5 Cara Percepat Kecepatan Upload File Hingga 200% Di Internet



Ketika kita sedang browsing, sebenarnya internet yang sedang kita pakai sedang menjalani 2 aktivitas sekaligus. Yaitu Download dan Upload, yang memiliki karakteristik yang berbeda.

Download, kalau dalam bahasa Indonesia artinya unduh, dan bisa juga diartikan sebagai mengambil / mendapatkan file dari internet. Sedangkan upload, sebaliknya. Upload dalam bahasa Indonesia artinya unggah yang berarti mirip seperti mengirim file ke internet.

Dan kecepatan upload dan download ini punya perbedaan yang kadang lumayan signifikan.

mempercepat transfer upload


Upload, rata-rata memiliki kecepatan yang jauh lebih rendah dibanding kecepatan download. Perbedaannya bisa 40% sampai 60% lebih rendah.

Untuk sebagian orang, hal ini cukup menghambat pekerjaan. Terutama mereka yang suka mengupload file-file yang relatif besar.

Contohnya, seperti youtuber yang suka mengupload video-video. Seorang blogger yang punya blog niche download. Atau seorang pebisnis online yang notabene harus mengupload gambar-gambar produknya dalam jumlah banyak setiap hari.


Untuk itu, kita perlu mengetahui bagaimana cara mempercepat kecepatan upload internet supaya membuat pekerjaan jadi lebih cepat.

Berikut, cara percepat kecepatan upload internet:


1. Kecepatan upload Internet tergantung dari provider..

 

Indonesia, memiliki beragam provider internet. Dari yang lokal sampai nasional, dengan berbagai rentang harga. Nah, para provider ini, memiliki kualitas yang berbeda-beda dalam urusan kecepatan internet.

Karena seperti yang saya bilang tadi, kecepatan Internet itu kebanyakan speed downloadnya jauh lebih cepat dibanding speed upload. TAPI, walau jarang, ada provider yang memiliki kecepatan upload yang sedikit lebih cepat dibanding kecepatan download.

Jadi kalau kita ingin fokus ke kecepatan upload, maka kita harus mencari provider yang memang memiliki kecepatan upload yang cepat.

Bagaimana kalau tidak ketemu?

Anda hanya perlu mencari provider internet tercepat. Karena logikanya, semakin cepat kecepatan internet, semakin cepat pula kecepatan upload internet, alias mengikut.


2. Kecepatan upload bisa didapat dengan memakai modem yang lebih bagus..

 

Percaya tidak percaya, modem dengan rentang harga yang lebih mahal, memiliki kecepatan internet yang cukup jauh dibandingkan modem murahan. Ini karena kualitas jaringan serta kualitas penangkapan sinyal yang berbeda.

Hal ini juga berlaku untuk gadget smartphone. Dimana kualitas jaringan setiap merk juga kadang berbeda-beda.

Untuk hal ini mudah saja. Jika memang anda merasa modem yang digunakan sudah lama dan jadul, pertimbangkan untuk upgrade modem ke yang lebih bagus.

Sedangkan untuk pengguna Android, karena harganya mahal, anda bisa melakukan optimasi kecepatan internet dengan cara menyetting jaringan serta memilih provider tercepat di daerah anda.

Untuk penggantian modem, ini sudah saya tes sendiri berdasarkan pengalaman pribadi. Ini buktinya:

download


Dulu, saya memakai modem yang harganya 100 ribuan. Itu kecepatan upload dan download ada di kisaran 4Mbps (Download) dan 2Mbps (Upload). Lalu saya ganti ke modem 300 ribuan. Kecepatan download upload naik jadi 10Mbps (Download) dan 6Mbps (Upload).

Lalu saya ganti lagi ke modem MIFI seharga 800 ribuan. Kecepatannya naik hingga 30Mbps untuk download dan 15Mbps untuk upload.

Jauh bukan? Itu providernya sama loh.


3. Kecepatan upload itu tergantung kepadatan traffic

 

Semakin banyak pengguna Internet pada suatu provider, semakin padat pula lalu lintas internet di provider tersebut. Hal ini menyebabkan kecepatan internet, baik upload maupun download menurun.

Trafik internet sendiri bisa diketahui lewat kestabilan internet yang sedang digunakan. Jika internet yang anda gunakan cepat dan stabil, itu artinya trafik provider sedang sepi (dengan asumsi kondisi jaringan sama).


Biasanya, jam ini ada pada Jam 12 siang sampai jam 12 malam.

Solusinya, ada 2..

Pertama..

Pakai internet pada kondisi trafik internet rendah. Dari pengalaman saya, ada di jam 12 malam sampai jam 5 pagi. Paling cepat dari jam 2 malam sampai jam setengah 5 pagi.

Coba upload pada jam-jam segitu. Ditambah, anda bisa menghemat kuota hingga puluhan persen dengan menggunakan kuota malam.


Kedua..

Pakai paket internet prioritas yang kadang disediakan oleh provider. Dengan menggunakan paket ini, kecepatan internet jauh lebih stabil dibanding paket internet biasa.

Silakan sesuaikan.


4. Kecepatan upload itu tergantung server upload itu sendiri...

 

Yang biasanya suka upload file-file gajah (baca: besar), sudah pasti pernah bingung. Kenapa upload lambat padahal internet yang digunakan cepat.

Kecepatan upload, tergantung dari kualitas server itu sendiri. Semakin bagus kualitasnya, semakin cepat pula uploadnya.

Mudahnya, anda hanya perlu mencari server terbaik untuk upload file. Contohnya, seperti google drive


Silakan tes sendiri server upload file terkenal cepat dengan server yang terkenal biasa saja, atau malah lambat.


5. Trik upload file cepat dengan server pribadi

 

Ada server pribadi yang bisa di remote lewat PC atau laptop yang kita gunakan. Kurang lebih mirip dengan team viewer. Server ini juga memiliki beragam spek, dan bisa disewa dalam jangka waktu bulanan.


Kita bisa melakukan upload file lewat server pribadi ini, dengan cara men-download file yang diinginkan di server tersebut >> kemudian me-rename dan mengupload kembali di server upload (Seperti google drive).

Cara ini biasa dipakai para pemilik situs-situs yang harus mengupload file-file besar setiap harinya.

Penutup..

 

Intinya, untuk mendapatkan kecepatan upload yang cepat, dibutuhkan kecepatan internet yang cepat. Karena tidak mungkin kecepatan internet yang lambat tapi malah ingin dapat upload yang cepat.

Silakan lakukan 5 Tips diatas. Saya jamin, kecepatan upload anda bisa naik setidaknya hingga 200% lebih cepat.

Untuk tips lainnya, belum terpikirkan oleh saya. Kalau anda punya cara lainnya, jika berkenan tolong dibagikan kepada ribuan pengunjung blog ini melalui kotak komentar dibawah.

Sekian, dan terima kasih.

Punya masalah gadget atau komputer? Masukkan email Anda disini dan dapatkan cara-cara perbaikinya:

0 Response to "5 Cara Percepat Kecepatan Upload File Hingga 200% Di Internet"

Post a Comment

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini.

2. Karena banyaknya Spam, komentar dengan link aktif tidak akan di publish KECUALI relevan dengan artikel

3. Sekali lagi, KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan