Apa Itu Domain .XYZ & Apa Kelebihan Dan Kekurangannya?

Domain .xyz, mungkin masih terasa asing bagi sebagian orang, karena ketika berselancar di internet, jujur saja, kita pasti paling sering menemui website dengan akhiran .com di belakangnya. Selain .com, ada juga .net, .id, .co.id dan sejenisnya.

Walau sobat relatif jarang menemukan nama domain ini di internet, sebenarnya domain .xyz sudah cukup banyak di daftarkan lho, oleh para blogger. Bahkan pada november 2015, domain .xyz sudah didaftarkan lebih dari 1,5 juta orang di seluruh dunia.

Itu 2015.. Entah kalau sekarang.. Mungkin sudah meningkat jauh lebih pesat.

Domain xyz


Kalau baca-baca di internet, pemilihan nama XYZ ini berdasarkan sebuah teori yang mengklasifikasikan para pengguna teknologi ke 3 kategori, yaitu X, Y dan Z (Generasi XYZ). Nah, maksudnya begini..

Kategori X, adalah generasi untuk orang-orang yang lahir di rentang waktu 1960 hingga 1980. Kategori Y adalah generasi untuk orang-orang yang lahir di rentang waktu 1977 hingga 2004, dan kategori Z adalah generasi untuk orang-orang yang lahir dari tahun 2001 dan seterusnya.


Pengalaman beli domain .xyz

 

Saya sendiri sebenarnya sudah mencoba domain .xyz untuk beberapa blog pribadi saya. Domain .xyz ini, saya pakai untuk blog yang akan didaftarkan Google Adsense (Supaya dapet non-hosted), dan satunya untuk percobaan safelink.


But why saya pilih domain .xyz?

Karena untuk saat ini, domain ini sangat murah harganya. Saya muter-muter kesana kemari, dan rata-rata saya menemukan harga domain ini hanya 20 ribuan. Bahkan, kalau sobat beruntung, sobat bisa menemukan promo domain .xyz dengan harga hanya 5000 rupiah saja.

Pada akhirnya, saya beli domain .xyz ini di salah satu penyedia domain lokal terkenal di Indonesia. Biaya yang saya keluarkan untuk beli domain ini saat itu hanya 11 ribu rupiah. Itu juga sudah termasuk PPN.

Tapi menurut saya jauh lebih baik jika dibandingkan dengan domain gratisan yang bisa mati kapan saja (Pengalaman pribadi).


Kelebihan domain .xyz

 

Nah, lanjut ke pembahasan utama. Setiap domain tentunya memiliki kelebihan serta kekurangan tersendiri. Tidak terkecuali domain .xyz.. Berikut kelebihan dari domain .xyz


Harga super murah

Seperti yang saya bilang tadi, harga domain .xyz untuk saat ini masih sangat murah. Sobat bisa menemukan domain ini di kisaran harga 2$ atau bahkan lebih murah.

Harganya yang murah ini, sangat cocok untuk sobat blogger yang ingin domain TLD tapi tidak punya banyak modal, seperti saya.


Lebih mudah untuk diingat

Domain .xyz hanya terdapat 3 huruf, sehingga jadi lebih mudah untuk diingat. Jauh berbeda jika sobat menggunakan subdomain bawaan, seperti blogspot.com atau wordpress.com.

Domain yang mudah diingat, berpotensi untuk mendapatkan returning visitor bahkan visitor loyal.


Lebih terpercaya

Kalau disuruh memilih antara domain gratisan dan domain .xyz, saya lebih memilih domain .xyz walaupun harus mengeluarkan sedikit biaya. Karena memang, domain .xyz jauh lebih bisa dipercaya.


Alasannya, karena perusahaan sebesar Google sendiri punya website dengan domain .xyz untuk salah satu proyek perusahaannya. Penasaran? Klik abc.xyz

Ditambah, domain ini juga terus berkembang dengan pesat hingga saat ini. So, jangan ragu-ragu lagi.


Lebih banyak pilihan untuk mendaftar

Domain .com, .net dan sejenisnya, sudah didaftarkan dan dipakai oleh banyak sekali orang.  Ini menyebabkan alamat domain yang tersedia untuk didaftarkan jadi menurun karena 1 domain hanya bisa untuk 1 website.

Tapi mengingat domain .xyz masih relatif baru, alamat yang tersedia jadi jauh lebih banyak dibandingkan domain TLD sejenis.



Ada kepuasan tersendiri

Penggunaan domain TLD, tidak terkecuali domain .xyz, memang memberikan kepuasan tersendiri. Ini karena blog yang kita buat terasa lebih 'professional' dan terlihat 'premium'.

Dalam beberapa kasus, penggunaan domain TLD juga bisa membuat sobat jadi lebih rajin mengupdate blog lho.


Kekurangan domain .xyz  



Masih belum banyak diketahui

Ini karena domain .xyz baru beberapa tahun lalu diluncurkan, dan jumlah registrasi domainnya tentu masih lebih sedikit jika dibandingkan dengan domain TLD sejenis. Karenanya, domain .xyz masih belum banyak diketahui oleh sebagian orang..

Akibatnya, kadang ada orang yang malas mengunjungi situs dengan domain .xyz dikarenakan terasa tidak familiar dengan nama domainnya.


Berbayar

Sebenarnya poin ini bukanlah termasuk kekurangan, karena pada dasarnya, domain TLD itu rata-rata berbayar. Tapi saya masukkan disini karena bagi sebagian orang, menggunakan domain berbayar tentunya agak memberatkan. Apalagi jika belum menghasilkan dari blog. 


Kesimpulan...

 

Menurut saya, penggunaan domain .xyz cukup worth untuk investasi masa depan. Mengingat domain ini harganya masih sangat murah untuk saat ini. Domain ini juga terus dan terus berkembang. Belum lagi, Google sendiri juga punya website dengan domain .xyz.

Tapi untuk saat ini, saya memang masih percaya dengan domain TLD yang sudah populer. Seperti leskompi.com ini.

Semuanya tidak mengikat, karena banyak juga, yang sudah memakai domain .xyz untuk website mereka.

Silakan kembali ke keinginan masing-masing.


Penutup...


Nah, sekian informasi tentang apa itu domain .xyz serta kelebihan dan kekurangannya. Semoga informasi ini bisa membantu sobat yang ingin mendaftarkan domain .xyz ke website pribadi sobat.

Artikel ini saya tulis, didasarkan dari beberapa sumber + pengalaman pribadi saya menggunakan domain .xyz.

Semoga bermanfaat.

 

Punya masalah gadget atau komputer? Masukkan email Anda disini dan dapatkan cara-cara perbaikinya:

0 Response to "Apa Itu Domain .XYZ & Apa Kelebihan Dan Kekurangannya?"

Post a Comment

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini.

2. Karena banyaknya Spam, Mohon Maaf, Link aktif tidak akan diterbikan sekarang sob

3. KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan


Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..