8 Android Emulator Ringan Untuk Main Game Mobile Di PC / Laptop



Main game di Android tidak selamanya mesti punya HP Android. Main game di Android juga bisa dengan menggunakan Android emulator yang sekarang sudah ada banyak sekali variasinya.

Emulator-emulator Android ini punya kelebihan serta kekurangan masing-masing, dengan kebutuhan spesifikasi yang berbeda-beda juga. Ada yang rendah ada juga yang berat.

Main game dengan emulator Android juga bisa jadi opsi terbaik kalau game yang ingin dimainkan ternyata lag waktu dijalankan di HP. Karena seperti yang kita tahu, spek PC maupun laptop kebanyakan jauh lebih kencang dibanding Android.


emulator android


Sedikit cerita

 

saya 2 tahun yang lalu sering sekali bermain game seven knight. Game ini bergenre turn based RPG yang sudah terkenal sekarang. Awalnya hanya diajak, tapi lama kelamaan malah ketagihan haha..

Game ini, sebenarnya termasuk game yang tidak membuang waktu. Karena job-job harian yang dikerjakan bisa diselesaikan dalam waktu setengah sampai 1 jam. Ditambah juga terdapat fitur auto pada gamenya.

Tapi, di game ini, para pemain harus mengumpulkan hero-hero yang bagus sebanyak-banyaknya agar deck makin kuat. Dan salah satu cara cepat mendapat hero bagus, para pemain harus melakukan g@cha.. Sama seperti game-game RPG lain.

Di game ini juga terdapat sistem farming untuk mendapatkan ruby (mata uang premium). 1 kali farming, butuh waktu sekitar 6 menit dengan ruby yang didapat sekitar 8 ruby.

Artinya, semakin sering para pemain farming, akan semakin cepat kuat pula deck pemain tersebut.

Nah, di sistem farming ini, tentu saja cukup menghabiskan baterai. Apalagi kalau menarget. Untuk 100 ruby saja cukup lama. Bisa menghabiskan waktu 1 jam lebih. Belum masalah HP yang rentan rusak.

Dan karena inilah saya memutuskan untuk memakai emulator untuk main gamenya.


Android emulator untuk main game

 

Dari pengalaman dulu, saya sudah mencoba beragam emulator Android di PC saya. Karena ketika tes main game, ada yang lancar ada juga yang tidak.

Untuk ini sobat tidak perlu repot. Disini saya akan merekomendasikan emulator Android terbaik yang pernah saya coba untuk main game. Bukan hanya 7K (Seven knight), beberapa game lain juga pernah saya coba di emulator-emulator Android ini.

Di beberapa emulator Android dibawah juga terdapat setting khusus yang cocok untuk main game jenis MOBA seperti Mobile Legends, AOV, atau game-game terkenal lainnya.

Langsung saja.. Berikut ulasannya:


1. Leapdroid

 

 
emulator leapdroid


Leapdroid adalah emulator yang terakhir saya coba ketika main 7K. Emulator ini ketika saya coba, termasuk ringan saat dijalankan. Di beberapa deskripsi yang saya baca, Leapdroid ini bilang sudah menawarkan fitur 60 FPS dimana game akan berjalan lancar tanpa lag sama sekali.

Pemasangannya mudah dan user interfacenya juga bisa cocok untuk siapa saja.

Di leapdroid, terdapat fitur dimana kita bisa menyetting keyboard dan mouse untuk diarahkan pada tombol tertentu. Cocok untuk main game mobile legends, game PB, atau game AOV.

Dari informasi yang saya dapat, sayangnya aplikasi ini sudah tidak di update lagi sejak 2016 lalu. 

Walau begitu, masih oke untuk dipakai kok.


2. Bluestack

 

Bluestack

Kalau membahas emulator untuk Android, bluestack pasti tidak akan terlewat. Bluestack ini seingat saya dulu, adalah emulator yang pertama kali banyak dibahas di website-website indonesia. 

Emulator ini sudah saya tes, dan cukup ringan untuk dijalankan. Game yang dimainkan juga berjalan lancar.

Hanya saja. interface aplikasi ini agak sedikit berbeda dengan aplikasi emulator Android lainnya, sehingga harus dibiasakan terlebih dahulu.


3. Windroye

 

Windroye

Windroye adalah emulator ringan selanjutnya yang pernah saya coba. Emulator ini tampilan interfacenya mirip-mirip dengan leapdroid.

Windroye ini sudah saya tes main beberapa game, dan semuanya berjalan cukup lancar tanpa kendala apapun.

Hanya saja, saat baru diinstall, bahasa yang tersetting secara default adalah bahasa cina. Sehingga sobat harus menggantinya terlebih dahulu.

Versi terakhir yang saya coba 2.9.0 dan saya belum tahu apa Windroye ini sudah di update atau belum.

Kalau ada versi yang lebih baru, silakan coba yang lebih baru..

4. Memu

 

 
MEMU

Memu, di pembahasan yang dibahas oleh beberapa situs Indonesia bilang kalau Memu adalah emulator Android paling ringan.

Memu ini sudah saya tes juga. Tampilan yang diberikan sederhana tapi mudah digunakan. Tampilannya juga bisa diperkecil sedemikian rupa. Karena aplikasi ini juga pernah saya pakai untuk chattingan.

Di website resminya bilang bahwa memu ini juga support keyboard, mouse hingga joystick. Sehingga cocok untuk sobat yang hobi main game di berbagai genre.



5. Nox App Player

 



Selanjutnya Nox. Dikalangan para pengguna Emulator Android, Nox App player ini sudah cukup terkenal. Bahkan bisa menyaingi bluestack.

Nox ini adalah salah satu emulator Android yang pernah saya pakai untuk main multi akun di game 7K dulu (Untuk farming ruby) dan game yang dimainkan cukup lancar.

Nox ini memiliki ciri khas dengan tema warna hitam. Untuk interfacenya, harus di sesuaikan terlebih dahulu di beberapa sektor.

 

6. Droid4X

 
Droid4x


Kalau sobat seorang gamer atau seorang developer aplikasi, mungkin Droid4X ini bisa jadi salah satu pilihan emulator terbaik.

Droid4X sempat saya coba juga. Aplikasi ini memiliki interface yang simpel. Lebih simpel dari emulator-emulator Android lainnya yang pernah saya coba.

Untuk masalah performa, saya sudah tes gamenya dan berjalan lancar tanpa masalah.


7. KOPlayer

 

logo


Kalau membahas emulator Android untuk game, maka sobat tidak boleh lupa dengan KOPlayer. KOPlayer ini identik dengan panda karena di website resminya memang terpampang gambar panda.

Secara interface, KOPlayer ini sama mudahnya dengan emulator-emulator Android lainnya. Untuk urusan performa, KOPlayer ketika saya tes, kelancaran yang didapat cukup baik.


8. Gennymotion


Gennymotion


Terakhir Gennymotion. Gennymotion ini cukup terkenal dikalangan para pengembang aplikasi Android.

Aplikasi ini pemasangannya agak sulit untuk pemula, dan user interfacenya juga harus dipelajari dulu.

Walaupun terkenal di kalangan para pengembang aplikasi, gennymotion ini juga bisa dipakai untuk bermain game. Karena sudah saya tes sendiri.


Penutup...

 

Emulator-emulator Android diatas, 100% sudah saya tes sendiri di PC saya. Malah, ada beberapa emulator lagi yang tidak saya bahas disini..

..Alasan tidak dibahas, karena interfacenya yang agak sulit, kurang stabil sampai performanya yang agak lemot.

Penting! Tidak semua emulator bisa berjalan ringan dan stabil di PC atau laptop sobat. Saya sendiri sudah mencoba beragam emulator di PC saya dan di perangkat yang speknya dibawah PC saya. 

Tapi entah kenapa, kadang-kadang ada saja masalah lag waktu main.

Solusinya, sobat bisa coba satu persatu sampai benar-benar dapat yang paling lancar.

Hal yang lainnya yang harus diperhatikan: 

untuk beberapa game, di beberapa emulator kadang ada yang error kadang ada juga yang jalan.

Ada juga versi-versi emulator yang kurang stabil. Jadi sebisa mungkin ambil saja versi yang terbaru.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.




Punya masalah gadget atau komputer? Masukkan email Anda disini dan dapatkan cara-cara perbaikinya:

0 Response to "8 Android Emulator Ringan Untuk Main Game Mobile Di PC / Laptop"

Post a Comment

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini.

2. Karena banyaknya Spam, komentar dengan link aktif tidak akan di publish KECUALI relevan dengan artikel

3. Sekali lagi, KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan