanan
  • Scrool ke bawah, sobat akan menemukan bagian untuk overclock
 
Nah, di AMD Overdrive ini, sobat akan menemukan monitoring dari VGA secara real time.  Dari usage (activity) VGA ,temperatur VGA, sampai penggunaan clockspeed tertera dengan lengkap.

Cara OC vga AMD


Cara overclocknya, sobat bisa menaikkan GPU Clock dan Memory Clock ke yang lebih tinggi untuk mendapat performa lebih. Pada AMD overdrive, tersedia juga Power Control (Pada VGA yang support) yang berfungsi untuk meningkatkan batasan power limit.

Dengan mengatur batasan power limit pada Power Control, VGA akan mencegah clock yang turun (throtlling) ketika VGA mendeteksi, power yang dipakai sudah mencapai batas.

Nah, cara untuk Overclock VGA dengan AMD overdrive ini sangat sederhana. Yaitu:
  • Naikkan clock GPU, Memory Clock maupun GPU Clock sedikit demi sedikit. Jika terjadi hang/macet, coba ulangi lagi.
  • Bermain game / Melakukan benchmark untuk mengetes jika terjadi hang/freeze.
  • Terus mencoba sampai stabil
 
Langkah-langkah overclock VGA AMD dengan AMD overdrive diatas, adalah dengan menggunakan software (driver) AMD Crimson. Lantas, bagaimana dengan VGA lama yang barangkali tidak kebagian update driver baru?
 
Pada versi driver lama, fitur AMD overdrive ini sebenarnya sudah ada. Berikut buktinya:

overclocking vga amd
Ini gambar AMD overdrive di Driver lama. (Gambar ini diambil tahun 2013/2014)

 
Demikian, semoga overclock sobat sukses. Metode overclock dengan AMD overdrive ini biasa saya pakai untuk memainkan game yang memiliki system requirements yang jauh diatas VGA saya. [Baca juga: Cara mengatasi Game PC LAG (Ampuh)

Sehingga dengan overclock, saya bisa mendapatkan sedikit FPS yang lebih banyak, agar gameplay jadi lebih stabil.
 
Dan satu lagi, Jika sobat mengalami hang,crash, atau error, sobat bisa meresetnya kembali dengan meng-klik tombol reset yang disediakan, untuk mengembalikan setting ke defaultnya.

Sekian terima kasih.



Punya masalah gadget atau komputer? Masukkan email Anda disini dan dapatkan cara-cara perbaikinya:

0 Response to "Cara Overclock VGA AMD Dengan Mudah (Aman)"

Post a Comment

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini.

2. Karena banyaknya Spam, komentar dengan link aktif tidak akan di publish KECUALI relevan dengan artikel

3. Sekali lagi, KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan