5+ Cara Simpel Menyimpan Video Dari Facebook Di HP / Laptop

Aktivitas di media sosial, terutama facebook memang memiliki banyak ketertarikan tersendiri. Karena Anda pasti tidak akan pernah merasa bosan melihat berbagai informasi maupun status-status baru yang ada setiap hari. Apalagi untuk Anda yang sudah benar-benar hobi medsos.

Nah, saat kita scrool di beranda facebook, biasanya kita akan menemukan video-video yang bisa ditonton disana. Entah yang diupload di grup, halaman (Fanspage), maupun pribadi. Dan terkadang, video-video tersebut sangat menarik untuk ditonton berulang-ulang.

Sayangnya, berbeda dengan Youtube yang cara save videonya mudah, cara save video di Facebook agak jarang diketahui orang-orang walaupun sebenarnya juga sangat mudah.


Cara save video Facebook ke HP


Saya sendiri pernah bilang di artikel cara menyambungkan keyboard musik ke PC / laptop..Bahwa saya memiliki hobi upload video permainan Keyboard Musik (Piano) saya ke Facebook.

Suatu ketika, saya pernah mengalami kehilangan banyak data pribadi di HP saya, sehingga video-video rekaman yang ada jadi hilang semua. Untungnya, karena video-video tadi sudah di upload di facebook, saya bisa men-download video-video tersebut untuk disimpan di HP saya.

Nah, berdasarkan pengalaman pribadi tersebut, disini saya akan membagikan Tutorial : Cara simpan Video Facebook Ke Galeri / Memori Anda..

Berikut caranya ....


1. Cara Download Video Facebook di PC

 

Yang pertama, adalah cara umum yang biasa digunakan untuk menyimpan video di facebook. Cara ini, ditujukan kepada pengguna PC maupun laptop yang notabene memang agak jarang aplikasi pembantunya.

Saat Anda membuka facebook melalui laptop atau PC, Anda akan membuka alamat https://facebook.com atau https://web.facebook.com.. alamat ini adalah alamat yang bisa dibuka secara universal. Sedangkan ketika Anda membuka facebook melalui HP, Anda akan secara otomatis dialihkan ke situs mobile yang beralamat di https://m.facebook.com..

Lalu apa hubungannya?

Anda bisa melakukan save video dengan mudah lewat situs mobile. Karena saat Anda membuka situs facebook dari PC / Laptop, otomatis tampilan serta alamatnya adalah dekstop, Anda bisa mengubah alamat dekstop tadi ke situs facebook mobile.

Caranya :

1. Silakan login facebook seperti biasa.

2. Cari video yang ingin disimpan tadi.

3. Perhatikan address bar..

Cara simpan video facebook dari laptop

4. Ganti jadi https://m.facebook.com (Sisanya biarkan saja).. >> Kemudian klik enter..

5. Maka Anda akan dialihkan ke tampilan mobile facebook..

Cara simpan video FB Laptop

6. Terakhir, Play videonya >> Otomatis akan terbuka tab baru >> Klik kanan >> Kemudian klik save-as video.. 

7. Save video tersebut.


Selesai. Video yang terdownload tadi akan berformat .MP4.. Format ini hampir bisa dimainkan di semua Komputer maupun HP jaman sekarang.


2. Download Video Facebook lewat FBDown.net

 

Yang kedua, cara ini agak jarang dipakai. Tapi menurut saya, justru metode kedua ini adalah yang paling mudah. fbdown.net, adalah situs khusus yang memiliki fitur pengunduh video facebook.. 

Situs ini kurang lebih mirip savefrom.net yang biasa digunakan untuk download video Youtube. Bedanya, situs ini hanya khusus untuk video facebook.

Untuk menyimpan video facebook lewat situs ini, Anda harus memastikan bahwa video yang ingin disimpan sudah tersetting publik. Jadi tidak sembarang video bisa disimpan. 

Langsung saja, caranya :

1. Pertama, buka video yang ingin di-download.. Play video tersebut >> Klik kanan >> Tampilkan URL Video >> Copy link video tersebut.

URL VIDEO fb

2. Buka situs https://fbdown.net

3. Masukkan URL di kotak yang disediakan >> Lalu klik Download

4. Tunggu prosesnya beberapa saat.

5. Terakhir, silakan download videonya melalui link yang telah digenerate. Situs tersebut akan menyediakan 2 link download, yaitu untuk video kualitas biasa dan kualitas HD. Saya sarankan untuk download yang kualitas HD agar gambar jadi lebih jernih.

URL


6. Save ke komputer Anda.


3. Lewat savefrom.net

 

Seperti yang saya bilang tadi, savefrom.net adalah salah satu situs penyedia link populer yang biasa digunakan untuk download video Youtube. Tapi selain Youtube, savefrom.net juga mendukung berbagai resource, dan Facebook adalah salah satunya.

Untuk mendownload video facebook lewat savefrom.net, langkahnya kurang lebih sama seperti cara download dengan fbdown.net.. Yang penting, pastikan saja bahwa video yang ingin di-download tersetting publik.. Bukan tersetting teman apalagi private.

Caranya :


1. Pertama, buka video yang ingin di-download.. Play video tersebut >> Klik kanan >> Tampilkan Url >> Copy link video tersebut.

video url

2. Buka situs savefrom.net

3. Masukkan URL di kotak yang disediakan >> Lalu klik tanda panah


4. Tunggu prosesnya beberapa saat.

5. Terakhir, silakan download videonya. Sama halnya dengan fbdown.net, Savefrom.net akan menyediakan 2 link download. Yaitu SD Video untuk kualitas biasa, dan HD Video untuk kualitas yang jernih. Ambil saja yang HD.

video facebook savefrom

6. Save ke komputer Anda.


4. Cara Save video Facebook Android Tanpa Aplikasi

 

3 Cara sebelumnya, adalah cara khusus yang bisa dipakai di PC / Laptop. Untuk Android, caranya agak berbeda.. Untuk cara download video FB di Android, Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi. Tapi untuk cara ini, Anda hanya membutuhkan sebuah browser di Android.


Untuk browser Android sendiri rata-rata tidak support download video facebook. Untuk itu, kita bisa melakukan generate link seperti 2 cara sebelumnya.. Melalui fbdown.net atau savefrom.net.

Caranya :

1. Silakan login Facebook seperti biasa menggunakan browser (Apa saja).


Login FB

2. Silakan cari video yang ingin di-download.

3. Ketuk kiriman video tersebut (Bukan videonya) >> Buka dan copy link address videonya.

video FB


4. Buka situs savefrom.net / fbdown.net >> Pastekan link tersebut di kolom yang tersedia.

5. Selesai, tinggal download.


Sama seperti sebelumnya.. Video yang ingin di-download harus bersifat publik, bukan private. Kalau tidak, video akan error tidak bisa di-download.

  • Note : Anda juga bisa dengan mudah mendownload video FB lewat UCBrowser.. Tutorialnya banyak di Google, tapi waktu saya praktekkan tidak berhasil. Anda bisa mencobanya, siapa tahu berhasil.


5. Cara download Video Facebook di Android (Dengan aplikasi)

 

Beda hal dengan sebelumnya, dimana kita hanya tinggal menggunakan browser seperti biasa. Kita juga bisa menggunakan aplikasi khusus yang di desain untuk menyimpan video di Facebook. Aplikasi-aplikasi ini bisa dicari di Google Playstore dengan kata kunci Video Downloader Facebook..


Nah, nanti akan tersedia berbagai macam aplikasi downloader video Facebook yang bisa Anda gunakan. Aplikasi-aplikasi downloader ini sizenya rata-rata hanya 2 MB - 5 MB saja. Dan berikut ini, saya buat tutorialnya berdasarkan beberapa aplikasi yang paling populer :


 Video Downloader For Facebook

Video Downloader For Facebook 2
Aplikasi pertama yang saya rekomendasikan adalah Video Downloader For Facebook. Aplikasi yang di developer oleh Linterna Apps ini sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta orang dan memiliki rating yang cukup tinggi.

Cara menggunakannya :
 

1. Silakan download terlebih dahulu aplikasinya.

2. Buka aplikasinya, klik Got it.. >> Lalu klik Browse Facebook

3. Silakan login Facebook seperti biasa.


Login FB video downloader facebook 2

4. Selesai login, silakan masuk ke Profil Anda / cari video yang ingin di-download.

5. Klik video tersebut >> Kemudian klik Download.


Download video FB 2


6. Selesai.


Video Downloader For Facebook Video Downloader

 

Video Downloader for facebook Video downloader 2

Namanya agak rumit.. Tapi fungsinya tentu sama. Aplikasi ini berasal dari developer InShot Inc. yang merupakan developer app video editor terkenal, dan menjadi salah satu aplikasi video editor favorit saya di Android.

Untuk total downloadnya sendiri baru 500 ribu, tapi overall ratenya mencapai angka 4.7 saat artikel ini ditulis. Artinya aplikasi ini punya reputasi yang sangat baik.

Cara pakainya :

1. Silakan download dulu aplikasinya terlebih dahulu.

2. Buka aplikasinya.

3. Klik jelajahi Facebook.

Jelajahi

4. Login Facebook Anda seperti biasa.

5. Masuk profil / Cari video facebook yang diinginkan. 

6. Klik Unduh / Download untuk memulai proses download.

Unduh video 2

7. Selesai


FB Video Downloader

 

FB Video Downloader

 

Terakhir, FB Video Downloader.. Aplikasi ini sudah di-download lebih dari 5 juta orang.. Jadi saya pikir aplikasi ini sangat tidak layak untuk dilewatkan. Beberapa orang, mengeluhkan tentang cara memakai aplikasi ini karena mereka terkadang menemui masalah (Padahal saya pakai lancar-lancar saja kok).

Supaya berhasil, simak baik-baik cara pakainya berikut ini :


1. Download aplikasinya

2. Buka aplikasinya, Anda akan dialihkan ke halaman login Facebook.

3. Silakan login seperti biasa.


Login FB video downloader 2

4. Cari video yang diinginkan.

5. Klik play, nanti Anda akan menemukan dialog, klik Download

save video

6. Selesai.


Penutup...

 

Nah, begitulah Cara menyimpan video dari Facebook. Seluruh langkah diatas sudah saya tes sendiri sehingga dijamin work. Beberapa langkah, mungkin bisa tidak sama sesuai dengan versi browser / Android yang Anda pakai. Tapi tinggal disesuaikan saja.
Untuk aplikasi video downloader facebook, Anda juga bisa mencarinya yang lain yang Anda suka di playstore. Dengan catatan, ambil yang sudah banyak di-download dan ratingnya bagus. Ini ditujukan untuk mencegah error yang mungkin terjadi.

Sekian, semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..