3 Cara Cari GIVEAWAY Untuk Dapat Barang GRATIS dari Internet

Giveaway! Adalah sebuah event internet yang biasanya membagikan barang tertentu secara GRATIS! Barang ini banyak sekali jenisnya, ada smartphone, hardware komputer, item game, barang kosmetik, dan masih banyak lagi.

Pokoknya event-event giveaway ini, membagikan barang-barang tertentu secara gratis dengan harga barang puluhan ribu, bahkan pada event tertentu mencapai puluhan juta rupiah.

Untuk sobat yang setidaknya ingin menguji keberuntungan atau sekedar iseng-iseng berhadiah, kenapa tidak untuk ikut acara giveaway ini?


Cara menemukan giveaway


Giveaway, paling sering saya lihat diadakan oleh perusahaan tertentu, kadang juga perorangan. Nah, giveaway sendiri kalau di internet biasanya diadakan lewat website, sosial media, dan youtube.

Masalahnya, giveaway itu sifatnya hanya sesekali saja, dan setiap giveaway memiliki batas waktu yang telah ditentukan. Apabila telah melewati batas waktu tersebut, maka giveaway akan berakhir dan sobat tidak bisa mengikutinya lagi.

Karena itulah sobat harus cepat-cepat ikut sebelum kehabisan waktu.


Mencari Giveaway di internet



Sebelumnya saya bilang, bahwa giveaway di internet itu biasanya diadakan di website-website, sosial media, dan youtube. Mungkin masih ada yang lainnya, tapi sifatnya kurang umum.


Nah, pada artikel ini, saya ingin membagikan cara mencari giveaway di internet, yang semoga bermanfaat untuk sobat yang suka iseng-iseng browsingan tapi mau dapat hadiah.

Nah, berikut caranya...


1. Mencari giveaway lewat youtube..

 

giveaway youtube

 

Yang pertama youtube. Youtube adalah situs video sharing terbesar di dunia saat ini dengan jutaan penggunanya. Singkat saja, pada sebuah channel youtube (terutama yang terkenal), terkadang mereka suka mengadakan acara giveaway untuk para suscriber mereka.

Disinilah kita beraksi..

Lalu bagaimana cara cari channel yang sedang mengadakan giveaway tapi kita belum suscribe channelnya?

Kebanyakan channel youtube, mengumumkan giveaway mereka lewat sebuah video. Untuk ini, sobat bisa memanfaatkan form search (Kotak pencari) pada youtube.


Caranya..? Mudah!


  • Pada kotak search youtube, ketikkan Giveaway Indonesia / Sesuaikan kata kunci yang sobat inginkan (Yang penting, terdapat kata "giveaway"-nya).

kata kunci


  • Klik tombol filter (Pada bagian kanan)
 
hasil pencarian youtube 1


  • Perhatikan bagian upload date.. Ubah jadi this week (Minggu ini) atau this month (bulan ini).

settings


  • Jika sudah, klik search lagi, dan otomatis, video-video giveaway yang di upload seminggu atau sebulan yang lalu akan terlihat.


hasil pencarian youtube


Nah, sekarang sobat tinggal mencari saja video-video giveaway yang diinginkan. Kalau mau, ikuti semua juga terserah.

Tapi perlu diketahui..

Kadang ada channel yang membuat GIVEAWAY PALSU hanya untuk menarik suscriber baru (Karena salah satu syarat giveaway di youtube, biasanya harus suscribe terlebih dulu).

Untuk menghindarinya, ada beberapa tips yang saya berikan, diantaranya :

  • Pilih channel yang suscribernya sudah lumayan (Lebih bagus 10 ribu keatas)..
  • Kalau ada tanda ceklis (✓) pada channelnya, itu jauh lebih bagus.
  • Video giveaway yang sudah dilihat ribuan kali, lebih meyakinkan dibandingkan dengan video yang baru dilihat ratusan kali (Tentunya dengan chance menang lebih kecil nantinya).
  • Cek history video channel tersebut, apakah mereka pernah mengadakan giveaway atau tidak. Kalau pernah (dan benar membagikan), akan lebih meyakinkan lagi.
  • Dan masih banyak lagi..


Sebenarnya, untuk ikut giveaway tidak usah milih-milih juga tidak apa-apa. Karena giveaway sendiri biasanya dicari ketika waktu sedang luang saja. Kalau perlu, ikut saja semuanya dengan memikirkan benar tidaknya itu belakangan.

Nah, kalau sobat pernah menemukan channel yang memenuhi syarat giveaway diatas, lebih baik pantau saja terus, siapa tahu suatu saat channel tersebut akan mengadakan giveaway lagi.


2. Mencari giveaway lewat website

 

giveaway website

 

Selanjutnya website. Tidak beda dengan youtube, website-website juga tidak sedikit yang suka mengadakan giveaway, walau memang setahu saya tidak sebanyak jika dibandingkan dengan channel-channel youtube.

Kelebihannya, saya lebih sering melihat perusahaan-perusahaan mengadakan giveaway produk mereka ke sebuah website (Entah itu milik sendiri atau pihak lain) dibanding channel youtube (Walau tidak semua).

Lalu bagaimana cara mencari website yang sedang mengadakan giveaway?

Tidak beda dengan youtube yang memakai form pencari untuk mencari video. Untuk website sobat bisa menggunakan search engine, atau paling sering digunakan, pastinya Google.

Caranya begini..

 
  • Ketikkan kata kunci giveaway

giveaway


  • Maka akan muncul artikel-artikel yang berhubungan dengan giveaway..


hasil awal


  • Karena artikel-artikel ini tidak relevan dengan yang sedang kita cari, sobat klik terlebih dahulu tombol alat / tools di bagian kanan.


setting google

  • Ubah setting country jadi Indonesia dan setting waktu jadi Past Week / Past Month (Seminggu / Sebulan Lalu).

setting google tools


  • Selesai, tinggal cari saja satu persatu.

hasil cari giveaway
Kalau beruntung, bisa dapat langsung seperti yang di gambar



Untuk website, jujur saja, saya belum menemukan patokan pasti untuk melihat apakah giveaway yang diadakan palsu atau tidak. Yang baru saya ketahui sejauh ini, hanyalah dengan melihat apakah website itu terkenal atau tidak.

Dengan cara diatas, terkadang yang muncul bukanlah giveaway yang diadakan langsung oleh website tersebut, melainkan giveaway yang diadakan pihak lain, lalu di promosikan oleh website tersebut (Tentunya masih bisa diikuti).

Kalau sobat sudah menemukan website yang bagus, sobat tinggal bookmark saja website tersebut. Karena beberapa website ada yang rutin juga lho, mengadakan giveaway.

  • Note : Website jagatreview.com kadang-kadang mengadakan giveaway juga sob. Tapi kebanyakan barangnya hanya seputar komputer / HP saja.


3. Lewat sosial media (Sosmed)

 
cari giveaway FB

 

Kalau diantara website dan sosial media (sosmed), saya pikir lewat sosial media-lah kita bisa lebih sering menemukan giveaway. Sosial media ada banyak jenisnya. Ada instagram, twitter, facebook dan lain-lain. Tapi karena saya hanya pengguna facebook, jadi saya akan membagikan caranya untuk metode lewat facebook saja.

Singkat saja, banyak sekali perusahaan-perusahaan yang membuat fanspage mereka di facebook. Fanspage ini berguna untuk media promosi produk mereka (Apalagi sekarang ada facebook ads).

Lewat fanspage inilah, kita bisa mencari dan mengikuti giveaway yang sedang diadakan.

Nah, bagaimana cara mencarinya?


Cara cari giveaway FB



Cara mencarinya, jujur saja tidak pasti. Karena memang agak sulit mencari fanspage-fanspage yang suka mengadakan giveaway. Tapi ada beberapa tips yang bisa saya beri :


  • Carilah sebuah perusahaan / merk 
 
  • Ketikkan nama perusahaan tersebut ke kolom search facebook
 
  • Kalau sudah ketemu, like dan follow fanspage tersebut (Untuk melihat berita terbaru FP tersebut, siapa tahu ada giveaway)

  • Lakukan lagi dan lagi sebanyak mungkin



Tidak semua perusahaan suka mengadakan giveaway. Tapi ada beberapa perusahaan tertentu yang suka mengadakan giveaway pada event tertentu. Dan yang paling sering saya temukan itu barang elektronik (Seperti smartphone / laptop / hardware komputer).

Bukan hanya perusahaan, toko-toko yang memiliki fanspage pun kadang juga suka mengadakan giveaway dalam rangka promosi. Untuk mencari toko seperti ini, sedikit lebih sulit dibanding mencari merk / perusahaan.

Tips lainnya, sobat bisa bergabung ke grup facebook yang membahas topik tertentu (Seperti HP / Komputer / Kesehatan / Otomotif, dan lain-lain), karena terkadang para member disana juga sering memberi informasi giveaway yang diadakan oleh pihak tertentu.

Intinya, kalau sudah melakukan tips-tips diatas, sobat tinggal menunggu waktu saja sampai ada event yang diadakan..


  • Note : Untuk sosial media lain, silakan sesuaikan.


Penutup..

Mencari giveaway, gampang-gampang sulit karena giveaway memang tidak begitu sering diadakan. Giveaway yang diadakan juga kadang-kadang palsu dan akhirnya kita yang sudah capek-capek ikut malah tidak dapat apa-apa..

Yang selanjutnya harus saya katakan.. Giveaway itu sifatnya untung-untungan. Dan chance luck yang didapat semakin kecil jika memang semakin banyak yang mengikuti giveaway tersebut (Kalau memang sifatnya undian).

Tapi jika giveaway yang diikuti adalah giveaway dengan tema lomba, sobat bisa memperbesar chance (kesempatan) menang semakin besar dengan mengikuti lomba tersebut dengan serius (Biasanya nulis, bikin foto / video dan sebagainya).

Sekali lagi, semoga artikel ini bisa membantu sobat yang hobi ikut-ikut giveaway seperti saya hehe..

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..