Cara Crop Foto Di Photoshop Dengan Cepat (Untuk Pemula)

Penggunaan Adobe Photoshop sebagai aplikasi editing foto, memang masih menjadi primadona saat ini. Terdapat jutaan pengguna Adobe Photoshop dari yang pemula sampai yang mahir.

Adobe Photoshop sendiri memiliki segudang fitur.. Yang tentunya membutuhkan skill tersendiri saat menggunakannya. Dan salah satu fitur dasar dari Photoshop, ialah kita bisa melakukan Crop Foto / memotong foto..

Tapi berbeda dengan aplikasi bawaan Windows sejenis paint yang penggunaannya mudah, Cara Crop foto di Photoshop mungkin agak sedikit terasa membingungkan.. Mengingat interfacenya yang agak sulit dipahami pada awal-awal belajar.

cara crop foto di photoshop


Walau agak membingungkan, teknik cropping foto di Photoshop sebenarnya tidak sulit. Karena di Photoshop terdapat beberapa tool dasar yang bisa membantu sobat memotongnya.

Tapi berbeda jauh dengan aplikasi editing simpel lainnya yang cenderung hanya bisa melakukan pemotongan foto dalam bentuk kotak, di photoshop sobat bisa melakukan cropping dengan bentuk yang bisa disesuaikan.

Terutama jika sobat ingin melepas / memotong objek tertentu dalam foto...

Nah, dan disini saya akan membagikan tutorial dasar, cara memotong foto di Photoshop yang saya tujukan untuk pemula. Karena saya sendiri juga masih pemula.

Sebelum memulai, silakan siapkan terlebih dahulu :


1. Adobe Photoshop versi bebas.. Kalau bisa pakai versi CS4 keatas (Karena saya pakai CS6).

2. Foto / Gambar Animasi dan sebagainya.


Kalau sudah, silakan ikuti tutorial dibawah :


Cara Potong Foto Di Photoshop

 

1. Silakan buka Adobe Photoshop terlebih dahulu.. Jika sudah, buka foto yang sudah Anda simpan tadi dengan cara Klik file >> Open >> Browse Gambar Anda..

2. Selanjutnya, lanjut dengan memakai Quick Selection Tool pada menu di bagian kiri (Klik kanan object tool untuk melihat submenu).

Crop photoshop dengan quick selection tools


Quick Selection Tool ini adalah tool yang memiliki fungsi seleksi otomatis pada object foto. Dengan tool ini, sobat tidak perlu repot-repot mengatur garis pada object secara manual yang akan memakan waktu.

3. Lakukan seleksi dengan Quick Selection Tool tadi. Klik pada object yang ingin dipotong.. Silakan sesuaikan kembali sampai object sudah terseleksi dengan sempurna.

tool crop photoshop


4. Jika sudah, sekarang foto ini siap sobat crop. Sobat bisa meng-cut foto tersebut dengan cara klik CTRL + X

5. Maka hasilnya jadi seperti ini :

cara memotong gambar di photoshop


6. Buat canvas baru dengan cara klik CTRL + N.. Atur canvas tersebut sesuai hasil crop / lebih besar dari hasil crop tadi..

canvas new


7. Beginilah hasilnya..

hasil crop


  • Note : Kalau sobat memotongnya belum rapih, sobat bisa merapihkannya kembali dengan penghapus atau tool lainnya.


Penutup...


Nah, demikian artikel singkat tentang tutorial cara memotong foto di photoshop. Tutorial ini saya buat untuk menghabiskan waktu update singkat saja. 

Kebetulan masih lumayan banyak orang-orang yang masih bingung cara ngecrop gambar di photoshop, jadi saya harap semoga artikel ini bisa membantu sobat.

Selain Quick selection tools, ada beberapa cara lagi untuk meng-crop gambar agar jauh lebih rapi.. Tapi, cara-cara tersebut memerlukan step-step yang lebih panjang yang tentunya nanti jadi tidak relevan dengan judul artikel ini.

Sekian, semoga bermanfaat.




1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..