7 Aplikasi Pembersih RAM Terbaik Untuk Bersihkan Memori Penuh



Banyak sekali cara untuk menjaga kinerja Android agar tetap fresh, lancar dan tentunya tidak lemot. Mulai dari optimalisasi ringan sampai optimalisasi super 'advanced' yang tentunya tidak semua orang bisa.

Salah satu cara menjaga kinerja tersebut, adalah melakukan pembersihan RAM secara berkala agar HP tidak mengalami masalah seperti force close saat sedang dipakai.

Dan pengoptimalan RAM, sekarang sudah bisa dilakukan oleh siapa saja. Bahkan untuk yang baru pegang HP Android pun bisa langsung paham. Caranya, dengan memakai aplikasi pembersih RAM.


Aplikasi untuk membersihkan RAM dan memberhentikan Aplikasi yang berjalan


Beda dengan komputer atau laptop, yang kalau memori penuh paling hanya terjadi hang. Kalau Android, memori RAM yang terlalu penuh akan menyebabkan aplikasi tertutup secara paksa alias force close.

Tentu saja ini cukup menganggu.. Terutama untuk Android yang RAMnya kurang mumpuni (Dibawah 2GB).

Nah, dengan aplikasi pembersih RAM, sobat tidak perlu khawatir dengan masalah ini, karena RAM akan diatur semaksimal mungkin agar tidak terjadi force close. Aplikasi-aplikasi tersebut saat ini ada banyak sekali di playstore.

Tentunya disarankan untuk tidak mendownload sembarangan. Bisa-bisa bukan RAM yang jadi bersih, justru HP Android kinerjanya akan jadi semakin terganggu..

Disini saya akan membagikan beberapa Aplikasi pembersih RAM yang saya (Dan para user Android) rekomendasikan untuk sobat yang sedang mencari Aplikasi pengatur RAM. Berikut rekomendasi aplikasi-aplikasinya:


1. Greenify Root / Non Root

 

Greenify 2

Aplikasi pembersih RAM pertama yang saya rekomendasikan adalah Greenify. Aplikasi yang identik dengan logo daun ini memiliki fungsi menghibernasi / mematikan sementara aplikasi yang sedang berjalan melalui servicenya.

Dengan adanya fitur hibernasi ini, aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang akan berhenti. Sehingga RAM yang tadinya penuh akan jadi lega kembali.

Dengan aplikasi ini, sobat juga tidak perlu mengoptimalisasi terus menerus. Cukup biarkan Greenify berjalan di background (Latar belakang) dan secara otomatis Greenify akan berjalan.

Aplikasi ini juga bisa berjalan di mode root dan mode non root. Dimana tentu saja, mode root memiliki fitur jauh lebih bagus dibanding dengan mode non root.


Aplikasi ini cocok untuk semua jenis dan merk HP dan terdapat 2 versi. Yaitu versi gratis dan versi donatur. Sobat bisa mendownloadnya lewat playstore.


2. Clean master

 

aplikasi clean master

Kalau berbicara masalah aplikasi utilities maka sobat tidak boleh melewatkan Clean master. Clean master, adalah aplikasi penjaga kinerja Android yang memiliki beragam fitur. 

Selain menjaga kinerja RAM, di dalam aplikasi ini juga terdapat fitur untuk membersihkan file-file sampah memori Internal. Sehingga sangat cocok untuk sobat yang juga memiliki masalah internal penuh.

Aplikasi ini memiliki user interface yang simpel dan mudah digunakan yang cocok untuk para pengguna Android yang masih awam (Adik saya perempuan pun paham pake aplikasi ini).

Clean master sendiri memiliki beberapa versi, dan bisa di download gratis di playstore.


3. CCleaner

 
Ccleaner

CCleaner, kalau di PC / Laptop, software ini adalah software favorit saya untuk menjaga kinerja PC saya agar tetap optimal. Nah, selain di PC / laptop, CCleaner juga terdapat di Android.

Ccleaner pada Android, tidak kalah dengan versi PCnya. Dengan CCleaner Android, sobat bisa melakukan beragam optimasi ringan dengan cepat.

Aplikasi ini memiliki size hanya berkisar 5 MB, terdapat versi free dan premium yang bisa di download di playstore. 

Pada dasarnya, fungsi dari aplikasi ini, adalah untuk mengoptimalisasi memori internal / data agar lega. Tapi, ada kategori App manager dimana terdapat informasi secara detail tentang aplikasi-aplikasi yang ada, seperti ukuran, versi, bahkan informasi apakah aplikasi itu berjalan pada startup atau service. 

Nah, lewat informasi-informasi aplikasi tadi sobat bisa dengan mudah menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak perlu, supaya RAM yang penuh jadi lega kembali.



4. RAM Booster eXtreme Speed Free

 

Ram booster

 

Walaupun namanya tidak setenar aplikasi-aplikasi sebelumnya, aplikasi ini tidak boleh dipandang sebelah mata. RAM Booster eXtreme Speed Free, adalah aplikasi pembersih RAM yang cukup efektif untuk dipakai.

Dengan aplikasi ini, kita bisa menghentikan aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan di background service secara manual. Sehingga tidak akan mengganggu penggunaan HP barangkali ada aplikasi yang ingin tetap berjalan.

Walau jumlah download masih belum begitu banyak dibanding 3 aplikasi sebelumnya, aplikasi ini mendapat review cukup positif dari para penggunanya.

Yang harus diperhatikan, aplikasi ini memiliki ciri khas tampilan berwarna hitam yang bagi sebagian orang terasa kurang 'user friendly'. Jadi sobat mungkin saja harus menyesuaikan terlebih dahulu dengan tampilannya.


5. Power Clean

 

Power clean
Aplikasi selanjutnya adalah Power Clean. Power Clean adalah aplikasi utilities yang punya fitur sama dengan Clean Master. Aplikasi ini bahkan sudah di download oleh 100 juta pengguna Android di playstore.

Power Clean ini punya fitur yang memungkinkan penggunanya untuk membersihkan file-file junk. Dan tentunya, Power Clean ini juga memiliki fitur untuk end task pada aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan yang berguna untuk melegakan RAM.

Selain 2 fitur tadi, di aplikasi ini juga terdapat fitur hibernasi dimana kita bisa memberhentikan aplikasi secara manual. Dan aplikasi yang diberhentikan tadi hanya akan terbuka jika sobat membukanya kembali (Mirip greenify).

Aplikasi ini sizenya hanya 4 MB dan bisa di download secara gratis di Google Play Store.



6. AVG Cleaner

AVG

Pasti tahu dong dengan AVG yang sudah terkenal sebagai salah satu Antivirus terbaik di PC / laptop? Nah, AVG juga punya aplikasi untuk membersihkan RAM penuh di Android, namanya AVG Cleaner.

Aplikasi ini memiliki fitur utility sama seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya. Dengan AVG Cleaner, sobat bisa menghapus file-file sampah, menghapus aplikasi atau data yang kira-kira perlu dihapus, dan memberhentikan aplikasi yang sedang berjalan untuk melegakan RAM.

Cara melegakan RAM di aplikasi ini dilakukan secara manual. Jadi sobat disarankan supaya sedikit berhati-hati agar aplikasi penting tidak terhenti (Seperti sosial media / aplikasi chat).

Pada AVG Cleaner versi pro, terdapat fitur pembersihan secara otomatis. Sehingga sobat tidak perlu repot-repot melakukan optimalisasi secara manual.



7. Avast Cleanup


Avast


Avast, perusahaan yang telah mengakuisisi AVG dan juga salah satu brand software Antivirus terbaik di PC / Laptop ini juga memiliki aplikasi cleaner di Android. Namanya Avast Cleanup.

Untuk interface (Tampilan), Avast Cleanup ini mirip dengan AVG Cleaner. Cara kerjanya juga mirip dengan AVG Cleaner.

Bedanya, ada fitur dimana sobat bisa merubah tema dari aplikasi ini. Sehingga sobat tidak akan bosan dengan tampilan yang itu-itu aja.

Aplikasi ini punya rating yang cukup baik. Sizenya sekitar 16 MB dan sudah diunduh sebanyak 10 juta kali di playstore.


Kesimpulan...

 

Nah, selain  7 Aplikasi diatas, sebenarnya ada beberapa Aplikasi pembersih RAM Android lainnya yang bagus untuk dipakai. Tapi, tidak saya masukkan karena mempertimbangkan banyaknya iklan pada aplikasi-aplikasi tersebut.

Sebagian besar Aplikasi diatas juga terdapat iklan pada aplikasinya. Tapi masih dalam jumlah yang wajar. Sehingga tidak mengganggu para penggunanya.

Untuk aplikasi cleaner RAM sendiri sebenarnya masih pro-kontra, apakah bisa melegakan RAM atau justru malah memberatkan RAM (Karena aplikasi pelega RAM sendiri butuh resource RAM).

Sejatinya, untuk HP yang kapasitas RAM-nya besar (Diatas 2GB) optimalisasi cukup dengan menghapus aplikasi-aplikasi yang berjalan tapi tidak diperlukan. Mengingat tidak banyak aplikasi yang butuh resource RAM besar-besar.

Tapi untuk HP yang kapasitas RAM-nya dibawah 2GB, aplikasi pembersih RAM ini akan cukup membantu. Terutama untuk pengguna Android yang masih awam.

Untuk masalah ini bebas. Sobat bisa memasang atau mencopotnya kalau sobat mau.


Penutup...

 

Aplikasi untuk membersihkan RAM di Android, memang banyak sekali jenisnya. Tapi ada sebagian yang tidak cocok untuk dipakai karena banyaknya iklan dan bahkan ada juga beberapa yang perlu dipertanyakan cara kerjanya.

7 aplikasi diatas saya masukkan mempertimbangkan cara kerja, fitur, jumlah iklan serta rating dan review dari penggunanya. Sehingga semoga bisa cocok juga untuk sobat yang sedang mencari aplikasi pembersih RAM Android yang paling bagus.

Jika sobat punya rekomendasi aplikasi lain, silakan taruh di kolom komentar dibawah.

Dan itu saja, semoga bermanfaat.

Punya masalah gadget atau komputer? Masukkan email Anda disini dan dapatkan cara-cara perbaikinya:

0 Response to "7 Aplikasi Pembersih RAM Terbaik Untuk Bersihkan Memori Penuh"

Post a Comment

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini.

2. Karena banyaknya Spam, komentar dengan link aktif tidak akan di publish KECUALI relevan dengan artikel

3. Sekali lagi, KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan