7 Aplikasi Edit Foto Terbaik Windows 10 (Pemula dan Enthusiast)



Sebelumnya, saya pernah membagikan 6 aplikasi editing video terbaik untuk Windows 10. Mengingat kebutuhan edit foto yang notabene jauh lebih tinggi dibanding edit video, disini saya akan mencoba membagikan aplikasi photo editing terbaik untuk Windows 10.

Aplikasi edit foto di Windows 10, sebenarnya ada banyaak sekali. Ditambah software-software editing foto biasanya sudah mendapat kompabilitas penuh dengan Windows 10.


Software edit foto windows 10


Untuk sobat pengguna Windows 10, mungkin akan bingung, aplikasi editing apa yang paling bagus untuk Windows 10. Ditambah, kadang fitur-fitur aplikasi yang di download kurang lengkap. Atau malah user interfacenya yang bikin pusing.

Apalagi kalau size softwarenya besar. Kalau yang pakai WIFI cepat sih ga masalah. Tapi kalau yang pakai internet kuota dan koneksinya lambat..


Langsung saja, berikut ini adalah Aplikasi edit foto terbaik untuk Windows 10 yang semoga bisa membantu sobat yang hobi editing foto. Dari pemula sampai eunthusiast.


Aplikasi foto editor terbaik Windows 10

 

 

 1. Adobe Photoshop

 

Adobe Photo Editor



Yang pertama, tentunya Adobe Photoshop sama sekali tidak boleh dilewatkan. Adobe photoshop, kalau saya baca dari Wikipedia, aplikasi ini dirilis tahun 1990, alias sudah lebih dari 27 tahun lalu.

Adobe photoshop, adalah sebuah aplikasi photo editing yang memiliki banyak sekali fitur. Banyaknya fitur-fitur tersebut, membuat aplikasi ini banyak sekali dipakai oleh beragam kalangan. Dari pengguna komputer biasa sampai developer atau editor professional.

Penggunaan Adobe Photoshop ini tergantung skill. Karena banyaknya tools serta effect yang bisa dimasukkan ke dalam foto. Tapi secara umum, penggunaan Adobe Photoshop ini termasuk mudah. Karena saya sendiri pertama kali memakai Adobe Photoshop pada umur 8 tahun. Waktu itu saya hanya memberi efek blend sederhana. Seperti menggabungkan wajah dengan buah.

Untuk versi, Adobe Photoshop sekarang dikenal dengan varian CS. Versi terakhir yang dirilis, adalah versi CS6.

Adobe Photoshop sudah saya coba dan work dengan normal di Windows 10. Bahkan sampai sekarang saya masih pakai (Versi CS5).



2. Paint

 

Paint Windows

 


Kok Paint? Bukannya paint itu aplikasi buat gambar di Windows?

Saya memutuskan untuk memasukkan Paint disini, karena Paint juga sebenarnya bisa dipakai untuk editing foto ringan lho. Di Paint, sobat bisa meng-crop foto, memberi warna foto, memotong foto, memberi font, mengubah resolusi dan men-savenya ke beragam format.

Dari segi interface juga Paint ini sangat simpel, Ditambah, aplikasi ini sudah ada dari bawaan Windows 10. Sehingga sobat tidak perlu repot-repot men-downloadnya di internet.

Kalau saya pakai Paint, biasanya kalau sedang screenshots layar Windows, atau crop foto. Karena memang loadingnya ringan dan tidak memakan waktu.

Karena aplikasi bawaan Windows, sudah pasti Paint Work di Windows 10.


3. GIMP

GIMP

 


Selanjutnya GIMP. Walaupun namanya tidak setenar Adobe Photoshop di kalangan pengguna komputer / laptop, tapi GIMP ini tidak boleh dipandang sebelah mata.

GIMP, adalah program untuk manipulasi gambar (Akronim dari GNU Image Manipulaton Program) Secara fungsi, aplikasi ini mirip Adobe Photoshop. Tapi aplikasi ini memiliki lisensi gratis, sedangkan photoshop berbayar.

GIMP juga mendukung hampir seluruh format foto. Bahkan GIMP juga mendukung format PSD (Format standar photoshop).

Secara fitur, GIMP memiliki fitur yang cukup lengkap untuk editing ringan sampai agak berat. Sobat bisa melihat sendiri di youtube fitur-fitur dari GIMP ini.


GIMP ini sangat disukai oleh kalangan editor. Dikarenakan sifatnya yang open source dan gratis, ditambah GIMP juga support beragam sistem operasi. Termasuk Windows dan Linux.

GIMP ini sudah saya cek dan work di Windows 10.


4. Adobe Lightroom

 

Adobe



Selain Photoshop, sobat juga tidak boleh melewatkan Adobe Lightroom. Adobe Lightroom, merupakan salah satu varian photo editor selain Adobe Photoshop. Aplikasi ini biasa digunakan untuk memainkan warna pada gambar atau foto sehingga jadi terlihat lebih cantik.

Untuk fitur, ada beberapa perbedaan mencolok dari Adobe Photoshop dan Adobe Lightroom yang kalau dibahas disini, akan terlalu panjang. Sobat bisa mencari perbedaannya di Google.

Dari segi kompabilitas, Adobe Lightroom ini sudah saya cek dan work dengan normal di Windows 10.


5. Paint.NET

 

paint net


Paint.NET, ini bukan Paint bawaan Windows. Paint.NET adalah aplikasi editing ringan dengan size kecil dengan fitur yang cukup lengkap. Paint.NET ini bisa saya bilang cukup cocok untuk pengguna yang masih awam dengan foto editing tapi ingin mendapat fitur yang memadai.

Dari segi tampilan, Paint.NET memiliki interface mirip Adobe Photoshop. Tampilannya di dominasi dengan warna putih, dan pada bagian kiri aplikasi terdapat tools-tools untuk editing.

Paint.NET ini memiliki 2 versi. Yaitu gratis dan berbayar. Untuk perbedaan fiturnya, saya kurang tahu.

Untuk versi berbayar, sobat bisa membeli dan mendownloadnya lewat Windows store bawaan Windows 10. Untuk versi gratis, sobat bisa mendownloadnya langsung di website resminya.

Aplikasi Paint.NET ini sudah saya cek dan tested di Windows 10 berjalan normal (Versi gratis).


6. Corel PaintShop Pro

 

Corel Photo


Corel, kalau mendengar namanya pasti terbayang Corel Draw bukan? Corel PaintShop Pro adalah software photo editor yang memiliki banyak sekali fitur di dalamnya. Aplikasi ini juga sudah cukup terkenal di kalangan foto editor.

Corel PaintShop Pro ini memiliki beragam plugin yang memiliki efek keren, cantik dan menarik yang patut dicoba.

Sama halnya dengan Adobe Photoshop, untuk memakai Corel PaintShop Pro ini, sobat harus mempelajarinya terlebih dahulu, agar sobat paham dan bisa menggunakan seluruh fitur yang ada.

Aplikasi ini pastinya sudah support Windows 10. Tapi aplikasi ini memiliki sistem requirements. Jadi pastikan PC / laptop sobat spesifikasinya sudah mendukung untuk menjalankannya.


System Requirements :



  • Windows 10, Windows 8/8.1, Windows 7 32 bit / 64 bit dengan update terbaru
  • Processor Intel atau AMD 1.5 GHz (Atau lebih cepat) yang sudah support SSE2 (Rekomendasi dual core keatas)
  • Minimal RAM 2GB. Rekomendasi 4GB.
  • Disk kosong min 1 GB. Rekomendasi 2 GB.
  • Layar minimal resolusi HD (1280 x 768 resolution dengan color 16-bit) Rekomendasi 1366 x 768 dengan color 24-bit (atau keatas).
  •  Driver VGA terbaru.


Tertarik mencobanya?


7. Affinity Photo

 

Affinity Photo


Terakhir Affinity Photo. Bagi sebagian orang, Affinity Photo ini memang mungkin masih belum dikenal dibanding aplikasi-aplikasi sebelumnya. Tapi, Affinity Photo ini sudah cukup populer di kalangan photo editor.

Fitur yang diberikan cukup lengkap, ditambah harganya yang relatif jauh lebih murah dibanding aplikasi sejenis, membuat aplikasi ini jadi cukup populer. Aplikasi ini bahkan sudah di rekomendasikan oleh editor dari situs tomsguide.com yang notabene adalah salah satu situs teknologi terbesar di dunia.

Sobat bisa mendownload aplikasi ini langsung lewat situs resminya dengan harga $49.99. Harga tersebut sudah cukup murah untuk seukuran aplikasi photo editor yang biasanya harganya mencapai jutaan.


Penutup..

 

Banyak sekali rekomendasi aplikasi edit foto yang bisa dijalankan di Windows 10. 7 aplikasi diatas, saya harap bisa membantu sobat yang hobi editing foto dan sedang bingung mencari aplikasi terbaik untuk editing foto.

Beberapa aplikasi diatas, penggunaannya harus disesuaikan dan dipelajari terlebih dahulu (Seperti Photoshop, Lightroom, dsb), karena banyaknya fitur yang ada.

Sekali lagi, semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Saya tunggu karya seni dari photo editing sobat.

Punya masalah gadget atau komputer? Masukkan email Anda disini dan dapatkan cara-cara perbaikinya:

0 Response to "7 Aplikasi Edit Foto Terbaik Windows 10 (Pemula dan Enthusiast)"

Post a Comment

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini.

2. Karena banyaknya Spam, komentar dengan link aktif tidak akan di publish KECUALI relevan dengan artikel

3. Sekali lagi, KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan