4 Cara Melihat Kecepatan Internet Dengan Cepat



Melihat kecepatan internet / cek kecepatan internet setidaknya adalah hal dasar yang wajib diketahui dalam dunia komputer maupun Android. Karena pada dasarnya, kita akan mendapat kecepatan yang berbeda-beda saat kita sedang terkoneksi ke internet.

Kecepatan tersebut tidak selalu sama dan tidak selalu stabil. Karena kecepatan internet juga dipengaruhi oleh banyak faktor. Mulai dari device / modem yang dipakai, lokasi, provider, cuaca dan masih banyak lagi.

Nah, disini saya akan membahas cara-cara untuk melihat kecepatan internet yang sobat pakai. Artikel ini ditujukan untuk sobat yang masih awam soal komputer.

Cara lihat kecepatan interneet



Sebelum lanjut, saya ingin menjelaskan, bahwa kecepatan internet itu dibagi menjadi 2 :

  • 1. Kecepatan Download
  • 2. Kecepatan Upload

Bedanya :

1. Kecepatan download : mudahnya adalah kecepatan untuk save atau mengambil file dari internet. Download sendiri tidak selalu di-artikan menyimpan file dari internet ke komputer. Saat sobat browsing, sebenarnya sobat kebanyakan sedang melakukan aktivitas download.

2. Kecepatan upload : adalah kecepatan unggah file atau pengertian mudahnya, sobat tidak menyimpan file dari internet, melainkan sebaliknya. Sobatlah yang mengirim file ke internet.



Kecepatan download sendiri kebanyakan lebih cepat jika dibandingkan dengan kecepatan upload. Tapi itu tidak mengikat, karena tergantung dengan provider apa yang sobat gunakan.

Lanjut,. Berikut cara melihat kecepatan internet dengan cepat khusus untuk PC dan Laptop. Untuk tutorial Android, sengaja saya buat terpisah karena banyak perbedaan stepnya.

Langsung saja, ini dia caranya :


1. Tes Download file


Cara yang paling mudah untuk cek kecepatan internet adalah dengan melakukan download file dari internet. Karena saat sobat melakukan download, aplikasi download atau browser yang sobat pakai pasti akan menampilkan kecepatan internet (download) sobat.

Download speed


Nah, tapi perlu diingat, bahwa cara ini tidak bisa 100% dijadikan patokan untuk mengetes speed download. Alasannya, karena kecepatan download file dari internet itu dipengaruhi situs (server) dimana kita download file tersebut.

Karena situs-situs tersebut memberi akses kecepatan yang berbeda-beda saat sobat sedang men-download file. Lengkapnya, silakan lihat di 9 cara download file besar agar cepat dan tidak corrupt.


2. Test Speed Internet Online


Cara selanjutnya, sobat bisa melakukan tes kecepatan internet secara online melalui website-website khusus untuk mengecek kecepatan internet. Website-website ini sekarang sudah banyak sekali tersebar di internet, dan yang paling sering dipakai adalah speedtest.net

Nah, caranya :


1. Silakan buka terlebih dahulu speedtest.net


2. Kemudian sobat akan menemui tampilan seperti berikut :


Cara cek kecepatan internet dengan speedtest


3. Kemudian, klik begin test / atau klik server di map juga bisa (Lihat gambar)

4. Tunggu proses loading server dan proses pengecekan kecepatan internet.

cara cek kecepatan inet


5. Kalau pengecekan sudah selesai, nah, itulah hasil tes dari kecepatan internet yang sobat gunakan.


tes kecepatan interbet


Terdapat 3 hasil tes, yaitu ping, speed download, dan speed upload. Untuk melihat hasil rata-ratanya, sobat bisa melakukan pengetesan secara berulang-ulang.



3. Tes ping


Fungsi ping, digunakan untuk mengecek konektivitas internet sobat. Atau mudahnya, ping biasanya digunakan untuk mengecek respon dan ke-stabilan internet yang digunakan.

Ping ini ditunjukkan dengan angka, dimana semakin rendah nilai ping, semakin bagus pula respon internet yang sedang digunakan.


cara mengecek ping


Untuk mengecek ping sendiri sebenarnya dengan melakukan tes di speedtest.net diatas tadi juga bisa. Tapi kebanyakan orang biasanya menggunakan CMD (Command Prompt).

Alasannya karena pengecekan ping lewat CMD jauh lebih mudah dan cepat. Selain itu, respon ping yang diterima juga bisa diatur agar muncul berulang-ulang, sehingga sobat bisa memantau terus menerus berapa ping yang sobat dapat.

Untuk lebih lengkapnya, silakan baca di : Cara Melakukan Ping Google Dengan CMD


4. Dari modem yang digunakan


Yang terakhir, sobat bisa melihat kecepatan internet yang sobat gunakan lewat modem. Karena modem, biasanya memiliki aplikasi mobile partner (Aplikasi untuk menyambung internet).


Nah, aplikasi ini juga biasanya bisa menampilkan kecepatan download & upload internet saat modem sedang dalam keadaan tersambung.

Melihat kecepatan internet dengan modem
Ini contoh statistik kecepatan internet yang ditampilkan modem saya


Untuk melihatnya sangat simpel. Sobat tinggal koneksikan modem seperti biasa. Caranya buka mobile partner >> Kemudian cek, akan terdapat laporan speed internet yang sobat gunakan. Contohnya seperti gambar diatas.

  • Note : Buat sobat yang belum paham.. Intinya, Aplikasi mobile partner adalah aplikasi bawaan modem. Namanya juga kadang berbeda-beda. Ada yang namanya mobile partner, ada yang namanya quick net dan sebagainya.



Penutup...


Sekian, artikel singkat tentang 4 cara melihat kecepatan internet dengan cepat. Pengetesan kecepatan internet diatas, tidak memerlukan waktu lama. Bahkan kurang dari 1 menit juga sobat sudah bisa mengeceknya.

4 Cara diatas, jujur, adalah cara-cara yang biasa saya gunakan saat ingin melihat speed internet yang saya pakai. Sebenarnya, Ada beberapa cara lain yang juga biasa saya gunakan untuk tes kecepatan internet. Tapi tidak saya masukkan disini (Ribet langkahnya).

Semoga membantu dan bermanfaat.

Punya masalah gadget atau komputer? Masukkan email Anda disini dan dapatkan cara-cara perbaikinya:

0 Response to "4 Cara Melihat Kecepatan Internet Dengan Cepat "

Post a Comment

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini.

2. Karena banyaknya Spam, komentar dengan link aktif tidak akan di publish KECUALI relevan dengan artikel

3. Sekali lagi, KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan