Cara Main Mobile Legend Dengan Stik USB - Dijamin Bisa!

Bermain Mobile Legend di PC / Laptop memang punya sensasi dan kelebihan tersendiri. Apalagi PC atau Laptop juga bisa jadi alternatif untuk orang yang hobi main game Mobile Legends tapi sering lag gara-gara spek HP-nya yang kurang memadai.

Untuk bermain Mobile Legend di PC atau Laptop, tentunya kita harus menggunakan keyboard untuk mengontrolnya. Tapi bagi sebagian orang, main ML dengan keyboard rasanya kurang nyaman.

Kalau sobat juga termasuk orang yang merasa kurang nyaman main ML dengan keyboard, nah, sobat bisa untuk mencoba bermain Mobile Legends dengan Joystick PC.

Cara main mobile legends dengan stik


Sebelumnya, saya sempat membahas cara bermain mobile legend di PC / Laptop tanpa lag. Di artikel tersebut, saya main menggunakan emulator NOX dan juga sempat membahas tutorial cara setting keyboardnya.

Dan di artikel ini, saya akan membahas tatacara setting joystick untuk emulator yang sama.


Lanjut, NOX sebenarnya selain support keyboard, juga sudah support controller. Akses controller tersebut bisa didapat dengan meng-klik : Logo controller (Bagian kanan bawah) >> Pada choose your device >> Ganti jadi stik sobat.

setting stik ML


Tapi, tidak semua controller support NOX. Apalagi untuk stik-stik murah yang harganya dibawah 100 ribuan. Dan sayangnya, kebanyakan orang termasuk saya adalah pengguna controller murah.


Namun jangan khawatir, sobat bisa menggunakan stik-stik yang tidak disupport NOX tersebut dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, yaitu JoyToKey.

JoyToKey, adalah sebuah aplikasi yang memiliki fungsi emulate tombol stik menjadi tombol keyboard. Atau mudahnya, dengan aplikasi ini kita bisa merubah stik menjadi keyboard. Aplikasi ini sejauh yang saya tahu, adalah berbayar. Tapi sobat bisa mencobanya dengan mode trial.



cara main ML dengan stik pc murah



Karena fungsinya yang bisa membuat tombol stik menjadi tombol keyboard, kita bisa memainkan game Mobile Legends dengan joystick murah sekalipun. Karena memang, aplikasi ini support gamepad-gamepad murah.

Saya sendiri sudah mencoba aplikasi ini dengan stik transparan murah saya seharga 50 ribuan, dan 100% sukses lancar tanpa kendala.

Nah, Langsung saja, untuk sobat yang penasaran, berikut cara main Mobile Legends dengan Stik PC :


Cara bermain Mobile Legends dengan Stik USB (PC / Laptop)

 

1. Yang pertama harus sobat lakukan, tentunya dengan menginstall emulator NOX App player terlebih dahulu. Emulator NOX bisa di download di : https://id.bignox.com. Jika sudah, silakan install Mobile Legends seperti biasa..

2. Buka mobile legends dan match seperti biasa.

3. Silakan buka pengaturan keyboard, cek dan catat huruf keyboard yang sudah sobat setting sebelumnya.

setting keyboard ml
CATAT Semua Tombol Yang Telah Di Settings

  • Note : Poin 1 - 3 bisa di cek lengkap di artikel cara main mobile legends di PC / Laptop (Link diatas / yang saya bagikan tadi). 


4. Kemudian, silakan download JoyToKey disini kemudian ekstract, dan kalau sudah buka softwarenya. Tampilannya seperti berikut :


joytokey


5. Untuk dasar, silakan setting tombol arah dan tombol Segitiga (Button 1), O (Button 2), X (Button 3) & Kotak (Button 4).


ML stick


6. Caranya, klik 2x tombol yang ingin diedit, nanti akan muncul jendela baru. Lihat kolom yang tertulis disabled di bagian kiri atas.

Setting stik Mobile legends 1 1



7. Silakan setting stik dengan cara klik kolom tersebut >> kemudian masukkan huruf dari setting keyboard ML yang telah dicatat tadi.

Setting stik Mobile legends 2 2


8. Ulangi langkah nomor 6 dan 7 hingga seluruh setting keyboard ML di NOX tadi sudah dimasukkan semua. Berikut contohnya..


setting ML stik gamepad murah
Gambar ini hanya contoh, kalau ada tombol lain yang ingin disetting, silakan atur kembali

9. Sobat bisa membuka notepad untuk mengetesnya. Kalau benar, harusnya jika sobat meng-klik tombol stik sekarang, maka komputer akan merespon bahwa stik tersebut adalah keyboard dan akan keluar huruf yang tadi sudah diatur. (Langkah ini kalau mau di-skip juga tidak masalah).

10. Kalau tidak ada masalah, berarti selesai. Sobat tinggal main :D


Note : Karena di JoytoKey tidak tertera R1 / R2 / X / Kotak Dan sebagainya, sobat bisa melihat list berikut kalau bingung :

•    Button = Tombol Stik
•    Button 1 = Segitiga
•    Button 2 = Bulat (O)
•    Button 3 = X
•    Button 4 = Persegi (Kotak)
•    Button 5 = L1
•    Button 6 = R1
•    Button 7 = L2
•    Button 8 = R2
•    Button 9 = Select
•    Button 10 = Start
•    Button 11 = Analog kiri
•    Button 12 = Analog kanan


Penutup...


Bermain Mobile Legends dengan stik, memang memiliki sensasi tersendiri. Bahkan bermain ML dengan stik, juga relatif jauh lebih nyaman dibanding dengan keyboard maupun langsung di HP.

Kalau bagi saya, alasannya karena saya sudah cukup terbiasa bermain game dengan stik. Sehingga kontrol gamenya lebih terkendali dan jauh lebih santai.


Sekian, jika sobat menemui masalah ketika setting diatas, sobat bisa menanyakannya lewat kotak komentar dibawah. Mungkin nanti bisa saya bantu.

Semoga bermanfaat.

2 Komentar

Write Komentar
Unknown
author
2/06/2018

maaf apakah analog bisa di seting untuk menjalankan hero?

Balas
avatar
Dzkry A
author
2/08/2018

Seharusnya bisa, karena fungsinya sama saja kaya D-PAD.. Tapi belum saya test lagi, karena lagi biasa main di Tab hehe

Balas
avatar

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..