2 Cara Ping Google Agar Download Dan Internet Stabil

Banyak cara mempercepat internet telah saya berikan di blog ini. Terakhir, saya sempat membagikan "cara percepat download file besar agar download tidak corrupt" (Bisa dicari di situs ini).

Nah, sekarang saya akan membagikan tips singkat cara ping Google, yang bermanfaat agar internet dan kecepatan download sobat lebih stabil, dan pastinya ga pake repot (Baca juga : Apa itu ping)


Cara ping google


Nah, di artikel cara percepat wifi, saya sempat membahas bahwa ping CMD adalah suatu perintah yang digunakan untuk mengecek kestabilan koneksi internet, dan tidak berpengaruh pada kecepatan internet.

Statement ini  belum berubah, mengingat saya belum menemukan sumber terpercaya yang bisa saya pegang jika memang ping ini ada pengaruh dengan kecepatan internet.

Nah, tapi ada manfaat lain dari ping, yaitu bukan untuk mempercepat internet, melainkan menstabilkan koneksi internet. Ini berdasarkan pengalaman karena sudah saya tes sendiri.


  • Note : Mau tahu lebih banyak perintah-perintah yang ada di CMD? CMD ini bisa dilakukan untuk banyak hal. Diantaranya sobat bisa shutdown lewat CMD sampai membersihkan virus. Atau modifikasi CMD? Sobat bisa mencobanya di artikel : Cara memakai CMD untuk berbagai kebutuhan


Cara kerja pastinya saya tidak tahu pasti, tapi dari bayangan saya, dengan melakukan ping ini, secara otomatis internet akan merespon ping CMD tadi.

Respon inilah yang akan membuat koneksi internet menjadi stabil, apabila pingnya dilakukan secara terus menerus (Mungkin ya)..


Cara Ping Google Agar Internet Stabil

 

Untuk melakukan ping, sebenarnya tidak hanya ke Google saja. Website-website lain pun bisa di ping untuk mengecek kualitas koneksi Internet. Tapi memang, Google lah yang menjadi server paling sering dipakai oleh para pengguna PC / Laptop.

Untuk melakukan ping, ada 2 cara dengan 2 perintah. 2 Perintah ini nyaris sama dan mudah diingat. Nah, Ga pakai lama, berikut caranya :


1. Cara ping Google : Metode pertama

1. Pertama, buka CMD dengan cara : Klik start >> ketik CMD | Klik start >> Run >> CMD


buka cmd


2. Nah, kalau CMD sudah terbuka, ketikkan Ping google.com


Perintah ping



3. Maka secara otomatis, CMD akan melakukan ping ke google.com


proses ping



Cara ini, adalah cara untuk melakukan ping tapi dengan jangka waktu singkat. Perintah ini biasanya dipakai ketika memang ingin mengecek koneksi internet saja.

Hal ini bisa dilihat di screenshots diatas, dimana CMD menampilkan jumlah statistik kualitas koneksi saat proses ping selesai.

Nah, lalu bagaimana kalau sedang download? Tidak mungkin kita mengetik ping terus menerus sampai proses download selesai..

Untuk ini, sobat bisa memakai cara berikut ..


2. Cara ping Google lewat CMD : Metode 2

1. Pertama, buka CMD dengan cara : Klik start >> ketik CMD | Klik start >> Run >> CMD


cara buka cmd


2. Nah, kalau CMD sudah terbuka, ketikkan Ping google.com -t (Tambahkan -t)

ping

3. Maka secara otomatis, CMD akan melakukan ping ke google.com secara terus menerus hingga sobat menutup CMDnya.


Cara ping google terus menerus


Mudah bukan? Silakan tes sendiri, saya jamin, proses download sobat akan lebih stabil.


Penutup...

Melakukan ping, sangatlah mudah, bahkan hampir semua orang sudah tahu sekarang. Artikel ini saya tujukan untuk sobat yang masih awam dan belum cara melakukan ping lewat CMD.


Semoga dengan artikel singkat ini, pengetahuan sobat bisa sedikit bertambah dan bisa membantu sobat.

Kalau sobat pengguna Android, sobat bisa melihat Cara ping koneksi internet di Android (Karena caranya agak sedikit berbeda).

Kurang lebihnya mohon maaf, semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..