5 Cara Percepat Koneksi Internet Telkomsel Di Android Jadi Super Cepat



Indonesia memiliki beragam provider internet yang bisa dipilih. Harga paket internet yang ditawarkan juga bervariasi. Dari paket murah 5000an sampai paket super mahal hingga ratusan bahkan mungkin jutaan.

Provider-provider selular ini bisa kita pilih sesuai kantong dan tentunya kualitas sinyal agar mendapatkan kecepatan internet berkualitas tapi dengan harga yang murah.

Dan salah satu provider yang sudah terkenal di Indonesia, adalah telkomsel, yang sudah cukup lama beroperasi di Indonesia. Telkomsel ini memiliki paket-paket internet yang harganya cukup sesuai dengan kualitas jaringan yang ditawarkan.

telkomsel


Akses kecepatan internet yang cepat, bergantung kepada banyak faktor. Dari faktor cuaca, jaringan, kondisi trafik sampai gadget yang dipakai.

Provider telkomsel sendiri sebenarnya salah satu provider memiliki kualitas jaringan serta kecepatan akses internet yang baik. Saya sendiri sudah mencobanya.

Tapi dalam beberapa situasi, kadang akses internet initernet telkomsel ini kadang melambat. Apalagi jika ada salah satu faktor yang saya sebutkan tadi tidak terpenuhi.

Untuk itu, disini saya akan membahas cara percepat koneksi internet telkomsel khusus untuk pengguna Android.


1. Setting jaringan dari 3G HSPA >> 4G LTE

 

Jaringan 4G LTE, memiliki akses koneksi yang berkali lipat jauh lebih cepat dan respon ping yang cepat. Sehingga akan mempercepat browsing, upload dan main game online.

Penyettingan dari jaringan HSPA >> 4G LTE ini sangat wajib dilakukan, supaya kecepatan akses internet tetap cepat dan stabil.

Cara melakukannya, buka setting >> kartu SIM >> pengaturan jaringan SIM >> ubah jenis jaringan ke 4G Only.

APN TELKOMSEL


Setting diatas adalah cara saya mengubah dengan Android Nougat. Untuk yang memiliki versi Android berbeda, anda bisa mencarinya sendiri letaknya. Intinya hanya perlu mengubah jaringan ke LTE only.

Nah, perlu diketahui, penyettingan ke LTE only ini hanya di khususkan untuk yang jaringan 4G di daerahnya sudah stabil. Jika belum stabil, sinyal yang didapat akan hilang muncul, sehingga akan mengganggu nantinya.

Kalau HPnya belum support 4G, cukup setting ke WCDMA / 3G only, supaya sinyal yang didapat selalu H+. 

Lanjut, coba lagi cara-cara ini:


2. Memakai aplikasi internet hemat koneksi

 

Untuk mendapatkan akses internet cepat, terutama untuk browsing atau chat, coba gunakan browser atau aplikasi yang hemat koneksi. Hemat koneksi yang dimaksud disini, adalah aplikasi versi lite. Seperti line lite, facebook lite dan lainnya.

Juga gunakanlah browser dengan fitur kompress gambar agar kecepatan browsing jadi bertambah.

Cara ini bisa digunakan di internet telkomsel maupun provider lainnya.


3. Memakai modem MIFI

 

Modem apalagi yang harganya mahal (diatas 500 ribuan), ini bisa mempercepat koneksi akses internet di Android. Nah, untuk pengguna provider telkomsel atau provider lainnya, bisa mempertimbangkan cara ini.

Modem MIFI memiliki beragam harga dengan kualitas jaringan yang berbeda-beda. Anda bisa cari modem MIFI yang terkenal berkualitas sesuai budget yang dimiliki.


Tapi, untuk saran saya pribadi ambil MIFI dengan harga 500 ribu keatas. Karena kebanyakan penangkapan sinyalnya sangat baik, serta kecepatan internet yang didapat juga jauh lebih baik dibanding HP Android biasa. Apalagi model lama.

Mahal? Memang iya, tapi untuk jangka panjang, modem MIFI ini sangat worth.

Cara ini optional, bisa di-skip kalau memang tidak bisa.


4. Pakai internet ketika jaringan sedang sepi

 

Pada provider apapun di Indonesia, walaupun akses internetnya cepat, pasti kecepatannya akan menurun di jam-jam tertentu. Termasuk telkomsel.

Akses internet telkomsel pada jam sibuk, akan lumayan menurun signifikan. Biasanya ada di jam 1 siang sampai jam 11 malam.

Khusus yang suka download, lebih baik download diatas jam 12 malam sampai jam 6 pagi saja. Karena speed download telkomsel saat itu jauh lebih cepat. Ditambah bisa menghabiskan kuota midnight.


5. Bagaimana dengan setting APN?

 

Sebenarnya, tidak ada bukti pasti apakah benar mengganti APN (Access Point Names) akan mempercepat internet.

Sejauh yang saya tahu, APN ini berfungsi untuk mengidentifikasi jaringan perangkat ke jaringan yang ingin disambung, untuk mengatur keamanan, paket serta fungsi-fungsi lainnya.

Karena belum ada bukti pasti, jadi tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan setting APN pada telkomsel. Caranya:

  • Masuk ke setting
  • Kartu SIM
  • Masuk jaringan seluler kartu SIM
  • Lanjut ke Nama Titik Akses (Access point names)
  • Buat baru APN atau edit APN lama dengan APN berikut:
  • Akses point name: internet - username dan password: kosongkan


APN diatas adalah APN rekomendasi langsung dari telkomsel, yang saya dapat di situs telkomsel. Sekali lagi, setting diatas adalah cara setting saya pada Android nougat.
 
Kalau sudah di setting, lakukan pengetesan ping, untuk mengecek apakah internet sudah tersambung dengan benar. Caranya disini.
Kalau ada setting lain, silakan dicoba saja. 

 

Penutup...

 

Banyak faktor untuk mendapatkan akses internet super cepat. Dari provider, kualitas jaringan, kualitas perangkat, kondisi jaringan, kondisi trafik dan masih banyak lagi. 5 cara singkat diatas adalah cara yang bisa dilakukan untuk anda yang ingin mendapatkan akses internet telkomsel  lebih cepat.

Selain 5 cara tadi, anda bisa memanfaatkan root untuk mendapatkan akses internet yang lebih cepat dengan cara optimasi. Baca: Fungsi root dan manfaat root

Dengan root, anda bisa membuat banyak pengaturan yang bisa membuat internet jadi jauh lebih cepat, yang juga berfungsi untuk semua provider, tidak terkecuali telkomsel.

Semoga bermanfaat, terima kasih.

Punya masalah gadget atau komputer? Masukkan email Anda disini dan dapatkan cara-cara perbaikinya:

0 Response to "5 Cara Percepat Koneksi Internet Telkomsel Di Android Jadi Super Cepat"

Post a Comment

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini.

2. Karena banyaknya Spam, komentar dengan link aktif tidak akan di publish KECUALI relevan dengan artikel

3. Sekali lagi, KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan