Tips Diterima Google Adsense Non Hosted - Setelah Puluhan Kali Ditolak (Pengalaman)



Google adsense, adalah penyedia jasa iklan yang bisa dibilang paling populer di kalangan blogger saat ini. Bayarannya yang menggiurkan ditambah iklannya yang tidak mengganggu pengunjung jadi sekian dari banyak alasan kenapa harus pilih google adsense.

Yang jadi masalah, adalah tidak mudah agar blog diterima oleh google adsense. Terutama bagi newbie (termasuk saya). Malah beberapa putus asa, menyerah kemudian mendaftar ke publisher iklan lain.

Sayang ya..



Google adsense


Sedikit cerita...


Sebelumnya cerita sedikit, saya memulai ngeblog sekitar tahun 2008/2009. Waktu itu hanya sekedar mengutak-atik template dengan tujuan untuk mempercantik tampilan.

Isi konten? Tidak peduli. Dengan pengunjung pun saya sama sekali tidak peduli (Malah waktu itu belum ngerti hitungan pengunjung yang datang ke blog), akhirnya jadi sia-sia.

Dan di rentang waktu 2009 sampai 2013, saya sempat buat blog beberapa kali, yang sekarang sudah terbengkalai. Salah satu yang masih saya ingat ada di: infer21.blogspot.co.id (Buat percobaan belajar HTML dulu).

widget
Blogger jaman old pasti ga asing sama widget ini


Nah..

Di tahun 2013, saya mendirikan blog ini. Namanya gamezbits.blogspot.com, dulu punya niche download, dan saya update dengan 'sedikit serius', dengan memperhatikan konten-kontennya. (Sekarang sudah expired domainnya, mau diambil? silahkan).

Dan di akhir tahun 2015 atau awal 2016 (lupa), saya membuat blog leskompi.blogspot.com, yang berisi tutorial-tutorial teknologi. Entah itu laptop / komputer maupun Android.

Ditambah karena sudah remaja, saya jadi paham apa itu SEO, bagaimana cara bersaing di Google agar mendapat pengunjung, dan sebagainya (Walau konten waktu itu masih jelek-jelek gara-gara baru belajar).


Pengalaman daftar google adsense


Artikel ini cenderung bercerita tips (Bukan cara). Tapi tentu bisa jadi patokan untuk cara daftar adsense supaya diterima.

Pertama, blog leskompi.blogspot.com itu saya isi konten-konten tutorial, secara telaten hingga beberapa bulan. Dalam waktu 3-4 bulan, seingat saya PV (Pageview) sudah mencapai angka 1000-an. Sudah lumayan untuk ukuran newbie.

Nah, ketika menu penghasilan sudah terbuka, saya mencoba daftar adsense, dengan spek blog:

  • Artikel: 35an.
  • Domain: .blogspot.com (hosted).
  • Template: Standar responsive dari internet. Kalau ga salah punya arlina design.
  • Panjang artikel: rata-rata 500-700 kata. Salah satunya: Cara atasi game yang lag (Tapi sudah di update kalau sekarang).

Setelah menunggu beberapa jam.. dan hasilnya sudah bisa sobat tebak.. DITOLAK.


adsense konten tidak memadai

Cara diterima adsense oleh para mastah


Bagi para master, ada tips-tips supaya diterima adsense. Tips-tips ini sudah tersebar banyak sekali di google. Tipsnya sebagai berikut:

  • 1. Umur blog harus lebih dari 6 bulan.
  • 2. Konten harus banyak. Setidaknya 20 artikel.
  • 3. Konten original dan berkualitas.
  • 4. Konten memiliki panjang diatas 500 kata.
  • 5. Harus ada laman khusus, yaitu laman Privacy, Dislaimer, Kontak, About dan sejenisnya.
  • 6. Blog harus punya banyak pengunjung.
  • 7. Umur email pendaftar harus diatas 18 tahun.
  • 8. Isi artikel tidak melanggar kebijakan.
  • 9. Tidak ada halaman 404 not found.
  • 10. Template ringan.
  • 11. Saat mendaftar, terbitkan artikel minimal 1 hari sekali.
  • 12. Tidak mengedit-edit template.
 
Banyak? Iya banyak. Tapi dilihat lagi, hanya beberapa step yang merepotkan dan butuh waktu, tapi sifatnya hanya 1 kali setting saja.
 
Lalu, apakah saya melakukan seluruh hal diatas? Lanjut..
 

 

Pengalaman diterima adsense sekali daftar

 

Setelah puluhan kali ditolak, saya akhirnya jadi malas sekali untuk daftar ulang. Ada yang bilang pakai email baru, tapi masih sama.. Ditolak juga.

Tapi.. pada awal oktober 2017, trafik blog saya meledak hingga ribuan pengunjung perhari. Artikel-artikel yang butuh waktu untuk mendapat pageone ternyata sudah nangkring di posisi yang diinginkan.

Selama sekitar 2 minggu, trafik terus stabil dan membuat saya jadi semangat kembali nge-blog. Tentu saja waktu itu saya daftar google adsense. Tapi terus ditolak :(

Nah, sekitar pertengahan oktober 2017 lalu, saya mengganti alamat leskompi.blogspot.com menjadi domain TLD, yaitu www.leskompi.com. Walaupun ada penurunan trafik sekitar 70% sekitar seminggu setelah ganti domain.

Saya mencoba mendaftar adsense dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • Template responsive mirip dengan yang dipakai saat ini.
  • Jumlah artikel sekitar 80an.
  • Ada laman privacy, about, kontak, disclaimer dan TOS.
  • Ketika daftar, saya rajin menerbitkan 1 / 2 artikel setiap hari.
  • Daftar dengan email baru.
  • Domain TLD  (Non hosted).
  • Gambar dari pixabay dan diedit khusus banner (Cek posting-posting saya). 
  • Widget = Popular post, Recent post, dan recent post dengan label.
  • Tidak mengedit-edit template sama sekali.

Proses pendaftaran adsense non hosted ini waktunya berbeda-beda. Ada yang 1 bulan, 2 bulan.. Ada yang cepat, bahkan hanya 3 hari untuk diterima.

Nah, waktu itu saya sedang mencoba membuat blog bahasa inggris untuk didaftarkan adsense.  Alasannya, karena nunggu konfirmasi blog tadi lama sekali.. Blog bahasa inggris ini saya pakai domain TLD murah (hanya sekitar 10 ribuan pertahun) untuk dijadikan bahan percobaan.

Siang hari, saya langsung menerbitkan 5 artikel dan mempersiapkan seluruh hal yang perlu dilakukan untuk daftar adsense.

Sore harinya, saya iseng cek email blog lama saya, yang sudah 2 minggu lebih (16 hari) tidak ada kabar. Ternyata...


terhubung
 Ya, diterima! Setelah puluhan kali percobaan akhirnya diterima.

 

Daftar adsense itu...


Melihat spesifikasi blog saat saya daftar diatas, hampir seluruh hal yang saya lakukan masih berhubungan dengan tips-tips yang para master berikan. Yaitu saya sudah memiliki jumlah artikel yang cukup banyak, dan pengunjung yang sudah lumayan.

Nah, yang harus diketahui..

Persyaratan seperti Ini tidak mengikat!

Karena banyak sekali yang daftar adsense, tapi spesifikasi blog mereka masih..

  • 0 Pengunjung
  • Artikel hanya 5
  • Widget popular post
  • Kadang mengedit template.

Atau intinya, jauh dari standar dari yang para master sarankan. Tapi diterima.

Jadi, kita tidak tahu menahu apa sebenarnya patokan agar blog diteirma adsense. Semuanya terserah google dan rahasia tuhan.

Kalau ada yang punya pengalaman daftar adsense dibawah, coba bagikan disini lewat kolom komentar ya. 
 
Tambahan, saya juga masih mau mencoba blog bahasa inggris yang saya buat waktu itu, yang belum sempat di daftarkan. Kalau berhasil, mungkin akan saya update disini.


Penutup..


Bagi sebagian orang, daftar adsense mungkin adalah hal yang mudah. Bahkan ada beberapa orang yang mengumpulkan akun adsense sebanyak-banyaknya, untuk dijual.

Untuk para pemula yang kesulitan daftar, lebih baik coba daftarkan terus menerus sambil memperbaiki apa-apa yang kira-kira kurang. Yang penting, jangan sampai blog sobat melanggar TOS Google adsense, karena sudah pasti tidak diterima.

Kalau sudah diterima, jadilah publisher yang baik dengan tidak melakukan kecurangan terhadap pendapatan sobat. Mau susah-susah daftar lalu dibanned?


Sekian, semoga bermanfaat. Terima kasih.




Punya masalah gadget atau komputer? Masukkan email Anda disini dan dapatkan cara-cara perbaikinya:

0 Response to "Tips Diterima Google Adsense Non Hosted - Setelah Puluhan Kali Ditolak (Pengalaman)"

Post a Comment

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini.

2. Karena banyaknya Spam, komentar dengan link aktif tidak akan di publish KECUALI relevan dengan artikel

3. Sekali lagi, KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan