11 Cara Mengatasi Harddisk Eksternal Tidak Terbaca Dengan Mudah



Harddisk, merupakan salah satu media penyimpanan di komputer, yang sangat sering digunakan di komputer. Karena kapasitasnya yang besar serta harga yang dimiliki sudah relatif murah.

Walau sekarang SSD sudah mulai merajalela, tapi karena harganya mahal dan kapasitas yang diberikan lebih sedikit, membuat harddisk tetap populer hingga sekarang ini.


Dan penggunaan harddisk beberapa tahun belakangan ini sudah mulai lebih universal. Salah satunya dengan penggunaan harddisk eksternal.

eksternal hdd


Harddisk eksternal, sekarang ini punya beragam variasi harga. Dari 500 ribu hingga jutaan rupiah dengan beragam juga kapasitasnya. Penggunaan harddisk eksternal ini sangat bermanfaat untuk berbagai kebutuhan, seperti menyimpan data-data besar.

Dengan harddisk ekternal, kita tidak perlu repot-repot lagi bolak-balik pindah-pindah file ukuran besar, seperti pakai flashdisk dulu. Atau mungkin disket?

Disini, saya akan membahas salah satu masalah yang cukup banyak dialami para pengguna harddisk eksternal. Yaitu harddisk tidak terbaca. Yang tentunya bikin repot. Apalagi kalau didalamnya terdapat data-data penting.

Ditambah masalah ini bisa terjadi di semua merk harddisk, seperti WD, Seagate, Hitachi, Toshiba atau merk-merk lainnya.

Nah, berikut tips yang bisa saya berikan untuk memperbaiki harddisk eksternal yang tidak terdeteksi:


1. Melakukan reinstalling driver pada hdd eksternal


Cara pertama ini adalah cara ampuh yang sudah banyak dibahas di forum-forum komputer luar negeri.

Caranya sangat mudah:

  • Klik kanan this PC >> Properties >> Masuk device manager
  • Cek pada kabel USB yang tersambung : , USB Attached SCSI (UAS) Mass Storage Device (Yang ada tanda seru warna kuning)
  • Klik kanan device tadi >> Klik update driver software
  • Klik browse my computer for driver software
  • Klik let me pick from a list of device drivers on my computer
  • Pastikan agar "Show compatible hardware" hanya tercentang pada : USB Attached SCSI (UAS) Mass Storage Device, lalu klik next dan install sampai selesai.

Cabut kabel harddisk eksternal, lalu restart komputer anda. Selain cara diatas, anda bisa juga coba untuk uninstall driver software untuk mengatasinya.


2. Melakukan management ulang pada disk management


Kalau harddisk eksternal tidak terbaca di Windows explorer, bukan berarti pada disk management tidak terbaca. Coba cek dulu apakah terbaca atau tidak. Caranya:

  • Pada kolom search start menu Windows, ketik disk >> Lalu buka Create and format harddisk partition / Klik tombol Windows + R >> lalu ketik diskmgmt.msc
  • Kalau tidak bisa, coba format ulang drive (Data akan terhapus semua)

Kadang dengan format, harddisk yang tadinya tidak terdeteksi akan jadi normal kembali. Kalau belum bisa, coba lakukan delete volume, caranya:

  • Klik drive yang ingin dihapus >> klik delete volume
  • Kalau sudah terhapus, lalu buat lagi partisi dengan cara klik kanan drive yang ingin dibuat >> klik new simple volume
  • Ikuti petunjuknya, sampai pada poin mode format, coba pakai FAT32.
 
format hdd

 
  • Next sampai finish.

Kalau misalnya sudah terbaca, silakan ganti lagi mode sistem ke NTFS dengan cara format ulang.
 
 

3. Ganti letter pada harddisk

 

Pada beberapa kasus, ada harddisk eksternal yang tersambung tapi tidak memiliki letter (Contohnya: C: / D:), sehingga membuat harddisk tidak dikenali.

Untuk mengatasinya, kita hanya perlu menambah letter pada harddisk eksternal yang dipakai. Caranya:

  • Buka disk management, caranya sama seperti poin sebelumnya. 
  • Klik kanan disk yang ingin diganti letternya, lalu klik change drive letter and path.
 
letter harddisk
 
  • Klik add atau change untuk merubah letter drive.
  • Ikuti petunjuk sampai selesai.

Sebenarnya Windows sendiri sudah mengatur secara otomatis letter-letter pada Drive. Tapi, cara diatas, tidak ada salahnya untuk dicoba.


4. Melakukan write zeros (Low level format)


Write zeros alias low level format, sebenarnya mirip dengan format biasa. Bedanya, low level format akan menghapus seluruh data sampai benar-benar bersih.

Coba lakukan low level format dengan software seperti HDD Low level format tools, atau seatools dari seagate.

Prosesnya akan berjalan 10 sampai berjam-jam tergantung dari banyaknya data atau besaran kapasitas hdd.


5. Pindahkan port USB pada laptop / PC


Seperti yang tadi sudah dibahas, harddisk eksternal harus mendapat suplai daya agar bisa berjalan. Untuk itu, khusus pengguna harddisk 2.5 inch di PC, pastikan harddisk tersambung pada port USB langsung dari motherboard.

Suplay daya dari port USB casing, daya yang dihasilkan sebenarnya tidak begitu stabil dibanding langsung dari motherboard. Apalagi kalau casing yang digunakan adalah casing murah.

Tips lainnya, jangan menggunakan USB Hub untuk menghubungkan harddisk. Karena suplay dayanya yang sedikit.

Lalu, coba pindah-pindahkan port USB dari satu tempat ke tempat lain, untuk mengetahui barangkali ada kerusakan pada port USB PC / laptop.


6. Coba ganti kabel USB casing


Kalau belum bisa, cobalah untuk mengganti kabel USB pada casing harddisk. Ini untuk mengecek apakah kerusakan ada pada USB atau tidak.

Untuk jenis kabel USB pada case harddisk ada 2. Yang pertama USB to USB (male), dan yang kedua USB tipe-C yang tebal.

Kabel USB yang rusak, akan menganggu fungsi dari penghantaran data, juga daya listrik (Jika harddisk tidak ada power tambahan), sehingga membuat harddisk tidak terbaca.

Harga kabel USB sendiri cukup murah. Hanya sekitar 10 - 20 ribuan.


7. Ganti enclosure (casing) Harddisk


Casing pada harddisk eksternal, memiliki komponen sederhana untuk menyambung antara harddisk dan casing.

Jika komponen bagian dalam enclosure ini rusak, maka otomatis harddisk didalamnya tidak akan terdeteksi. Selain rusak, bisa jadi juga konektor di dalamnya tidak pas dengan konektor power dan SATA pada harddisk.

Masalah ini jarang terjadi pada harddisk-harddisk dengan merk. Tapi sering terjadi dengan harddisk eksternal buatan sendiri, dimana casing harddisk murah sering mengalami kerusakan.


8. Harddisk mengalami kerusakan


Kalau kerusakannya memang pada harddisk, maka akan sulit diperbaiki. Harddisk yang tidak terbaca karena kerusakan langsung di dalamnya, biasanya terjadi karena banyak hal.

Pertama, kerusakan fisik. Harddisk merupakan komponen komputer yang sangat sensitif terhadap guncangan. Jika harddisk pernah tidak sengaja tidak terbanting, ini bisa membuat harddisk jadi rusak. Entah itu dalam jangka pendek, atau jangka panjang.

Kedua, masalah listrik. Harddisk eksternal, memiliki input daya dari USB atau colok langsung ke listrik. Yang jika listrik mati tiba-tiba ketika harddisk sedang dipakai, ini bisa membuat harddisk jadi rusak.


Untuk masalah kedua sendiri tidak begitu pengaruh, jika harddisk eksternalnya punya proteksi khusus untuk masalah listrik ini.


9. Kalau muncul pesan "USB Not Recognized"

 
USB

"USB Not Recognized", adalah pesan yang ditampilkan Windows saat ada sebuah perangkat USB yang disambung lalu tidak dikenali.

Penyebabnya, kebanyakan karena kerusakan komponen pada perangkat itu sendiri, atau bisa juga karena virus.

Untuk harddisk eksternal, cara perbaikinya ada di poin nomor 5,6 dan 7.

Atau anda bisa juga baca ini: Cara mengatasi USB Not Recognized.


10. Coba cabut dan colok langsung harddisk ke komputer

 

Kita bisa mendeteksi kerusakan dengan mudah pada USB atau enclosure dengan menyambungkan harddisk langsung ke komputer.

Dengan menyambungkannya langsung, harddisk tidak perlu perantara sehingga resiko tidak terbaca akan jauh lebih kecil. Selain itu, daya yang diberikan langsung oleh power supply juga jauh lebih terjamin.

Untuk pengguna laptop, tidak bisa memakai cara ini. Apalagi kalau harddisk yang dipakai adalah tipe 3.5 inch. Ditambah cara ini bisa menghilangkan garansi harddisk.


11. Melakukan garansi harddisk


Kalau masih rusak, coba untuk melakukan garansi pada harddisk. Apalagi kalau tiba-tiba harddisk tidak terbaca, padahal kita tidak melakukan hal-hal yang menyebabkan kerusakan.

Saat digaransi, nanti komponen akan dianalisa kerusakannya oleh teknisi, bahkan kalau beruntung, anda bisa dapat unit harddisk yang baru (Entah nambah uang atau gratis).

Kalau memang kerusakannya memang pada harddisk, saya pikir ini cara paling efektif. Daripada harddisk jadi tidak terpakai nantinya.


Penutup..

 

Intinya, kerusakan tidak terbaca pada harddisk eksternal ini tidak pasti. 11 cara diatas adalah 11 dari sekian cara yang bisa anda pakai untuk memperbaikinya. Yang terpenting, pastikan anda bisa menganalisa penyebab kerusakannya agar mudah diperbaiki nantinya.

Saya sendiri juga sudah berkali-kali mengalami harddisk eksternal yang tidak terbaca. Kebanyakan karena masalah enclosure dan masalah partisi. Beruntungnya bukan masalah pada harddisk hehe..

Nah, Kalau sudah terdeteksi kembali, jangan lupa untuk menjaga harddisk supaya tetap awet.

Semoga bermanfaat, terima kasih.

Punya masalah gadget atau komputer? Masukkan email Anda disini dan dapatkan cara-cara perbaikinya:

0 Response to "11 Cara Mengatasi Harddisk Eksternal Tidak Terbaca Dengan Mudah"

Post a Comment

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini.

2. Karena banyaknya Spam, komentar dengan link aktif tidak akan di publish KECUALI relevan dengan artikel

3. Sekali lagi, KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan