5 Jitu Cara Mengatasi Aplikasi Kontak Berhenti Terus Menerus (Sayangnya kontak telah terhenti)



Aplikasi kontak adalah sebuah aplikasi bawaan sistem Android dimana didalamnya terdapat data-data orang lain. Dari nama, nomor HP, Email sampai alamat yang kita telah simpan akan terlihat di aplikasi kontak.

Sama halnya dengan aplikasi-aplikasi Android lainnya, aplikasi kontak ini juga bisa terjadi error. Error yang terjadi juga macam-macam, salah satunya adalah aplikasi kontak yang memberikan pesan "Sayangnya kontak telah terhenti" dan berhenti secara terus menerus.



Kontak error rusak


Walaupun jaman sekarang penggunaan telepon atau SMS sudah relatif jarang digunakan akibat banyaknya aplikasi chat (Whatsapp, LINE, BBM dan sebagainya) tapi penggunaan telepon manual masih sering digunakan, apalagi mengingat jaringan internet yang belum merata.

Dan kalau boleh jujur, orang-orang tua di Indonesia juga lebih suka memakai HP model lama yang penggunaannya relatif lebih mudah dari smartphone. Ditambah lagi, orang-orang Indonesia juga masih cukup banyak yang gaptek.


Kembali ke topik ...


Aplikasi kontak yang error ini, bisa disebabkan karena banyak hal. Penyebab kerusakan yang mengakibatkan aplikasi kontak berhenti terus-menerus, salah satunya adalah karena terdapat error pada sistem Android yang Anda gunakan, atau bahkan aplikasi kontak Anda sendiri yang error.

Nah, saya sendiri juga pernah mengalami error kontak berhenti seperti ini.. Bukan cuma 1-2 kali, tapi sampai berkali-kali (Akibat sering ngotak-atik HP)..

Dari pengalaman tersebut, disini saya akan membagikan Cara memperbaiki aplikasi kontak berhenti terus menerus dan mengeluarkan pesan "Sayangnya kontak telah terhenti" di Android.

Langsung saja, berikut caranya...


1. Restart HP Anda


Cara paling simpel yang bisa dilakukan, pertama Anda bisa merestart HP Anda terlebih dahulu. Dengan melakukan restart, segala aktivitas aplikasi dan sistem yang berjalan di HP kan secara otomatis berhenti dan ter-reset.

Karena segala aktivitas yang berjalan terhenti dan ter-reset, maka error yang terdapat di aplikasi saat itu pun juga akan ikut hilang, sehingga aplikasi akan normal kembali saat dibuka ketika HP telah di restart.

Kalau aplikasi kontak HP Anda bisa terbuka ketika HP sudah di restart, itu artinya kerusakan aplikasi kontak HP Anda masih termasuk ringan.


2. Hapus data dan cache aplikasi kontak Anda


Pada sebuah aplikasi, ketika aplikasi tersebut bekerja, sistem secara otomatis akan merekam aktivitas aplikasi tersebut dan menyimpannya ke dalam sebuah file, file ini bernama cache.

Fungsi cache sendiri adalah untuk mempercepat kinerja aplikasi sekaligus sistem. Karena dengan file yang telah terekam, maka sistem bisa me-load aplikasi tersebut dalam waktu singkat.

Masalahnya, jika terdapat error data pada aplikasi yang digunakan, error tersebut juga bisa terekam pada file cache. Error yang terekam inilah salah satu penyebab kenapa aplikasi HP Anda selalu berhenti, tidak terkecuali aplikasi kontak.

Untuk cara mengatasinya, pertama Anda harus mem-backup terlebih dahulu seluruh kontak Anda untuk jaga-jaga (Tutorialnya cari di Google ya, karena panjang kalau bahas disini).

Selanjutnya, silakan ikuti cara berikut :

  • Klik settings
  • Cari Apps (Tempat hapus aplikasi)
  • Cari aplikasi Kontak / Contact lalu buka aplikasinya
  • Klik force stop (Kalau tidak bisa, lanjut)
  • Geser kebawah, Anda akan menemukan tombol Hapus data, Hapus Cache (Clear data, Clear Cache)

clear kontak

  • Silakan clear keduanya
  • Jika sudah, restart HP Anda terlebih dahulu


Selesai. Sekarang, silakan buka aplikasi kontak HP Anda. Error yang ada, akan hilang dan aplikasi akan berjalan normal kembali. Cara ini juga bisa digunakan di beragam aplikasi (Bukan kontak saja).

Cara ini, khusus digunakan jika memang error yang ada terdapat di aplikasi kontak HP Anda. Tapi, kalau errornya terdapat pada sistem, maka cara diatas tidak berpengaruh.

Jika errornya terdapat pada sistem, Anda bisa menggunakan cara :


3. Factory reset / Reset Pabrik


Factory reset alias reset pabrik, bisa dibilang sangat efektif untuk mengatasi berbagai macam error di Android, termasuk aplikasi kontak yang error..

Dengan melakukan factory reset, HP Anda yang terdapat error pada sistemnya akan tereset dan data-data akan terhapus, sehingga HP Anda jadi seperti baru beli.

Nah, sebelum melakukan factory reset, silakan backup terlebih dahulu data-data kontak dan data-data pribadi Anda (Seperti foto, video, pdf, chat) karena semua datanya akan hilang.

Untuk melakukan factory reset, ada 2 cara.. Yaitu lewat settings atau mode recovery.. Tapi supaya mudah dipahami, Anda bisa melakukannya lewat settings. Caranya :

  • Klik Settings
  • Klik pada Buat Cadangan & Setel Ulang
  • Kemudian klik Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik  (Factory reset)

Kontak reset

  • Pilih Reset Ulang


Selanjutnya, HP Anda akan melakukan proses penghapusan data. Proses ini membutuhkan waktu selama beberapa menit sebelum HP akan me-restart secara otomatis.

Jika proses reset sudah selesai, coba cek kembali aplikasi kontak Anda. Error yang ada kemungkinan besar sudah menghilang.


4. Pakai aplikasi kontak lain


Aplikasi kontak bawaan, di sebagian besar HP pada dasarnya tidak bisa dihapus, kecuali Anda sudah melakukan root pada HP Anda. Untuk ini, Anda bisa menggunakan aplikasi kontak lain.

Aplikasi kontak, sebagian orang berpikir hanya itu-itu saja. Padahal, aplikasi kontak banyak sekali variasinya di Playstore. Aplikasi-aplikasi kontak yang ada di playstore, bahkan banyak memiliki fitur yang jauh lebih lengkap dibanding aplikasi kontak bawaan.


Aplikasi kontak playstore


Nah, Anda bisa mencoba untuk memakai aplikasi kontak dari playstore untuk mengganti aplikasi kontak bawaan HP Anda. Dengan ini, Anda tidak perlu memakai aplikasi kontak lama yang error.


5. Flash ulang HP Anda


Berbeda dengan reset pabrik seperti yang dibahas sebelumnya yang bertujuan untuk mereset sistem, flashing ulang, akan mengganti sistem lama Anda dengan sistem yang baru.

Untuk flashing ulang, Anda bisa menggunakan jasa seseorang atau membawanya ke service center. Dan sebenarnya, flashing ulang juga bisa dilakukan oleh siapa saja, asalkan ada kemauan + berani mencoba..

Dengan flash ulang sistem, otomatis seluruh sistem akan diganti, termasuk aplikasi kontak bawaan Android lama, sehingga error yang ada dijamin akan hilang.

Saran tambahan dari saya, kalau bisa, flash sistem dengan versi yang lebih baru (update) dari sebelumnya. Tujuannya, agar error-error yang ada diperbaiki.

  • Note : Jangan lupa untuk backup data sebelum melakukan flashing


Penutup....

 

Mengatasi Aplikasi kontak HP Android yang berhenti terus menerus, jujur saja sangatlah mudah. Dengan 5 cara diatas, saya bisa jamin aplikasi kontak Anda yang error akan normal kembali.

Sebagian dari cara diatas, memiliki resiko kehilangan data. Do it with your own risk.. Karena itu, saya sarankan agar Anda mem-backup seluruh data-data penting Anda (Termasuk data kontak).

Sekali lagi, semoga cara diatas bisa membantu..

Semoga bermanfaat.



Punya masalah gadget atau komputer? Masukkan email Anda disini dan dapatkan cara-cara perbaikinya:

0 Response to "5 Jitu Cara Mengatasi Aplikasi Kontak Berhenti Terus Menerus (Sayangnya kontak telah terhenti)"

Post a Comment

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini.

2. Karena banyaknya Spam, komentar dengan link aktif tidak akan di publish KECUALI relevan dengan artikel

3. Sekali lagi, KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan