7 Cara Setting NOX Agar Game Lancar Tidak Lag | UPDATE 2019

Cara Setting NOX

NOX - Salah satu Emulator Android untuk Komputer / Laptop yang bisa dibilang punya stabilitas yang sangat bagus. Jadi nggak berlebihan kan, kalau Emulator ini adalah salah satu yang terbaik?

Saya sendiri sudah memakai NOX sejak cukup lama. Kebanyakan sih buat main game-game Android yang gameplaynya agak lama.

Misalnya seperti Seven Knight, itu buat nyari Ruby (Diamond gitu) butuh waktu lama. Kalau di HP kan boros baterai, nah kalau di PC kan nggak hehe.

Buat saya sendiri sih FPS yang didapat waktu main Game nggak masalah. Baik itu Game Mobile Legend atau Game seperti PUBGM, Free Fire dan Rules Of Survival.

Tapi buat yang pakai Komputer Low Spec, nggak sedikit dari mereka yang mengalami masalah Game lag, patah-patah dan macet waktu main pakai Nox.

Alhasil jadi kurang nyaman.


Penyebab NOX Lag Waktu Dipakai Main Game


Sebelumnya mesti diketahui.. Pertama Emulator Android kalau di Windows kerjanya seperti OS Virtual. Jadi beban CPU bisa dibilang akan bertambah lumayan banyak.

Dan yang kedua, setiap Game Android itu punya spesifikasi masing-masing walaupun memang nggak tertulis.

Jadi jangan heran kalau misalnya kamu main POU nggak ngelag, tapi waktu main PUBG malah patah-patah. Karena keduanya memang punya grafis yang jauh.


Cara Mengatasi NOX Yang Lag, Patah-Patah Supaya Jadi Lancar


Pertanyaannya, adakah cara supaya NOX jadi nggak lag? Atau setidaknya bisa lebih lancar?

Tentu ada! Jadi waktu kita install NOX, itu pengaturannya masih dalam keadaan default (Bawaan). Nah ini bisa kita setting lagi supaya FPS meningkat waktu main Game.

Berikut ini saya akan memberikan cara settinya. + Beberapa tips diluar setting supaya performa NOX bisa lebih baik.




1. Aktifkan VT Processor


Mengaktifkan Fitur VT Processor

Apa itu VT? Jujur, saya males jelasinnya.. Di Google banyak, tapi yang jelas, VT ini juga bisa berfungsi untuk meningkatkan kinerja mesin virtual. Contohnya pada Emulator.

Seperti yang kamu tahu, Processor PC dan Laptop sekarang ini populernya ada dua. Yaitu Intel dan AMD. Keduanya sudah mendukung VT, namun dengan sebutan yang berbeda :


  • Intel VT (Intel Virtualization Technology)
  • AMD-V (AMD Virtualization Technology)



Well keduanya punya cara kerja yang sama. Tapi catatan, nggak semua tipe Processor sudah mendukung fitur ini. Jadi silakan cek dulu, apakah Processor kamu sudah support atau belum.

Caranya bisa coba pakai CPU-Z :


  1. Install Aplikasi CPU-Z
  2. Kemudian buka Aplikasinya
  3. Cek pada bagian Instruction apakah tertera Intel VT atau AMD-V


Cara Cek Fitur VT


Atau ada lagi cara kedua, yakni dengan memakai Aplikasi Leomoon CPU-Z. Aplikasi ini sudah direkomendasikan langsung dari situs resmi NOX :


  1. Download dulu Aplikasi LeoMoon CPU-V
  2. Ekstrak Aplikasinya kemudian buka
  3. Kalau Processor sobat sudah mendukung fitur Virtualization, maka akan muncul tanda centang Supported


Cek Intel VT Dan AMD-V


Terus gimana cara mengaktifkannya? Nah, biasanya sih kita bisa mencari dan mengakses settingnya lewat BIOS.

Letaknya memang berbeda-beda, tergantung dari jenis, merk dan tipe Motherboard yang digunakan PC atau Laptop kamu. Tapi intinya cari saja yang namanya Intel VT, AMD-V, Virtualization Technology atau sejenisnya.

Lalu ubah saja pengaturannya ke Enable.


Cara Mengaktifkan VT NOX Di BIOS


Fungsi Virtualization pada Processor ini sangatlah ampuh untuk meningkatkan performa NOX. Karena seperti yang sempat saya bilang, Emulator Android dijalankan secara virtual di Windows, yang mana akan meningkatkan kerja CPU.

Nah, dengan mengaktifkan fitur Virtualization bebannya bakal berkurang.


2. Maksimalkan Pengaturan Core CPU


Pengaturan Core CPU

Berapa core CPU dari Processor yang kamu pakai? Tahu gak sih kalau NOX itu dalam keadaan Fresh Install biasanya hanya mengatur maksimal Core dari CPU hanya 2?

Tentunya ini bisa jadi potensi tersendiri untuk meningkatkan performa NOX. Apalagi kerja Emulator Android itu akan semakin baik jika semakin banyak Core CPU berjalan.

Jadi kalau CPU kamu punya 4 Core 4 Thread, lebih baik setting saja langsung ke maksimal :


  1. Klik logo Setting di bagian kanan atas NOX (Sebelah tombol minimize)
  2. Klik Tab Advanced Settings 
  3. Ubah jumlah Core CPU sobat dengan jumlah Core Processor yang kamu pakai


Kalau pengaturannya nggak bisa kamu akses, berarti kamu belum mengaktifkan fitur Virtualization seperti yang sempat dibahas tadi.

Silakan aktifkan dulu.

PS : Buat yang nggak tahu berapa jumlah Core yang ada di Processor, bisa coba pakai Aplikasi CPU-Z. Disana sudah tertera.




3.Maksimalkan Pengaturan RAM


Setting RAM NOX

Pemakaian RAM pada Aplikasi memang harus optimal. Apalagi kalau dipakai main Game yang relatif butuh resource RAM yang besar.

Pengaturan RAM di NOX bawannya sekitar 1.5GB. Sebenarnya cukup, tapi itu kalau dipakai untuk pemakaian biasa saja.

Tapi kalau NOX biasa dipakai Game berat seperti PUBG, Free Fire, Mobile Legend dan lain-lain, lebih baik atur minimal 4GB :


  1. Buka Setting NOX → Lalu masuk ke Tab Advanced Settings
  2. Disebelah kanan bagian pengaturan CPU terdapat pengaturan RAM
  3. Atur kolomnya menjadi 4GB atau sesuaikan dengan jumlah RAM Komputer kamu


Kurang lebih begitu. Tapi dibanding setting kapasitasnya persis dengan jumlah RAM Komputer, lebih baik sisakan sedikit resource.

Misalnya RAM Komputer kamu 8GB.. Di Settingnya atur saja menjadi 6GB. Tujuannya supaya sistem (Windows) nggak lemot dan nggak hang.



4. Maksimalkan Pengaturan Render Dan Frame Rate


Pengaturan Render

Buat yang belum tahu, di NOX terdapat pengaturan Render yang bisa disesuaikan dengan VGA yang dipakai. Biasanya sih untuk digunakan di Game-Game tertentu.

Selain itu terdapat juga pengaturan Frame Rate. Fungsinya untuk mengatur batasan jumlah FPS saat Game sedang berjalan.

Keduanya harus diatur. Untuk Frame Rate bisa atur ke 60 FPS supaya Game bisa Smooth dan 100% lancar. Untuk Render ada dua jenis :


  • OpenGL
  • DirectX

 
Bedanya kalau OpenGL ini lebih ringan. Cocok untuk kamu yang mau meningkatkan performa Game. Sedangkan DirectX lebih stabil, cocok untuk menjalankan Game supaya nggak ada Frame Drop tiba-tiba.

Kalau nggak mau ribet, cukup coba saja satu-satu yang kira-kira paling cocok buat kamu.


5. Update Driver VGA


Perbarui Driver VGA

Saya pernah bilang di artikel Cara Jitu Mengatasi Game PC Lag, versi Driver VGA bisa berpengaruh terhadap performa game.

Karena ketika vendor mengupdate versi Driver, performa VGA (lebih tepatnya Aplikasi) akan selalu naik. Plus bug-bug yang ada juga akan hilang.

Saran untuk selalu mengupdate Driver VGA sendiri sudah direkomendasikan langsung oleh pihak NOX. Jadi, Always check your Driver dan update kalau sudah keluar versi baru.

Sebenarnya ini nggak masuk ke bahasan cara Setting sih.. Tapi lumayan supaya FPS Game di NOX meningkat.


6. Setting Driver VGA


Mengatur Driver VGA

Salah satu trik untuk meningkatkan performa Game di NOX supaya lancar, yakni dengan setting pengaturan Driver VGA.

Pengaturan ini secara langsung maupun tidak langsung bisa mengatasi lag pada NOX.

Umumnya ada 3 jenis setting grafis pada VGA :


  • Balanced
  • High
  • Performance


Secara default pengaturan Driver VGA ini ada di Balanced. Disini kita bisa mengaturnya menjadi Performance untuk meningkatkan potensi peningkatan kinerja.


Ikuti langkah-langkah ini :
 
 
  1. Di Dekstop → Klik kanan → Kemudian klik Driver VGA
  2. Masuk pengaturan Game, Global Setting, 3D setting atau sejenisnya
  3. Cari pengaturan Grafis → Atur dari Balanced menjadi Performance


Gambarannya garis besarnya seperti itu, karena VGA AMD dan NVIDIA punya tampilan Driver yang berbeda. Bahkan di tiap versi juga berbeda letak pengaturannya.

PS : Khusus untuk pengguna VGA AMD, disini saya sudah pernah membahas tutorial untuk mengatur Drivernya. Silakan baca Cara Setting VGA AMD.



7. Setting Grafis Langsung Di Game


Setting Grafis NOX

Coba kamu main Game-Game terkenal di Android.. Pasti ada kan setting grafis? Contoh sederhananya seperti PUBG Mobile dan Free Fire.

Sama seperti pemahaman pada umumnya, logikanya semakin tinggi setting semakin berat juga kinerja. Termasuk pada NOX, ini bisa membuat Game jadi lag.

Disini sih simpel aja. Cukup buka Gamenya → Lalu masuk ke pengaturan Grafis. Nah tinggal turunkan saja menjadi Low dan sejenisnya.

Lalu beberapa Game ada juga yang punya pengaturan High FPS Mode. Ini jangan lupa diaktifkan juga. Pengaruhnya lumayan.


Penutup..

 

Begitulah cara setting NOX supaya Game tidak lag dan lancar. Perlu diingat, pengaturan disini tujuannya untuk memaksimalkan kinerja NOX dan Gamenya. 
 
Nah, kalau spesifikasi Komputer yang dipakai terlalu low settingnya nggak akan terlalu berpengaruh. Kalau ini sih mau nggak mau harus Upgrade Hardware.

Well.. Itu saja pembahasannya. Kalau ada yang ingin ditanyakan seputar NOX bisa komentar dengan kolom yang tersedia dibawah.

Jangan lupa baca juga Cara Mengatasi NOX Blackscreen.

10 Komentar

Write Komentar
Living Potato
author
7/23/2018

nice post, thanks

Balas
avatar
Dzkry A
author
7/23/2018

Your Welcome

Balas
avatar
fadin fadin
author
10/22/2018

bro....sebenarnya saya waktu pertama pakai nox leg bangat...padahal ram 4.core i5, nvidia 930m di leptop asus A455L...trus pas ngatur sesuai yg di terkana,,,,wah,,,lacar,,,makasih banyak bro..bermanfaat...tapi ada satu masalah...kpa pas saya pakai multi driver di nox dan saya tambahkan nox baru dgn versi OS 7.1 kok lg parah yah..padahal saya sudah atur sesuai dgn petunjuk yg agan berikan,,,tolong solusi nya yah,,,terimaksih

Balas
avatar
Dzikri A
author
10/23/2018

Kalau tidak salah fitur multi drive itu untuk menjalankan 2 atau lebih NOX dalam waktu bersamaan ya bro?

Kalau iya, berarti kemungkinan spesifikasi laptopnya yang kurang. Karena untuk multi drive, otomatis akan membebani RAM dan CPU gan

Balas
avatar
ik ik
author
11/12/2018

post yang sangat bermanfaat, saya baru tau bisa disetting lewat nox nya sendiri hehe, good job..

Balas
avatar
Akbar Sakti
author
11/22/2018

Kok blue screen ya? Baru nyalain vt

Balas
avatar
Dzikri A
author
11/22/2018

Kembalikan saja lagi mas pengaturan biosnya

Balas
avatar
LABIL CHANEL
author
12/02/2018

Gan kenapa punya saya udh di setting ramnya 4096 tapi pas di restart balik lagi ke 2gb itu kenapa ya, saya udah mengaktifkan VT???

Balas
avatar
Dzikri A
author
1/09/2019

@Chanel - Coba reinstall NOXnya mas.. Saya permanen kok :D

Balas
avatar

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..