4 Cara Mudah Menurunkan Ranking Alexa Pada Blog Dengan Cepat

Ranking alexa.. Biasanya digunakan para blogger untuk mematok seberapa 'populer' situs-situs yang ada di internet.. Kadang, mereka menggunakannya untuk melakukan referensi keyword pesaing dan sebagainya.

Ranking alexa sendiri hitungannya dari 1 sampai puluhan juta.. Bahkan sampai n/a alias tidak terdeteksi. Nah, untuk blog dan website-website pribadi, kebanyakan di dominasi dari ranking jutaan sampai dibawah 100 ribuan.

Termasuk dengan blog ini, yang saat artikel ini ditulis, rankingnya sudah berada dibawah 500 ribuan.


Cara turunkan rank alexa



Nah, situs pribadi dengan ranking dibawah 2 juta, menurut saya itu sudah lumayan bagus. Karena, masih sangat banyak blog dengan ranking alexa diatas 2 jutaan..

Apalagi untuk situs dengan ranking alexa dibawah 1 juta. Situs tersebut bisa dikatakan stabil dari segi visitor maupun backlink. Dan situs dibawah 100 ribuan, sobat sudah bisa menebak sendiri sebesar apa situs tersebut hehe..

Lanjut...

Untuk manfaat dari rank alexa sendiri pastinya berbeda-beda menurut pandangan tiap orang. Buat saya sebagai blogger, saya biasa menggunakannya untuk mematok apakah blog tersebut sudah stabil atau tidak (Seperti yang saya katakan sebelumnya).

Karena saya biasa mengasumsikan, biasanya blog dengan rank alexa dibawah 2 atau 1 juta itu sudah memiliki 1k PV setiap harinya. Dan dengan itu, saya bisa melakukan pencarian keyword lewat blog tersebut untuk menulis artikel jika tidak ada ide.

Jadi ini termasuk salah satu cara riset keyword juga, hehe..

Selain itu, rank Alexa juga bisa dijadikan salah satu trust point atau apalah istilahnya, pada sebuah website. Hal ini penting, barangkali ada orang yang ingin memasang iklan di blog kita..

Lumayan bukan?

Oke, Langsung to the point, berikut cara menurunkan rank Alexa pada blog dengan cepat :


1. Perbanyak visitor terlebih dahulu

 

Kunci pertama untuk mendapatkan ranking Alexa yang ramping, adalah dengan fokus memperbanyak visitor pada blog terlebih dahulu.. Karena tanpa visitor, ranking pada Alexa akan sulit untuk bertambah.

Untuk awal, silakan targetkan terlebih dahulu visitor yang ingin didapatkan. Misalnya 500 atau 1k visitor perhari.. Kemudian lanjut dan terus lanjut menargetkan diatasnya.

Lakukan optimasi SEO onpage, seperti mencari keyword populer, Mempercepat loading blog, Internal linking dan sebagainya. Jangan lupa juga untuk melakukan optimasi SEO offpagenya.

Untuk lengkapnya, silakan cari tutorialnya di Google. Banyak kok.


2. Rajin menulis artikel

 

Blog yang punya visitor stabil tapi jarang update, ranking Alexanya cenderung susah naik. Meskipun naik pun biasanya hanya sedikit. Beda lagi dengan blog yang rajin update artikel. Blog yang rajin update, bisa menurunkan ranking Alexa secara drastis asalkan benar-benar rutin.

Rutin yang saya maksud disini adalah terjadwal. Contohnya 1 sampai 3 artikel perhari. Lebih banyak lebih bagus, tapi jangan sampai berhenti ditengah-tengah gara-gara malas atau sejenisnya.

Menulis artikel secara rutin, sudah saya tes sendiri dalam cara menurunkan ranking Alexa. Blog saya yang dulu PV sekitar 1 - 2K dengan Ranking 2 Jutaan, turun 50 hingga 100 ribu perhari dengan rutin menulis 1 sampai 3 artikel setiap harinya.

Untuk jenis artikelnya, pilih artikel yang evergreen karena sifatnya yang tahan lama. Jangan ambil artikel-artikel trending bersifat berita kecuali sesekali saja..


3. Targetkan visitor organik

 

Visitor yang didapat lewat organik, berkali-kali jauh lebih baik dari visitor yang didapat lewat media sosial. Dikarenakan visitor organik juga cenderung jauh lebih stabil dibandingkan dari media sosial.

Alexa Rank sendiri menggunakan perhitungan visitor organik dalam perankingannya. Semakin banyak visitor organik yang didapat, semakin bagus pula ranking Alexanya.

Tapi bukan berarti sobat harus menghentikan share lewat medsos.. Sobat bisa terus melanjutkan promote, tapi dengan takaran yang lebih sedikit dibandingkan optimasi organik.
 


4. Perbanyak backlink

 

Untuk urusan backlink, memang belum diketahui pasti apakah berpengaruh pada ranking Alexa atau tidak. Tapi, fungsi backlink jelas-jelas sudah diketahui, bisa memperbagus ranking pada blog.

Lalu kenapa saya masukkan kesini?

Karena untuk menurunkan ranking Alexa pada blog >> dibutuhkan visitor organik yang stabil >> Visitor organik, didapat dari search engine >> dan untuk mendapatkan visitor dari search engine, kita harus bersaing dengan blog lain yang tentunya sulit.

Kecuali sobat bisa memikirkan keyword yang banyak dicari tapi mudah persaingannya.

Silakan baca Cara Cari Backlink Dofollow Gratis Dengan Metode Footprint


Kesimpulan

 

Nah, dengan 4 cara diatas, sebenarnya sudah cukup untuk menurunkan ranking Alexa hingga dibawah 1 juta bahkan lebih. Cara ini benar-benar saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saya menurunkan ranking Alexa pada blog dari jutaan sampai sudah dibawah 500 ribuan.

Proses penurunannya sendiri sangat cepat.. Saya hanya butuh sekitar 7 minggu lebih sedikit ketika melakukan proses penurunannya..

ranking alexa

Ranking diatas saya ambil ketika awal desember 2017.. Dan berikut ranking alexa www.leskompi.com sebulan setelahnya..


rank alexa leskompi

Bisa dilihat, bahwa kenaikannya hampir mencapai 500 ribuan hingga saat artikel ini dibuat.. Sebagai bukti, sobat juga bisa melihat grafis di bagian kiri gambar. Dimana blog saya mengalami kenaikan yang drastis dari pertengahan november 2017 hingga saat ini.


Penutup...

 

Melakukan optimasi penurunan ranking Alexa, memang memberikan berbagai manfaat tersendiri. Walau dari segi SEO, masih pro/kontra apakah Alexa rank benar berpengaruh atau tidak.

Tapi dari segi non-SEO, ranking Alexa yang bagus bisa dijadikan modal untuk kepercayaan situs, dan bisa memberikan kebanggaan tersendiri bagi pemilik situs tersebbut.

Sekian, semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..