2 Cara Ganti Password Gmail Lewat HP Android / PC (2018)

Cara mengubah sandi Gmail - Gmail menurut saya masih jadi platform email terpopuler saat ini. Karena gmail banyak sekali tersinkronisasi ke banyak produk Google. Seperti Youtube, Blogger dan sejenisnya.

Belum lagi dengan banyaknya pengguna HP smartphone yang saat ini rata-rata ber-platform Android. Butuh sebuah akun gmail untuk melakukan sinkronisasi data di Android.

Dan dengan kepopulerannya tersebut, tentunya masih banyak pemula yang masih bingung, cara utak-atik gmail. Salah satunya Cara mengganti password gmail.


cara ganti sandi gmail


Mengganti password gmail sendiri sebenarnya mudah. Hanya saja, letak dari halaman ganti password tersebut agak susah dicari (Menurut saya). Dimana tempat dari halaman ganti password gmail ini terletak di profil Google.

Hal ini saya alami sendiri ketika saya sedang mengganti pass akun gmail yang terhubung ke blog saya dulu. Saya butuh beberapa waktu sampai bisa mengerti cara menggantinya.


Nah, tapi Anda tidak usah ribet.. Disini saya akan membahas, the fastest way.. Cara tercepat mengganti password gmail dengan mudah dan tanpa ribet.

Langsung saja, caranya :


Mengganti Password Gmail melalui PC

 

1. Pertama, login terlebih dahulu akun gmail Anda. Anda bisa login lewat link gmail.com

Email gmail


2. Selanjutnya, buka link berikut : accounts.google.com/EditPasswd 

3. Masukkan password lama Anda seperti biasa.

4. Masukkan password baru pada kolom New password. Minimal, masukkan password sebanyak 8 karakter. Untuk amannya, kombinasikan juga huruf kapital dan angka di dalam password Anda.

Jika sudah, masukkan juga konfirmasi password pada kolom confirm new password.

Cara ganti sandi gmail


5. Selanjutnya klik Change password.

6. Selesai.. Sekarang password gmail Anda sudah terganti.

sandi gmail



Cara mengganti password gmail lewat Android


Mengganti sandi gmail, tidak lengkap rasanya kalau tidak membuat langkah-langkahnya lewat Android. Mengingat pengguna Android sekarang ada banyak sekali.

Untuk langkahnya tidak jauh beda dengan cara yang lewat PC. Caranya :


1. Silakan download terlebih dahulu aplikasi browser. Saya sarankan download Google Chrome.. Mengingat aplikasi ini punya fitur sinkronisasi akun Google dengan browser.

2. Jika sobat menggunakan Google Chrome, Buka browsernya lalu login seperti biasa. Tapi jika sobat menggunakan browser lain, buka gmail lalu login seperti biasa. 

3. Kemudian buka link berikut : accounts.google.com/EditPasswd 

4. Masukkan password lama Anda untuk verifikasi.

5. Masukkan sandi baru di kolom yang pertama. Jika sudah, masukkan juga konfirmasi sandi di kolom kedua. 

Cara ubah password gmail di Android

6. Klik Change password / Ubah sandi.

7. Selesai.


  • Note : Anda bisa meng-klik simbol mata untuk melihat password yang Anda masukkan. Disarankan sebelum meng-klik tombol ubah sandi, cek kembali password yang Anda masukkan tadi untuk memperbaiki jika ada yang salah.

 

Penutup...


Bagaimana? Mudah bukan cara ganti sandi email Google? Pada dasarnya, tutorial diatas hanya butuh 3 langkah saja. Namun sengaja saya buat se-detail mungkin dengan tujuan mempermudah untuk dibaca orang yang masih pemula.


Perlu diingat, tutorial diatas tidak berfungsi apabila Anda mengalami lupa password. Karena setiap kita ingin mengganti password gmail, kita harus memasukkan password lama untuk verifikasi akun terlebih dahulu (Meskipun sudah dalam keadaan login).

Sekian, jika Anda mengalami masalah / kendala, silakan tanyakan lewat kotak komentar dibawah. Barangkali saya bisa bantu nanti.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..