Cara Rekam Video Call WhatsApp, Line, BBM, Dan Aplikasi Chat Lainnya

Saya sebenarnya kurang 'ngeh' kalau membahas tentang aplikasi chatting.. Walau saya juga terkadang membahas tutorial-tutorial umum tentang aplikasi chatting secara terkhusus untuk satu aplikasi.

Tapi belakangan ini, saya agak tertarik dengan aplikasi chatting sejenis LINE, WA, BBM dan sejenisnya .. Karena aplikasi chat ini penggunanya bisa dibilang universal.. Dari kalangan muda sampai orang tua.

Nah, saat ini, aplikasi-aplikasi chatting sudah memiliki fitur panggilan yang sangat populer. Yaitu fitur video call.. Dimana kita bisa melakukan panggilan secara bertatap muka dengan fitur ini..

Tapi pernahkah terpikir oleh Anda, kalau fitur video call di aplikasi-aplikasi chatting ini bisa direkam?


cara rekam video call line


Yup, Video Call aplikasi chat ini bisa direkam.

Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan merekam panggilan video Call.. Contohnya, untuk menyimpan kenangan tertentu di momen video call tersebut tanpa repot.😊

Pada dasarnya, rata-rata aplikasi chat seperti WA, LINE, BBM dan sejenisnya memang tidak memberikan fitur untuk merekam panggilan video yang sedang berjalan.

Namun, ada aplikasi-aplikasi khusus, yang bisa mengakalinya supaya kita bisa melakukan perekaman pada Video Call tersebut.

Aplikasi ini namanya adalah Screen recorder


Cara merekam Video Call WhatsApp, LINE, BBM, Dan lainnya

 

Aplikasi screen recorder.. memang agak jarang dipakai. Orang cenderung lebih suka melakukan screenshots ketimbang menggunakan aplikasi perekam layar.

Walau begitu, bagi sebagian orang aplikasi screen recorder ini sangalah bermanfaat..

Biasanya aplikasi ini digunakan untuk menyimpan sesuatu yang ingin direkam dan dibagikan..

Seperti game atau sejenisnya..

Dan malah, bagi para Youtuber, aplikasi record video ini adalah aplikasi yang wajib ada.


Aplikasi screen recorder ini bisa merekam segala aktivitas yang sedang berjalan di HP, tidak terkecuali video call di aplikasi chat.

Tapi jujur saja, tutorial cara rekam video call di aplikasi chat ini sangat jarang dibahas di situs-situs Indonesia.. Saya bahkan hanya menemukan 2-3 artikel saja..

Dan karena itulah saya ingin membagikan artikel ini..

Nah, ga pake lama, langsung saja.. Berikut tutorialnya : 


1. Pertama, silakan download terlebih dahulu aplikasi AZ Screen recorder.. Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi perekam layar Android terbaik yang telah di download lebih dari 10 juta orang..


screen recorder


Kelebihan dari aplikasi ini, Anda bisa merekam video call dengan bebas, tanpa watermark, tanpa khawatir akan iklan, hasil performa video maksimal, serta kualitas hasil rekaman juga lebih terjamin dengan resolusi Full HD atau QHD..

Dan gratis pastinya..


2. Setelah aplikasinya selesai di download, langsung saja buka aplikasinya.

3. Setelah aplikasi terbuka, Anda nanti akan menemukan notif pop up dari aplikasi ini muncul secara terus menerus.. Jangan ditutup.. Biarkan dulu~


Aplikasi perekam


4. Nah, kalau sudah, silakan buka WA / LINE / BBM Anda, kemudian coba buat panggilan video dengan teman Anda..

5. Kalau panggilan sudah tersambung, buka notif aplikasi perekam tadi lalu klik logo record..

Rekam video call WA


Nah, sekarang video call Anda sudah terekam aplikasi AZ Screen Recorder. Untuk menghentikannya, cukup buka notif aplikasi kemudian klik Stop..

Dengan demikian, hasil rekaman video call yang Anda lakukan sudah tersimpan di HP Android Anda. 😉


Kesimpulan

 

Bisa dilihat, merekam panggilan video WA, LINE, BBM atau aplikasi chat sejenisnya adalah hal yang sangat mudah.. Yang terpenting, Anda punya aplikasi screen record yang memiliki fitur rekam gambar serta suara sistem..

Tapi perlu diketahui..

AZ Screen Recorder, kadang tidak kompatibel dengan beberapa versi Android..

Nah, selain AZ Screen Recorder, Anda juga bisa memakai aplikasi perekam layar lainnya.

Yang terpenting, pastikan fitur-fitur yang diberikan aplikasi perekam tersebut cocok untuk Anda.

Contohnya, kalau suara Anda ingin terdengar saat merekam video call, carilah aplikasi dengan fitur mic yang aktif saat perekaman.

Dan pastikan juga aplikasi perekam tadi memiliki kualitas tinggi pada hasil video rekamnya.. Ga mau kan, hasil video yang udah capek-capek di rekam malah pecah-pecah? 😃

FYI, beberapa HP Android, terutama yang seri high-end, biasanya punya aplikasi screen record sendiri. Aplikasi ini bisa diakses dengan cara menekan kombinasi tombol tertentu..


Anda bisa mencari kombinasinya di internet..

Sekian, semoga bermanfaat.


1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..