8 Cara Tercepat Mendapatkan Uang DARI INTERNET Untuk Anak SMP / SMA

Mendapatkan uang dari internet.. Siapa sih yang tidak mau uang? Hampir semua orang butuh uang.. Terutama di kebutuhan hidup yang saat ini yang kian meninggi. Banyak cara untuk bisa mendapat uang.. Dan seperti judul artikel ini, salah satunya adalah mendapatkan uang dari internet.

Yup, dapat uang sekarang bisa dilakukan secara online.

Hebatnya lagi, cara dapat uang di internet ini tidak memandang usia. Dari yang muda, sampai yang sudah tua, bisa menjalankan peluang ini. Termasuk untuk sobat yang masih pelajar SMP atau SMA.


Cara anak sma dapat uang dari internet


Sayangnya, tidak banyak orang-orang yang mampu menjalankan peluang / bisnis online ini. Hanya segelintir orang-orang yang sukses meraup uang dari internet.

Apalagi seorang pelajar..

Dari pengalaman saya sendiri saya hanya kenal dengan beberapa teman pelajar seumuran SMP dan SMA yang sukses meraup uang dari internet. Itupun orang-orangnya masih bisa dihitung dengan jari.

Sedangkan rata-rata orang yang sukses dari internet yang saya kenal itu umurnya sudah 20 sampai 30 tahunan keatas.

Ini sebenarnya sangat disayangkan. Mengingat sekarang para pelajar sudah banyak yang melek teknologi.

Tapi di sisi lain.. Ini juga jadi peluang untuk sobat yang ingin mendapatkan uang dari internet.. Mempertimbangkan saingan anak-anak muda yang saat ini masih tidak banyak..

Dan yang perlu sobat tahu, sobat bisa lho, meraup uang dari ratusan ribu bahkan jutaan rupiah perbulan.

Lumayan kan? Bahkan bisa gonta-ganti HP tiap bulan..

Tapi apa saja sih caranya ?


Pengalaman pertama meraup uang dari internet

 

Saya sudah kenal internet sejak masih kecil.. Kurang lebih dari tahun 2006.. Dan di tahun 2008 / 2009, saya sudah mengenal blog dan sudah memiliki blog sendiri waktu itu.

Nah, barulah tahun 2013 (umur 13 tahun) saya sudah mulai memahami seluk beluk bisnis online.. Apa-apa yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang secara online dan sejenisnya.

Tapi waktu itu perasaan masih agak-agak malas memulainya. Padahal saingannya dulu sedikit sekali (Ini agak saya sesali).

Di tahun 2016 sampai 2017, saya baru mendalami kembali cara bisnis online, dan sudah sukses meraup uang dari internet, hingga jutaan rupiah.

Dan, dari pengalaman tersebut, saya ingin membagikan, bisnis-bisnis online yang bisa sobat jalankan untuk sobat yang masih pelajar SMP / SMA bahkan mahasiswa.

Dimana bisnis online ini bisa menjadi passive income sobat yang bisa bermanfaat dalam jangka waktu yang panjang.

Oke, stop basa-basinya, kita mulai artikel tentang BISNIS ONLINE TERBAIK yang bisa dijalankan untuk pelajar SMP atau SMA :


1. NgeBlog

 


Blog adalah peluang usaha online mudah yang pertama terpikir oleh saya. Blogging alias Ngeblog, saat ini cukup populer sebagai salah satu media untuk menghasilkan uang dari internet.

Banyak orang yang sudah sukses menghasilkan uang dari blog. Beberapa orang bahkan sudah sukses beli mobil fortuner yang harganya mencapai 500 juta keatas lho.

Atau mudahnya, coba Googling Eka Lesmana. Beliau adalah salah satu orang yang sukses dalam bidang blogging.

Ngeblog, hampir semua orang bisa melakukannya. Termasuk pelajar SMP atau SMA. Yang terpenting, sobat harus punya basic di bidang internet

Tujuan utama ngeblog sendiri ialah menggaet pengunjung sebanyak-banyaknya. Semakin banyak pengunjung yang sobat dapatkan, semakin besar pula potensi blog tersebut mendapatkan uang.

Lalu bagaimana cara dapat uangnya?

Sobat bisa memasang iklan di blog yang sobat punya dengan jasa pemasangan iklan. Seperti iklan pribadi, atau yang paling populer memasang iklan Google Adsense.

Mudahnya, sistemnya begini :

Sobat buat blog >> Blog sobat ramai >> Sobat pasang iklan >> Sobat dapat uang.

Simpel bukan?



2. Menjadi Youtuber



Siapa sih jaman sekarang yang gak tau profesi Youtuber?

Simpelnya, Youtuber adalah orang yang bekerja dengan membuat konten video untuk diupload di situs sharing video terbesar di dunia, Youtube.

Beda dengan blogger yang cenderung tertutup, banyak sekali contoh orang-orang sukses dalam karirnya sebagai Youtuber. Contohnya seperti Reza Arap, Eka Gustiwana, Raditya Dika dan masih banyak lagi.

Penghasilannya? Gak usah ditanya, banyak...

Menjadi Youtuber sebenarnya bisa dilakukan oleh semua kalangan. Termasuk pelajar SMP maupun SMA. Malah di kata kunci tertentu, saya suka melihat anak-anak seumuran SD yang sudah upload-upload video ke Youtube.

Kalau mau memulainya, tahun-tahun sekarang bisa dibilang adalah waktu yang paling tepat. Karena saat ini Youtube benar-benar sudah booming.

Bagaimana cara memulainya?

Saya sebenarnya bukan seorang Youtuber.. Tapi yang saya tahu, di Youtube itu ada 2 jenis Youtuber. Yaitu Youtuber murni dan Youtuber Reupload..

Bedanya, Youtuber murni lebih potensial dibandingkan Youtuber re-upload. Ini karena konten yang mereka buat benar-benar original. Ditambah, mereka juga punya suscriber yang cenderung loyal dibanding Youtuber reupload.

Nah, untuk memulainya, sobat bisa melihat terlebih dahulu, basic skill apa yang sobat punya. Apakah musik? Tech? Skill game? Sobat bisa mengembangkan dan membuat skill tersebut menjadi video-video potensial yang banyak menghasilkan uang.

Bingung punya skill apa? Just Be a creative person! Kalau sobat kreatif, apa saja mudah..


3. Membuat Fanspage Facebook

 

Membuat fanspage facebook.. Dibandingkan dengan orang-orang yang menggeluti bidang blogger maupun youtube, orang yang menggeluti bidang fanspage facebook ini jauh lebih sedikit.

Padahal fanspage facebook ini sangatlah potensial.. Apalagi jika sobat punya follower banyak..

FP leskompi
Ini FP saya, FP blog doang ya, bukan buat dimonetisasi


Potensial bagaimana sih?

To the point, fanspage facebook biasanya dijadikan ladang promosi oleh banyak perusahaan. Mulai dari perusahaan kecil sampai yang besar. Mereka biasanya tertarik untuk mengiklan di fanspage facebook untuk mempromosikan produknya.

Bahkan, bayaran setiap promotenya rata-rata ratusan ribu rupiah lho..

Nah, inilah yang menjadikan fanspage facebook menjadi sebuah peluang yang bagus.

Lalu bagaimana cara memulainya?

Sobat bisa mulai dengan membuat facebook dengan tema yang potensial namun masih dalam kemampuan sobat. Carilah tema yang benar-benar menarik dan disukai banyak orang.

Lanjutkan juga dengan rajin post yang menarik setiap hari.. Ditambah lakukan promosi sedikit demi sedikit agar jumlah likenya terus bertambah.

Awal-awal memang sulit.. Tapi tidak jauh beda dengan jadi Youtuber atau jadi blogger kok.

Kalau bosan, sobat bisa menjual fanspage tersebut.. Kalau likenya berlimpah (Sampai ratusan ribu like), bahkan bisa laku jutaan rupiah lho :D




4. Jadi penulis jasa artikel online

 

Mau dapat uang secara cepat + mau menghabiskan waktu luang yang bermanfaat? Sobat bisa mencoba dengan membuka jasa penulis artikel online.

Jasa tulis artikel, sangatlah dicari oleh orang-orang dari kalangan blogger. Terutama oleh blogger yang websitenya sudah besar, namun waktunya yang terbatas untuk menulis artikel.

Menjadi jasa tulis artikel, bisa menjadi peluang menjanjikan untuk menambah uang jajan. Karena bayarannya lumayan sob..

1 Artikel sebanyak 300 kata biasanya dihargai Rp 5000 rupiah... Artikel 1000 kata biasa dihargai 15.000 rupiah.. Coba kalau sobat dapat order sehari 4 artikel.. paling sedikit sobat bisa mendapat 20.000 rupiah..

Semua orang bisa menulis.. Tapi ada baiknya sobat belajar dulu cara menulis artikel yang baik untuk format website. Karena nulis di website, memang 'feelnya' beda dibanding nulis di buku.

Sobat juga harus membangun kepercayaan dengan aktif promosi dan jadi anggota aktif di tempat / grup yang sobat buat promosi.

 

5. Menjadi penulis online di website

 

Kok jadi penulis lagi? Untuk yang kali ini beda..

Ada website-website tertentu yang membutuhkan artikel-artikel terbaru untuk menunjang websitenya. Biasanya, website yang butuh penulis online seperti ini adalah website berita besar.

Contohnya, seperti BaBe, Jalantikus, Vebma dan masih banyak lagi..

Website-website diatas membuka lowongan untuk kamu yang ingin jadi penulis lepas dan ingin menghasilkan uang dari internet.

Nah, lalu apa bedanya dengan jasa tulis artikel atau blogger?

Menulis artikel di website seperti diatas, biasanya memakai sistem approval. Dimana artikel yang sobat tulis tidak langsung di publish, melainkan di review terlebih dahulu.

Jika sobat lolos, biasanya sobat harus mencapai jumlah view tertentu untuk mendapatkan uang.

Untuk penghasilannya lumayan sob..

Rata-rata 50.000 rupiah per 1 artikel..

Tertarik mencobanya? Sobat bisa membaca 2 artikel berikut : 



6. Menjadi designer

 

Buat sobat yang hobi desain seperti photoshop atau corel bisa mencoba membuka jasa desain online. Karena kalau boleh saya bilang, jasa desain ini sangatlah dicari oleh banyak orang. Terutama Youtuber dan Blogger..

Jasa desain sendiri masih belum dibuka oleh banyak orang.. Ini jadi peluang yang cukup menjanjikan.

Bayarannya? Karena saya bukan seorang designer, saya tidak tahu pasti.. Namun saya sering melihat harga yang dipatok.. Contohnya ..

Untuk logo blog : biasanya dihargai 10 / 20k.. Ini untuk ukuran biasa ya.. Kalau desain sampul (Youtube) bisa mahal lagi..

Kalau gambar vector, itu jauh lebih mahal.. Bisa 200 ribu keatas.

Apalagi kalau desain yang ditujukan untuk komersil. Bisa mencapai 300 ribu keatas.

Bukan itu saja..

Desain desain yang sobat buat juga bisa lho, dijual ke situs-situs tertentu..

Contohnya seperti shutterstock..

Buru coba deh..


7. Jualan online

 

Kalau dulu jualan biasa ditoko sambil menunggu pembeli datang. Dah gak jaman bro.. Jualan sekarang jualan di HP sambil menunggu pembeli nge-PM memesan barang yang kita jual.

Yup, jualan memang masih jadi primadona untuk menghasilkan uang.. Termasuk berjualan secara online.

Untuk kamu yang ingin atau hobi berbisnis, jualan online memang jadi salah satu pilihan terbaik untuk kamu yang hanya punya sedikit modal.

Apalagi sekarang sudah banyak sekali situs jual beli online yang bisa sobat manfaatkan untuk berjualan.

Yang paling sederhana, sobat bisa memakai sosial media, entah itu facebook atau instagram untuk berjualan.

Profitnya tentunya tergantung dari produk yang sobat jual ya. Kalau laku, sobat bisa saja auto kaya dari internet.. hehe..

Yang penting, sobat harus kreatif serta ulet. Banyak peluang bisnis online menjanjikan yang bisa sobat manfaatkan sebaik mungkin.

Untuk detailnya, silakan ke Google ya.. Terlalu panjang kalau dibahas disini.


8. J0ki game

 

Entah kenapa, J0ki game jarang sekali ditulis oleh blogger lain dengan artikel sejenis yang sedang sobat baca di blog ini.

J0ki game, adalah peluang sampingan santai yang bisa sobat jalani selagi sobat asyik bermain game yang sobat sukai.

Biasanya, j0ki game seperti ini ramai di game-game online.

J0ki game, biasanya dibutuhkan oleh kalangan gamer tertentu yang ingin status charnya terus naik, tapi mereka tidak punya waktu luang untuk memainkannya. 

Nah, seorang pelajar SMP dan SMA, biasanya masih punya waktu luang yang lumayan. Jadi sobat bisa memanfaatkan waktu ini.

Untuk memulainya, sobat harus membangun kepercayaan terlebih dahulu. Pahami dulu seluk beluk game yang sobat mainkan.. Apalagi kalau char asli yang sobat mainkan levelnya sudah tinggi. Itu bisa jadi nilai + yang lebih.

Sobat bisa mempromosikan diri ke guild maupun grup-grup game yang sobat mainkan.. Pastinya secara rutin setiap hari.

Menghasilkan uang sambil menghilangkan stress, top!


Kesimpulannya


Mencari uang dari internet, tentu sama sulitnya dengan mencari uang biasa. Hanya saja, mencari uang di internet punya kelebihan di waktu yang fleksibel serta bisa menjadi pendapatan pasif yang menggiurkan.

Buat sobat yang masih SMP atau SMA, saya pikir 8 cara diatas adalah 8 cara terbaik yang bisa sobat jalankan..

Masih banyak peluang lainnya, seperti menjual template, jasa coding, dropshipper, dan sejenisnya.

Btw walau judulnya 8 cara tercepat, tapi 8 cara diatas juga membutuhkan waktu ya.. Terutama jika sobat ingin membangun blog, youtube dan fanspage. Butuh waktu membangun dari berbulan-bulan hingga bertahun-tahun.

Yang penting tetap semangat dan jangan nyerah :D


Penutup...


Sekian, artikel tentang Cara mudah dapat uang dari internet.. Sekali lagi, artikel ini saya tujukan untuk sobat yang masih SMP / SMA.. 12 - 17 tahun yang ingin menghasilkan uang dari internet.

Kalau ada yang ingin ditanyakan, silakan komentari artikel ini dibawah.

Dan juga kalau sobat ada yang sudah sukses, bagi-bagi dong pengalamannya.. Buat bagi-bagi pengetahuan juga.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..