8 Cara Ampuh Mengatasi HP Android Tidak Terbaca Pada Laptop / PC



Penggunaan kabel data sebagai media transfer file antar perangkat saat ini memang masih sangat populer. Apalagi ditambah dengan harga kabel yang murah, bahkan gratis dari bawaan saat baru beli smartphone.

Belum lagi bisa dibilang seluruh Android sekarang ini pasti support usb type-c yang multifungsi. Seperti sebagai media charging dan fungsi-funsgi lainnya. Masalahnya, kadang terdapat masalah yang bikin pusing. Yaitu media penyimpanan Android, tidak bisa terdeteksi di PC atau laptop.

Android tidak terdetect


Penyebab USB yang tidak terbaca di Android ini bisa dibilang terjadi karena banyak hal. Dari kesalahan setting software sampai kerusakan bagian dalam HP (entah itu komponen maupun slot chargernya itu sendiri).

Dan error dimana USB tidak terdeteksi ini juga bisa terjadi di semua merk HP. Entah itu lenovo,xiaomi,oppo,samsung,vivo,asus,mito,evercoss,advan atau merk-merk HP lainnya.


Disini kita harus mengetahui dan menganalisanya terlebih dahulu penyebab yang dialami oleh smartphone yang dipakai. Sehingga Android yang tadinya tidak terbaca, bisa terbaca normal kembali.

Nah, tidak pakai lama, berikut Cara mengatasi HP Android yang USB nya tidak terbaca di Laptop / PC


1. Pastikan kabel data yang digunakan tidak rusak

 

Ini masalah yang sangat sepele tapi sering terjadi. Kabel data merupakan media utama saat kita akan melakukan transfer file antara HP dan PC. Untuk itu kita perlu memastikan bahwa kabel data yang dipakai tidak rusak.
Cara mengetahuinya sangat mudah. Anda hanya perlu mencoba kabel data lain untuk menyambungkan smartphone anda dengan laptop atau PC yang anda gunakan.

Jika terbaca, itu artinya kemungkinan besar kabel data yang anda gunakan positif rusak.

Kerusakan kabel data sendiri sebenarnya sudah jadi hal yang cukup lumrah. Mengingat mayoritas orang Indonesia suka memakai kabel USB murah yang kebanyakan tidak tahan lama.


2. Pastikan kabel data anda support Transfer data!


Perlu diketahui, ada dua macam tipe kabel data pada Android. Yaitu yang support transfer data / media storage, dan hanya support charging.

Kalau kabel data yang hanya support untuk cas HP ini digunakan untuk melakukan transfer data, maka sudah bisa dipastikan kalau Android sama sekali tidak akan terbaca di PC atau Laptop.

Solusinya, ganti kabel data dengan yang sudah support media transfer. Biasanya kabel-kabel bawaan kebanyakan sudah support.


3. Ganti slot USB laptop / PC


Cobalah untuk mengganti posisi kabel data yang tercolok ke PC / laptop. Ini dimaksud untuk melihat apakah slot USB yang dipakai tadi rusak, hingga menyebabkan Android tidak terbaca.

Pastikan juga untuk mencolokkan langsung kabel data ke slot yang berada di komputer atau laptop. Terutama pengguna komputer yang suka menggunakan USB hub.


USB hub, kebanyakan memiliki listrik dengan daya yang sangat rendah sehingga tidak mampu untuk membaca Android. Kadang ada juga yang memang tidak bisa membaca media penyimpanan.


4. Menginstall driver USB Android


Pada beberapa kasus, ada Android error tidak terdeteksi, baru bisa diperbaiki ketika menginstall driver USB Android di laptop. USB driver ini bisa didapatkan di website-website resmi maupun non resmi di internet.

USB Driver ini biasanya digunakan untuk melakukan flashing HP, agar HP yang ingin di flash terdeteksi di software flashing. Nah, anda juga bisa memanfaatkannya untuk memperbaiki masalah tidak terbaca pada android anda.

Caranya, anda perlu mencari terlebih dahulu driver yang digunakan, dan men-downloadnya di internet. Untuk menyesuaikannya, biasanya cukup disesuaikan dengan chipset HP yang digunakan. Contohnya anda pakai Mediatek, berarti cari driver mediatek juga.

Kalau tidak tahu, coba cari dengan merk dan tipe HP yang digunakan saja. 



Kalau sudah di download, coba install driver tersebut seperti biasa. Jika sudah, sambungkan Android ke Laptop atau PC. Kalau beruntung, HP Anda akan terbaca dengan normal.


5. Mengubah settingan Android ke MTP


Pada kondisi default, Ada beberapa Android yang setting USBnya hanya dalam charging. Ini menyebabkan smartphone jadi tidak terdeteksi di PC / laptop.

Saat smartphone dalam settingan mode charging, kasusnya akan sama dengan smartphone yang disambungkan dengan kabel data tanpa support transfer file.

Untuk mengatasinya, anda perlu mengubah mode charging tadi ke mode transfer data. Caranya, cukup sambungkan Android ke PC / laptop >> Lalu akan muncul jendela charging >> Pilih MTP.

MTP adalah singkatan dari Mode File Transfer. Dengan mode ini, memori internal dan kartu memori yang tadinya tidak terdeteksi, akan jadi terdeteksi.


6. Lakukan reset pabrik


Pada beberapa kasus, ada kemungkinan kerusakan yang terjadi adalah akibat tergantinya settingan pada sistem. Karena bukan tidak mungkin, anda pernah tidak sengaja melakukan setting atau mungkin update yang mengakibatkan kerusakan ini.

Selain masalah setting atau update, ada aplikasi-aplikasi yang terhubung dengan sistem, yang juga berpengaruh terhadap masalah konektivitas antara Android dan komputer.

Reset pabrik (factory reset), akan membantu anda untuk menghapus semua setting yang telah dilakukan. Tapi reset pabrik ini juga akan menghilangkan data-data internal, (mungkin juga) eksternal, dan aplikasi.

Jadi jangan lupa untuk melakukan backup data terlebih dahulu melalui media backup lain.


7. Mengaktifkan USB debugging

 

USB debugging, singkatnya mirip seperti akses administrator (Mirip root tapi bukan root).

Dari beberapa situs luar negeri yang saya dapat, mereka memasukkan metode USB debugging untuk membantu memperbaiki kerusakan android yang tidak terdeteksi.

Caranya, masuk ke setting >> developer options >> aktifkan USB debugging.

Kalau developer options-nya tidak ditemukan, anda harus membukanya terlebih dahulu dengan cara klik berkali-kali nomor bentukan pada about di Android. Lengkapnya, coba cari di google ya.


8. Membawa ke service center


Kalau belum bisa juga, ada kemungkinan port USB di Androidnya rusak. Dengan membawa ke service center, port Android nanti akan diperbaiki. Biasanya port USB yang rusak ini dikarenakan kabel charger yang dipakai tidak pas.

Konektor charger di Android itu sebenarnya beda-beda ukurannya. Apalagi pada merk-merk tablet tertentu. Kerusakan port ini juga bisa disebabkan karena penggunaan HP yang terlalu kasar. Misalnya, kabel tertarik dengan keras.

Sebelum membawanya ke service center, silakan coba dulu untuk membersihkan port charger dengan tisu secara lembut. Tujuannya, untuk membersihkan kotoran yang mengganggu koneksi antara smartphone dan komputer.

Tapi harus hati-hati. Kalau tidak, bisa-bisa konektornya rusak, bahkan patah.


Penutup...


Android tidak terbaca, memang sangat merepotkan di beragam situasi. Apalagi di saat kita butuh untuk transfer file-file penting, atau ingin melakukan flashing HP Android yang mati total / bootloop.

Dan cukup merepotkan juga untuk melakukan transfer data lewat WIFI maupun bluetooth. Karena settingnya akan memakan waktu.

8 Cara diatas adalah cara yang saya tahu untuk mengatasi Android tidak terbaca, yang semuanya berdasarkan pengalaman saya pribadi.


Karena saya sendiri, jujur saja, sudah mengalami berkali-kali HP saya error seperti ini. Penyebab dan cara atasinya pun persis seperti yang dibahas diatas. Jadi saya buat artikel ini barangkali bisa membantu anda yang barangkali punya masalah sama.

Jika anda masih mengalami error, silakan tanyakan lewat kotak komentar yang tersedia dibawah. Barangkali saya atau mungkin pengunjung lain blog ini bisa membantu.

Sekian, semoga bermanfaat. Dan terima kasih.

Punya masalah gadget atau komputer? Masukkan email Anda disini dan dapatkan cara-cara perbaikinya:

0 Response to "8 Cara Ampuh Mengatasi HP Android Tidak Terbaca Pada Laptop / PC"

Post a Comment

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini.

2. Karena banyaknya Spam, komentar dengan link aktif tidak akan di publish KECUALI relevan dengan artikel

3. Sekali lagi, KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan