11 Cara Mengatasi Laptop RUSAK dan Penyebabnya.



Kerusakan pada laptop sudah banyak sekali saya bahas di blog ini. Seingat saya, bahkan sudah ada puluhan artikel yang membahas tentang masalah komputer yang juga bisa dipakai untuk laptop rusak. Dari yang ringan sampai yang berat.

Dan puluhan artikel tadi masih akan terus di update karena masih banyak sekali yang belum terbahas. Nah, dari puluhan artikel tentang masalah komputer / laptop rusak tadi, terlintas ide di pikiran saya untuk membuat artikel ini, yaitu kumpulan penyebab laptop rusak dan cara mengatasinya.

Tujuan dengan adanya artikel ini, untuk memudahkan sobat untuk mencari tips cara memperbaiki laptop rusak tanpa perlu repot-repot searching sana-sini.


penyebab laptop rusak


Penyebab laptop rusak sendiri seperti yang kita tahu, ada banyak sekali..

..Kerusakan-kerusakan tersebut ada yang mudah diperbaiki, ada juga yang sulit. Sulit yang dimaksud adalah sulit diperbaiki dan sulit dianalisa.

Sehingga waktu untuk perbaikan jadi jauh lebih lama..

Untuk kerusakan pada laptop sendiri, ada 2 jenis. Yaitu:

  • Rusak sistem
  • Rusak komponen

Untuk rusak komponen, cara memperbaikinya pastinya jauh lebih sulit. Pada beberapa kasus, komponen yang rusak tadi bahkan harus diganti dengan yang baru.

Untuk kerusakan sistem, kadang mudah diperbaiki kadang juga tidak. Tapi kalau rusaknya hanya pada Windows, baru mudah.

Nah, langsung saja.. Artikel tentang kumpulan penyebab laptop rusak dan cara mengatasinya. Di artikel ini, saya juga akan memberi link referensi pada blog ini untuk memperlengkap step-step yang ada.

Berikut caranya:



1. RAM laptop penuh



Masalah RAM yang penuh, kebanyakan ada di para pengguna laptop juga pengguna PC yang kapasitas RAM-nya kecil. Masalah RAM penuh ini cukup mengganggu karena akan membuat kinerja laptop jadi melambat.


Beberapa penyebabnya:

  • 1. Kapasitas RAM yang terlalu kecil
  • 2. Pemakaian sistem operasi yang tidak pas
  • 3. Pemakaian software yang tidak pas
  • 4. Terlalu banyak aplikasi yang terinstall
  • 5. Laptop terkena infeksi virus


Cara mengatasi:

Jangan langsung mempertimbangkan untuk upgrade RAM. Kapasitas RAM yang besar pun pasti akan kepenuhan kalau tidak di optimasi. Untuk cara optimasinya:

Silakan hapus aplikasi-aplikasi yang telah terinstall. Disable aplikasi yang tidak diperlukan di msconfig / task manager. Scan antivirus, atau paling bagus install ulang.

Lengkapnya, baca disini saja: Cara melegakan RAM yang kecil



2. Laptop tidak keluar suara



Kerusakan laptop yang tidak keluar suara ini saya pribadi pernah mengalaminya beberapa kali. Setting sounds di laptop sudah diperbesar sampai maksimal, tapi tidak ada suara sama sekali.

Tentu cukup mengganggu. Apalagi kalau laptop dipakai untuk nonton film atau main game.

Masalah tidak keluar suara ini penyebab utamanya ada 3:

  • 1. Speaker yang rusak
  • 2. Driver yang tidak terinstall dengan benar atau rusak.
  • 3. Settingan yang salah.



Cara mengatasinya:

Silakan install atau reinstall driver yang telah terpasang. Tujuannya, untuk memperbaiki barangkali ada file driver yang corrupt. Sobat bisa coba untuk update driver ke yang lebih baru (Kalau ada).

Untuk setting, coba cek di control panel. Jangan sampai setting sounds atau speaker ada dalam mode disable.

Untuk lengkapnya, silakan baca disini: Mengatasi laptop yang tidak keluar suara


3. Laptop hang / macet saat baru startup



Kerusakan ini beda dengan masalah laptop lemot (akan dibahas nanti). Laptop yang hang alias macet pada startup ini didapat ketika laptop baru menyala. Masalah ini bisa banyak ditemui di laptop-laptop yang sudah berumur.


Beberapa penyebabnya:

  • 1. Terlalu banyak aplikasi yang startup
  • 3. Terlalu banyak file sampah
  • 3. Harddisk lemah


Cara mengatasinya:

Silakan disable aplikasi yang tidak perlu di msconfig atau task manager. Aplikasi yang terlalu banyak berjalan saat startup, akan memperlambat loading saat laptop baru nyala.

Terlalu banyak file sampah, juga bisa menjadi penyebab laptop hang. Apalagi kalau space harddisk pada sistemnya sudah penuh.

Baca cara lengkap mengatasinya disini: Cara mengatasi laptop hang saat baru startup


4. Layar laptop terbalik



Maksud layar terbalik disini, adalah tampilannya yang terbalik. Sebenarnya, masalah ini bukan masalah besar yang penyebabnya juga sepele.


Penyebabnya:

  • 1. Salah setting tampilan
  • 2. Driver VGA error


Cara mengatasinya:

Atur tampilan laptop dari portrait ke landscape (Kalau tidak salah) di setting display pada Windows atau di driver. Kalau tidak mengefek, coba reinstall driver atau update driver ke yang lebih baru.

Cara lengkapnya disini: Mengatasi layar laptop terbalik 


5. DVD tidak terbaca di laptop



DVD yang tidak terbaca ini saya sudah sangat sering mengalaminya. Apalagi saya orangnya suka backup data-data kecil lewat DVD. Pastinya repot kalau ketemu masalah ini.


3 penyebab umum DVD tidak bisa terbaca:

  • 1. Optik DVD Drive laptop lemah
  • 2. DVD yang burnnya gagal
  • 3. Optik DVD kotor
 
 

Cara mengatasinya:

Bersihkan drive DVD dengan kompresor dengan tekanan angin yang sudah diatur secukupnya. Untuk masalah lemah optik, lakukan tes DVD yang tidak terbaca tadi ke drive DVD lain.

Lengkapnya: Cara perbaiki DVD tidak terbaca


6. DLL is missing



DLL is missing ini (Contohnya "D3DX9_43.dll is missing") sering ditemui di aplikasi atau game ketika ingin dijalankan. Masalah ini termasuk mudah diperbaiki.


Penyebabnya:

  • 1. Belum install software-software file sistem Windows.
  • 2. File dll yang dibutuhkan tidak ada.

 
Cara mengatasinya:

Install aplikasi-aplikasi sistem yang dibutuhkan Windows. File-file sistem ini tidak bisa saya bahas secara detail, tapi yang wajib biasanya: DirectX, Visual Credist (Dari versi lama sampai yang terbaru), dan Microsoft Dotnet.


Coba baca ini:

Untuk contoh malah directX: Cara mengatasi DXDX9_43 is missing.

Untuk contoh masalah visual credist: Cara mengatasi MSVCR100.dll is missing.


7. Laptop tidak bisa nyala



Laptop tidak bisa nyala termasuk kerusakan yang cukup parah. Tidak bisa nyala yang dimaksud disini adalah ketika di pencet tombol power, laptop benar-benar tidak bisa hidup.


Penyebab kebanyakan:

  • Komponen rusak pastinya.

Kalau tidak bisa nyala begini, coba analisa terlebih dahulu apa kira-kira kerusakannya. Masalahnya, bisa ada baterai atau memang ada komponen bagian dalam yang rusak.

Solusi paling mudah, bawa ke service center atau tempat service. Coba baca ini: Cara mengatasi laptop tidak bisa nyala


8. Laptop tidak bisa booting

 
 
Salah satu kerusakan yang paling sering ditemui. Laptop tidak bisa booting, kerusakannya bisa ringan bisa juga berat, karena bisa terjadi pada sistem dan bisa terjadi juga karena komponen.
Beberapa penyebabnya:
 
  • 1. RAM rusak atau tidak terbaca
  • 2. Harddisk rusak atau tidak terbaca
  • 3. Sistem operasi (Windows) corrupt

 
Solusinya:

Untuk masalah RAM, coba bongkar, bersihkan pinnya dengan penghapus, lalu pasang kembali dengan benar. Untuk harddisk, coba cek di BIOS, apakah masih terdeteksi atau tidak.

Tapi untuk masalah harddisk, paling mudah menganalisanya dengan cara dilepas dulu lalu dicoba di komputer lain.

 
 

9. Harddisk bad sector

 
 
Harddisk bad sector, biasanya ditandai dengan kinerja laptop yang menurun sampai akhirnya harddisk bisa-bisa jadi terbaca.
 
Harddisk bad sector juga bisa jadi kerusakan ringan dan juga bisa jadi kerusakan berat. Kerusakan ini tergantung dari sistem atau komponen harddisk itu sendiri. 
 
 
Penyebab utamanya:
 
  • 1. Laptop sering mati tiba-tiba
  • 2. Virus (Katanya)
  • 3. Panas berlebih
 
 
Cara mengatasinya:
 
Scan dulu dengan aplikasi sejenis HDTune untuk melihat apakah ada bad sector atau tidak. Kemudian, lakukan regenerating atau format write zeros pada harddisk. Solusi terakhir, sobat harus ganti harddisk.
 
 
 

10. Laptop terlalu panas

 
 
Walau tergantung spesifikasi yang dimiliki, laptop panas, biasa ditemui di laptop-laptop yang sudah agak tua umurnya. Untuk penyebabnya sendiri biasanya ada 3. 
 
Penyebabnya: 
 
  • Debu
  • Thermal paste kering
  • Fan rusak
 
Cara mengatasinya:
 
Ganti thermal paste laptop dengan cara membongkarnya. Bersihkan debu-debu yang ada, terutama pada bagian ventilasi laptop. Pastikan fan processor masih bekerja dengan baik dan normal.
 
 
 

11. Laptop lemot

 
 
Terakhir, laptop lemot. Laptop lemot ini hampir bisa ditemui di segala jenis merk, spesifikasi dan tidak memandang umur laptopnya. Untuk masalah ini, ada banyak sekali penyebabnya dan harus dianalisa satu persatu.
 
Beberapa penyebabnya:
 
  • Terlalu banyak file sampah
  • Komponen rusak
  • Spesifikasi kurang mumpuni
  • Virus 
  • Laptop yang panas
  • Dan masih banyak lagi..

Cara mengatasinya tidak bisa saya bahas disini. Karena jauh lebih baik jika dibahas secara detail. Silakan baca artikel berikut: 14 Cara efektif mengatasi laptop lemot


Penutup..

 

Rusak pada laptop yang dibahas disini hanya ada 11 poin. TAPI sebenarnya masih banyak lagi kerusakan-kerusakan lainnya yang belum sempat dibahas.

Kalau sobat punya masalah lain yang tidak tertera disini, silakan taruh masalah sobat di kotak komentar. Barangkali saya bisa bantu.

Untuk artikel lainnya tentang laptop, silakan masuk di kategori laptop. Karena ada beberapa tutorial disana yang belum sempat dibahas disini.

Itu saja :) Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Punya masalah gadget atau komputer? Masukkan email Anda disini dan dapatkan cara-cara perbaikinya:

0 Response to "11 Cara Mengatasi Laptop RUSAK dan Penyebabnya."

Post a Comment

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini.

2. Karena banyaknya Spam, komentar dengan link aktif tidak akan di publish KECUALI relevan dengan artikel

3. Sekali lagi, KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan