6 Aplikasi Edit Video Terbaik Untuk Windows 10



Seiring perkembangan teknologi, aplikasi edit video semakin dibutuhkan. Apalagi orang-orang zaman sekarang yang punya budaya selfie, juga biasanya memiliki hobi merekam video.

Begitu juga dengan perkembangan sistem operasi Windows, yang sudah mencapai versi Windows 10. Tentunya, banyak pembaruan-pembaruan yang memiliki banyak perbedaan dibanding dengan versi-versi Windows terdahulu.

Yang jadi masalah, kadang ada aplikasi dari versi-versi Windows sebelumnya yang tidak kompatibel dengan versi Windows 10 ini. Sehingga ketika aplikasi-aplikasi tersebut dijalankan, kadang justru terjadi error (Termasuk juga Aplikasi untuk edit video).


Windows 10 edit video


Nah, tentunya untuk sobat pengguna Windows 10 pastinya bingung, aplikasi edit video apa yang pas digunakan untuk Windows 10 bukan?

Sebelumnya, saya pernah membagikan 7 Aplikasi edit video terbaik di Windows 7 yang tentunya di khususkan hanya untuk Windows 7. Dan disini, saya akan membagikan aplikasi-aplikasi editing video terbaik untuk Windows 10.

Apa saja? Berikut aplikasinya :


1. Windows Movie Maker

Edit video Movie maker


Windows movie maker, adalah aplikasi pilihan editing terbaik pertama. Dikarenakan penggunaannya yang simpel, dan ukurannya yang kecil. Untuk fiturnya memang tidak begitu banyak, namun cukup untuk melakukan editing video ringan yang cocok untuk pemula.

Untuk fitur, movie maker menyediakan fitur-fitur ringan yang biasa dipakai dalam editing video. Diantaranya memotong video, menggabungkan video, memasukkan musik atau lagu dan masih banyak lagi.

Perlu diketahui, sebenarnya microsoft sudah tidak memberikan link download di situs official mereka. Dan parahnya, beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan ini untuk melakukan sc4mming.

Dilansir dari situs welivesecurity.com, aplikasi edit video microsoft sebenarnya sudah discontinued sejak january 2017. Dan di search engine, pihak-pihak tidak bertanggung jawab tersebut membuat website download movie maker yang merupakan sc4m.

Dimana kalau sobat memakai aplikasi yang bersumber dari situs sc4m tersebut, aplikasi tersebut akan berjalan seperti biasanya. Namun aplikasi tersebut akan meminta serial number yang tentunya kita harus mengeluarkan uang untuk membayarnya.


Apakah ada Movie Maker untuk Windows 10?


Ada, tapi saya kurang tahu official dari microsoft atau tidak. Karena di PC saya sendiri sudah terinstall movie maker. Ini buktinya :


Movie maker 2


Untuk link downloadnya, sayangnya saya lupa dapat darimana. Tapi mungkin ini Movie Maker versi lama yang bisa diinstall di Windows 10.


2. Videopad video editor

 

Video pad


Yang kedua adalah videopad video editor. Aplikasi ini adalah aplikasi kedua yang biasa saya pakai untuk editing video ringan. Aplikasi ini di distribusikan oleh NCH software dan size yang dimiliki hanya sekitar 4 MB (Kalau tidak salah).

Untuk segi interface, aplikasi ini memang agak sedikit ribet kalau dibanding dengan movie maker. Tapi untuk pemula, interfacenya masih termasuk mudah dipahami.

Untuk fitur, walaupun sizenya kecil aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap. Sobat bisa memotong video, memberi musik ke dalam video, memberi efek khusus pada video sampai memperbesar suara video.

Kalau sobat suka, sobat bisa mencoba aplikasi ini secara demo karena aplikasi ini memang berbayar. Kalau tertarik, silakan membelinya secara resmi. Videopad bisa di unduh di situs nch software videopad.


3. Wondershare Filmora

Edit video Wondershare


Wondershare Filmora. Bagi sebagian orang mungkin memang belum familiar dengan aplikasi ini, tapi aplikasi ini sudah cukup terkenal di kalangan para video editor.

Aplikasi Wondershare Filmora ini, cocok untuk sobat yang mau belajar video editing dengan lebih detail dibandingkan 2 aplikasi sebelumnya, karena Wondershare Filmora ini memiliki beragam fitur.

Diantaranya, aplikasi ini memiliki beragam special effect, text effect dan fitur color editing. Aplikasi ini juga memiliki fitur audio background, yang juga bisa ditambah  / diganti dengan audio yang sobat inginkan.

Aplikasi ini memiliki interface dengan tema yang bisa diubah-ubah. Ada dark, gray dan light.

Kalau sobat ingin mencoba Wondershare Filmora, sobat tidak perlu ragu-ragu lagi. Karena bahkan aplikasi ini sudah di review oleh pcmag yang notabene termasuk salah satu situs teknologi komputer terbesar di dunia.

Oh iya, aplikasi ini berbayar. Sobat bisa membelinya seharga $39.99 untuk versi Windows.  Aplikasi ini sudah di tes dan work di Windows 10. Jadi jangan khawatir.


4. Vegas Pro

 

Vegas pro

 

Vegas Pro atau dulu biasa disebut Sony Vegas (Pendahulunya) adalah Aplikasi editing video yang tidak perlu diragukan lagi. Aplikasi ini cocok untuk sobat yang enthusiast dalam video editing.

Vegas Pro ini juga biasanya dipakai oleh orang-orang yang ingin belajar video editing secara serius. Karena aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang bisa dibilang cukup lengkap.

Aplikasi ini memiliki fitur diantaranya : Automatic Crossfades, On-Preview-Window Controls, Instant Freeze Frame, Expanded edit mode, Sync-Link, Multicamera-Editing, Velocity Envelopes, Time Stretch / Compress, Shuffle Editing.

Kalau sobat tertarik mencobanya, pastikan juga spek PC / laptop sobat mencukupi sistem requirements nya :

  • Operating system: Microsoft® Windows 7 (64-bit), Windows 8 (64-bit) or Windows 10 (64-bit)
  • Processor: 2 GHz (multicore or multiprocessor recommended for HD or stereoscopic 3D; 8 cores recommended for 4K)
  • RAM: 4 GB RAM (8 GB recommended; 16 GB recommended for 4K)
  • Hard drive space: 1.5 GB hard-disk space for program installation; Solid-state disk (SSD) or high-speed multi-disk RAID for 4K media
  • Graphics card: Supported NVIDIA®, AMD/ATI® or Intel® GPU with at least 512 MB of memory (1 GB recommended for 4K and GPU-accelerated video processing) (Rekomendasi AMD min seri 57xx / Nvidia seri 6xx)


5. Adobe Premiere Pro CC


Adobe

Kalau berbicara Sony Vegas Pro, maka kita tidak boleh melewatkan Adobe Premiere Pro. Adobe Premiere Pro ini sudah support Windows 7 hingga Windows 10 versi 64 bit dengan sistem requirements minimal RAM 8 GB dan layar HD.

Interface dari Adobe Premiere Pro ini, memiliki tema warna hitam (Dark) dengan 4 panel default layoutnya.

Untuk fitur, tentu tidak perlu diragukan lagi. Adobe Premiere Pro CC ini memiliki fitur diantaranya : Responsive design — Time, Immersive effects, Motion Graphics templates, Next-generation hardware support, Improved captions, Accelerated Dynamic Link dan masih banyak lagi. (Bisa dibaca disini).

Kalau sobat tertarik, sobat bisa mencoba trialnya secara gratis di situs resminya. Disini.


6. CyberLink PowerDirector

 
Edit video cyberlink


Terakhir CyberLink PowerDirector. Dibanding Adobe Premiere Pro dan Vegas Pro, aplikasi ini memang agak kurang dikenali. Tapi aplikasi ini memiliki fitur yang tidak kalah lengkap dibanding keduanya, yang juga cocok untuk sobat yang hobi editing video. (Fitur-fiturnya lihat disini)

Selain fitur yang tidak kalah lengkap, aplikasi ini juga memiliki sistem requirements yang lebih rendah. Sehingga lebih kompatible di PC atau laptop dengan spek yang tidak begitu tinggi. Sistem Requirementsnya :

  • Microsoft Windows 10, 8/8.1, 7 (64 bit OS recommended)
  • Intel Core™ i-series or AMD Phenom® II and above
  • Graphics Card: 128 MB VGA VRAM or higher
  • 360-video: DirectX 11 compatible
  • 2GB required (6GB or above recommended)7GB for product installation

Sobat bisa mendapatkannya seharga $69.99. Sobat juga bisa mencoba trialnya lewat situs resminya disini.


Penutup

 

6 Aplikasi edit Video diatas, adalah rekomendasi aplikasi editing video terbaik yang sudah tidak perlu diragukan lagi kinerjanya. Fitur-fitur yang ditawarkan cukup lengkap untuk standar editing ringan sampai film pendek.

6 Aplikasi diatas sudah saya cek dan semuanya support Windows 10. Sebelumnya, pastikan juga sobat memakai versi 64 bit supaya bisa meminimalisir error.

Pastikan juga spesifikasi sobat setidaknya lebih tinggi dibanding sistem requirements yang diberikan Aplikasi, agar proses editing berjalan lancar.

Semoga bermanfaat.

Punya masalah gadget atau komputer? Masukkan email Anda disini dan dapatkan cara-cara perbaikinya:

0 Response to "6 Aplikasi Edit Video Terbaik Untuk Windows 10"

Post a Comment

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini.

2. Karena banyaknya Spam, komentar dengan link aktif tidak akan di publish KECUALI relevan dengan artikel

3. Sekali lagi, KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan