5 Cara Menghidupkan Bluetooth Di Laptop Dengan Cepat



Bluetooth merupakan sebuah teknologi jaringan yang sifatnya pribadi, dan bluetooth ini dipakai banyak orang untuk mengirimkan file-file, entah ke PC,laptop atau HP.

Bluetooth juga sudah ada sejak tahun 1999 dan sangat populer di HP-HP pada masa-masa itu. Dan sekarang, di smartphone seperti Iphone maupun Android pun masih banyak yang memiliki fitur bluetooth ini.

Dan tentunya bukan hanya HP, seperti yang saya bilang tadi, laptop juga bisa memakai bluetooth untuk mengirim file.


Bluetooth Laptop


Sebelumnya, tidak semua laptop memiliki fitur bluetooth. Ada yang support ada juga yang tidak. Untuk itu, diperlukan untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu apabila sobat tidak tahu.

Pengecekannya, bisa dilakukan dengan cara mengetahui fitur-fitur atau spesifikasi laptop yang dimiliki secara lengkap. Entah itu melalui aplikasi, buku panduan atau website resmi. Sobat bisa baca caranya di sini: 11 Cara Spek PC atau Laptop.


Nah, disini saya akan membahas, cara menyalakan bluetooth di laptop untuk mengirimkan file-file khusus lewat bluetooth. Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi dimana dulu saya sering mengirim lagu, foto, video dan file-file lainnya dari HP ke laptop saya lewat bluetooth.

Dan juga, khusus untuk laptop yang tidak memiliki bluetooth, saya akan memberi solusi agar laptop yang dimiliki jadi support bluetooth dan beberapa opsi kirim file tanpa bluetooth.

Langsung saja, berikut caranya:


1. Mengintall driver bluetooth terlebih dahulu


Sama seperti VGA yang belum bisa berjalan tanpa driver. Fitur bluetooth di laptop, kebanyakan belum bisa berjalan tanpa driver yang dibutuhkan.

Driver bluetooth, bisa didapatkan di DVD driver bawaan laptop. Biasanya ada di folder khusus bluetooth, atau berada di folder networking.

Kalau DVD drivernya sudah hilang, sobat bisa mendapatkannya melalui website resmi laptop sobat. Di situs resmi, akan tersedia berbagai driver yang dibutuhkan laptop sobat sesuai tipenya.

Untuk cara cari driver di situs resmi, cukup cari dengan tipe yang sesuai dengan laptop yang sobat gunakan. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan sistem operasinya supaya kompatibel.

Untuk cara installnya, sama seperti install driver kebanyakan. Cukup di next-next saja sampai selesai.


2. Menyalakan bluetooth lewat tombol keyboard 



Selanjutnya, untuk menghidupkan bluetooth, ada beberapa cara yang bisa digunakan. Yang paling banyak digunakan, kita bisa menyalakannya lewat tombol keyboard pada laptop.

Untuk letak tombol bluetooth, tempatnya berbeda-beda tergantung merk dan tipe laptop.  Tapi kebanyakan, ada di antara tombol F1 sampai F12.

Jika sudah menyala, sobat bisa langsung membuka aplikasi untuk mengirimkan filenya.


3. Menyalakan bluetooth lewat tombol khusus



Kalau tidak ada di keyboard, biasanya di body laptop juga terdapat tombol khusus untuk menyalakan bluetooth. Tombol bluetooth ini kadang ada di dekat tombol WIFI.

Sama seperti keyboard, letak tombolnya berbeda-beda. Ada yang di dekat layar, dan ada juga di body samping laptop.

Silakan langsung cek saja di body laptop, biasanya tombolnya berlogo bluetooth.


4. Cara menyalakan bluetooth di Windows 7



Ada juga cara untuk menghidupkan bluetooth, langsung lewat Windows. Pada poin ini, saya akan membahas khusus untuk pengguna laptop Windows 7.

Yang terpenting, pastikan dulu driver sudah terinstall seperti yang dijelaskan diatas.

Nah, caranya:

  • Buka dulu device manager. Letaknya ada di This PC >> Properties >> Device manager. Atau buka lewat Control panel juga bisa.
  • Kemudian akan muncul beragam daftar perangkat. Cari logo bluetooth.
  • Klik tanda panah logo bluetooth tersebut untuk membuka subcategory.
  • Klik kanan logo bluetooth di subcategory tadi, kemudian klik enable.




Selesai, sekarang coba buka aplikasi untuk mengirim file bluetoothnya. Oh iya, cara ini juga bisa digunakan di Windows vista.


5. Cara menghidupkan bluetooth di Windows 10



Untuk Windows 10, caranya agak sedikit berbeda dengan Windows 7. Dan di Windows 10, ada 3 cara yang bisa dipakai untuk menyalakan bluetooth.

Caranya:

Metode 1:

  •  Buka Action Center, letaknya ada di taskbar pojok bagian kanan (Bentuknya seperti logo pesan), atau klik tombol Windows + A.
  •  Lalu klik logo bluetooth untuk menyalakan atau mematikan bluetooth.
WINDOWS 10


Metode 2:

  • Buka Settings (Klik Start >> Settings).
  • Lalu buka device.
  • Lalu lihat di bagian kiri, klik bluetooth.
  • Pada tab manage bluetooth, geser ke ON untuk menyalakannya.

On


Metode 3:

  • Buka settings.
  • Lalu buka Network and internet.
  • Masuk ke Airplane mode.
  • Lalu nyalakan bluetooth di tombol yang tersedia (sama seperti metode 2).


Selesai, sobat siap mengirimkan file lewat bluetooth. Tinggal buka aplikasi untuk mengirimkannya saja.


6. Cara mengirim dan menerima file lewat bluetooth


Kalau sudah mengikuti step-step diatas, maka sekarang tinggal mengirim atau menerima file saja.

Untuk caranya, saat bluetooth sudah menyala, maka di tray icon (taskbar bawah bagian kanan), akan muncul logo bluetooth. Nah, logo tersebut jika di klik kanan, nanti akan muncul opsi receive atau send file.

Untuk mengirim atau menerima file, nanti dilakukan di aplikasi yang tampilannya seperti ini:

Aplikasi

Lalu tinggal diikuti saja langkah-langkahnya. Mudah kok. Kalau bingung, sobat bisa melihat video ini:




Tutorial diatas untuk Windows 10. Tapi untuk tatacaranya tidak jauh beda dengan Windows 7  (Karena dulu saya juga kirim filenya di Windows 7).


7. Solusi untuk laptop yang tidak ada fitur bluetooh


Bingung mau kirim file tapi tidak ada bluetooth? Untuk sekarang dimana teknologi sudah serba maju, ada dua solusi yang bisa saya beri khusus untuk sobat yang tidak punya fitur bluetooth:


A. USB bluetooth

USB bluetooth ini, merupakan perangkat bluetooth yang biasanya berukuran kecil. USB bluetooth ini, harganya berkisar di 20 sampai 40 ribuan dan bisa didapat di toko-toko komputer.

Selain laptop, PC juga bisa memakai USB bluetooth ini untuk mengirimkan file lewat bluetooth.


B. Kabel data

Kabel data bisa dibilang sekarang ini jadi opsi paling populer untuk kirim file. Karena di HP lama sekalipun kebanyakan sudah mendukung USB kabel data (USB tipe-C). Tapi ada juga HP yang kabel datanya bertipe tebal. Berbeda dengan HP sekarang yang rata-rata tipis. 


C. Card reader

Untuk sobat yang suka menaruh file di kartu memori. Maka opsi card reader bisa jadi opsi alternatif terbaik.

Card reader juga harganya kebanyakan lebih murah dibanding USB bluetooth. Kira-kira 15-25 ribu rupiah.

Untuk yang punya modem, coba cek modemnya. Siapa tahu sudah mendukung fitur card reader. 


D. Lewat Wifi

Kalau tidak ada bluetooth, solusi alternatifnya sobat bisa kirim melalui WIFI. Saat ini sudah banyak aplikasi-aplikasi dengan fitur yang berfungsi untuk mengirimkan file-file lewat WIFI.

Saya taruh di sini karena mengingat hampir seluruh laptop sudah ada WIFInya. Sehingga bisa jadi solusi yang pasti. Untuk cara menyalakan WIFI, silakan baca di:  Cara menyalakan dan menyambungkan WIFI di laptop.
 

Untuk kelebihan kirim file lewat WIFI, transfer datanya bisa dibilang jauh lebih cepat. Tapi untuk saat ini, interface serta untuk menyetting aplikasinya masih agak ribet untuk kirim file dari smartphone ke laptop / laptop ke laptop. 


Penutup

 

Walaupun di jaman sekarang WIFI memang sudah merajalela. Tapi bagi sebagian orang, memakai bluetooth untuk mengirimkan file masih jadi opsi yang paling disukai.

Salah satu alasannya ialah, tidak semua orang memiliki smartphone yang sudah ada fitur WIFI. Masih banyak orang yang masih memakai HP keluaran lama yang hanya ada support bluetooth.

Ada juga yang beralasan karena HP yang dimiliki belum support kabel data. Biasanya HP-HP keluaran dibawah tahun 2009. Lalu untuk card reader, opsinya terbatas hanya untuk kartu memori. Tidak untuk memori internal.

Dan semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat yang sedang bingung mencari cara untuk menyalakan bluetooth.

Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Punya masalah gadget atau komputer? Masukkan email Anda disini dan dapatkan cara-cara perbaikinya:

0 Response to "5 Cara Menghidupkan Bluetooth Di Laptop Dengan Cepat"

Post a Comment

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini.

2. Karena banyaknya Spam, komentar dengan link aktif tidak akan di publish KECUALI relevan dengan artikel

3. Sekali lagi, KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan