Mudah! 9 Cara Mengatasi Kamera Android Tidak Bisa Dibuka (Update 2019)

Kamera Android Tidak Bisa Dibuka Dan Tidak Dapat Terhubung (Gagal) - Pernahkah Anda mengalami ini? Atau sedang mengalaminya?

Wah, pasti repot ya.. Apalagi kebutuhan pemakaian Kamera saat ini sudah sangat tinggi. Entah itu buat mengambil Foto atau Video.

Tapi ya apa jadinya kalau Kamera HPnya malah Error? Nah, inilah yang ingin saya bahas disini.


Kamera Android Tidak Bisa Dibuka Dan Gagal


Sejujurnya sih saya sendiri sudah mengalami masalah ini berkali-kali. Dan sampai saat ini untungnya masih selalu berhasil diperbaiki.

Nah, dari pengalaman tersebut, saya bisa menyimpulkan beberapa penyebab dari Kamera yang tidak bisa terbuka. Diantaranya seperti berikut :


Penyebab Kamera HP Android Tidak Bisa Dibuka



Bug pada Sistem : Misalnya Anda gagal melakukan Update tertentu.. Ini kadang berpengaruh lho..

Sistem tidak stabil : Misalnya banyak File sampah, RAM penuh dan lain-lain.

Efek Root : Root Android, kadang bisa membuat HP jadi tidak stabil. Salah satu hal yang biasa terjadi, ialah error pada Kamera.

Error pada Aplikasi Kamera : Aplikasi Kamera bawaan HP pun bisa berpengaruh. Misalnya efek dari kesalahan File Cache dan sejenisnya.

Kerusakan Komponen HP : Bisa dari kerusakan IC, Chipset atau paling sering sih kerusakan dari Kameranya langsung. Biasanya Efek dari kepanasan, HPnya jatuh, atau kena air.

Dan lain-lain : Dan masih banyak lagi..




Cara Memperbaiki Kamera HP Android Tidak Terhubung, Tidak Berfungsi Dan Tidak Bisa Terbuka


Sebelumnya ada sedikit hal yang perlu dicatat ya. Mudahnya disini kita bagi kerusakannya menjadi dua, yakni Sistem dan komponen.

Untuk komponen, biasanya agak susah diperbaiki sendiri. Dan untuk yang masih awam, Anda mau nggak mau harus membawanya ke Service Center.

Tapi, tentunya kita nggak tahu, apakah Errornya dari Sistem atau komponen, iya kan?

Jadi nggak salahnya Anda membaca tips-tips yang saya rangkum berikut..


  • Note : Pembahasan disini saya tujukan untuk semua HP Android ya. Xiaomi, ASUS, Samsung, Lenovo, OPPO, Vivo, Evercoss, Huawei dan lain-lain.


1. Restart HP Android Anda Terlebih Dahulu...

 

Restart Sistem

Sistem nggak stabil, akan membuat Aplikasi yang ada di HP jadi nggak stabil juga. Hal ini bisa menyebabkan aplikasi-aplikasi tersebut mengalami error (Termasuk Aplikasi Kamera).

Cara mengatasinya? Simpel saja. Silakan Restart HP Anda.

Dengan melakukan Restart, seluruh aplikasi yang berjalan akan tereset. Sistem pun otomatis akan jadi stabil kembali.

Selesai Restart, langsung saja Restart Kameranya.


2. Force Stop Aplikasi Kamera HP Android Anda


Force Stop Aplikasi Kamera


Tidak stabil.. Ya, mirip dengan sebelumnya. Tapi disini bukan Aplikasi secara keseluruhan, melainkan hanya Aplikasi kameranya saja.

Untuk yang ini penyebabnya bermacam-macam. Namun kebanyakan efek dari File sampah yang menumpuk.

Cara mengatasinya nggak sulit. Silakan pergi ke Settings > Aplikasi > Kamera > Pilih opsi Force Stop (Paksa Berhenti) > Lalu buka lagi Aplikasi Kameranya.

Metode ini bisa dilakukan untuk mengatasi Error :


  • Kamera tidak respon apa-apa. Misalnya hang, atau tiba-tiba berhenti sendiri (Sayangnya kamera telah berhenti).

  • Kamera tidak menampilkan gambar apa-apa. Yap, hanya tampilan gelap saja.

  • Kamera bisa dibuka, tapi tidak bisa dipencet (Mirip Hang, cuma masih jalan sebenarnya sih).


Kalau benar error yang didapat disebabkan karena kamera tidak stabil, maka cara diatas harusnya bisa membantu. Kalau belum bisa lanjut..



3. Clear Cache Dan Clear Data Aplikasi Kamera

 
Hapus Data Dan Cache Kamera

Seperti yang saya bilang sebelumnya, efek File sampah menumpuk memang bisa berpengaruh pada Kamera, yang menyebabkan jadi nggak bisa dibuka.

File sampah ini umumnya disebut sebagai File Cache. Kalau belum tahu,  File Cache adalah sebuah kumpulan data yang berfungsi untuk menyimpan seluruh konfigurasi Aplikasi (Termasuk Kamera).

Sayangnya, kalau ada konfigurasi Error, hal tersebut masih bisa tersimpan. Dan inilah yang menjadi penyebabnya.

Cara mengatasinya, kita tinggal menghapus saja Data Cache dari Aplikasi Kameranya. Caranya mirip dengan metode Force Stop sebelumnya. Buka Settings > Aplikasi > Kamera > Kemudian Hapus disana.

Well, kalau sudah silakan dicoba lagi. Biasanya efektif.


4. Lakukan Scanning Antivirus di HP Android Anda

 
Memperbaiki Kamera Hang Dengan Antivirus

Sebenarnya sih masalah Virus di HP Android ini cukup jarang muncul. Tapi ya.. Jarang bukan berarti nggak ada, iya kan?

Ini masih berhubungan dengan masalah Stabilitas di Aplikasi, yang menyebabkan Aplikasi kamera jadi error.

Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan Scanning menggunakan Aplikasi Antivirus (Rekomendasinya bisa dibaca di Pembersih Virus Android Terbaik)

Setelah Scanning selesai, lakukan juga Clear Cache Kamera seperti yang dibahas tadi.


5. Mengganti Aplikasi Kamera HP


Kamera Gagal Tidak Dapat Terbuka


Banyak orang berpikir untuk selalu memakai Aplikasi Kamera bawaan.. Padahal tidak harus selalu lho.

Di Google Playstore, ada banyak Aplikasi Kamera yang bisa Anda pakai. Dan beberapa, bahkan punya Fitur yang lumayan lengkap. Misalnya memberi Efek warna tertentu, mengubah resolusi, meningkatkan kualitas Foto, dan masih banyak lagi.

Nah, seperti di judul.. Disini kita bisa coba memakai Aplikasi-Aplikasi Kamera tersebut, untuk mengganti barangkali yang bawaan Error.

Saya sendiri pernah mencobanya, dan Work tanpa masalah hehe.


6. Factory Reset HP Android Anda


Memperbaiki Kamera Android


Melakukan Factory Reset (Reset Pabrik) memang dikenal bisa mengatasi banyak masalah pada HP. Salah satunya Error Kamera tidak bisa terbuka di Android.

Well, nggak heran.. Karena lewat Factory Reset, semua Aplikasi dan Konfigurasi pengaturan akan dihapus. Sehingga semua Error yang ada juga akan terhapus.

Untuk cara resetnya bisa coba baca Cara Factory Reset HP Android (Rekomendasi saya lewat Recovery).

Tapi perlu diperhatikan, kalau Anda melakukan reset pabrik, HP Anda data-datanya akan hilang semua (termasuk foto dan video).

Silakan backup dulu seluruh data-data di internal maupun di kartu memori Anda. Sebisa mungkin, backup juga aplikasi HP Android Anda karena memang nanti akan ikut terhapus juga.



7. Unroot HP Android Anda


Unroot Sistem Android

Kalau Anda mengalami Error Kamera tepat ketika setelah di Root, berarti kemungkinan besar Root itulah penyebabnya. Karena memang, masalah Error kamera setelah Root pernah saya alami sendiri.

Malah bukan hanya kamera, Aplikasi bawaan lain malah juga terbawa ikut Error akibat Root.

Untuk mengatasinya, tentu saja dengan melakukan Unroot.. Tujuannya untuk mengembalikan HP Anda seperti keadaan sebelum di root.

Nah, saya sarankan juga setelah Unroot, lakukan Reset pabrik seperti yang dijelaskan sebelumnya.



8. Update Sistem Pada Android


Update Sistem Android


Balik lagi ke masalah Sistem yang tidak stabil.

Selain dari semua penyebab yang telah kita bahas tadi (Termasuk Root), terkadang masalah bawaan dari Pabrik juga bisa.

Untuk mengatasi hal ini nggak sulit. Biasanya Developer akan merilis Update-Update tertentu, untuk menghilangkan masalah tidak stabil tersebut.

Caranya gimana? Coba cek di Settings > About Phone > System Updates.

Oh ya, Anda nggak selalu harus Update. Kalau dirasa Sistem malah jadi kurang stabil, coba lakukan Rollback (Kembalikan versi Sistem sebelum Update).


9. Optimalisasi RAM HP Anda



Optimalisasi RAM Android


Yang tadi masih soal Update ya.. Dan disini kita harus lanjut melakukan Optimalisasi Sistem, atau lebih tepatnya disini saya ingin bilang Optimalisasi RAM.

Tujuannya satu, agar sistem bisa selalu stabil, dan nggak terjadi Crash yang akan berpengaruh ketika sedang membuka Aplikasi Kamera.

Untuk membersihkan agak sulit kalau dilakukan secara manual. Cara paling mudah, Anda bisa menggunakan Aplikasi, seperti yang pernah saya bahas di Aplikasi pembersih RAM di Android.


10. Perbaiki Komponen Kamera Yang Rusak

 
Mengatasi Kamera Tidak Berfungsi


Kalau masih belum jalan, berarti kemungkinan masalahnya bukan pada Sistem, melainkan ada pada Komponen.

Penyebabnya seperti pembahasan diatas ya.. Kena air, HP jatuh, komponen kepanasan dan lain sejenisnya.

Untuk ciri dari masalah Komponen ini ada beberapa, diantaranya :


Kamera Pelangi : Kamera pelangi ini adalah kejadian dimana saat kamera dibuka, bukannya muncul gambar, justru malah muncul gambar warna-warni. Biasanya ini disebabkan karena komponen, atau karena sistem *Anda bisa coba reflash HP Anda.

Terdapat Garis : Kalau ada garis, entah itu vertikal atau horizontal, kerusakannya bisa karena pada layar atau pada komponen kameranya. Bisa karena ada bagian dalam yang retak dan sejenisnya.
Kamera tidak ada gambar : Kalau tidak ada gambar, biasanya disebabkan karena koneksi kameranya putus.


Untuk mengatasinya, tentu saja dengan melakukan perbaikan Komponen dari yang rusak. Tapi tentu saja nggak semua orang bisa bongkar HP sendiri (Terutama yang masih awam). Untuk itu, solusi paling mudah ialah dengan membawa HP ke Service Center.

Dengan membawa HP ke service center, HP Anda akan dilakukan pergantian komponen yang rusak sehingga error yang ada jadi normal kembali.

Sebelum membawa ke Service Center, ada baiknya untuk membackup seluruh Data dan melakukan Factory Reset (untuk menjaga Privasi dan keamanan).


Penutup...

 

Permasalah kamera HP Android Error yang tidak bisa dibuka, tidak dapat terhubung, tidak berfungsi kadang mudah diperbaiki kadang juga susah. 

Tapi saya harap dengan pembahasan diatas ini, Anda bisa mengatasi masalah sesuai dengan yang Anda alami. Karena jujur saja, hingga saat ini saya selalu berhasil.

Kalau masih ada yang nggak paham, Anda tentu saja bisa menanyakannya lewat kolom komentar dibawah. Hingga 2019 ini sudah banyak user yang mengalami masalah yang sama sesuai dengan pembahasan disini.

Sekian, semoga bermanfaat.

11 Komentar

Write Komentar
10/04/2018

Ini knpa ya Camera saya tiba ada bacaan gini "Lampu kilat atau kamera sedang digunakan. Silakan matikan sebelum mengakses kamera" begtu gan. Jdi nya ga bisa dibuka. Aph harus di flash?

Balas
avatar
Dzikri A
author
10/04/2018

1. Matikan HP >> Lepas baterai dan biarkan 30 detik >> Lalu coba nyalakan lagi..


2. Coba Clear data dan cache kameranya..

3. Ganti aplikasi kamera

4. Kalau nggak bisa, coba di reset HPnya..

Soalnya kebanyakan pesan errornya gara-gara bug sistem. Tapi bisa juga karena hardware..

Kalau karena hardware, bisa coba lepas lampu dari kameranya (Harus bongkar dulu)

Balas
avatar
Prast
author
10/27/2018

Kamera belakang huawei p8 saya auto fokus error gan ( ngeblur kl buat foto )... tp yg depan normal. Itu mslh software ato hadware ya gan....

Balas
avatar
Dzikri A
author
10/27/2018

Biasanya software gan.. Baiknya kalau ada coba di cek di forum pengguna Huawei, barangkali ada pengguna yang punya masalah sama..

Balas
avatar
Prima Prkh
author
11/17/2018

Mau tanya tanya seputar kamera hp ni. Kemarin hp jatuh terus kameranya kebentur cukup keras, kemudian saya coba buka kamera muncul tulisan tidak dapat terhubung gitu, kemudian saya restart, apl kamera nya malah hilang. Nah lalu aku coba setel ulang ponselnya juga masih ngga ada apl kameranya, tp ada 1 apl yang ngga ada iconnya gitu yg mungkin itu apl kamera tsb, lalu aku tekan katanya apl tidak terinstal. Itu kenapa ya? Apa ada kerusakan pd kameranya? Ada yang tau atau tips lain? Terima kasih.

Balas
avatar
Dzikri A
author
11/17/2018

Udah coba pakai aplikasi kamera lain di Google Playstore?

Kalau saya pribadi lebih prefer langsung ke tempat service saja kak. Karena pesan 'tidak terhubung' itu kalau sebelumnya tidak ada, bisa jadi dari kameranya.

Tapi jujur, saya sendiri baru tahu ini kamera terbentur bisa bikin error :D

Balas
avatar
Prima Prkh
author
11/20/2018

Sudah mencoba apl kamera dari playstore tp tetep ga bisa.

Sudah dibawa ke tempat service, katanya soket nya kendur akibat benturan. Dan sudah dibenahi.Terima kasih sarannya.

Balas
avatar
Dzikri A
author
11/20/2018

Sudah normal ya, sip deh. Ooh socketnya kena toh, pantesan

Balas
avatar
Yunichandra
author
12/24/2018

Hp sy tdk bs dibuka ada tulusan.silakan mulai ulang telepon anda.jdi gmn tu cara memperbaikinya.trmksh.

Balas
avatar
Dzikri A
author
12/24/2018

Mohon maaf sebelumnya, Ini HP tidak bisa dipakai, atau kameranya tidak bisa dibuka ya?

Balas
avatar
3/25/2019

saya udah coba pake aplikasi di play store tetep ga bisa, di hapus cache sama hapus data tetep ga bisa

Balas
avatar

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..