14 Game PC Ringan Terbaik Yang Wajib Dicoba (Untuk Low Spek)

Game PC.. Saat ini PC atau Laptop masih jadi salah satu media terbaik yang biasa dipakai untuk ngegame. Selain fungsinya yang multitask, ngegame di PC atau Laptop juga punya beragam kelebihan tersendiri. Salah satunya adalah tingkat grafis yang jauh lebih tinggi.

Tapi.. untuk sebagian orang dengan spek PC atau Laptop yang rendah, tentu bakal merasa susah untuk mencari judul-judul game yang pas. Mengingat judul game yang bisa dimainkan sangatlah terbatas.

Karena itu, disini saya akan membahas, kumpulan game PC ringan terbaik yang bisa sobat mainkan 😀

Game pc ringan


Btw, kalau boleh jujur, bisa dibilang, saya ini adalah gamer yang cukup paham dengan game-game yang cocok untuk spek rendah.

Ini karena dari kecil, saya ini sudah hobi ngegame.. Dimana saya pernah bertahun-tahun memakai laptop spek rendah dan sukses mengetes ratusan judul game di laptop saya.

Dari game-game jadul, sampai game-game yang menurut saya punya grafis kualitas AAA yang setara dengan game jaman sekarang..

Sedikit gambaran, Laptop saya dulu punya spek Dual-core, RAM 2GB dengan VGA sebesar 128MB (Shared memory jadi 1GB)..

Dibawah rata-rata bukan?

Bahkan itu spek laptop lama lho.. Mungkin laptop yang sobat gunakan adalah keluaran yang lebih baru yang tentunya punya spek dengan generasi yang lebih baik dibanding dengan laptop yang saya pakai..

Apalagi kalau PC, jangan ditanya :D

Nah, sekarang ini baru kepikiran untuk membagikan artikel ini tentang game yang cocok untuk PC / Laptop spek rendah.. Dengan patokan, spek yang dimaksud adalah Dual core, RAM 2GB, VGA Intel HD series atau NVIDIA / AMD seri mobile lama (Seperti spek laptop lama saya diatas).

Apa saja gamenya? Ayo dibahas :


1. Farcry series

 


Farcry, merupakan salah satu serial game favorit saya. Game ini memiliki genre survival yang selalu mengambil latar di sebuah pulau. Game ini, memiliki segudang fitur yang seru untuk dimainkan, apalagi untuk sobat penggemar game survival.

Di game ini, sobat bisa berburu, mencari s3njata, menaiki kendaraan dan sebagainya. Yang tentu saja bisa dijalankan secara sampingan sambil bersiap-siap menjalankan misi utama.

Ada 3 seri FarCry yang bisa sobat coba. Yaitu Farcry, Farcry 2, dan Farcry 3.. Yang tentunya game ini bisa dijalankan di PC atau Laptop low-end.

Untuk Farcry 1 dan 2, saya kira tidak masalah, karena game ini sudah benar-benar lama. Nah, untuk farcry 3, silakan cek kembali apakah kuat dimainkan di PC / Laptop sobat :


Minimum system requirements Farcry 3

  • Intel Pentium D 920 @ 2.8  GHz 
  • RAM 2GB
  • VGA 512MB atau setara dengan NVIDIA 8600 GT / Radeon 2600 Pro

 
Farcry 3 ini memiliki grafis yang sangat bagus, bahkan untuk game seukuran jaman sekarang. Game ini juga memiliki jalan cerita yang menarik, dimana kalau tidak salah pulau komodo yang jadi settingnya.

  • FYI, Waktu saya tamatin game ini dulu memang banyak karakter yang bicara bahasa indonesia.

Tapi, kalau laptop / PC sobat tidak kuat, sobat juga bisa mencoba seri farcry 1 dan 2. Sama-sama menarik kok. Gameplay juga tidak jauh beda :D


2. GTA series

 

 

GTA, siapa sih yang ga tau? Serial game openworld dari rockstar ini memang selalu menarik perhatian ketika terdapat seri baru. Seperti GTA V yang dirilis tahun 2013 lalu.

Untuk GTA sendiri ada beberapa seri yang bisa dimainkan di laptop atau PC seri low-end. Yaitu Vice city, san andreas dan GTA III..

Untuk GTA seri IV dan Eps from liberty city, saya kurang merekomendasikannya.. Karena game ini butuh resource CPU dan GPU yang lumayan untuk ukuran PC / Laptop low spek. 

Adapula GTA V yang di ubah-ubah agar bisa dijalankan di laptop / pc low spek.. Saya juga kurang merekomendasikannya.. Tapi kalau sobat mau coba ya silahkan.


3. Mafia Series

 


 

Buat yang suka game, seria Mafia ini menurut saya tidak boleh dilewatkan. Game ini adalah game dengan genre open world yang sangat seru untuk dimainkan.. Game ini juga termasuk game jangka panjang yang berhasil saya tamatkan.

Yang menarik, berbeda dengan seri GTA, seri Mafia ini mengambil setting eropa jaman dulu. Dimana gaya pakaian, mobil dan bangunan masih berada di abad 19 - 20an.

Game ini punya grafis dan motion yang menurut saya cukup bagus, bahkan untuk seukuran game lama.

Dan seperti yang saya bilang tadi, game ini termasuk game jangka panjang.. Dimana misi dan jalan ceritanya lumayan panjang. Jadi sobat harus bersabar ketika memainkannya.

Spek PC untuk mafia II

  • Intel Pentium D 920 @ 2.8  GHz 
  • RAM 2GB
  • VGA 512MB atau setara dengan NVIDIA 8600 GT / Radeon 2600 Pro


4. Need for speed series

 


Kalau suka game balap, maka need for speed tentu tidak boleh dilewatkan. Apalagi need for speed termasuk game yang serialnya sudah ada sejak dulu.

Need for speed, untuk ukuran game balap, game ini memiliki grafis yang cukup memukau. Dimana setiap seri baru rilis, selalu ada peningkatan grafis serta gameplay yang sangat menarik untuk dicoba.

Ada beberapa seri NFS yang bisa sobat untuk seri laptop low.. Mungkin yang terkenal, seperti seri NFS Most Wanted.

NFS Most Wanted bisa dimainkan di laptop atau PC dengan spek rendah dengan lancar (Sudah saya tes sendiri).

Untuk seri lainnya, saya kurang hafal karena masih kurang familiar dengan nama seri-serinya.


5. Age Of  Empires series

 


 

Salah satu game 'legenda' yang biasa saya mainkan waktu masih kecil. Seri game RTS Age of empires. 

Age Of Empires, adalah game strategi yang memiliki beragam fitur yang cukup lengkap untuk seukuran game lama. Di game ini, sobat bisa menjalankan kerajaan lengkap dengan peternakan, pertanian dan sejenisnya, sambil membangun benteng serta pasukan untuk bertahan sekaligus menyerang musuh.

Bukan itu saja, transportasi perang di game ini juga cukup lengkap. Dari kapal sampai trebutchet pun ada di game ini.

Nah, karena seri Age Of Empires ini termasuk seri game lama, hampir bisa dipastikan laptop atau PC sobat dengan spek low end bisa memainkannya.


6. Stronghold series

 

 

Jika berbicara tentang empires, maka saya juga pasti bakal membicarakan stronghold.. Karena game ini sama bagusnya dengan age of empires.

Stronghold, game ini juga mengambil setting perang kuno, dimana di game ini sobat bisa memilih menjadi salah satu raja yang memimpin sebuah kerajaan.

Saat main, sobat akan mendapati sebuah markas dengan 1 stockpile dan beberapa pekerja. Disini sobat harus cepat-cepatan dengan musuh untuk membangun benteng dan pasukan..

Kesimpulan akhirnya sih, "menyerang atau diserang"

Banyak fitur menarik tersemat di dalam game ini. Contohnya, pasukan yang ada sangatlah beragam. Ada pelempar batu, pemanah, pasukan khusus kuda yang bisa sobat buat.

Untuk bangun-membangunnya, sobat bahkan bisa membuat parit yang tidak sering ada di game strategi sejenis.

Untuk masalah spek, game ini termasuk sangat ringan dan bisa dimainkan di Laptop atau PC spek rendah.


7. Counter Strike : Condition Zero

 

 

Counter Strike : Condition Zero juga adalah salah satu game 'legenda' yang biasa dimainkan dulu. Game ini banyak terdapat di warnet-warnet dulu, bahkan sekarang mungkin masih ada.

Untuk gameplaynya sobat pasti sudah tahu.. Di game ini sobat bisa memilih 2 squad, polisi atau ter0rls yang akan saling berhadapan di satu tempat tertentu.

Game ini juga termasuk game super ringan dan bisa dimainkan di PC atau Laptop spek rendah. Dan lebih seru kalau sobat main dengan mode LAN bareng teman..


8. Battlefield series

 


Battlefield, merupakan serial game FPS besutan EA yang masih populer di seri terbarunya hingga kini. Battlefield, memiliki gameplay, grafis dan tingkat cerita yang berbeda-beda di setiap serinya.

Game ini memiliki fitur-fitur mencolok dibandingkan pesaingnya. Diantaranya, di game ini sobat bisa mengendalikan kendaraan seperti mobil, motor, tank bahkan pesawat jet.

Menarik bukan?

Untuk seri yang bisa dimainkan di laptop / PC spek rendah, sobat bisa mencoba battlefield 2, bad company series, atau mungkin battlefield 3 (Setting very low + res bawah).. 

Seri-seri diatas sudah saya coba di laptop saya dulu.

Ngomong-ngomong, untuk seri battlefield 2, game ini tidak memiliki cerita. Sobat bisa membuat custom game untuk dimainkan sendiri / melawan teman.


9. Call Of Duty series

 

Call of duty, bisa dibilang game ini adalah salah satu pesaing utama game-game genre FPS. Call of duty ini adalah game yang memiliki tingkat grafis yang memukau ditambah memiliki story / jalan cerita yang kua..

..Dimana setiap seri yang muncul, selalu mengambil setting yang berbeda-beda. Dari setting jaman dulu sampai setting futuristik penuh robot.

Langsung saja, untuk game ini, ada beberapa seri yang bisa sobat coba untuk PC atau Laptop dengan spek rendah. Yang pasti bisa dimainkan, sobat bisa mencoba Call Of Duty 2..

Untuk seri lainnya, sobat bisa coba COD Modern Warfare 1 atau COD World at war dan sejenisnya.

Mau yang lebih bagus? Sobat bisa mencoba Call Of Duty Black OPS 2 dengan setting very low dan resolusi 640x480.. Dulu saya pernah coba di laptop saya (Yang diatas), dan lancar diatas 30 FPS..

Resiko tanggung sendiri ya


10. Bioshock series

 


Game ini masih sejenis dengan Battlefield maupun Call of duty. Bedanya, seri Bioshock ini memiliki elemen sci-fi dengan berbagai musuh di dalamnya. 

Di game ini, sobat juga akan diberikan perlengkapan canggih yang bisa dipakai untuk membasmi setiap musuh yang muncul.

Untuk grafis, game ini termasuk game yang sangat bagus. Di seri terakhir yang saya mainkan (Bioshock infinite), saya bahkan sempat terpukau dengan setting kota diatas langit di game ini. (Cakep sob).

Untuk PC / Laptop spek rendah, sobat bisa mencoba seri Bioshock 1 dan 2.


11. Pro Evolution Soccer series

 


Suka bola? Berarti tidak boleh lupa dengan seri PES. Game PES ini selalu rilis setiap tahun, dimana seri yang terbaru sekarang sudah mengalami banyak peningkatan yang jauh dibanding pendahulunya.

Di PES sendiri saya tidak bisa review banyak, karena sobat juga pasti sudah pernah main game ini.

Untuk serial PES yang saya rekomendasikan buat PC atau Laptop seri low end, sobat bisa mencoba PES 2013 yang memiliki gameplay yang masih oke untuk ukuran sekarang. 

Kalau spek PC / Laptop sobat masih lebih kuat, sobat bisa mencoba seri PES 2017 yang tentunya sudah mengalami banyak peningkatan dibanding PES 2013.

Untuk update jangan khawatir, PES 2013 dan 2017 masih mendapat update transfer pemain serta kit setiap beberapa bulan sekali.


12. Left 4 Dead 1 & 2

 


Left 4 Dead, adalah game bergenre FPS dan TPS sekaligus. Di game ini, sobat akan bermain sebagai salah satu dari 4 orang yang akan bertahan hidup dari serangan zombie.

Game ini memiliki gameplay yang sangat seru. Apalagi kalau dimainkan secara LAN, butuh kerja sama yang baik agar tim tidak game over terkena serangan zombie.

2 seri game (1 & 2) game ini, bisa dimainkan di laptop / PC low spek (Sudah saya tes sendiri) dengan lancar.


13. Mark Of Ninja

 


Mark Of Ninja, adalah game selanjutnya yang wajib sobat coba. Game ini adalah game bergenre action yang sangat 'tidak biasa' buat saya.

Sekilas, game ini terlihat seperti game 2D yang ada di jaman-jaman dulu. Tapi, ketika dimainkan, game ini memiliki grafis yang memukau dan gerakan / motion yang sangat halus.

Bukan itu saja, fitur, animasi serta elemen puzzle yang diimplementasikan juga membuat game ini sangat menarik.

2 kata menurut saya : Wajib coba

Game ini sekilas terlihat enteng, tapi menurut saya, game ini agak berat untuk dimainkan di PC / Laptop low spek.. Silakan cek terlebih dahulu spek sobat sebelum menjalankannya.

System requirements Mark Of Ninja (Minimum)
  • CPU: AMD Phenom 9750 or Pentium D 800+
  • CPU SPEED: Info
  • RAM: 2 GB
  • OS: Windows XP SP3, Windows Vista SP2, Windows 7 SP1
  • VIDEO CARD: NVIDIA GeForce 7800 GT or ATI Radeon HD 3000+ or better
  • SOUND CARD: Yes
  • FREE DISK SPACE: 2.5 GB

14. Splinter cell series

 


Game serial splinter cell keluaran ubisoft ini selalu saya tunggu setiap ada seri baru yang rilis. Ya, Splinter cell series ini memang seri game terkenal yang memiliki banyak penggemar termasuk saya.

Game ini memiliki genre steaIth, dan memiliki gameplay yang cukup sulit. Di game ini, sobat akan berperan sebagai seorang agen bernama sam fisher yang akan menyelesaikan banyak misi di setiap serinya.

Ada puluhan musuh yang harus sobat hadapi dalam 1 level ketika memainkan game ini. Dan 1 stagepun cukup lama untuk diselesaikan sendirian saking besarnya stage tersebut.

Game ini memiliki banyak seri. .Untuk PC / Laptop low-end, sobat bisa mencoba seri lama.. Dijamin lancar..

Btw, ada seri dimana sam fisher berhadapan dengan seorang bos musuh yang bosnya orang indonesia lho.. Nama bosnya kalau tidak salah sadono.. (Saya lupa Splinter cell seri apa). 


Penutup...

 

Sekian artikel tentang 14 rekomendasi game ringan yang bisa dimainkan di laptop / pc low end. Ngomong-ngomong, walau hanya ada 14, tapi yang saya tulis diatas itu serial lho.. 

Kalau dipecah lagi bisa sampai lebih dari 30 game :D

Tapi rasanya kepanjangan kalau nulis sampai 30 game, makanya saya lebih memilih untuk menulis serinya.

Sekali lagi, seluruh game diatas 100% sudah di tes di laptop lama saya. Rata-rata gamenya cukup lancar waktu dimankan. Setidaknya selalu diatas 30 FPS.

Ada beberapa game seru lain yang belum sempat saya tulis, seperti Just Cause, Max Payne dan sejenisnya. Tapi mungkin lain waktu akan saya update jika banyak yang minta.

Jika sobat ada rekomendasi game lainnya, boleh ditulis di kotak komentar dibawah untuk dibagikan ke ribuan pengunjung lain situs ini :D

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..