Perbedaan Newbie Dan Noob Lengkap - Istilah Para Gamer



Jika kita menyusuri berbagai pekerjaan, kita akan menemukan beragam istilah. Entah itu di dunia otomotif,dunia kesehatan sampai dunia politik. Tidak terkecuali dunia gamer, yang juga memiliki beragam istilah. Dari yang singkat, sampai yang sulit dipahami.

Istilah-istilah ini biasa dipakai para gamer, di media sosial, chatting, juga chat in game. Dan kebanyakan, istilah-istilah ini dipakai di game online.

Banyak istilah-istilah terkenal, contohnya seperti: GG (Good Game), AFK (Away From Keyboard), Mastah, dan tentu saja Newbie dan Noob.

beda newbie dan noob


Istilah Newbie dan Noob ini sering dipakai untuk menunjuk ke gamer pemula, yang masih belum mengerti cara-cara / gameplay dari game yang dia mainkan. Dan semua orang pasti ada masa Newbie / Noobnya. (From zero to hero) - (From Noob to Mastah).

[Baca juga: Cara Overclock VGA AMD dengan mudah]


Lantas, apa sih perbedaan dari kedua kata ini? 


Newbie, menurut wikipedia, adalah kata yang asalnya dari new (baru), kata ini ditujukan untuk seseorang yang belum mengerti dari aktivitas yang dijalankan (pemula atau pendatang baru) sedangkan new, noob, nubie, n00b, nub atau n00bie istilah-istilah ini masih semakna dengan newbie.

Nah, menurut urbandictionary.com, Istilah Newbie dan Noob ini berbeda makna. Newbie, menurut urbandictionary.com, artinya orang yang masih baru pada aktivitas tertentu yang dijalankan. Sedangkan Noob adalah orang bodoh (A stupid person).

Pada penggunaannya, sobat yang seorang gamer sebenarnya terkadang bisa mengetahui perbedaan yang mencolok dari kedua istilah ini. Biasanya, kata Noob bisa juga diartikan sebagai payah, atau lemah, (Entah skillnya atau pengetahuannya dalam game tersebut).

Masih dari urbandictionary.com, Noob juga bisa diartikan sebagai orang yang tidak memiliki ambisi untuk menjadi lebih baik dalam permainan yang mereka. tidak peduli seberapa lama dia menjalani aktivitas tersebut, atau seberapa rendah atau tinggi level game yang dia mainkan.


Sedangkan Newbie, merujuk kepada orang yang baru menjalankan aktivitas tersebut, newbie merupakan noob yang rendah hati dan sopan jika tidak sengaja melakukan kesalahan ketika bermain game (Karena masih baru).

Contoh Newbie dan Noob:

  • Player: Hei, Please Give me a health elixir (Hei, Tolong beri saya elixir darah)
  • Newbie: Here (Ini)
  • Player: Hei! That's not health elixir! That's mana elixir! (Hei, itu bukan elixir darah, itu elixir mana!)
  • Newbie: Oh, i am sorry, I'm just newbie (Oh, maaf, saya masih newbie)
  • Player: Well, it's okay, just give me the health elixir again (Baiklah, tidak masalah. Beri aku elixir darah lagi).

Dari percakapan diatas, kita bisa melihat bahwa newbie yang melakukan kesalahan ketika sedang memberi item. Kebanyakan newbie, orangnya bersahabat ketika diajak party dan mau menerima saran. Sedangkan Noob, agak berbeda kesannya. Contohnya: 

  • Player: What are you doing!? Go play with machine Gun, Don't with pistol, You will make us lose! (Apa yang kamu lakukan!? Main pakai machine Gun, Jangan pakai pistol! Nanti kita bisa kalah!)
  • Noob: So what? It's up to me whatever i'm using in this mission (Terus kenapa? Terserah saya mau pakai apa juga di misi ini).
  • Player: Are you really to make us lose!? (Kamu benar-benar mau buat kami kalah!?)
  • Noob: If so, why? (Kalau iya, kenapa?)


Kesan dari seorang noob, orangnya menjengkelkan dan tidak disarankan untuk sobat mengajak bicara seorang noob. Seorang noob, cenderung merusak suasana, bahkan merusak aliran permainan yang bisa membuat party / tim jadi kalah.

Kadang juga, noob sama sekali tidak peduli dengan kesalahannya, sehingga orang-orang yang satu tim dengannya merasa sangat kesal.

Kesimpulannya:


Newbie: Artinya adalah orang yang masih pemula atau awam. Seseorang yang sama sekali baru dalam memainkan game yang dimainkan, bisa dimaklumi jika skill atau gameplaynya masih buruk. Jadi wajar kalau Newbie = Noob.

Tapi newbie kebanyakan adalah orang-orang rendah hati, yang mau menerima saran dan belajar dari orang-orang yang sudah lebih berpengalaman. Jadi jangan meremehkan seorang newbie. Bisa jadi dia bisa lebih hebat dari sobat.


Noob: Noob bisa diartikan payah atau lemah (cupu, cacat), dalam skill permainan tidak peduli seberapa lama atau besar level yang dia punya. Selain itu, noob juga bisa berarti orang yang suka mengacaukan aliran permainan tanpa peduli dengan rekan satu timnya.

Rekan 1 tim tipe noob, adalah salah satu hal yang paling dihindari di dunia game, terutama game online.


Nah, sekian, sekarang apa sobat sudah memahami apa itu perbedaan Newbie dan Noob? Jujur saja, saya ketawa sendiri saat menulis artikel ini. Terutama membayangkan kekacauan-kekacauan yang dilakukan para Noob saat main. Karena saya juga tidak jarang bertemu player noob seperti ini.

Dan juga, jangan lupa untuk menuntun orang yang masih newbie supaya paham seluk beluk game yang sobat mainkan. Jangan dihina, apalagi diteriaki "Noob".

Yang terpenting, tetap jaga etika walaupun itu hanya dunia game, bukan dunia nyata.

Terakhir, bagaimana pendapat sobat tentang perbedaan dari noob atau newbie? 

Coba sampaikan pendapat sobat di kotak komentar, untuk dibagikan kepada seluruh gamer yang akan membaca tulisan ini. Terima kasih.

Punya masalah gadget atau komputer? Masukkan email Anda disini dan dapatkan cara-cara perbaikinya:

0 Response to "Perbedaan Newbie Dan Noob Lengkap - Istilah Para Gamer"

Post a Comment

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini.

2. Karena banyaknya Spam, komentar dengan link aktif tidak akan di publish KECUALI relevan dengan artikel

3. Sekali lagi, KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan