Laptop Hang & Macet Saat Baru Nyala? Ini Cara Mengatasinya!

Cara mengatasi Laptop Hang saat baru dinyalakan - Laptop Hang, Macet Tidak Ada Respon Saat Baru Startup - Ini bisa saja terjadi. Karena saya sendiri sudah pernah mengalaminya beberapa kali.

Oh ya, buat yang belum tahu.. Startup yang dimaksud disini, bisa tiga hal. Saat Booting, saat selesai Booting, dan setelah mau masuk Windows. Kalau bingung, itu lho.. Yang ada tulisan Starting Windows dan Welcome (Kalau nggak salah).

Efeknya? Well sudah pasti Laptop jadi nggak bisa dipakai. Untuk itulah disini saya ingin sedikit membahasnya.


Laptop macet waktu baru dinyalakan (Tutorial Terbaru)


Ada banyak penyebab dari masalah Laptop yang macet saat Startup. Tapi nggak usah ambil pusing, berikut ini adalah hal-hal utama yang biasa terjadi :




Penyebab Laptop Hang Saat Startup


Masalah File Cache Sistem Terlalu Penuh : Nggak usah ribet sama namanya. Maksud Cache disini ialah File sistem yang otomatis muncul ketika Laptop dipakai.  File-file seperti ini bisa memberatkan kinerja Laptop, dan sewaktu-waktu bisa membuat sistem jadi susah loading. Efeknya bisa dirasa waktu Startup.


Terlalu Banyak Aplikasi Terinstall : Banyak Aplikasi terinstall, akan memberatkan kinerja komponen Laptop (RAM, Processor, Harddisk). Singkatnya ini bukan disebabkan keseluruhan, melainkan pada Aplikasi yang dimuat waktu loading awal.


Terdapat Virus : Virus pada sistem Windows memang cukup umum ditemui. Dan ini bisa memberatkan kinerja, termasuk waktu proses Start sedang dimulai. Efeknya loading akan melambat.. Dan di waktu tertentu bisa membuat Startup macet bahkan gagal.


Terdapat Kerusakan Pada Sistem : Well, maksudnya disini ialah karena Anda memasang Aplikasi tertentu, atau memang merubah suatu File sistem. Ini tentunya bisa berpengaruh, dan membuat sistem jadi nggak normal (Kalau memang ada yang bikin Error).


Harddisk Rusak : Harddisk rusak bisa saja terjadi di Laptop. Umumnya sih disebabkan karena umur Laptop yang sudah terlalu lama, atau karena Laptop suka mati sendiri. Sistem akan tersimpan didalam Harddisk. Kalau rusak, tentu saja akan pengaruh terhadap sistem, termasuk ketika baru dijalankan.




Cara Mengatasi Laptop Macet Ketika Baru Dinyalakan


Untuk penyebabnya itu saja ya? Yap.. Karena seperti yang saya bilang, nggak usah ambil pusing. Kita cukup fokus ke hal-hal tersebut saja.

Nah, berikut ini saya ingin membahas bagaimana cara mengatasi Laptop yang Hang ketika baru dinyalakan.

Tentunya dengan beberapa tips tambahan, agar Laptop bisa dipastikan jadi normal kembali.


1. Memakai System Restore Windows



laptop hang macet saat baru nyala


Sesuai namanya, System Restore adalah Fitur untuk mengembalikan kondisi sistem ke dalam waktu tertentu (Misalnya dari hari senin balik jadi hari minggu).

Ini akan sangat membantu, untuk memperbaiki sistem yang terdapat bug atau terjadi kesalahan (Error).

Untuk caranya.. Nyalakan Laptop > Setelah layar BIOS > Tekan F6 - F7 atau F8 berulang-ulang (Sampai ada pilihan Safe Mode, Repair dan lain-lain) > Pilih Repair Computer.

Kalau sudah, masuk ke System Restore, dan coba kembalikan Laptop ke Point yang telah ada sebelumnya (Biasanya ada satu atau dua).

Gimana kalau nggak ada? Well, Restore Point tersebut sebenarnya wajib. Tapi kalau nggak ada, coba pakai solusi selanjutnya..




2. Reinstall Windows


Install Ulang Windows


Reinstall Windows sebenarnya hampir sama cara kerjanya dengan memakai System Restore diatas. Hanya saja ya.. Cara ini 80% jauh lebih efektif, karena semua data sistem akan diganti dengan yang baru.

Nah, karena data lama > diganti jadi baru. Otomatis semua Bug bisa dipastikan bakal hilang semua. Jadi masalah Startup juga sudah pasti bakal hilang.

Caranya gimana? Wah, kalau dibahas disini sudah pasti akan sangat panjang. Coba cari tutorialnya via Google atau Youtube. Beberapa ada yang membahas cukup Lengkap kok.




3. Bersihkan File Sampah Di Windows



Laptop Macet Saat Booting


Yap, File sampah yang saya maksud disini, adalah File Cache seperti yang dibahas di awal tadi.

To the Point saja, cara ini bisa dilakukan, kalau Anda nggak bisa melakukan System Restore, serta belum memungkinkan melakukan install ulang.

Untuk caranya sendiri bisa lewat Safe Mode > Masuk Fitur Disk Cleanup (Klik kanan Drive C: > Properties > Disk Cleanup > Lalu tunggu Prosesnya).

Dilanjutkan dengan membersihkan File Registry menggunakan Aplikasi tertentu (Seperti CCleaner atau sejenisnya).

Bingung? Well, lengkapnya silakan baca saja di Artikel yang pernah saya bahas (Membersihkan File sampah Windows). Bisa pakai Fitur Search diatas.


4. Melakukan Defragmenter Harddisk



Defrag Harddisk Laptop Hang

Sama seperti File Sistem, Harddisk semakin lama akan semakin menumpuk File-File yang akhirnya jadi berantakan. File-File ini tentu akan memberatkan kinerja Harddisk sehingga membuat kecepatannya melambat.

Terus apa hubungannya dengan Startup yang Hang?

Harddisk ini berpengaruh terhadap kecepatan loading sistem. Semakin banyak File-File menumpuk, akan semakin lambat pula loading Sistem. Dan salah satu efek akhirnya ialah sering terjadi Hang.

Nah, melakukan Defrag Harddisk bisa membantu untuk mengatasi hal ini. Caranya pada kolom Search > Ketik Defrag > Buka > Klik Analyze > Lalu klik Optimize pada Drive yang diinginkan (Rekomendasi saya semuanya saja).


5. Disable Program Startup


Aplikasi Startup


Saat Startup dimulai, Laptop akan melakukan loading data-data Sistem. Nah ini perlu diketahui, loading tersebut juga termasuk Aplikasi yang terinstall.

Sebenarnya ini normal saja. Namun kalau sudah terlalu banyak, Efeknya sama seperti File Cache seperti yang telah kita bahas sebelumnya. Belum lagi kalau ada Program rusak, Error Stuck Startup bisa lebih sering muncul.

Untuk cara mengatasinya, pada kolom Search ketik MSCONFIG > Masuk ke Tab Startup > Lalu hilangkan centang pada Aplikasi-Aplikasi yang tidak diperlukan.

Selanjutnya masuk juga ke Tab Service > Centang opsi Hide All Microsoft Service > Kemudian hilangkan centang pada Aplikasi yang tidak dibutuhkan.

Oh ya, khusus untuk Windows 10, silakan lakukan lewat Task Manager (Klik Ctrl + Shift + Esc).


6. Cek Kerusakan Harddisk Laptop Anda


Cek Harddisk Laptop


Saya sempat bilang, Harddisk yang rusak bisa berpengaruh terhadap kinerja sistem Laptop. Nah, kerusakan yang dimaksud ini adalah Bad Sector.

Apa itu Bad Sector? Bad Sector adalah istilah kerusakan Harddisk, yang membuat data-data didalamnya jadi nggak bisa terbaca. Gampangnya seperti tulisan pada buku yang sudah pudar tidak bisa terbaca.

Untuk mengatasi hal ini, Anda harus mengecek dulu, apakah Harddisk Laptopnya masih normal atau nggak. Bisa pakai Aplikasi khusus, seperti Harddisk Sentinel atau HDTune.

Kalau rusak, saya sarankan ganti saja Harddisknya, atau coba solusi selanjutnya.


7. Mempertimbangkan Untuk Upgrade SSD


Startup berhenti


Harddisk sudah rusak? Dan sedang mempertimbangkan untuk menggantinya dengan yang baru? Kalau begitu saya sangat menyarankan untuk Upgrade ke SSD.

Buat yang belum tahu, SSD adalah sebuah komponen penyimpanan, dengan kecepatan baca yang jauh lebih cepat dibanding Harddisk.

Ini tentunya bisa membuat kinerja Laptop secara keseluruhan naik, meningkatkan kecepatan Startup, serta menghilangkan masalah macet ketika Laptop baru dinyalakan.

Saya taruh di poin terakhir ini karena sifatnya optional. Kalau mau, Anda tetap bisa stay dengan Harddisk, terutama jika memang lebih butuh penyimpanan besar.


Penutup...



Nah, demikian Cara mengatasi Laptop Hang saat baru dinyalakan dan Hang / Macet saat baru Startup. Cara ini bisa digunakan di semua jenis Laptop dan semua versi Windows. Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 10 dan versi Windows lainnya.

Setelah berhasil diatasi, saya sarankan juga agar Laptop kinerjanya selalu dijaga. Terutama kalau sering dipakai ya.. Karena ini bisa berpengaruh sekali nantinya.

Kalau Anda punya tambahan lain, atau masih ada yang bingung pada salah satu langkah, nggak usah repot. Kirimkan saja pertanyaan tersebut lewat kolom komentar dibawah.

Semoga bermanfaat ya.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..