5 Ciri VGA Rusak Yang Wajib Diketahui

VGA, merupakan salah satu komponen paling mahal di PC maupun laptop. Dimana harga VGA bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah untuk tipe-tipe tertentu.

VGA juga menurut saya adalah salah satu komponen komputer yang lumayan rentan rusak menurut saya. Jika diurut, mungkin VGA ini nomor 2 setelah harddisk.

Bukan tanpa alasan, ini karena VGA memiliki fungsi yang cukup vital.. Yaitu mengirimkan sinyal gambar ke monitor. Dimana dalam keadaan tertentu, VGA akan mengalami panas berlebih yang dalam jangka waktu panjang bisa menyebabkan komponennya rusak.


VGA rusak


VGA rusak, biasanya akan memunculkan gejala-gejala tertentu, dan tidak langsung rusak.

Ada orang yang langsung menemui gejala parah, tapi ada juga orang yang menemui gejala-gejala ringan tertentu yang mungkin akan terjadi dalam jangka waktu yang panjang.

Nah, disini saya akan berbagi ciri-ciri VGA rusak yang sering ditemui. Karena kebetulan, beberapa waktu lalu sebelum saya menulis artikel ini, VGA saya sempat mengalami gejala kerusakan sebelum akhirnya mati total.

Jadi ciri-ciri ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi.

Langsung saja, pembahasannya, ini dia :


1. Driver sering stopped working

 

Driver stopped working, adalah salah satu tanda kerusakan awal VGA yang melemah. Driver yang stopped working ini, disebabkan karena fungsi VGA yang sudah tidak berjalan semestinya.

Tapi driver stopped working, bukan berarti juga VGA yang mau rusak. Masih ada kemungkinan kalau driver VGA tersebut mengalami ketidakcocokan atau bug..

Untuk mengatasinya, sobat bisa mencoba menguninstall, lalu mengupdate / downgrade versi driver.


2. Performa melemah


VGA yang mau rusak, biasanya akan memunculkan ciri ini sebelum akhirnya benar-benar mengalami kerusakan. Performa melemah yang dimaksud disini ialah PC atau Laptop benar-benar mengalami lag ketika sedang menjalankan task tertentu.

Terutama seperti edit video, memutar video atau game.

VGA yang mau rusak, sering mengalami gejala lag, macet-macet bahkan hang ketika sobat sedang menjalankannya untuk pekerjaan yang berbungan dengan grafis seperti diatas.

Biasanya, performa melemah ini kadang dibarengi dengan driver yang crash seperti pada poin sebelumnya.


3. Muncul artefak


Artefak, adalah salah satu ciri umum sekaligus salah satu kerusakan yang susah ditangani. Gejala artefak, adalah kondisi dimana gambar pada display muncul objek-objek atau texture tertentu.

Biasanya berupa garis, bercak-bercak berwarna, bahkan gambar semu.

Artefak ini umumya muncul pada VGA-VGA yang sudah berumur yang jam pakainya sudah tinggi. Tapi bukan berarti hanya VGA yang berumur saja, VGA baru pun rentan terkena artefak kalau VGA tersebut sering berjalan pada performa tertinggi namun tidak diselingi cooler yang memadai (Overheat).


4. No Display


Ciri selanjutnya ini lebih parah.. VGA rusak, biasanya mengalami no display alias VGA tidak menampilkan gambar sama sekali.

VGA no display, biasanya muncul ketika VGA yang rusak terus dipakai dalam jangka waktu yang panjang. Dimana biasanya kerusakan no display akan muncul secara tiba-tiba.

Walau no display adalah salah satu tanda VGA rusak, tapi bukan berarti no display ini ini hanya disebabkan oleh VGA yang rusak. Ada beberapa kemungkinan part lain yang mungkin menyebabkan no display.. Sobat bisa membacanya disini : Cara mengatasi PC / Laptop No Signal


5. VGA tidak berjalan sama sekali..

 

Next, yang menurut saya paling parah, VGA jadi tidak berjalan sama sekali. Ini biasanya jadi kerusakan final dari VGA yang mengalami 4 gejala kerusakan seperti yang dibahas diatas.

VGA yang tidak berjalan ini kadang bisa diketahui dari Fannya yang tidak berputar (Walau tidak selalu).. Dan kalau VGA sudah dalam kondisi ini, maka VGA sudah tidak akan terdetek sama sekali.


Adakah solusinya?


Pembahasan selanjutnya, adakah solusi untuk mengatasi VGA rusak?

Untuk solusi tentunya ada. Jika sobat mengalami kerusakan seperti nomor 1 sampai 3 diatas, sobat bisa mengatasinya dengan mengurangi beban kerja VGA tersebut.

Caranya bisa dengan tidak dipakai ngegame berat-berat, serta melakukan penurunan clockspeed agar VGA selalu berjalan dibawah performa normal.

Selain itu, bersihkan pula debu-debu yang menempel di fan agar cooling VGA selalu berjalan maksimal. Untuk pengguna laptop, silakan baca di : 11 Cara mengatasi laptop panas Yang super efektif 

Nah, untuk VGA yang sudah rusak parah seperti no display atau bahkan tidak terdeteksi sama sekali, solusi satu-satunya bisa dengan melakukan RMA alias garansi.

Dimana kalau sobat beruntung, mungkin VGA sobat akan di-replace dengan yang baru.  


Penutup..


Sekian artikel tentang ciri-ciri VGA rusak yang sangat wajib untuk diketahui. Sekali lagi, artikel diatas saya tulis berdasarkan pengalaman saya saat VGA saya mengalami kerusakan hingga akhirnya tidak bisa berjalan kembali.

Beberapa poin mungkin terlewat oleh saya.. Untuk itu, jika sobat ada masukan, silakan tinggalkan komentar dibawah.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..