Cara Buat File Atau Folder Jadi RAR (Ga Sampai 1 Menit)

Cara buat file rar - Kalau dibanding file zip, mungkin file rar saat ini sudah jauh lebih populer. Bahkan ekstensi ini hampir selalu dipakai di tempat-tempat saya donlot software gratis dari internet..

Disamping popularitasnya yang terkenal, File rar sendiri memang punya banyak kelebihan.. Diantaranya, file rar bisa di compress hingga jadi berkali-kali lebih kecil jika dibandingkan dengan size file aslinya..

..Yang tentunya bisa bikin kita hemat kuota jika sedang ingin mengupload / mendownload file tersebut...

....+ prosesnya bisa lebih cepat juga..


Cara buat file rar



Cara buat file rar, tentu tidak sesulit yang di bayangkan. Sobat hanya butuh beberapa menit saja untuk membuat satu file rar.. Itupun sudah termasuk proses compressingnya.

Cara membuat file rar ini juga wajib tahu.. Mengingat kalau kita kirim banyak file lewat email, kita mesti mengompressnya terlebih dahulu agar bisa dibuat menjadi satu file.

Nah, kebetulan saya lihat tutorial membuat file rar ini masih sedikit di internet. Hanya beberapa web saja yang membahas soal ini, itupun dibuatnya sudah beberapa tahun lalu..

Oke, gak pake lama, berikut cara membuat file rar dengan cepat :


Cara kompress banyak file dengan winrar


1. Pertama, tentunya sobat mesti download dan install winrar-nya terlebih dahulu.. Silakan download di win-rar.com (Kalau sudah, skip aja)

2. Buat sebuah folder, lalu masukkan file-file yang ingin di compress menjadi file rar. *Tapi kalau sobat filenya cuma 1, bisa skip ke langkah berikutnya.


Rar


3. Klik kanan folder / file tersebut > Lalu klik add to archive


Cara kompress



4. Masukkan nama file rar yang diinginkan. Belakangnya wajib ada ekstensi .rar.. >> Pada kolom archive format, pilih rar.. >> Untuk pilihan compression method, pilih normal / sesuaikan dengan kebutuhan. Jika sudah, klik OK.



Buat file rar



4. Tunggu proses compressnya hingga selesai. Lama prosesnya tergantung dari size file + spek PC / Laptop yang digunakan.

Cara buat rar


5. Selesai.


Cara Compress file winrar Jadi beberapa bagian (Split)


Mungkin sebagian dari sobat ada yang ingin mengupload file tapi takut gagal akibat filenya terlalu besar sizenya. Nah, solusinya, sobat bisa melakukan split file rar yang dicompress jadi beberapa bagian. Caranya begini..


1. Klik kanan file yang ingin di compress > Lalu klik add to archive

cara compress rar


2. Atur nama file, compression method sama seperti sebelumnya.. Kemudian perhatikan bagian split to volume, sizes.. Masukkan nilai yang diinginkan + Masukkan juga satuannya *Misalnya 8 MB / 10 MB.. Lalu klik OK.

cara pecah rar


3. Tunggu proses kompressnya..

4. Selesai. Winrar secara otomatis akan memecah file hasil compress tadi. Berikut hasilnya..

Cara memecahkan file dengan winrar

Penutup...


Demikian, tutorial singkat cara buat file rar. Semoga tutorial diatas bisa membantu sobat yang bingung cara kompress file menggunakan winrar. Sobat juga bisa bereksperimen untuk pengompressannya, supaya hasil kompress yang didapat bisa maksimal..

Semoga bermanfaat.

 

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..